Fakta Unik

13 Negara Tercantik di Dunia, Indonesia Salah Satunya!

74
×

13 Negara Tercantik di Dunia, Indonesia Salah Satunya!

Sebarkan artikel ini
Kawah Ijan
13 Negara Tercantik di Dunia Keajaiban Alam yang Mengagumkan. Sumber: IST

Hai, Sobat Suka Fakta! Setiap sudut di dunia ini punya pesona tersendiri yang bikin kita terkagum-kagum. Dari pegunungan yang menjulang tinggi, pantai berpasir putih, sampai hutan hujan yang rimbun, semuanya menawarkan pemandangan yang luar biasa.

Nah, di artikel ini kita bakal ngobrolin tentang 13 negara tercantik di dunia yang wajib banget masuk dalam bucket list perjalanan kamu. Nggak cuma pemandangannya yang memukau, negara-negara ini juga punya budaya dan sejarah yang menarik buat dieksplorasi. 

Penasaran negara mana aja yang masuk dalam daftar ini? Yuk, kita mulai perjalanan virtual kita dan temukan keajaiban alam di setiap lokasi yang menakjubkan ini. Nah, ini dia 13 negara tercantik di dunia:

Daftar Isi

1. Indonesia, Surga Tropis yang Memesona

negara tercantik di dunia
Potret Pura Ulun, Bali. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kita mulai dari tanah air kita sendiri, yaitu Indonesia. Selain terkenal dengan wisata kuliner seperti rendang, Indonesia juga menyimpan segudang keindahan alam yang sangat memukau. Coba, siapa sih yang bisa menyangkal keindahan alam Indonesia?!

Negara ini punya lebih dari 17.000 pulau yang menyimpan begitu banyak keajaiban alam. Dari terumbu karang yang luas di lepas pantai hingga hutan tropis yang rimbun, Indonesia benar-benar surga tropis yang memesona. Berikut beberapa keindahan yang bisa kamu nikmati di Indonesia:

1. Terumbu Karang

Sebagai negara kepulauan terbesar, Indonesia tentu memiliki berbagai biota laut yang beragam. Salah satu biota laut itu adalah terumbu karang. Tak tanggung-tanggung, Indonesia memiliki lebih dari 31.000 mil persegi terumbu karang yang penuh dengan kehidupan laut. Dengan Bali yang menjadi salah satu provinsi yang terkenal dengan keindahan bawah lautnya.

2. Taman Nasional Komodo

Sebagai masyarakat asli Indonesia, tentu kita udah gak asing lagi sama Taman Nasional Komodo. Taman ini merupakan rumah bagi komodo, hewan purba yang langka yang terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Kalo kamu berkunjung ke sini, dijamin gak akan nyesel, deh!

3. Pulau Sumatera

Pulau ini dikenal dengan segala kecantikan alam dan budayanya. Tak hanya itu, Pulau Sumatera juga dikenal dengan hutan tropisnya yang lebat, menjadi habitat bagi banyak spesies langka. Jadi, kalo kamu mau liat-liat spesies langka, gak usah jauh-jauh ke luar negeri, ya. Di Indonesia juga banyak, nih.

4. Kalimantan

Selain Sumatera, Kalimantan juga gak kalah cantik, Sob. Wilayah ini menyimpan segudang harta karun yang mencakup kekayaan alam dan budayanya. Banyak flora dan fauna endemik yang bisa kamu temukan di sini. Kalimantan juga terkenal sebagai suaka orang utan kalimantan  dan menjadi tempat penelitian penting tentang primata ini.

5. Kawah Ijen

Eits, jangan lupakan tentang fenomena api biru di Kawah Ijen, Banyuwangi. Ini adalah salah satu fenomena alam langka yang hanya ada di dua tempat di dunia, yaitu Indonesia dan Islandia.

Nggak heran deh kalau Indonesia dinobatkan sebagai negara tercantik di dunia dengan skor keindahan alam 7,77 dari 10. Gimana, bangga kan jadi orang Indonesia?!

2. Selandia Baru, Negeri dengan Keindahan Alam yang Mampu Menyihir Mata

Selandia Baru
Potret Keindahan Negara Selandia Baru, Nugget Point Lighthouse. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, Selandia Baru ini terkenal dengan pemandangan alamnya yang sangat beragam. Dari pegunungan yang menjulang hingga gletser dan pantai yang menakjubkan, Selandia Baru memang punya semuanya.

1. Pegunungan dan Bukit

Kalau kalian pecinta wisata alam, pasti kalian gak asing sama keindahaan alam yang dimiliki Selandia Baru. Negara ini dikenal memiliki puncak gunung dan perbukitan yang menawan. Banyak juga film-film Hollywood yang mengambil lokasi syuting di sini karena pemandangannya yang luar biasa.

2. Gletser dan Gunung Berapi 

Selain pegunungan dan bukit, Selandia Baru juga memiliki gletser yang begitu mempesona. Tak hanya itu, negara yang asri ini juga memiliki gunung berapi yang bisa membuat siapa saja takjub. Hal ini tentu bisa menambah pesona alam Selandia Baru.

3. Nugget Point Lighthouse

Salah satu spot yang wajib dikunjungi adalah Nugget Point Lighthouse, mercusuar tertua yang dimiliki Selandia Baru. Mercusuar ini bertengger di atas bebatuan terkenal yang diberi nama oleh Kapten Cook. 

Di mercusuar ini, kamu bisa menikmati berbagai pemandangan indah. Kamu akan melihat hamparan laut biru yang sangat memikat hati, anjing laut, dan juga singa laut. Keren, kan?!

Dengan skor keindahan alam 7,27 dari 10, Selandia Baru layak banget masuk dalam daftar negara tercantik di dunia. Jadi, kapan nih mau liburan ke Selandia Baru?

3. Kolombia, Hamparan Keindahan Alam yang Penuh Kejutan

Kolombia
Potret Gunung Andes, Kolombia. Sumber: IST

Perjalanan kita belum selesai, Sobat Suka Fakta. Sekarang kita terbang ke Kolombia, negara yang memiliki keindahan alam dari hutan hujan Amazon hingga pegunungan Andes. Kolombia memang negara yang penuh kejutan dengan berbagai lanskap yang berbeda-beda.

1. Garis Pantai yang Panjang

Sobat Suka Fakta, Kolombia memiliki garis pantai yang panjang dan indah. Dengan begitu, jika kamu berkunjung ke negara ini, kamu bisa menikmati pemandangan laut yang memukau di sepanjang pesisir pantai.

2. Hutan Hujan Amazon

Bagian dari hutan hujan terbesar di dunia juga ada di Kolombia, lho. Namanya adalah hutan hujan amazon. Wilayah yang juga disebut dengan Amazonia atau Amazon Basin ini merupakan rumah bagi banyak spesies flora dan fauna yang unik.

3. Pegunungan Andes

Sobat Suka Fakta, jangan lupakan keindahan pegunungan Andes, pegunungan terpanjang di dunia yang membentuk rangkaian dataran tinggi sepanjang pantai Barat Amerika Selatan. Pemandangan gunung yang menjulang tinggi selalu berhasil memikat hati para pendaki dan pecinta alam.

Dengan skor keindahan alam 7,16 dari 10, Kolombia menunjukkan bahwa keindahan alam bisa datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Jadi, apakah kamu siap berpetualang ke Kolombia, Sobat?

4. Latvia, Negara Hijau di Eropa Utara

Air Terjun Venta Rapid
Potret Air Terjun Venta Rapid, Latvia. Sumber: IST

Selanjutnya, kita terbang ke Eropa Utara, tepatnya Latvia. Mungkin Latvia bukan destinasi pertama yang terpikirkan saat merencanakan liburan, tapi jangan salah, negara ini menyimpan keindahan alam yang luar biasa.

1. Sungai dan Danau

Sobat Suka Fakta, negara ini memiliki belasan ribu sungai, lho. Yup! Bayangkan, Latvia memiliki lebih dari 12.000 sungai dan sekitar 3.000 danau kecil. Kebayang nggak sih betapa indahnya pemandangan di negara ini?

2. Air Terjun Venta Rapid

 Air terjun venta rapid atau yang dikenal juga dengan nama ventas rumba ini merupakan air terjun terlebar di Eropa yang terletak di Kuldiga. Dengan tinggi sekitar 2 meter, air terjun ini memiliki lebar hingga 270 meter. Pemandangannya sangat memukau dan cocok buat kamu yang suka fotografi.

3. Wilayah Hijau

Sekitar 54% dari wilayah Latvia adalah hutan. Negara ini juga memiliki 10% wilayah berlumpur yang menjadikannya salah satu negara paling hijau di Eropa. Udara segar dan pemandangan hijau bakal bikin kamu betah berlama-lama di sini.

Latvia memang negara kecil, tapi keindahan alamnya nggak kalah dengan negara-negara besar lainnya. Jadi, jangan lupa masukkan Latvia ke dalam daftar negara yang harus kamu kunjungi, ya!

5. Meksiko, Negeri yang Memadukan Tradisi dan Modernitas

San Miguel de Allende
Potret keindahan San Miguel de Allende. Sumber: IST

Setelah menikmati keindahan Latvia, kita beralih ke Meksiko, Sobat Suka Fakta. Meksiko adalah negara yang kaya akan budaya dan sejarah, serta memiliki pemandangan alam yang menakjubkan.

1. Pengaruh Spanyol

Meksiko sangat dipengaruhi oleh budaya Spanyol, terlihat dari arsitektur klasik yang masih terjaga hingga sekarang. Kota-kota di Meksiko seperti San Miguel de Allende terkenal dengan pemandangan kota kolonialnya yang indah. Cocok buat kamu yang suka nuansa klasik.

2. San Miguel de Allende

Seperti yang kita sudah singgung sebelumnya, San Miguel de Allende memiliki pemandangan kota klasik yang sangat memukau. Kota ini terletak di dataran tinggi dan menawarkan pemandangan kota yang menawan dengan jalanan batu dan bangunan bergaya kolonial.

3. Kuliner Lezat

Selain pemandangan yang indah, Meksiko juga terkenal dengan makanan-makanannya yang lezat seperti taco, enchilada, dan guacamole. Pastikan kamu mencoba kuliner khas Meksiko saat berkunjung ke sini.

6. Turki, Negara yang Berada di Persimpangan Asia dan Eropa

Potret Keindahan Cappadocia. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, sekarang mari kita menuju ke Turki. Negara ini unik banget karena berada di persimpangan antara Asia dan Eropa, sehingga memiliki perpaduan budaya yang luar biasa.

1. Sejarah dan Budaya Islam

Turki memiliki banyak bangunan bersejarah yang mencerminkan kekayaan budaya dan sejarah Islam. Istanbul, sebagai salah satu kota utama, penuh dengan situs-situs bersejarah seperti Hagia Sophia dan Masjid Biru.

2. Cappadocia

Salah satu destinasi yang wajib kamu kunjungi adalah Cappadocia. Tempat ini terkenal dengan formasi batuan yang unik dan balon udara yang menghiasi langit setiap pagi. Pemandangannya benar-benar seperti di planet lain.

3. Pasar Tradisional

Sobat Suka Fakta, jika kamu berkunjung ke Turki, jangan lupa untuk mengunjungi pasar tradisional Turki seperti Grand Bazaar di Istanbul. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai barang unik, mulai dari karpet hingga rempah-rempah.

Gak hanya itu, Turki juga memiliki wisata kuliner yang begitu menggoda lidah. Salah satu makanan yang terkenal adalah kebab. Kamu pasti gak asing kan sama makanan satu ini?!

Turki benar-benar menawarkan pengalaman yang berbeda dengan keindahan alam dan budaya yang memukau. Jadi, sudah siap untuk menjelajahi Turki, Sob?

7. Inggris, Kombinasi Keindahan Kota dan Desa

Inggris,
Potret Pedesaan Inggris. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, setelah menjelajahi Turki, sekarang kita akan menuju ke Inggris. Negara ini terkenal dengan kombinasi kota-kota megah dan pedesaan yang indah. Dari hiruk-pikuk London hingga ketenangan pedesaan di Cotswolds, Inggris menawarkan pemandangan yang luar biasa.

1. Big Ben dan London

London, ibu kota Inggris, adalah kota yang penuh dengan sejarah dan budaya. Salah satu ikon terkenal di sini adalah Big Ben, menara jam yang menjadi simbol kota London. Eits, jangan lupa untuk berjalan-jalan di sekitar Istana Westminster dan menikmati pemandangan Sungai Thames.

2. Pedesaan Inggris

Selain kota-kota besar, Inggris juga memiliki pedesaan yang sangat indah. Cotswolds adalah salah satu area pedesaan yang paling terkenal dengan pemandangan bukit-bukit hijau dan desa-desa batu yang menawan. Tempat ini cocok banget buat kamu yang ingin menikmati ketenangan alam.

3. Pulau-pulau dan Gunung-gunung

Inggris juga memiliki banyak pulau dan gunung yang menawarkan pemandangan alam yang memukau. Misalnya, Snowdonia di Wales, wilayah pegunungan dan taman nasional yang berisi 15 gunung dengan tinggi lebih dari 3000 kaki. 

Selain wisata alam dan pemandangan kotanya yang begitu memukau, Inggris juga memiliki wisata kuliner yang gak kalah lezat, seperti steak and kidney pie. Yup! Inggris memang negara yang serba lengkap. Jadi, kapan kamu mau jalan-jalan ke Inggris, Sobat?!

8. Italia, Negeri yang Memiliki Sejuta Keunikan

Amalfi Coast
Potret keindahan Amalfi Coast. Sumber: IST

Dari Inggris, mari kita lanjut ke Italia, Sobat Suka Fakta. Negara ini terkenal dengan seni, sejarah, dan tentu saja, makanannya. Tapi, selain itu, Italia juga punya banyak tempat dengan pemandangan yang luar biasa indah.

1. Amalfi Coast

Salah satu tempat yang paling terkenal di Italia adalah Amalfi Coast. Terletak di selatan Pompeii, tempat ini menawarkan pemandangan laut yang spektakuler dan desa-desa kecil yang cantik. Jangan lewatkan festival lokal yang sering diadakan di sini, menambah keunikan dan daya tarik Amalfi Coast.

2. Bangunan Kolosal

Italia juga terkenal dengan bangunan-bangunan bersejarahnya seperti Colosseum di Roma, Menara Pisa, dan Katedral Florence. Setiap bangunan ini memiliki cerita dan sejarah yang menarik untuk dieksplorasi.

3. Kuliner Lezat

Selain pemandangan yang indah, jangan lupa juga mencoba berbagai makanan khas Italia seperti pizza, pasta, lasagna, dan gelato yang terkenal di seluruh dunia. Italia memang dikenal dengan wisata kulinernya yang sangat memanjakan lidah.

Italia memang negara yang romantis dan penuh dengan keindahan. Jadi, sudah siap untuk menjelajahi Italia, Sobat?

9. Brazil, Kombinasi Budaya dan Pemandangan Alam yang Memikat

 Copacabana
Potret keindahan Copacabana. Sumber: IST

Sekarang, mari kita terbang ke benua Amerika Selatan, tepatnya Brazil. Negara ini terkenal dengan budayanya yang kaya dan pemandangan alamnya yang memukau. Salah satu kota yang paling terkenal di Brazil adalah Rio de Janeiro.

1. Rio de Janeiro

Rio de Janeiro adalah kota yang penuh warna dengan pantai-pantai indah seperti Copacabana dan Ipanema. Selain itu, kota ini juga dikelilingi oleh pegunungan yang menambah keindahan alamnya.

2. Patung Kristus Penebus

Salah satu landmark yang paling terkenal di Rio adalah Patung Kristus Penebus yang terletak di puncak Gunung Corcovado. Dari sini, kamu bisa melihat pemandangan kota Rio yang sangat menakjubkan.

3. Festival Karnaval

Brazil juga terkenal dengan festival karnavalnya yang meriah. Karnaval Rio de Janeiro adalah salah satu yang terbesar dan paling terkenal di dunia. Penuh dengan musik, tarian, dan kostum berwarna-warni, karnaval ini benar-benar pengalaman yang tidak boleh dilewatkan.

Dengan pantai yang indah, pegunungan yang megah, dan budaya yang kaya, Brazil adalah destinasi yang sempurna untuk petualangan berikutnya. Jadi, apakah kamu tertarik untuk berkunjung ke Brazil, Sobat?

10. India, Warisan Budaya dan Alam yang Memukau

Taj Mahal.
Potret Keindahan Taj Mahal. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, setelah menikmati keindahan Brazil, sekarang kita akan terbang ke India, sebuah negara yang kaya akan warisan budaya dan keindahan alam. India adalah negara yang penuh dengan keajaiban, dari bangunan bersejarah hingga alam yang menakjubkan.

1. Taj Mahal

Salah satu keajaiban dunia yang paling terkenal adalah Taj Mahal. Monumen megah ini dibangun oleh Kaisar Shah Jahan sebagai makam untuk istri tercintanya. Keindahan arsitekturnya yang simetris dan detail ornamen yang rumit membuat Taj Mahal menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi.

2. Kepulauan Andaman

Selain bangunan bersejarah, India juga memiliki destinasi alam yang luar biasa. Kepulauan Andaman adalah salah satu contohnya. Terletak di Teluk Benggala, kepulauan ini menawarkan pemandangan pantai yang eksotis dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Tempat ini juga menjadi surga bagi penyelam dengan terumbu karang yang indah.

3. Budaya dan Tradisi

India juga terkenal dengan kekayaan budaya dan tradisinya. Setiap daerah di India memiliki festival, tarian, dan makanan khas yang berbeda-beda, seperti dosa. Mengunjungi India berarti kamu akan merasakan pengalaman budaya yang sangat beragam dan unik. 

11. Kanada, Pemandangan Alam yang Luas dan Menakjubkan

Kota Vancouver,
Potret Kota Vancouver, Kanada. Sumber: IST

Dari India, kita lanjut ke Kanada, Sobat Suka Fakta. Negara ini terkenal dengan pemandangan alamnya yang luas dan menakjubkan. Kanada memiliki berbagai destinasi alam yang akan membuatmu terpesona.

1. Vancouver

Salah satu kota yang paling terkenal di Kanada adalah Vancouver. Kota ini dikelilingi oleh pegunungan Pesisir Utara dan memiliki taman kota terbesar di Amerika Utara, Stanley Park. Pemandangan alam di sekitar Vancouver sangat memukau, terutama saat musim semi dan gugur.

2. Stanley Park

Taman kota ini tidak hanya menawarkan pemandangan indah, tetapi juga berbagai aktivitas outdoor seperti bersepeda, jogging, dan piknik. Di sini, kamu bisa menikmati udara segar sambil melihat pemandangan laut dan pegunungan.

3. Pegunungan Rocky

Kanada juga memiliki Pegunungan Rocky yang terkenal. Dengan puncak yang menjulang tinggi dan danau-danau biru yang jernih, Pegunungan Rocky adalah tempat yang sempurna untuk hiking dan fotografi alam.

4. Flora dan Fauna

Kanada juga dikenal dengan keanekaragaman flora dan faunanya. Dari beruang grizzly di Taman Nasional Banff hingga paus orca di lepas pantai British Columbia, Kanada menawarkan banyak peluang untuk melihat satwa liar.

Kanada adalah destinasi yang sempurna untuk Sobat Suka Fakta yang mencintai alam. Dengan pemandangan yang menakjubkan dan udara yang segar, Kanada pasti akan membuatmu jatuh cinta. 

Perjalanan kita belum selesai, masih ada beberapa negara tercantik lainnya yang akan kita jelajahi. Tetap ikuti terus, ya, Sobat Suka Fakta!

12. Norwegia, Surga di Lingkar Arktik

 Aurora Borealis
Potret keindahan Aurora Borealis. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, setelah menikmati keindahan Kanada, sekarang kita menuju ke Norwegia. Negara ini sering disebut sebagai surga di Lingkar Arktik karena pemandangan alamnya yang sangat memukau. Yuk, kita jelajahi keindahan Norwegia!

1. Lofoten

Salah satu tempat paling menakjubkan di Norwegia adalah kepulauan Lofoten. Terletak di bagian utara, Lofoten dikenal dengan tebing-tebing yang menjulang tinggi, pegunungan yang indah, serta laut yang kaya akan terumbu karang. Di sini, Sobat bisa melihat pemandangan yang sangat dramatis dan menakjubkan.

2. Aurora Borealis

Norwegia juga terkenal sebagai tempat terbaik untuk melihat Aurora Borealis atau Cahaya Utara. Fenomena alam ini terlihat seperti tarian cahaya di langit malam yang sangat indah dan mempesona. Tempat terbaik untuk melihatnya adalah di Tromsø. Tempat ini memiliki langit yang jernih dan minim polusi cahaya, sehingga Aurora bisa terlihat sangat jelas.

3. Budaya dan Tradisi

Selain keindahan alam, Norwegia juga memiliki budaya dan tradisi yang unik. Festival Viking di berbagai kota, museum yang kaya sejarah, dan rumah-rumah khas Norwegia yang cantik membuat kunjungan ke negara ini semakin menarik.

13. Vietnam, Kombinasi Keindahan Alam dan Warisan Kolonial

Hang lo Bay
Potret Teluk Hang lo Bay. Sumber: IST

Setelah menikmati Norwegia, mari kita lanjutkan petualangan kita ke Vietnam, Sobat Suka Fakta. Vietnam adalah negara di Asia Tenggara yang terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau dan warisan kolonialnya yang kaya. Yuk, kita jelajahi keindahan Vietnam!

1. Ha Long Bay

Salah satu tempat yang paling terkenal di Vietnam adalah Ha Long Bay. Teluk ini dihiasi dengan sekitar 1.600 pulau kapur yang tersebar di area seluas lebih dari 1.500 kilometer persegi. 

Pemandangan di sini sangat indah dan menjadikannya sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO. Kamu bisa menikmati keindahan Ha Long Bay dengan berlayar di kapal tradisional Vietnam.

2. Terowongan Chu Chi

Vietnam juga memiliki segudang sejarah yang begitu menarik, salah satunya adalah Terowongan Chu Chi. Terowongan ini adalah jaringan kompleks terowongan bawah tanah yang digunakan oleh tentara Vietnam selama perang. Mengunjungi tempat ini akan memberikanmu gambaran tentang perjuangan dan kehidupan di masa perang.

3. Budaya Kolonial

Warisan kolonial Prancis masih sangat terasa di Vietnam, terutama di kota-kota seperti Hanoi dan Ho Chi Minh City. Di negara ini kamu bisa menjumpai berbagai arsitektur bangunan dna kafe-kafe yang terpengaruh dengan gaya Eropa. Gak cuma itu, jalan-jalan di sini juga mencerminkan pengaruh Prancis yang masih bertahan hingga kini.

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, itulah 13 negara tercantik di dunia yang sudah kita jelajahi bersama. Setiap negara memiliki keindahan alam yang unik dan memukau. Melalui artikel ini, semoga Sobat bisa lebih menghargai dan terinspirasi untuk menjelajahi keindahan dunia yang luar biasa. Nggak hanya untuk berlibur, tapi juga untuk belajar dan memahami betapa kayanya alam dan budaya di berbagai belahan dunia.

Jadi, Sobat Suka Fakta, mari kita jaga dan lestarikan alam kita agar keindahan ini bisa dinikmati oleh generasi mendatang. Ingat, keindahan alam adalah salah satu harta paling berharga yang kita miliki di planet ini. Sampai jumpa di petualangan berikutnya dan tetap semangat untuk menjelajahi dunia!

REFERENSI

  • Detik.com. (2022). 15 Negara Paling Indah di Dunia, Indonesia Nomor Satu. Diakses dari https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6147714/15-negara-paling-indah-di-dunia-indonesia-nomor-satu
  • Gramedia.com. (2022). Negara Terindah di Dunia. Diakses dari https://www.gramedia.com/best-seller/negara-terindah-di-dunia/
  • Teritorial24.com. (2022). Ternyata Ini Dia 25 Keajaiban Alam Terbaik di Dunia: Menakjubkan, Spektakuler, dan Menginspirasi. Diakses dari https://www.teritorial24.com/pariwisata-dan-travelling/29256388/ternyata-ini-dia-25-keajaiban-alam-terbaik-di-dunia-menakjubkan-spektakuler-dan-menginspirasi
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *