Misteri

Asal usul Lampor, Keranda Terbang yang Bawa Marabahaya

230
×

Asal usul Lampor, Keranda Terbang yang Bawa Marabahaya

Sebarkan artikel ini
Lampor
Fakta & Mitos Tentang Lampor, Keranda Terbang yang Bawa Marabahaya. Sumber: Instagram/ lamporfilm

Halo, Sobat Suka Fakta! Siapa nih yang suka cerita horor dan mitos-mitos yang bikin merinding? Kali ini, kita akan bahas tentang Lampor, salah satu urban legend yang populer di Indonesia, terutama di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Mungkin sebagian dari kalian sudah pernah dengar tentang Lampor, atau malah belum tahu dan jadi penasaran dengan cerita mistis yang satu ini.

Sob, Lampor dikenal sebagai keranda terbang yang konon membawa marabahaya. Kisahnya sudah lama beredar dan terus berkembang dari mulut ke mulut. Apalagi, beberapa waktu terakhir ini, video-video viral di media sosial bikin cerita tentang Lampor makin banyak dibicarakan.

Tapi, apa sih sebenarnya Lampor itu? Dari mana asal usulnya? Kenapa masyarakat begitu percaya dengan mitos ini? Yuk, kita kupas tuntas berbagai fakta Lampor dan mitos-mitos menarik di baliknya. Siapkan nyali kalian dan simak artikel ini sampai habis, ya, Sobat Suka Fakta!

Apa Itu Lampor? Iblis atau Setan yang Bawa Keranda Terbang Saat Malam Hari

Keranda mayat
Gambar keranda mayat terbang. Sumber: banten.viva.co.id

Nah, Sobat Suka Fakta, sebelum kita masuk ke cerita yang lebih dalam, kita harus tahu dulu nih apa itu Lampor. Secara harfiah, lampor berarti “kegaduhan” atau “gaduh”. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), lampor diartikan sebagai makhluk halus yang bergerak beriringan.

Tapi, di balik definisi itu, ada cerita yang lebih menarik. Menurut mitos Jawa, Lampor adalah iblis atau setan yang membawa keranda terbang saat malam tiba. Beberapa orang juga percaya kalau Lampor adalah iring-iringan pasukan Nyi Roro Kidul yang sedang melakukan perjalanan dari Laut Selatan menuju Keraton Yogyakarta atau Gunung Merapi.

Nah, ada berbagai wujud yang dipercaya masyarakat tentang Lampor. Meski yang paling dikenal adalah keranda terbang, ternyata ada yang menyebut kalau Lampor punya wujud seperti bola arwah atau bahkan asap hitam berbentuk manusia tanpa kaki. Menyeramkan, ya?!

Cerita Mitos Lampor: Dipercaya Adalah Pasukan Nyi Roro Kidul yang Melintas Menuju Keraton Yogyakarta

Lampor
Potret Lampor di pohon pisang. Sumber: TikTok

Sekarang, kita masuk ke asal usul dan cerita mitos tentang Lampor, Sob. Kisah tentang Lampor memang sudah lama dikenal terutama di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Menurut cerita yang beredar, Lampor sering muncul saat malam tiba. 

Masyarakat percaya bahwa jika ada yang mendengar suara gaduh atau mengetuk pintu rumah mereka di malam hari, bisa jadi itu adalah Lampor. Konon, siapa pun yang membukakan pintu untuk Lampor akan jatuh sakit atau bahkan meninggal dunia.

Ada juga kepercayaan bahwa Lampor membawa keranda terbang yang melintas di atas desa-desa, dan siapa saja yang melihatnya akan terkena malapetaka. Cerita ini semakin menakutkan dengan adanya kepercayaan bahwa Lampor adalah pasukan Nyi Roro Kidul yang sedang melintas menuju Keraton Yogyakarta atau Gunung Merapi.

Kepercayaan Masyarakat tentang Lampor: Terjadi di Bulan Safar dalam Penanggalan Jawa

Ilustrai warga memukul kentongan
Ilustrai warga memukul kentongan. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kepercayaan masyarakat tentang Lampor ternyata sangat beragam dan sudah ada sejak lama. Di Jawa Timur, misalnya, Lampor sering dikaitkan dengan pagebluk atau wabah penyakit. 

Biasanya, ini terjadi di bulan Safar dalam penanggalan Jawa. Lampor diyakini bisa membunuh seseorang dalam tidurnya atau membuat seseorang menjadi gila, linglung, atau amnesia.

Ada juga keyakinan bahwa siapa saja yang didatangi Lampor pada malam hari akan dibawa dengan keranda atau dicekik. Kalau ini terjadi, orang tersebut akan mati seketika. Selain itu, ada kepercayaan bahwa tanda kehadiran Lampor adalah munculnya angin kencang dari arah Laut Selatan dan suara berisik yang terdengar seperti “Welwo, welwo” yang berarti dibawa pergi atau dicolek.

Untuk menghindari Lampor, masyarakat punya berbagai cara. Salah satunya adalah dengan membuat bunyi-bunyian dari peralatan dapur untuk mengusir Lampor yang diyakini tidak bisa duduk atau jongkok. Oleh karena itu, banyak orang yang memilih tidur di lantai agar tidak bisa diincar oleh Lampor.

Menarik, kan, Sobat Suka Fakta?! Meski terdengar seram, cerita-cerita ini juga menunjukkan bagaimana kepercayaan masyarakat terhadap Lampor, bisa  membentuk cara mereka bertindak dan merespons situasi tertentu.

Baca Juga : 9 Gunung Terangker di Indonesia yang Diyakini Memiliki Pasar Gaib

Kisah Lampor Masih Dipercaya di Era Modern Saat ini

 Lampor.
Potret Lampor. Sumber: kedu.suaramerdeka.com

Sobat Suka Fakta, meskipun zaman sudah modern, mitos tentang Lampor tetap hidup dan bahkan semakin populer. Hal ini tidak lepas dari pengaruh media sosial dan video-video viral yang beredar. 

Salah satu yang paling terkenal adalah video dari akun TikTok @bang_jo26 yang memperlihatkan penampakan keranda terbang di sebuah desa di Malang. Video ini memicu berbagai reaksi dari netizen, mulai dari yang percaya hingga yang menganggapnya hoax.

Pengalaman serupa juga dibagikan oleh netizen lainnya di kolom komentar. Misalnya, ada yang bercerita tentang batu misterius yang jatuh di tengah lapangan desanya diikuti dengan kabut dan hujan, serta banyak orang yang jatuh sakit. Kejadian-kejadian seperti ini membuat masyarakat semakin waspada dan takut akan kehadiran Lampor.

Selain itu, sampai saat ini masih ada juga orang yang berusaha menangkal Lampor dengan cara tradisional, seperti membunyikan kentongan atau peralatan dapur untuk membuat suara gaduh. Cara ini diyakini bisa mengusir Lampor dan menjauhkan marabahaya dari kampung mereka.

Kisah Mistis Lampor Dijadikan Film, Tayang pada Tahun 2019 

Film tentang Lampor.
Film tentang Lampor. Sumber: Youtube

Nah, buat kamu yang penasaran dan ingin melihat gambaran visual tentang Lampor, ada film yang bisa kamu tonton, Sob. Pada tahun 2019, kisah Lampor diangkat ke layar lebar dalam film berjudul “Lampor: Keranda Terbang”. Film ini dibintangi oleh aktor-aktor ternama seperti Adinia Wirasti, Dion Wiyoko, Nova Eliza, dan Steffi Zamora.

Disutradarai oleh Guntur Soeharjanto, film ini mengambil latar belakang asal-usul Lampor dan menceritakan tentang sebuah kampung yang dilanda teror Lampor. Dengan durasi 95 menit, film ini menggabungkan kisah mistis dengan drama keluarga yang bikin ceritanya makin seru dan menegangkan.

Kalau kamu penasaran dengan bagaimana Lampor digambarkan dalam film, kamu bisa menontonnya di beberapa platform OTT lokal. Jangan lupa ajak teman-temanmu juga, biar nonton filmnya jadi lebih seru!

Itulah beberapa fakta menarik tentang Lampor, kisah Lampor di era modern, dan film yang mengangkat cerita mistis ini. Tetap ikuti artikel ini untuk tahu lebih banyak, ya, Sobat Suka Fakta!

Baca Juga : Tangga Villa Soekarno Puncak Simpan Misteri Tak Terduga, Begini Faktanya!

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, setelah kita telusuri berbagai aspek tentang Lampor, ternyata banyak banget hal menarik yang bisa kita pelajari dari cerita mistis ini. Mulai dari definisi dan asal usulnya, kepercayaan masyarakat tentang kehadiran Lampor, hingga berbagai versi cerita yang berkembang.

Kita juga sudah membahas fakta-fakta menarik tentang Lampor, seperti kaitannya dengan pasukan Nyi Roro Kidul, aktivitasnya di malam hari, dan bagaimana masyarakat di Jawa memandang dan menghadapi mitos ini. 

Meski zaman sudah modern, mitos Lampor tetap hidup dan bahkan semakin populer berkat video-video viral di media sosial. Gak ketinggalan, kisah Lampor juga diangkat ke layar lebar dalam film “Lampor: Keranda Terbang”, menambah kekayaan cerita tentang urban legend ini.

Mitos Lampor bukan hanya sekadar cerita seram, tapi juga menggambarkan bagaimana kepercayaan dan budaya lokal membentuk cara pandang dan respons masyarakat terhadap fenomena-fenomena yang tidak bisa dijelaskan secara logis. 

Meskipun kita mungkin tidak sepenuhnya percaya, memahami dan menghargai cerita-cerita ini bisa menambah wawasan kita tentang kekayaan budaya dan warisan cerita rakyat yang ada di Indonesia.Sobat Suka Fakta, terima kasih sudah membaca sampai akhir! Tetap semangat dan selalu jaga diri. Sampai jumpa di artikel berikutnya! Jika kamu punya cerita atau pengalaman seram tentang Lampor atau urban legend lainnya, jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar, ya!

Referensi :

  • Noice.id. (2024). Legenda Hantu Lampor: Kisah Keranda Terbang yang Bikin Merinding. Diakses dari https://www.noice.id/info-terbaru/legenda-hantu-lampor-kisah-keranda-terbang-yang-bikin-merinding/
  • Indozone.id. (2024). Apa Itu Lampor? Ini Fakta Menarik Mitos Keranda Terbang Jawa. Diakses dari https://fadami.indozone.id/news/441353540/apa-itu-lampor-ini-fakta-menarik-mitos-keranda-terbang-jawa-
  • KapanLagi.com. (2024). Mengenal Lampor: Mitos Kisah Mistis Keranda Terbang yang Dipercaya Membawa Malapetaka. Diakses dari https://plus.kapanlagi.com/mengenal-lampor-mitos-kisah-mistis-keranda-terbang-yang-dipercaya-membawa-malapetaka-821342.html?page=4
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *