Misteri

Mitos dan Fakta Taman Nasional Alas Purwo, Tempat Berkumpulnya Para Jin

157
×

Mitos dan Fakta Taman Nasional Alas Purwo, Tempat Berkumpulnya Para Jin

Sebarkan artikel ini
Fakta & Mitos Tentang Taman Nasional Alas Purwo,
Fakta & Mitos Tentang Taman Nasional Alas Purwo, Tempat Berkumpulnya Para Jin. Sumber: Okki Nila/Cerita Kita

Halo, Sobat Suka Fakta! Kali ini, kita akan mengajak kamu menjelajahi salah satu tempat paling misterius dan menakjubkan di Indonesia, yaitu Taman Nasional Alas Purwo. Terletak di ujung timur Pulau Jawa, tepatnya di Banyuwangi, taman nasional ini nggak cuma dikenal karena keindahan alamnya, tapi juga karena berbagai cerita horor yang menyelimutinya.

Taman Nasional Alas Purwo ini benar-benar destinasi yang menawarkan semuanya, bahkan lebih. Tapi, di balik keindahan alamnya, tempat ini juga dikenal sebagai salah satu lokasi paling angker di Jawa, dengan berbagai legenda dan mitos yang sudah dikenal luas di kalangan masyarakat.

Nah, dalam artikel ini, kita bakal mengupas tuntas fakta Taman Nasional Alas Purwo. Yuk, simak terus artikel ini dan temukan alasan kenapa Taman Nasional Alas Purwo bisa jadi destinasi yang wajib kamu kunjungi. Selamat membaca, Sobat Suka Fakta!

Sejarah dan Asal Usul Taman Nasional Alas Purwo

Fakta Taman Nasional Alas Purwo
Potret Hutan pertama Alas Purwo. Sumber: Dok. traveloka.com

Sobat Suka Fakta, nama “Alas Purwo” ini berasal dari legenda tentang penciptaan Pulau Jawa yang berarti “Hutan Pertama” atau “Permulaan”. 

Taman nasional ini diresmikan pada tahun 1992 dan sejak itu sudah jadi salah satu destinasi favorit banyak orang. Selain itu, sejarah dan legenda yang melekat pada nama ini bikin tempat ini makin menarik buat dijelajahi.

Lokasi dan Aksesibilitas

Taman Nasional Alas Purwo
Potret Pos Rawabendo. Sumber: Dok. banyuwangibagus.com

Sobat Suka Fakta, Taman Nasional Alas Purwo ini terletak di Banyuwangi, Jawa Timur. Tempat ini gampang banget diakses, baik dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. 

Kalau kamu mau jalan-jalan ke sini, ambillah rute dari pusat kota Banyuwangi terus lanjut ke wilayah Rogojampi dan kecamatan Srono. Dari situ, kamu teruskan perjalanan ke kecamatan Muncar dan Tegaldlimo, dan voila! Kamu bakal sampai di Pos Rawabendo, gerbang utama menuju destinasi yang penuh keindahan dan misteri ini.

Fakta Taman Nasional Alas Purwo

1. Luas dan Zona

Taman nasional alas purwo.
Potret Taman nasional alas purwo. Sumber: Dok. bluefireindonesia.com

Dengan luas mencapai 43.420 hektare, Taman Nasional Alas Purwo terbagi jadi empat zona utama, yakni zona inti, zona rimba, zona pemanfaatan, dan zona penyangga. 

Setiap zona punya fungsi dan perannya masing-masing dalam menjaga keseimbangan ekosistem di kawasan ini. Jadi, nggak heran kalau tempat ini jadi rumah bagi banyak flora dan fauna unik.

2. Kombinasi dari Hutan Hujan, Sabana, dan Pantai

Potret Pantai Trianggulasi. Sumber: Dok. superlive.id

Buat kamu yang suka eksplorasi alam, Taman Nasional Alas Purwo punya banyak banget yang bisa ditawarkan. Taman nasional ini adalah kombinasi dari hutan hujan, sabana, dan pantai, tempat ini benar-benar surga bagi para pecinta alam. 

Topografinya bervariasi dari datar, landai, sampai bergelombang ringan di bagian barat. Nggak cuma itu, di bagian baratnya juga punya curah hujan yang lebih tinggi dibanding bagian timur, bikin vegetasinya jadi super hijau dan asri.

3. Ada Ratusan Jenis Flora dan Fauna Endemik

Taman Nasional Alas Purwo
Potret Hewan di Taman Nasional Alas Purwo. Sumber: Dok. INDONESIA.TRAVEL

Kamu suka binatang atau tanaman? Di Taman Nasional Alas Purwo, kamu bisa menemukan ratusan jenis flora dan fauna endemik yang bikin mata kamu segar. Ada banteng Jawa, rusa Jawa, kancil, dan berbagai jenis burung yang hidup bebas di sini. Tempat ini sangat kaya akan keanekaragaman hayati. Apalagi, pertumbuhan flora dan faunanya cepta banget karena kondisi hutan hujan dataran rendah yang mendukung.

4. Gunung Api Purwo

Di dalam kawasan taman nasional ini, ada juga Gunung Api Purwo, lho. Gunung ini adalah yang tertinggi di Jawa Timur bagian timur dengan ketinggian sekitar 3.135 meter. Tempat ini jadi salah satu daya tarik utama buat para pendaki dan pecinta alam yang ingin menaklukkan ketinggian sambil menikmati pemandangan yang luar biasa.

5. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung
Potret Pantai Plengkung. Sumber: Dok. Kemenparekraf

Buat Sobat Suka Fakta yang suka berselancar, Pantai Plengkung di Taman Nasional Alas Purwo ini adalah tempat yang wajib banget dikunjungi. Pantai ini dikenal sebagai salah satu spot terbaik buat berselancar di Indonesia, bahkan di dunia. Ombaknya yang besar dan panjang jadi tantangan tersendiri buat para surfer.

6. Pura Luhur Giri Salaka

Pura Luhur Giri Salaka
Potret Pura Luhur Giri Salaka. Sumber: Dok. Twitter/@Destangreys

Nggak cuma keindahan alam, di sini juga ada tempat-tempat suci yang dianggap sakral oleh masyarakat setempat. Salah satunya adalah Pura Luhur Giri Salaka, yang terletak di tengah hutan. Tempat ini sering dijadikan lokasi untuk upacara keagamaan dan meditasi oleh masyarakat Hindu setempat.

7. Sumber Air sebagai Penopang Hidup Tumbuhan dan Hewan

Sungai Sunglon Ombo
Potret Sungai Sunglon Ombo. Sumber: Dok.tnalaspurwo.org

Taman Nasional Alas Purwo juga dialiri oleh dua sungai utama, yaitu Sungai Segoro Anak dan Sungai Sunglon Ombo. Selain itu, ada beberapa mata air yang tersebar di sekitar Gunung Kunci, Gunung Kuncur, Gua Basori, dan Sendang Srengenge. Sumber-sumber air ini jadi penopang kehidupan bagi berbagai jenis tumbuhan dan hewan yang ada di taman nasional ini.

8. Gua dengan Banyak Cerita Mistis

Gua Istana
Potret Gua Istana. Sumber: Dok. Dionesia Ika

Salah satu daya tarik lain dari Taman Nasional Alas Purwo adalah puluhan gua yang tersebar di seluruh kawasan. Salah satu yang paling terkenal adalah Gua Istana, yang dikenal dengan kegelapan abadi. Gua-gua ini nggak cuma menawarkan pemandangan yang menakjubkan, tapi juga penuh dengan cerita dan misteri yang menarik untuk dijelajahi.

Gimana Sobat Suka Fakta, seru kan fakta-fakta tentang Taman Nasional Alas Purwo ini? Yuk, lanjut ke bagian berikutnya tentang mitos-mitos yang bikin tempat ini makin misterius!

Mitos yang Beredar di Taman Nasional Alas Purwo

Fakta Taman Nasional Alas Purwo
Kolase mitos taman nasional alas purwo. Sumber: freepik/rsdesign888

1. Terkenal Ada Kerajaan Jin

Siapa yang nggak penasaran dengan cerita-cerita mistis di balik Taman Nasional Alas Purwo? Tempat ini terkenal banget sebagai lokasi berkumpulnya para jin di Pulau Jawa. Masyarakat setempat percaya bahwa hutan ini adalah rumah bagi banyak makhluk gaib. 

Katanya, kalau kamu punya kemampuan khusus, kamu bisa melihat makhluk-makhluk ini beraktivitas di dalam hutan. Bahkan, ada yang bilang kalau jin-jin ini menjaga beberapa tempat penting di dalam hutan. Serem banget, ya?

2. Berita tentang Orang Hilang Secara Misterius

Ini dia salah satu cerita paling seram yang sering kita dengar tentang Alas Purwo. Konon, banyak orang yang pernah masuk ke dalam hutan ini tidak bisa keluar lagi. Mereka yang tersesat di Alas Purwo akan hilang secara misterius.

Masyarakat percaya bahwa makhluk gaib penghuni hutan ini tidak akan membiarkan manusia keluar setelah melihat “rumah” mereka. Kalau pun ada yang berhasil keluar, katanya mereka akan ditimpa kesialan seumur hidup. Jadi, kalau kamu berani masuk ke dalam hutan ini, pastikan kamu tahu jalan keluarnya, ya!

3. Pesugihan dan Tempat Tinggal Makhluk Gaib

Cerita tentang pesugihan di Taman Nasional Alas Purwo sudah nggak asing lagi. Banyak orang yang datang ke hutan ini untuk melakukan pesugihan, yaitu meminta kekayaan atau ilmu hitam dari makhluk tak kasat mata.

Konon, di sini tinggal berbagai jenis makhluk gaib yang bisa memberikan apa yang diinginkan manusia, tentu saja dengan imbalan tertentu. Beberapa di antara makhluk ini bahkan dikatakan hasil perkawinan antara manusia dan jin sebagai bentuk tumbal. Wah, ngeri banget ya ceritanya!

4. Jangan Menengok Kalau Ada Suara Memanggil

Pernah dengar cerita tentang suara panggilan di Alas Purwo? Mitosnya, kalau kamu lagi berada di dalam hutan dan mendengar suara yang memanggil namamu, jangan sekali-kali menengok atau mencari sumber suaranya.

Kalau kamu menengok, katanya kamu akan terkena malapetaka atau kesialan sepanjang hidup. Lebih parah lagi, bisa jadi makhluk gaib yang memanggilmu itu akan membawamu pergi. Jadi, hati-hati ya Sobat Suka Fakta, kalau ada yang manggil nama kamu di Alas Purwo, abaikan saja!

5. Tempat Semedi Raja

Di Alas Purwo, ada beberapa gua yang dipercaya digunakan oleh para raja untuk bersemedi dan bertukar pikiran pada masa lalu. Salah satu gua yang paling terkenal adalah Goa Istana. Gua ini dikenal dengan kegelapan abadi dan aura mistisnya.

Masyarakat setempat percaya bahwa gua ini dijaga oleh jin di pintu masuknya. Para raja zaman dulu sering menggunakan tempat ini untuk mencari petunjuk atau kekuatan spiritual. Hingga kini, gua ini masih dianggap sakral dan sering dijadikan tempat semedi oleh orang-orang yang mencari ketenangan batin.

6. Tempat Menyimpan Keris Pusaka Majapahit

Nah, ini dia cerita yang nggak kalah menarik, Sob. Konon, di dalam hutan Alas Purwo masih tersimpan keris peninggalan Kerajaan Majapahit yang dikenal dengan nama Keris Pusaka Sumelang Gandring. 

Keris ini dikatakan memiliki kekuatan magis yang bisa memberikan keberuntungan dan mengabulkan segala keinginan pemiliknya. Banyak orang yang rela masuk ke dalam hutan dan bersemedi selama berhari-hari demi menemukan keris ini. 

Namun, sampai sekarang, belum ada yang berhasil menemukan keris pusaka tersebut. Jadi, kalau kamu tertarik untuk mencoba mencari, siap-siap menghadapi tantangan dan misteri yang ada di dalam hutan ini.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, setelah kita menjelajahi berbagai fakta dan mitos tentang Taman Nasional Alas Purwo, jelas terlihat bahwa tempat ini memang luar biasa. Keindahan alamnya yang memukau menawarkan pengalaman tak terlupakan, membuatnya menjadi surga bagi para pecinta alam.

Namun, di balik keindahan itu, Alas Purwo juga menyimpan banyak cerita mistis yang menambah daya tariknya. Dari legenda tentang kerajaan jin, orang-orang yang hilang, hingga mitos suara panggilan, semua ini membuat tempat ini penuh dengan misteri dan cerita yang menarik.

Dengan segala daya tarik dan misterinya, Taman Nasional Alas Purwo tetap menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Keindahan alam dan cerita-cerita mistisnya memberikan pengalaman yang tak hanya memanjakan mata tetapi juga menantang keberanian.

Terima kasih sudah mengikuti perjalanan kita menjelajahi Taman Nasional Alas Purwo. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan dan membuat kamu semakin tertarik untuk mengunjungi dan menjaga kelestarian hutan yang penuh misteri ini. Sampai jumpa di petualangan berikutnya, Sobat Suka Fakta!

REFERENSI

  • Kids Grid. (2024). 13 Fakta Menarik Taman Nasional Alas Purwo yang Memiliki Keunikan Geografis. Diakses pada 4 Juli 2024, dari https://kids.grid.id/read/473841308/13-fakta-menarik-taman-nasional-alas-purwo-yang-memiliki-keunikan-geografis?page=all
  • IDN Times. (2024). 10 Fakta Unik Alas Purwo, Hutan Mistis di Ujung Timur Pulau Jawa. Diakses pada 4 Juli 2024, dari https://www.idntimes.com/travel/destination/naufal-al-rahman-1/fakta-unik-alas-purwo-banyuwangi
  • Liputan6. (2024). Angkernya Alas Purwo, Ini 5 Kisah Mistis di Hutan Tertua Pulau Jawa. Diakses pada 4 Juli 2024, dari https://www.liputan6.com/regional/read/5161469/angkernya-alas-purwo-ini-5-kisah-mistis-di-hutan-tertua-pulau-jawa
  • Discover Banyuwangi. (2024). Alas Purwo: Sejarah, Rute, dan Wisatanya. Diakses pada 4 Juli 2024, dari https://discoverbanyuwangi.com/alas-purwo-banyuwangi/
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *