Fakta Unik

Manfaat Teripang Bagi Kesehatan, Mengatasi Kolesterol hingga Radang Sendi

94
×

Manfaat Teripang Bagi Kesehatan, Mengatasi Kolesterol hingga Radang Sendi

Sebarkan artikel ini
manfaat teripang
Manfaat Teripang Bagi Kesehatan, Mengatasi Kolesterol hingga Radang Sendi. Sumber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Kalian pernah dengar tentang teripang atau timun laut? Kalau pernah dengar, apa yang kamu ketahui tentang teripang? Teripang adalah hewan laut yang bentuknya sekilas mirip lintah dan menyimpan segudang manfaat kesehatan yang luar biasa.

Tidak hanya digunakan sebagai makanan, teripang juga sering dimanfaatkan dalam bentuk suplemen kesehatan. Bahkan, penelitian modern pun semakin memperkuat klaim-klaim manfaat teripang yang sudah dikenal sejak lama.

Nah, dalam artikel ini, kita akan mengupas tuntas berbagai manfaat teripang, khususnya bagaimana hewan laut ini bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Jadi, tetap bersama Suka Fakta dan mari kita mulai petualangan pengetahuan ini!

Manfaat Teripang Bagi Kesehatan

1. Mengandung Berbagai Nutrisi Penting

 teripang
Ilustrasi salah satu kandungan vitamin yang ada di teripang. Sumber: IST

Nah,Sobat Suka Fakta, sekarang kita masuk ke bagian yang lebih seru, yaitu nutrisi teripang. Ternyata, dalam 100 gram teripang, terkandung sekitar 60 kalori dan beragam nutrisi lainnya yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Berikut adalah beberapa kandungan nutrisi yang terdapat dalam teripang:

  • 39,1 gram protein
  • 32,4 gram lemak
  • 3,5 gram karbohidrat
  • 96,4 miligram zat besi
  • 616 miligram fosfor
  • 499 miligram kalsium
  • 402 miligram kalium
  • Vitamin A dan B1

Selain itu, teripang juga memiliki sifat antikoagulan, antitumor, antijamur, dan antioksidan. Dengan berbagai kandungan nutrisi ini, tidak heran jika teripang memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa. 

2. Mengatasi Penyakit Radang Sendi

Sendi
Ilustrasi Tulang sendi. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, apakah kalian sudah tahu apa saja manfaat teripang? Salah satu manfaat teripang adalah kemampuannya untuk mengatasi penyakit radang sendi atau arthritis. Teripang mengandung senyawa anti peradangan yang sangat efektif dalam mengobati berbagai gangguan inflamasi, mulai dari alergi ringan hingga rheumatoid arthritis. 

Selain itu, teripang juga kaya akan kandungan kondroitin sulfat, yaitu zat yang ditemukan di tulang rawan manusia dan sering digunakan untuk mengatasi radang sendi, seperti osteoarthritis.

Dengan mengonsumsi teripang secara teratur, kalian bisa merasakan manfaat teripang yang satu ini dan membantu meredakan nyeri sendi yang sering mengganggu aktivitas sehari-hari. Tidak hanya itu, kandungan kondroitin sulfat dalam teripang juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang rawan dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol Darah

Kolestrol.
Ilustrasi wanita terkena Kolestrol. Sumber: IST

Manfaat teripang lainnya yang tidak kalah penting adalah kemampuannya dalam menurunkan kadar kolesterol darah. Penelitian menunjukkan bahwa tingginya kadar protein dalam teripang dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat LDL dalam darah. 

Dengan rutin mengonsumsi teripang, kalian bisa menjaga kadar kolesterol darah tetap terkendali. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba memasukkan teripang ke dalam menu makanan sehari-hari.

4. Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

manfaat teripang
Ilustrasi pria terserang serangan jantung. Sumber: IST

Teripang ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah kita. Berkat kandungan protein yang tinggi dan lemak yang rendah, teripang dapat membantu memelihara kesehatan jantung. 

Selain itu, teripang memiliki senyawa anti peradangan yang bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung dan memelihara kesehatan pembuluh darah. Menariknya lagi, penelitian menunjukkan bahwa teripang mengandung senyawa antikoagulan. 

Senyawa ini berperan dalam mencegah terjadinya pembekuan darah yang bisa menyebabkan serangan jantung. Tidak hanya itu, teripang juga diketahui dapat menurunkan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. 

5. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Sel Kanker
Ilustrasi Sel Kanker. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kalian pasti tahu betapa menakutkannya penyakit kanker. Namun, kabar baiknya adalah teripang memiliki kandungan triterpenoid yang bisa menghambat pertumbuhan sel kanker, termasuk kanker payudara, kanker prostat, dan kanker kulit. 

Selain itu, teripang juga mengandung cerebrosides yang dapat melindungi usus dari peradangan dan tumor. Meskipun manfaat teripang yang satu ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut, namun hasil awalnya sudah cukup menjanjikan.

Jadi, dengan rutin mengonsumsi teripang, kita bisa mendapatkan perlindungan ekstra terhadap penyakit kanker. Meskipun belum ada jaminan 100%, tidak ada salahnya untuk mencoba dan memanfaatkan potensi yang ada dalam teripang ini, bukan?!

6. Mempercepat Penyembuhan Luka

perban
Ilustrasi luka yang di perban. Sumber: IST

Kita semua pasti pernah mengalami luka, baik luka kecil maupun besar. Nah, teripang ternyata bisa membantu mempercepat penyembuhan luka, berkat kandungan glikosaminoglikan sulfat yang dapat mempercepat penyembuhan luka, baik di permukaan kulit maupun di dalam tubuh. 

Selain dalam bentuk tablet, losion yang mengandung teripang juga dapat membantu membentuk jaringan kulit baru yang rusak karena luka. Jadi, jika kalian sedang mencari cara alami untuk mempercepat penyembuhan luka, teripang bisa menjadi pilihan yang baik nih. 

7. Menjaga Kesehatan Fungsi Hati

Selanjutnya, manfaat teripang yang tidak kalah penting adalah menjaga kesehatan fungsi hati. Penelitian menunjukkan bahwa teripang dapat menurunkan risiko kerusakan hati dan diabetes. 

Teripang juga diketahui dapat mencegah kanker hati dan meningkatkan fungsi ginjal. Dengan menjaga kesehatan hati, kita bisa memastikan bahwa tubuh kita tetap bekerja dengan optimal.

Selain itu, manfaat teripang ini juga mencakup kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi sering buang air kecil, dan mencegah munculnya tanda penuaan dini. Namun, berbagai manfaat teripang ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut guna memastikan efektivitasnya.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

manfaat teripang
Ilustrasi kekebalan tubuh manusia. Sumber: IST

Nah, Sobat Suka Fakta, salah satu manfaat teripang yang paling mengagumkan adalah kemampuannya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Teripang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung asam amino seperti glisin dan asam glutamat. 

Kedua kandungan ini diketahui mampu menjaga dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, kita bisa lebih tahan terhadap berbagai penyakit dan infeksi. 

9. Memiliki Sifat Antimikroba dan Antijamur

Bakteri Escherichia coli
Ilustrasi Bakteri Escherichia coli. Sumber: IST

Manfaat teripang yang terakhir namun tidak kalah penting adalah sifat antimikroba dan antijamurnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak teripang mampu menghambat pertumbuhan bakteri seperti Escherichia coli, Salmonella typhi, dan Staphylococcus aureus. 

Selain itu, studi lain menunjukkan bahwa teripang bisa melawan Candida albicans, yaitu ragi yang dapat menyebabkan infeksi jika kadarnya tidak terkendali. Dengan sifat antimikroba dan antijamur ini, teripang bisa membantu melindungi tubuh kita dari berbagai infeksi dan penyakit.

Hewan Avertebrata yang Biasa Ditemukan di Asia Pasifik

manfaat teripang
Potret hewan laut Teripang. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, sebelum kita membahas lebih lanjut tentang manfaat teripang, ada baiknya kita mengenal lebih dekat apa itu teripang. Jadi, teripang, atau timun laut, adalah hewan laut yang berbentuk panjang dan tidak bertulang belakang (avertebrata). 

Hewan ini biasanya ditemukan di dasar laut, terutama di kawasan Asia Pasifik. Meskipun bentuknya mungkin terlihat aneh, tapi teripang telah lama menjadi bagian penting dalam kuliner dan pengobatan tradisional.

Di negara-negara Asia dan Timur Tengah, teripang sering dijadikan bahan makanan. Biasanya, teripang diolah dalam bentuk segar atau kering. Selain itu, dalam pengobatan tradisional Cina, teripang digunakan untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan seperti kelelahan, imp

Cara Mengolah Teripang yang Benar

Teripang
Potret Teripang yang sudah di masak. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, setelah kita mengetahui berbagai manfaat teripang, sekarang saatnya kita belajar cara mengolah teripang agar bisa dikonsumsi dengan aman. Kalian bisa membeli teripang segar dari pasar ikan atau dalam bentuk teripang kering yang dijual bebas. 

Namun, jika memutuskan untuk membeli teripang kering, pilihlah toko yang terpercaya untuk memastikan keamanan dan kesegarannya. Berikut adalah langkah-langkah mengolah teripang segar:

  1. Rendam teripang dalam air selama 2 hari dan ganti airnya sekali sehari.
  2. Setelah direndam, rebus teripang selama 30 menit.
  3. Selanjutnya, bersihkan teripang dengan mengeluarkan organ dalamnya hingga benar-benar bersih.

Setelah langkah-langkah tersebut dilakukan, kalian bisa mengolah teripang menjadi berbagai hidangan lezat seperti tumis teripang, teripang asam manis, atau bubur teripang. Jika kalian mengonsumsi teripang dalam bentuk suplemen, pastikan untuk memilih produk yang sudah terdaftar di BPOM agar keamanannya terjamin.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, itulah berbagai manfaat teripang atau timun laut yang bisa kita dapatkan. Meskipun manfaat teripang begitu banyak, tetaplah berhati-hati saat mengonsumsinya. Bila kalian memiliki alergi terhadap makanan laut atau sedang mengonsumsi obat pengencer darah, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian tentang manfaat teripang. Jangan ragu untuk mencoba dan merasakan sendiri khasiat dari hewan laut yang satu ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya, Sobat Suka Fakta!

REFERENSI

  • Alodokter. (2023). 6 Manfaat Teripang bagi Kesehatan dan Cara Mengolahnya. Diakses dari https://www.alodokter.com/mengolah-manfaat-teripang-jadi-camilan-dan-obat-obatan
  • Halodoc. (2023). Kenali 4 Manfaat Timun Laut yang Jarang Diketahui. Diakses dari https://www.halodoc.com/artikel/kenali-4-manfaat-timun-laut-yang-jarang-diketahui
  • Klikdokter. (2023). Sederet Manfaat Teripang untuk Kesehatan Tubuh. Diakses dari https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-nutrisi/sederet-manfaat-teripang-untuk-kesehatan-tubuh
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *