Misteri

Fakta & Mitos Gunung Merbabu: Kerajaan Gaib di Puncak Tertinggi Jawa Tengah

149
×

Fakta & Mitos Gunung Merbabu: Kerajaan Gaib di Puncak Tertinggi Jawa Tengah

Sebarkan artikel ini
Gunung merbabu
7 Fakta & Mitos gunung merbabu. Sumber: areioutdoorgear.co.id

Hai, Sobat Suka Fakta! Kali ini kita bakal mengulik salah satu gunung keren yang ada di Pulau Jawa. 

Yup! Pulau Jawa bukan hanya soal tradisinya yang unik aja, Sob, tapi juga memiliki berbagai gunung yang menyimpan cerita horor yang menarik untuk dikulik, seperti Gunung Semeru, Gunung Arjuno, dan gak ketinggalan juga Gunung Merbabu.

Sobat pernah denger soal mitos Gunung Merbabu? Gunung ini terletak di Jawa Tengah, yaitu Magelang, Boyolali, dan Semarang. Gunung Merbabu terkenal dengan jalur pendakiannya yang beragam dan savana yang indah. 

Selain itu, ada banyak cerita horor yang beredar di kalangan pendaki dan warga sekitar. Dari penampakan macan loreng sampai kerajaan gaib di puncaknya, semua ada di sini. Sehingga menjadinnya menjadi salah satu gunung terangker di indonesia.

Nah, di artikel ini, kita bakal bahas fakta dan mitos tentang Gunung Merbabu. Siap-siap merasakan sensasi mendebarkan. So, langsung aja yuk kita mulai petualangannya!

Fakta Gunung Merbabu

MITOS GUNUNG MERBABU
Potret Bunga Edelweiss. Sumber: IST

Sobat, ada berbagai fakta unik Gunung Merbabu yang harus kamu ketahui. Yup! Gunung Merbabu memang unik karena cerita mistis yang menyelimutinya, namun, keunikan gunung ini tak berhenti di situ saja, Sob. Berikut beberapa fakta Gunung Merbabu:

1. Terletak di Jawa Tengah dan Memiliki Ketinggian 3.145 mdpl

Sobat Suka Fakta, mari kita mulai petualangan dengan mengenal lebih dekat lokasi geografis Gunung Merbabu. Gunung ini terletak di tiga kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Magelang, Boyolali, dan Semarang. 

Ketinggian Gunung Merbabu mencapai 3.145 meter di atas permukaan laut, membuatnya menjadi salah satu gunung yang cukup tinggi di Jawa Tengah. Gunung Merbabu dikenal sebagai gunung stratovolcano yang memiliki beberapa puncak utama, yaitu Puncak Trianggulasi, Puncak Kenteng Songo, dan Puncak Syarif. 

Dari puncak-puncak ini, pendaki bisa melihat pemandangan spektakuler gunung-gunung tinggi lainnya di Pulau Jawa, seperti Gunung Merapi, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Lawu, dan Gunung Slamet

Letaknya yang strategis dan keindahan alamnya menjadikan Gunung Merbabu sebagai destinasi favorit para pendaki.

2. Habitat bagi Berbagai Flora dan Fauna

Nah, Sobat Suka Fakta, Gunung Merbabu juga kaya akan keanekaragaman hayati. Kawasan hutan di Gunung Merbabu merupakan habitat bagi berbagai flora dan fauna yang dilindungi. 

Di sini, kamu bisa menemukan hutan dipterokarp bukit, hutan dipterokarp atas, hutan montane, dan hutan ericaceous atau hutan gunung. 

Flora yang khas di Gunung Merbabu adalah bunga edelweiss yang tumbuh subur di area savana. Sementara fauna yang menghuni hutan Merbabu termasuk berbagai jenis burung, mamalia, dan serangga yang hidup bebas di habitat alaminya.

Pada tahun 2004, kawasan hutan Merbabu diresmikan sebagai Taman Nasional Gunung Merbabu melalui Keputusan Menteri Kehutanan. Hal ini bertujuan untuk melestarikan keanekaragaman hayati dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

3. Memiliki Pemandangan Indah 

Sobat Suka Fakta, buat kamu yang suka mendaki, Gunung Merbabu menawarkan beberapa jalur pendakian yang bisa dipilih sesuai dengan tingkat kesulitan dan pemandangan yang ditawarkan. 

Jalur pendakian utama di Gunung Merbabu adalah jalur Selo, jalur Cunthel, jalur Thekelan, jalur Suwanting, dan jalur Wekas. Jalur Selo adalah yang paling populer di kalangan pendaki karena pemandangan savana yang menakjubkan dan akses yang relatif mudah.

Daya tarik Gunung Merbabu tidak hanya terletak pada jalur pendakiannya saja. Savana indah di pertengahan gunung, pemandangan matahari terbit yang memukau dari puncak, dan hutan pinus yang rimbun adalah beberapa daya tarik lainnya yang membuat Gunung Merbabu begitu istimewa. 

Ditambah lagi, pemandangan dari puncak Merbabu yang memungkinkan kamu melihat deretan gunung-gunung lain di Pulau Jawa bisa memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Jadi, buat kamu yang mencari petualangan mendaki dengan pemandangan alam yang luar biasa, Gunung Merbabu adalah pilihan yang tepat!

Mitos Gunung Merbabu

Gerbang Kerajaan Gaib
Potret Gerbang Kerajaan Gaib. Sumber: jatimsatunews.com

Sobat Suka Fakta, kali ini kita akan masuk ke bagian yang lebih mistis dan menegangkan dari Gunung Merbabu, yaitu mitos yang menyelimuti gunung ini. 

Yup! Seperti yang kita tau, Gunung Merbabu menyimpan sejuta misteri di balik ketegapannya. Berikut beberapa mitos Gunung Merbabu:

1. Macan Merbabu, Hewan Gaib yang Aumannya Kerap Terdengar

Mitos pertama yang akan kita bahas adalah tentang Macan Merbabu. Macan Merbabu, atau sering disebut hantu macan loreng, adalah salah satu cerita mistis yang sangat dikenal di kalangan pendaki.

Menurut legenda, macan ini tidak berwujud tetapi sering mengeluarkan auman yang menyeramkan di tengah hutan. Konon, pada tahun 2008, ada seorang pendaki wanita yang tewas dengan luka gigitan binatang buas, yang diduga disebabkan oleh macan gaib ini. 

Meskipun secara logika, macan sudah tidak ada lagi di Gunung Merbabu, banyak yang percaya bahwa makhluk gaib ini masih berkeliaran dan menjadi penjaga gunung.

2. Watu Gubug, Tumpukan Batu yang Jadi Gerbang ke Kerajaan Gaib

Sobat Suka Fakta, pernah dengar tentang Watu Gubug? Mitos yang satu ini cukup populer di kalangan pendaki Gunung Merbabu. 

Watu Gubug adalah tumpukan batu besar yang menyerupai gua kecil dan terletak di jalur Thekelan. Tempat ini diyakini sebagai pintu gerbang menuju kerajaan gaib di Gunung Merbabu.

Banyak pendaki yang menggunakan tempat ini untuk berteduh saat hujan atau badai. Namun, masyarakat setempat percaya bahwa Watu Gubug dijaga oleh makhluk gaib yang bertugas menghentikan orang-orang dengan niat buruk. 

Jadi, jika kamu merasa ada yang aneh saat berada di dekat Watu Gubug, mungkin itu adalah ulah dari penjaga gaib tersebut.

3. Setan yang Minta Gendong ke Pendaki

Nah, ini dia salah satu mitos yang paling menyeramkan di Gunung Merbabu, Sobat Suka Fakta. Mitos Setan Minta Gendong sering kali membuat bulu kuduk merinding. 

Konon, di kawasan Pasar Setan yang dikenal juga sebagai Pasar Dieng, sering muncul makhluk halus yang meminta untuk digendong oleh pendaki. Makhluk ini akan duduk di punggung pendaki tanpa disadari, membuat beban terasa lebih berat. 

Biasanya, setan ini memilih pendaki yang suka mengeluh. Ciri-cirinya, makhluk ini muncul dengan mengeluarkan aroma wangi yang menyengat. Jadi, kalau kamu mencium bau wangi yang aneh di tengah pendakian, hati-hati ya, Sobat Suka Fakta!

4. Genderuwo yang Suka Menegur Pendaki Sembrono

Sobat Suka Fakta, kali ini kita lanjut ke mitos yang tak kalah menyeramkan dari sebelumnya. Mitos keempat di Gunung Merbabu adalah tentang makhluk tinggi besar yang sering muncul di malam hari. 

Makhluk ini dikenal dengan sebutan genderuwo oleh penduduk setempat dan para pendaki. Genderuwo digambarkan sebagai sosok yang sangat besar dan menakutkan. 

Konon, makhluk ini sering muncul untuk menegur pendaki yang tidak menghormati alam atau bertindak sembarangan. Banyak cerita dari pendaki yang merasakan hawa dingin dan suasana yang mencekam saat berada di area tertentu di gunung ini, terutama di malam hari. 

5. Ada Kerajaan Gaib di Puncak Gunung

Sobat Suka Fakta, siapa yang tidak penasaran dengan kisah kerajaan gaib? Di puncak Gunung Merbabu, tepatnya di Puncak Kenteng Songo, terdapat mitos tentang kerajaan gaib yang dipercaya oleh masyarakat sekitar. 

Menurut cerita, saat Dinasti Mataram berkuasa, gunung ini dijadikan sebagai pusat pemerintahan. Kerajaan gaib ini lengkap dengan sarana dan prasarana seperti alun-alun, pintu gerbang, jalan, dan pasar. 

Di pos IV Lempong Sampan, konon terdapat alun-alun kerajaan gaib. Di sana, ada dua pasukan yang masing-masing mengenakan seragam merah dan hijau.

Masyarakat percaya bahwa pendaki yang mengenakan pakaian berwarna merah akan diusir, sedangkan yang mengenakan warna hijau akan diterima. 

Jadi, saat mendaki Gunung Merbabu, sebaiknya hindari mengenakan pakaian berwarna merah atau hijau untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tips Pendakian di Gunung Merbabu

Gunung Merbabu
Potret Jalur Thekelan Gunung Merbabu. Sumber: kompas.com

Sobat Suka Fakta, setelah mengetahui mitos-mitos menyeramkan di Gunung Merbabu, tentunya kamu tetap ingin menikmati keindahan alam dan pemandangan spektakuler yang ditawarkan gunung ini, kan?!

Nah, berikut adalah beberapa tips pendakian Gunung Merbabu yang bisa membantu kamu menjalani pendakian dengan aman dan nyaman:

  1. Pilih Jalur Pendakian yang Tepat: Ada beberapa jalur pendakian menuju puncak Gunung Merbabu seperti jalur Selo, Thekelan, Cunthel, Suwanting, dan Wekas. Pilih jalur yang sesuai dengan kemampuan dan pengalaman kamu.
  2. Persiapkan Fisik dan Mental: Sebelum mendaki, pastikan kamu berolahraga secara teratur untuk meningkatkan stamina dan kebugaran. Persiapan mental juga penting untuk menghadapi tantangan di gunung.
  3. Bawa Perlengkapan yang Memadai: Pastikan membawa perlengkapan pendakian yang lengkap seperti tenda, sleeping bag, matras, pakaian hangat, senter, dan alat masak. Jangan lupa membawa logistik makanan dan air yang cukup.
  4. Ikuti Cuaca dan Perkiraan Kondisi: Periksa prakiraan cuaca sebelum mendaki. Cuaca ekstrem seperti hujan deras dan kabut tebal bisa membuat pendakian menjadi lebih berbahaya.
  5. Hormati Tradisi dan Kepercayaan Setempat: Selalu hormati tradisi dan kepercayaan masyarakat sekitar. Jangan melakukan hal-hal yang bisa dianggap tidak sopan atau meremehkan kepercayaan mereka.
  6. Jaga Kebersihan dan Kelestarian Alam: Bawa kembali sampah yang kamu hasilkan dan jangan merusak lingkungan. Menjaga kebersihan dan kelestarian alam adalah tanggung jawab setiap pendaki.
  7. Berdoa dan Tetap Waspada: Jangan lupa berdoa sebelum memulai pendakian. Tetap waspada terhadap kondisi sekitar dan ikuti petunjuk serta arahan dari pemandu atau pendaki yang lebih berpengalaman.

Gunung Merbabu di Kota Apa?

Gunung Merbabu terletak di Provinsi Jawa Tengah dan mencakup tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Semarang. Lokasi strategis ini memungkinkan Gunung Merbabu diakses dari beberapa kota besar di Jawa Tengah, seperti Salatiga dan Boyolali.

Apakah Gunung Merbabu Cocok untuk Pemula?

Gunung Merbabu merupakan salah satu gunung yang cocok untuk pendaki pemula. Meskipun memiliki beberapa jalur yang menantang, tapi tetap ada jalur pendakian yang ramah bagi pendaki baru, seperti jalur Selo. Kendati demikian, persiapan fisik dan mental tetap diperlukan untuk mendaki gunung setinggi 3.145 meter ini.

Berapa Lama Perjalanan Naik Gunung Merbabu?

Durasi pendakian Gunung Merbabu bervariasi tergantung pada jalur yang dipilih dan kecepatan pendakian. Secara umum, perjalanan naik Gunung Merbabu bisa memakan waktu antara 6 hingga 10 jam untuk mencapai puncak. Biasanya pendaki akan bermalam di pos pendakian untuk menikmati sunrise di puncak pada keesokan harinya.

Apakah Gunung Merapi dan Merbabu berdekatan?

Gunung Merapi dan Gunung Merbabu memang berdekatan. Keduanya terletak di Jawa Tengah dan hanya dipisahkan oleh jarak sekitar 10 kilometer. Dari puncak Gunung Merbabu, pendaki bisa melihat pemandangan Gunung Merapi yang megah, terutama saat cuaca cerah.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, perjalanan kita menelusuri mitos dan fakta Gunung Merbabu telah sampai di akhir. Dari berbagai cerita mistis hingga keindahan alam yang memukau, Gunung Merbabu memang menyimpan banyak daya tarik bagi para pendaki dan pencinta alam.

Meskipun mitos-mitos seperti Macan Merbabu, Setan Minta Gendong, dan kerajaan gaib di puncaknya bisa membuat bulu kuduk merinding, semua itu seharusnya tidak menghalangi keinginan kita untuk menikmati pesona Gunung Merbabu. 

Terpenting adalah selalu menjaga sikap hormat dan perilaku sopan saat berada di alam bebas. Ingat, setiap tempat memiliki cerita dan kepercayaannya sendiri, dan kita sebagai pendaki harus menghormati itu.

Semoga artikel ini tidak hanya menambah pengetahuan kamu tentang Gunung Merbabu, tetapi juga memberikan inspirasi dan semangat untuk menjelajahi keindahan alam Indonesia dengan bijak dan penuh rasa hormat. Sampai jumpa di petualangan berikutnya, Sobat Suka Fakta! Jangan lupa bagikan pengalaman kamu mendaki Gunung Merbabu di kolom komentar!

REFERENSI:

  • Solopos. (2021, November 20). 5 Mitos Gunung Merbabu: Macan Loreng – Setan Gendong. Diakses dari https://jateng.solopos.com/5-mitos-gunung-merbabu-macan-loreng-setan-gendong-1199858
  • IDN Times. (2021, November 20). 7 Fakta dan Mitos Gunung Merbabu, Jalur Pendakian dan Tips Mendaki. Diakses dari https://jateng.idntimes.com/travel/destination/bandot-arywono/7-fakta-dan-mitos-gunung-merbabu-jalur-pendakian-dan-tips-mendaki
  • Detik Travel. (2019, Juni 21). 5 Fakta Tentang Gunung Merbabu, Anak Gunung Wajib Tahu! Diakses dari https://travel.detik.com/domestic-destination/d-4641084/5-fakta-tentang-gunung-merbabu-anak-gunung-wajib-tahu
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *