Misteri

Mitos Gunung Semeru: Prajurit Gaib hingga Ikan yang Bisa Menjelma Jadi Dewi

110
×

Mitos Gunung Semeru: Prajurit Gaib hingga Ikan yang Bisa Menjelma Jadi Dewi

Sebarkan artikel ini
Gunung Semeru
7 mitos gunung semeru. Sumber: IST

Hai, Sobat Suka Fakta! Kalo bahas soal gunung di Indonesia, rasanya gak akan ada habisnya.  Pasalnya, selain karena pemandangan yang indah, deretan gunung di Indonesia juga menyimpan sejuta misteri yang menarik untuk dikulik.

Kalo bahas soal gunung, kamu pasti gak asing sama Gunung Salak, Gunung Arjuno, dan gak ketinggalan, Gunung Semeru. Siapa sih yang nggak kenal dengan gunung terangker di Indonesia ini.

Nah, di artikel ini, kita akan bahas secara khusus soal mitos Gunung Semeru. Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini memang selalu jadi primadona bagi para pendaki dan petualang. 

Dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut, Gunung Semeru menawarkan pemandangan alam yang luar biasa. Dari Ranu Kumbolo yang memukau hingga puncak Mahameru yang menantang, semuanya seolah memanggil kita untuk menaklukkan puncaknya.

Tapi, di balik keindahannya, Gunung Semeru juga menyimpan banyak cerita horor yang sudah menjadi bagian dari legenda lokal. Jadi, siap untuk menjelajahi sisi lain dari Gunung Semeru? Let’s go, Sobat Suka Fakta!

1. Kisah Mbah Dipo, Juru Kunci Gunung Semeru

Mitos Gunung Semeru
Potret Mbah Dipo kunci Gunung Semeru. Sumber: Dok. Pixabay

Sobat Suka Fakta, mari kita mulai dari kisah Mbah Dipo, kuncen legendaris Gunung Semeru yang sangat dihormati di kalangan pendaki dan masyarakat sekitar Gunung Semeru. 

Sebagai juru kunci, beliau dipercaya memiliki kemampuan berkomunikasi dengan makhluk tak kasat mata yang mendiami gunung ini. Salah satu wejangan terkenalnya adalah, “Kalau Gunung Semeru meletus, lari ke arah sungai, jangan ke Gunung Sawur,”.

Wejangan ini bukan tanpa alasan, Sobat. Gunung Semeru memang dikenal sebagai gunung berapi yang aktif dan bisa meletus kapan saja. Wejangan Mbah Dipo ini menjadi semacam panduan keselamatan yang dipegang teguh oleh para pendaki. 

Meskipun Mbah Dipo sudah tiada, petuahnya masih diingat dan dihormati hingga kini. Jadi, kalau kamu berencana mendaki Gunung Semeru, ingat selalu untuk menghormati wejangan dari Mbah Dipo, ya!

2. Misteri Arcopodo

Arcopodo
Potret Patung arca yang ditemani sesajen. Sumber: naviri.org

Selanjutnya, kita bahas tentang Arcopodo. Sobat Suka Fakta, pernah dengar tentang tempat ini? Arcopodo adalah salah satu spot berkemah favorit di Gunung Semeru. 

Dataran luas ini sering dijadikan tempat beristirahat bagi para pendaki sebelum melanjutkan perjalanan ke puncak Mahameru. Namun, di balik ketenangannya, ada cerita mistis yang bikin bulu kuduk merinding.

Menurut legenda, Arcopodo dijaga oleh dua prajurit gaib dari Kerajaan Majapahit. Prajurit ini konon menjelma menjadi patung arca yang sering kali terlihat ditemani oleh sesaji. 

Banyak pendaki yang mengaku pernah melihat dua arca ini, meskipun bentuk dan ukurannya sering kali berbeda-beda. Hanya orang-orang tertentu dengan mata batin terbuka yang bisa melihat mereka dengan jelas. 

3. Ikan Mas di Ranu Kumbolo Bisa Menjelma Jadi Dewi Cantik

Ikan mas
Ilustrasi Ikan mas Ranu Kumbolo. Sumber: IST

Nah, siapa yang nggak kenal dengan Ranu Kumbolo? Danau yang indah ini adalah salah satu daya tarik utama Gunung Semeru. 

Banyak pendaki yang berkemah di sini sebelum melanjutkan perjalanan ke puncak. Namun, di balik keindahannya, Ranu Kumbolo juga menyimpan sebuah mitos menarik tentang ikan mas besar yang konon bisa menjelma menjadi dewi cantik.

Menurut cerita, ikan mas ini adalah penunggu Ranu Kumbolo dan tidak boleh ditangkap. Beberapa pendaki mengaku pernah bermimpi bertemu dengan sosok dewi cantik ini. 

Dalam mimpinya, dewi tersebut mengenakan kebaya kuning dan memiliki wajah sangat cantik. Meskipun belum ada yang melihat langsung wujud dewi ini, cerita ini sudah cukup membuat banyak pendaki merasa penasaran dan berhati-hati saat berada di Ranu Kumbolo.

4. Kelik, Tempat Sakral yang Menyimpan Berbagai Kisah Mistis

memoriam untuk Soe Hok Gie.
Potret batu in memoriam untuk Soe Hok Gie. Sumber: Twitter @imnotdion_

Sobat Suka Fakta, sekarang kita lanjut ke cerita seram di kawasan Kelik yang dikenal sebagai tempat yang penuh dengan kisah-kisah mistis. Bagi yang sering mendaki Gunung Semeru, pasti sudah tidak asing dengan Kelik. 

Kawasan ini terkenal sebagai tempat peringatan bagi orang-orang yang sudah meninggal, termasuk adanya batu in memoriam untuk Soe Hok Gie, seorang aktivis dan pendaki legendaris Indonesia.

Namun, kawasan Kelik bukan hanya terkenal karena batu peringatannya. Banyak pendaki yang mengaku pernah mengalami kejadian aneh di sini. 

Misalnya, tiba-tiba merasa dingin yang sangat menusuk, padahal cuaca sedang tidak terlalu dingin. Atau bahkan, ada yang mendengar suara-suara aneh seperti orang berbicara atau tertawa di tengah malam. 

Tidak jarang, pendaki juga mengalami kesurupan saat berada di kawasan ini. Kisah-kisah seram ini membuat banyak pendaki lebih waspada saat melewati Kelik, terutama pada malam hari. 

5. Tanjakan Cinta: Harapan Para Pendaki Bertemu Jodoh

Tanjakan cinta.
Potret Tanjakan cinta. Sumber: infobudaya.com

Selanjutnya, ada mitos yang lebih romantis nih, Sobat Suka Fakta! Tanjakan Cinta adalah salah satu spot terkenal di jalur pendakian Gunung Semeru. 

Tanjakan ini berada di sebelah barat Ranu Kumbolo dan sering menjadi tantangan tersendiri bagi para pendaki. Namun, dibalik tanjakannya yang terjal, Tanjakan Cinta menyimpan sebuah mitos yang menarik.

Konon, jika kamu bisa mendaki Tanjakan Cinta tanpa menoleh ke belakang dan sambil berdoa agar bisa bertemu dengan jodoh, maka harapanmu akan terkabul. 

Meskipun terdengar seperti cerita dongeng, banyak pendaki yang percaya dan mencoba melakukan tantangan ini. Beberapa dari mereka bahkan mengaku berhasil menemukan jodoh setelah mendaki Tanjakan Cinta.

6. Puncak Mahameru sebagai Pintu Gerbang Menuju Persemayaman Para Dewa

Puncak Mahamer
Potret Puncak Mahameru. Sumber: dailyvoyagers.com

Sobat Suka Fakta, kali ini kita akan membahas tentang Puncak Mahameru, puncak tertinggi di Pulau Jawa yang menyimpan mitos luar biasa.

Puncak Mahameru diyakini sebagai pintu gerbang menuju nirwana, tempat persemayaman para dewa. Kepercayaan ini berakar dari mitologi Hindu, di mana Mahameru dianggap sebagai pusat jagat raya. 

Tidak heran, banyak pendaki yang merasakan aura spiritual saat mencapai puncak ini. Konon, jika kamu ingin mengetahui apakah para dewa benar-benar ada di sana, kamu harus melakukan semedi atau bertapa di puncak gunung tersebut. 

Namun, semedi di Puncak Mahameru bukanlah hal yang mudah, mengingat kondisi cuaca yang ekstrem dan medan yang berat. Meskipun begitu, tantangan ini tidak menyurutkan semangat para petualang sejati yang ingin merasakan kedamaian dan keagungan alam di puncak tertinggi ini.

7. Gunung Semeru Berkaitan dengan Gunung Agung Bali

Gunung agung Bali
Potret Gunung agung Bali. Sumber: IST

Sekarang, kita beralih ke mitos yang menghubungkan Gunung Semeru dengan Gunung Agung di Bali. Menurut kepercayaan masyarakat Bali, Gunung Semeru dianggap sebagai “Bapak” dari Gunung Agung. 

Kepercayaan ini berakar dari mitologi Hindu, di mana Gunung Semeru diyakini sebagai tempat bersemayamnya dewa-dewa dan memiliki kekuatan spiritual yang luar biasa.

Masyarakat Bali percaya bahwa Gunung Semeru memiliki hubungan spiritual yang kuat dengan Gunung Agung. Hal ini tercermin dalam tradisi upacara adat yang dilakukan oleh masyarakat Bali, di mana setiap 8-12 tahun sekali, mereka melakukan perjalanan ke Gunung Semeru untuk menjalankan ritual keagamaan. 

Selain itu, mereka juga mengunjungi Gunung Bromo untuk mengambil Tirta Suci, air suci yang dianggap membawa berkah. Tradisi ini menunjukkan betapa kuatnya hubungan spiritual antara dua gunung ini dan bagaimana kepercayaan ini mempengaruhi kehidupan masyarakat Bali. 

Gunung Semeru Berada di Kota Apa?

Gunung Semeru terletak di Provinsi Jawa Timur, tepatnya di antara dua kabupaten, yaitu Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Posisi geografisnya yang strategis membuat gunung ini mudah diakses dari kedua wilayah tersebut.

Kapan Terakhir Kali Gunung Semeru Meletus?

Gunung Semeru terakhir kali meletus pada 4 Desember 2021. Letusan ini menyebabkan evakuasi besar-besaran warga di sekitar gunung, terutama di Dusun Curah Kobokan dan Dusun Kajar Kuning. Erupsi ini juga menghasilkan awan panas dan lava pijar yang cukup berbahaya.

Berapa Tiket Masuk Gunung Semeru?

Untuk bisa mendaki Gunung Semeru, kamu perlu membeli tiket masuk yang harganya bervariasi tergantung pada status kewarganegaraan dan hari kunjungan. Secara umum, tiket masuk Gunung Semeru bagi warga negara Indonesia (WNI) berkisar antara Rp10.000 hingga Rp20.000 per orang untuk 1 harinya. Sementara untuk warga negara asing (WNA), tiket masuk bisa mencapai Rp150.000 per orang.

Berapa Lama Waktu untuk Mendaki Gunung Semeru?

Waktu yang diperlukan untuk mendaki Gunung Semeru bervariasi tergantung pada kecepatan pendakian dan kondisi fisik pendaki. Namun, rata-rata pendakian dari Ranu Pane ke Puncak Mahameru memakan waktu sekitar 3-4 hari, termasuk waktu istirahat dan bermalam di beberapa pos pendakian seperti Ranu Kumbolo dan Kalimati.

Berapa Tinggi Puncak Semeru?

Puncak tertinggi Gunung Semeru dikenal sebagai Puncak Mahameru, dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut. Puncak ini merupakan salah satu destinasi utama para pendaki yang ingin menaklukkan gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta,di balik pemandangan yang menakjubkan, Gunung Semeru menyimpan berbagai mitos dan kisah misteri yang telah menjadi bagian dari kearifan lokal dan kepercayaan masyarakat setempat. 

Dari kisah Mbah Dipo yang legendaris hingga mitos Puncak Mahameru sebagai pintu gerbang menuju nirwana, setiap cerita memberikan warna tersendiri bagi pengalaman mendaki di gunung ini.

Meskipun mungkin terdengar menyeramkan, mitos-mitos ini juga berfungsi sebagai pengingat untuk selalu menghormati alam dan menjalani pendakian dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab.

Selamat mendaki, Sobat Suka Fakta! Semoga petualanganmu di Gunung Semeru penuh dengan kenangan yang berharga dan cerita yang bisa dibagikan kepada generasi mendatang. Jangan lupa untuk selalu menjaga alam kita agar tetap lestari dan indah untuk dinikmati oleh semua orang.

REFERENSI

  • Super Adventure. “7 Mitos Penuh Misteri di Gunung Semeru, Jangan Sembarangan di Sana Bro.” Diakses dari https://superlive.id/superadventure/artikel/wilderness/7-mitos-penuh-misteri-di-gunung-semeru-jangan-sembarangan-di-sana-bro.
  • Warta Ekonomi. “7 Misteri Gunung Semeru Bikin Bulu Kuduk Merinding, Seram Banget!” Diakses dari https://wartaekonomi.co.id/read378537/7-misteri-gunung-semeru-bikin-bulu-kuduk-merinding-seram-banget.
  • Konten Jatim. “7 Misteri Gunung Semeru yang Bikin Merinding.” Diakses dari https://kontenjatim.com/read5170/7-misteri-gunung-semeru-yang-bikin-merinding?page=all.
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *