Misteri

Fakta Kuyang: Hantu Wanita yang Bisa Lepas Kepala dari Tubuhnya

181
×

Fakta Kuyang: Hantu Wanita yang Bisa Lepas Kepala dari Tubuhnya

Sebarkan artikel ini
Fakta & Mitos Tentang Kuyang.
Fakta & Mitos Tentang Kuyang. Sumber: liputan6.com

Halo Sobat Suka Fakta! Siapa nih yang suka cerita horor dan mitos-mitos seram? Kali ini kita bakal bahas tentang fakta kuyang, salah satu hantu legendaris dari Pulau Kalimantan. Sudah pernah dengar tentang kuyang, kan?! Hantu ini cukup terkenal dan sering jadi bahan cerita mistis di Indonesia, khususnya Kalimantan.

Kuyang digambarkan sebagai sosok wanita yang bisa melepas kepalanya dari tubuh dan terbang bersama organ dalamnya seperti jantung, hati, usus, dan ginjal. Bayangkan betapa seramnya melihat kepala yang terbang di malam hari dengan organ-organ tubuh yang menjuntai! Cerita ini nggak cuma bikin merinding, tapi juga bikin kita penasaran tentang asal-usul dan mitos di baliknya.

So, di artikel ini, kita bakal kupas tuntas tentang fakta dan mitos kuyang. Mulai dari pengertian dan asal-usulnya, ciri fisik dan perilakunya, cara mengusir dan membunuh kuyang, hingga kepercayaan masyarakat dan pengaruh media sosial dalam penyebaran cerita ini.

Jadi, siapin nyali kalian dan mari kita telusuri lebih dalam tentang hantu kuyang yang penuh misteri ini. Yuk, simak terus, Sobat Suka Fakta!

Baca Juga : Fakta & Mitos Tentang Lampor, Keranda Terbang yang Bawa Marabahaya

Asal Usul Kuyang

fakta kuyang
Mempelajari ilmu hitam. Sumber: IST

Halo Sobat Suka Fakta! Sebelum kita masuk ke cerita seramnya, tahukah kalian apa itu kuyang? Kuyang adalah hantu legendaris yang sangat dikenal di Pulau Kalimantan. Sosok ini biasanya berwujud wanita yang bisa melepas kepala dari tubuhnya dan terbang bersama organ dalam seperti jantung, hati, usus, dan ginjal. Nggak kebayang kan, gimana menyeramkannya?! Dengan kepala yang melayang dan organ-organ yang menjuntai, kuyang benar-benar bikin bulu kuduk merinding.

Mitosnya, asal usul kuyang ini muncul dari cerita rakyat yang sudah turun-temurun. Masyarakat setempat percaya bahwa kuyang adalah hasil dari ilmu hitam yang dipelajari oleh manusia biasa. Ilmu hitam ini memberikan kekuatan gaib kepada mereka, tetapi dengan harga yang mengerikan. Kuyang menggunakan kekuatan ini untuk mencari darah ibu yang baru melahirkan dan bayi yang baru lahir sebagai sumber kekuatan mereka.

Sejarah dan Mitos Kuyang, Ada ‘Kembarannya’ dari Malaysia

Kuyang.
Ilustrasi hantu Kuyang. Sumber: Dok. medium.com

Menurut cerita yang beredar, kuyang adalah manusia biasa yang mempelajari ilmu hitam untuk mendapatkan kekuatan gaib dan awet muda. Pada siang hari, mereka tampak seperti orang biasa dan berbaur dengan masyarakat. Namun, ketika malam tiba, mereka berubah menjadi sosok yang mengerikan dan mulai mencari mangsa.

Selain di Kalimantan, cerita tentang makhluk yang mirip dengan kuyang juga bisa ditemukan di berbagai budaya dan negara lain. Misalnya, di Malaysia ada makhluk serupa yang dikenal dengan nama Penanggal. Penanggal memiliki kepala yang terpisah dari tubuh dengan organ dalam menggantung, mirip dengan kuyang. Hal ini menunjukkan bahwa cerita tentang makhluk gaib yang menyeramkan memang menarik perhatian banyak orang di berbagai belahan dunia.

Fakta Kuyang, Bisa Diusir dengan Bawang Merah?

1. Kuyang Punya Ciri Fisik Seram dengan Organ Tubuh yang Menggantung

Potret Kuyang.
Potret Kuyang. Sumber: unews.id

Kuyang digambarkan memiliki penampilan yang sangat menyeramkan. Bayangkan kepala terpisah dari tubuh dengan organ dalam seperti jantung, hati, usus, dan ginjal menggantung. Nggak heran kalau sosok ini membuat siapa saja yang melihatnya ketakutan setengah mati.

Kuyang biasanya mencari mangsa pada malam hari. Mereka mengincar darah ibu yang baru melahirkan dan darah bayi yang baru lahir sebagai sumber kekuatan mereka. Kadang-kadang, kuyang bisa berubah menjadi burung atau kucing untuk mengelabui korbannya. Mereka juga dikenal mendatangi perempuan hamil dan mengusap perutnya yang dipercaya dapat memberikan kekuatan tambahan. Menariknya, saat kuyang terbang di malam hari, biasanya terlihat semacam cahaya merah atau api kecil yang mengikutinya, menambah kesan mistis dan menyeramkan.

2. Kuyang Bagian dari Budaya yang Dihormati

Kuyang.
Potret hantu Kuyang. Sumber: Dok. akurat.co

Bagi masyarakat Kalimantan, kuyang bukan sekadar cerita horor, melainkan bagian dari kepercayaan dan budaya mereka. Meskipun nggak semua orang percaya tentang hal-hal mistis, namun kuyang adalah bagian dari budaya yang dihormati. 

Cerita kuyang sering digunakan untuk mengajarkan nilai-nilai moral, seperti pentingnya menjaga kehormatan dan tidak mengambil jalan pintas melalui ilmu hitam.

Selain itu, masyarakat Kalimantan memiliki berbagai ritual dan amalan untuk melindungi diri dari gangguan kuyang. Misalnya, mereka menggunakan benda-benda tertentu seperti bawang merah, cermin, sisir, dan pisau yang dipercaya bisa mengusir kuyang. 

Benda-benda ini biasanya diletakkan di dekat tempat tidur ibu yang baru melahirkan atau bayi yang baru lahir sebagai bentuk perlindungan. Dengan begitu, kita bisa melihat betapa kuatnya pengaruh cerita kuyang dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Kalimantan.

3. Dapat Kekuatan Sakti dari Minyak Kuyang

Minyak Kuyang.
Potret Minyak Kuyang. Sumber: Dok. tokopedia.com

Minyak kuyang adalah sumber kekuatan sakti yang dimiliki hantu dari Kalimantan tersebut. Minyak ini diyakini memiliki kesaktian luar biasa dan menjadi kunci utama bagi kuyang untuk mendapatkan kekuatan gaib mereka. Minyak Kuyang atau yang dalam bahasa setempat disebut Langa Kawiyang, digunakan oleh kuyang untuk mempertahankan kekuatan mereka dan tetap awet muda.

Menurut mitos, siapa pun yang terkena Minyak Kuyang bisa berubah menjadi makhluk tersebut. Minyak ini sangat penting bagi mereka yang ingin melanjutkan ilmu hitam kuyang. Bahkan, minyak ini bisa diwariskan kepada anak atau orang lain yang ingin menjadi kuyang. Dengan demikian, Minyak Kuyang bukan hanya sekadar minyak biasa, melainkan sebuah simbol dari kekuatan dan kesaktian yang dimiliki oleh kuyang.

4. Masyarakat Biasanya Mengusir Kuyang dengan Bawang Merah sampai Pisau

Kuyang
Kolase barang untuk terhindar dari Kuyang. Sumber: Dok. tokopedia.com

Meskipun kuyang terdengar sangat menakutkan, mereka ternyata memiliki beberapa kelemahan yang bisa dimanfaatkan untuk melindungi diri dari gangguannya. Masyarakat Kalimantan menggunakan berbagai benda seperti bawang merah, cermin, sisir, pisau, dan rumput jeringau untuk mengusir kuyang. 

Benda-benda ini biasanya diletakkan di dekat tempat tidur ibu yang baru melahirkan atau bayi yang baru lahir. Selain itu, menggantung ijuk di sekitar pintu dan jendela juga dipercaya bisa mencegah kuyang masuk ke rumah.

Untuk membunuh kuyang, caranya adalah dengan menemukan tubuh kuyang yang ditinggalkan dan memasukkan benda tajam di sambungan lehernya. Hal ini akan membuat kepala kuyang nggak bisa kembali dan akhirnya mati lemas. Ada juga yang percaya bahwa memasukkan serbuk kayu bekas gergajian (gabuk) atau pecahan beling ke dalam tubuh kuyang yang kosong, dapat mencegah tubuhnya untuk bersatu kembali. 

5. Penampakan Kuyang yang Viral di Sosial Media

Kuyang yang viral di media sosial
Kuyang yang viral di media sosial. Sumber: 24jamnews.com/faqih

Di zaman yang canggih ini, sosial media berperan besar dalam membuat viral banyak hal, termasuk Kuyang yang tadinya nggak seterkenal Pocong atau Kuntilanak. Cerita kuyang jadi viral dan semakin dikenal luas hingga menarik perhatian banyak orang melalui platform-platform media sosial seperti YouTube, Instagram, dan TikTok. Video-video yang memperlihatkan sosok putih dengan organ tubuh yang bergelantung yang diduga sebagai kuyang sering kali menjadi viral dan ditonton oleh jutaan orang.

Banyak juga orang yang membagikan kisah pengalaman mistis mereka yang mengaku pernah bertemu dengan kuyang, sehingga membuat cerita kuyang semakin populer. Sekarang, cerita kuyang yang tadinya hanya dikenal di daerah tertentu, kini menjadi fenomena nasional. 

Viralnya kisah Kuyang ini jelas memiliki dampak positif dan negatif, Sobat. Di satu sisi, meningkatkan minat orang terhadap budaya lokal dan cerita rakyat. Di sisi lain, penyebaran cerita mistis tanpa kejelasan akan kebenarannya bisa menimbulkan ketakutan yang berlebihan dan memperkuat kepercayaan pada hal-hal yang kurang rasional. 

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, itulah beberapa fakta kuyang, hantu dari Kalimantan yang kisahnya sangat menarik untuk dibahas. Kepercayaan dan ritual masyarakat yang masih dijalani terhadap sosok hantu ini mencerminkan kekayaan budaya lokal Indonesia yang masih dijaga hingga kini. 

Di balik cerita menyeramkan tentang kuyang, ada beberapa pesan moral yang bisa kita petik, nih, seperti pentingnya verifikasi informasi, apalagi Kuyang adalah makhluk gaib, maka dari itu sebelum percaya pada cerita-cerita mistis, ada baiknya untuk memverifikasi kebenarannya terlebih dulu. 

Dengan mengetahui fakta kuyang, kita juga bisa lebih menghormati budaya dan kepercayaan lokal. Setiap daerah memiliki kepercayaan dan cerita rakyatnya sendiri yang perlu dihargai. Menghormati kepercayaan lokal juga berarti kita menghargai warisan budaya dan tradisi masyarakat setempat.

Dari banyaknya budaya lokal Indonesia, cerita hantu seperti kuyang ini mengingatkan kita untuk selalu waspada dan berhati-hati, terutama di tempat-tempat yang nggak dikenal. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kalian tentang fakta kuyang dan memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang makna di balik cerita mistis ini. Tetap semangat dan selalu jaga diri, Sobat Suka Fakta!

REFERENSI:

  1. Tirto.id. (2020, Oktober 31). Apa Itu Hantu Kuyang? Berikut Sejarah, Mitos, dan Legendanya. Diakses dari https://tirto.id/apa-itu-hantu-kuyang-berikut-sejarah-mitos-dan-legendanya-f4yF
  2. Solopos. (2021, Oktober 18). Terkenal di Pulau Kalimantan, Apa Itu Sosok Kuyang? Diakses dari https://news.solopos.com/terkenal-di-pulau-kalimantan-apa-itu-sosok-kuyang-1213086
  3. Liputan6.com. (2023, Juni 15). Kuyang, Kisah Hantu Terbang dan Menyeramkan dari Kalimantan. Diakses dari https://www.liputan6.com/regional/read/5507841/kuyang-kisah-hantu-terbang-dan-menyeramkan-dari-kalimantan
  4. Tribunnews.com. (2024, Maret 4). Fakta dan Mitos Kuyang, Hantu Asal Kalimantan Kini Ada di Film Sekutu Iblis yang Selalu Mengintai. Diakses dari https://banjarmasin.tribunnews.com/2024/03/04/fakta-dan-mitos-kuyang-hantu-asal-kalimantan-kini-ada-di-film-sekutu-iblis-yang-selalu-mengintai?page=all
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *