Fakta Unik

Mengenal Ular King California, Ular Amerika yang Dapat Dipelihara 

53
×

Mengenal Ular King California, Ular Amerika yang Dapat Dipelihara 

Sebarkan artikel ini
Ular King California
Mengenal Ular King California, Ular Amerika yang Dapat Dipelihara. Sumber: via azreptiles.com

Halo, Sobat Suka Fakta! Sudah pernah dengar tentang ular king California? Mungkin hewan ini belum seterkenal ular black mamba, tapi jangan salah, ular king California ini jadi salah satu ular paling populer di Amerika Serikat, lho.

Salah satu alasan ular ini digemari adalah karena ular ini nggak berbisa dan punya variasi warna yang keren banget. Ditambah lagi, cara merawatnya juga nggak terlalu ribet. Jadi, baik kamu yang baru mulai hobi memelihara reptil atau yang sudah berpengalaman, ular ini cocok banget buat dipelihara.

Nah, di artikel ini kita akan kupas tuntas segala hal tentang ular king California. Mulai dari deskripsi umum, habitat, perilaku, sampai tips merawatnya di rumah. Jadi, simak terus ya, Sobat Suka Fakta, biar kamu makin kenal dengan si ular raja dari California ini!

Ciri Khas Ular King California

Potret Lampropeltis Californiae. Sumber: Dok. inaturalist.org

Ular king California, atau Lampropeltis californiae, adalah salah satu reptil paling menarik yang bisa kamu temui. Tapi, Sobat tahu enggak sih seberapa besar ular king California? Ular ini memiliki ukuran tubuh yang bervariasi antara 2,5 hingga 3,5 kaki (76-107 cm), bahkan beberapa individu bisa tumbuh lebih besar lagi.

Mereka punya masa hidup yang cukup panjang, sekitar 10-15 tahun, dan bisa lebih dari 20 tahun jika dirawat dengan baik di penangkaran.

Ular ini begitu istimewa karena variasi warna dan polanya. Ular king California biasanya memiliki garis-garis gelap dan terang yang bergantian dengan warna dari hitam dan putih hingga coklat dan krem. Beberapa bahkan punya garis memanjang, bukan pita. Pola-pola ini bukan cuma bikin mereka cantik, tapi juga membantu mereka bersembunyi dari predator di alam liar.

Habitat Ular King California

Peta amerika serikat
Potret peta bagian Amerik serikat. Sumber: IST

Nah, sekarang kita bahas di mana sih ular king California ini tinggal. Ular ini tersebar luas di Amerika Serikat bagian barat dan Meksiko utara. Kamu bisa menemukan mereka di Oregon, California, Nevada, Utah, Arizona, Colorado barat daya, New Mexico barat laut, dan Meksiko barat laut.

Ular king California bisa hidup di berbagai habitat, mulai dari kaparal hutan, padang rumput, gurun, rawa, hingga daerah pinggiran kota. Mereka bisa ditemukan di ketinggian hingga 7.100 kaki (2.164 m) di Sierra Nevada bagian timur. Ular ini tumbuh subur pada suhu antara 80-84°F dan kelembapan sekitar 35-60%.

Perilaku Ular King California

Ular King California
Potret Ular King California. Sumber: Dok. inaturalist.org

Sekarang, yuk kita bahas tentang perilaku ular king California. Ular ini termasuk jenis cathemeral yang artinya mereka bisa aktif siang atau malam tergantung suhu lingkungan. Saat merasa terancam, mereka punya trik keren buat bertahan hidup dengan menggulung tubuh, menyembunyikan kepala, mendesis, dan menggetarkan ekornya, mirip dengan suara ular derik.

Ular king California juga mengalami brumasi selama musim dingin, semacam hibernasi untuk menghemat energi. Selama brumasi, mereka tidak makan atau mengeluarkan kotoran, tapi kadang-kadang bangun untuk minum air. 

Mereka juga pintar dalam mengatur suhu tubuh, berjemur di bawah sinar matahari untuk menghangatkan badan atau bersembunyi di bawah tumbuhan untuk mendinginkan tubuh.

Meskipun ular ini terkenal dengan pola belangnya yang menawan, mereka juga dikenal karena kemampuannya yang unik karena kebal terhadap racun ular derik. Jadi, mereka nggak segan-segan memangsa ular derik ketika ada kesempatan.

Makanan Favorit Ular King California

Ular King California,
Potret Makanan dari Ular King California, Tikus. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, mari kita bahas apa makanan ular king California? Ular ini adalah pemakan oportunistik yang berarti mereka tidak terlalu pilih-pilih soal makanan. Menu favorit mereka adalah hewan pengerat seperti tikus, burung, reptil lain seperti kadal, dan amfibi. Mereka juga suka memakan telur kadal, ular, dan burung. Uniknya, ular king California ini juga dikenal suka memangsa ular lain, termasuk ular derik berbisa.

Cara mereka berburu juga menarik. Ular king California tidak berbisa, jadi mereka membunuh mangsanya dengan cara melilit sampai mangsanya kehabisan napas. Ular ini adalah salah satu pelilit terkuat dibandingkan dengan ular lain yang seukuran. 

Siklus Reproduksi Ular King California

Ular King California.
Potret anak dari Ular King California. Sumber: The Graftonites

Ular ini melakukan fertilisasi internal dan bersifat ovipar atau bertelur. Musim kawin ular king California biasanya dimulai pada musim semi, beberapa saat setelah mereka selesai brumasi. Saat musim kawin tiba, ular jantan akan bersaing mendapatkan betina dengan cara menggigit dan melilit ular jantan lain untuk menunjukkan dominasi.

Betina akan bertelur antara bulan Mei dan Agustus, sekitar 42-63 hari setelah kawin. Sarang telur biasanya terdiri dari 5-12 butir, meskipun ada yang bisa mencapai 20 butir atau lebih. Telur-telur ini akan menetas dalam waktu 40-65 hari. 

Nantinya telur ini akan menghasilkan anakan ular yang panjangnya sekitar 8-13 inci (20-33 cm). Setelah menetas, anak ular king California bisa langsung hidup mandiri dan akan melepaskan kulit pertamanya sebelum meninggalkan sarangnya.

Tips Memelihara Ular King California

 Ular King California.
Potret Ular King California. Sumber: Dok. cabidigitallibrary.org

Apakah ular king California merupakan hewan peliharaan yang baik? Sobat, ular ini sangat populer sebagai hewan peliharaan karena mereka relatif mudah dirawat dan memiliki sikap yang jinak. Selain itu, variasi warna dan pola yang beragam membuat mereka semakin menarik untuk dipelihara.

Nah, buat Sobat Suka Fakta yang tertarik memelihara ular king California, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui.

Di penangkaran, ada banyak morf atau variasi warna yang dihasilkan melalui breeding selektif. Ular-ular ini biasanya dipelihara dalam kandang dengan suhu yang dikontrol menggunakan lampu pemanas atau bantalan pemanas. Suhu optimal untuk mereka adalah antara 70°F dan 85°F. Pastikan juga kelembapan kandang sesuai dengan kebutuhan ular, biasanya sekitar 35-60%.

Ular king California juga butuh tempat untuk bersembunyi dan berjemur. Kamu bisa menyediakan beberapa tempat persembunyian di kandang mereka, seperti kotak kecil atau tumpukan batu. Selain itu, pastikan ular kamu punya akses ke air bersih untuk minum.

Ketika merawat ular king California, penting untuk diingat bahwa meskipun mereka tidak berbisa, mereka bisa menggigit jika merasa terancam. Oleh karena itu, kamu harus merawat ular dengan hati-hati dan jangan membuat mereka stres.

Sobat Suka Fakta, ular ini bukan hanya cantik dan unik, tetapi juga bisa jadi hewan peliharaan yang menarik dan menyenangkan untuk dirawat. Tetap ikuti artikel ini, Sobat Suka Fakta, karena kita akan lanjut membahas tentang ular king California berkepala dua dan informasi taksonomi serta status konservasinya!

Kasus Tentang Ular King California

 Ular King Calfornia
Potret Ular King Calfornia kepala dua. Sumber: Dok. inaturalist.org

Sobat Suka Fakta, pernahkah kamu mendengar tentang ular berkepala dua? Mungkin terdengar seperti cerita dari film, tapi ular king California berkepala dua memang ada di dunia nyata, lho! 

Kasus ini dikenal sebagai polycephaly, sebuah kondisi di mana hewan lahir dengan dua kepala. Salah satu contoh paling terkenal adalah ular king California berkepala dua yang dipelihara di Arizona State University. 

Ular ini ditemukan di alam liar di South Mountain Park and Reserve, Arizona. Meskipun terlihat aneh, ular ini mampu bertahan hidup hingga usia 17 tahun di penangkaran. Polycephaly terjadi karena kegagalan pembelahan sel saat perkembangan embrio, mirip dengan proses yang menghasilkan kembar siam pada manusia.

Kehidupan ular berkepala dua memang penuh tantangan sekaligus keunikan, terutama dalam hal makan dan bergerak. Misalnya, kedua kepala yang sering kali tidak bisa bekerja sama. Namun, dengan perawatan yang tepat, ular seperti ini bisa hidup cukup lama di penangkaran.

Taksonomi dan Status Konservasi Ular King California

Sekarang, mari kita bahas tentang taksonomi dan status konservasi ular king California. Ular ini termasuk dalam keluarga Colubridae dan memiliki nama ilmiah Lampropeltis californiae. Berikut adalah klasifikasi taksonominya:

  • Kerajaan: Animalia
  • Filum: Chordata
  • Subfilum: Vertebrata
  • Kelas: Reptilia
  • Ordo: Squamata
  • Famili: Colubridae
  • Genus: Lampropeltis
  • Spesies: Lampropeltis californiae

Ular king California pernah dikategorikan sebagai subspesies dari Lampropeltis getula, yang dikenal sebagai ular raja umum (common kingsnake). Namun, pada 2009, taksonomi mereka diubah dan ular king California sekarang diakui sebagai spesies penuh.

Dalam hal konservasi, ular king California berada dalam status “Least Concern” atau “Paling Tidak Diperhatikan” menurut IUCN. Ini berarti populasi mereka stabil dan tidak ada ancaman besar yang membahayakan kelangsungan hidup mereka saat ini. Mereka tersebar luas di wilayah geografis yang luas dan mampu beradaptasi dengan berbagai jenis habitat.

Meskipun begitu, ada beberapa ancaman lokal yang bisa mempengaruhi populasi ular ini, seperti hilangnya habitat akibat urbanisasi dan perusakan lingkungan. Selain itu, ular king California juga menjadi invasif di beberapa daerah, seperti di pulau Gran Canaria di Kepulauan Canary, di mana mereka telah mengurangi populasi reptil asli.

Namun, secara keseluruhan, ular king California tetap menjadi spesies yang stabil dan tidak menghadapi risiko kepunahan dalam waktu dekat. Ini menjadikan mereka pilihan yang aman dan menarik bagi para penggemar reptil yang ingin memelihara ular sebagai hewan peliharaan.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, kita telah banyak mempelajari tentang ular king California. Kita jadi tau bahwa hewan ini adalah pilihan populer sebagai hewan peliharaan karena tidak berbisa, memiliki variasi warna yang menakjubkan, dan relatif mudah dirawat.

Memelihara ular king California di rumah tidak terlalu sulit asalkan kamu menyediakan lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan perawatan yang baik, ular ini bisa hidup sehat dan bahagia di rumahmu. 

Jadi, jika kamu sedang mencari reptil peliharaan, ular king California bisa menjadi pilihan yang tepat. Semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat dan menambah wawasan tentang ular king California. Sampai jumpa di artikel berikutnya, Sobat Suka Fakta!

REFERENSI

Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *