Misteri

Mitos Genderuwo, Makhluk Halus Raksasa yang Suka Melecehkan Perempuan

137
×

Mitos Genderuwo, Makhluk Halus Raksasa yang Suka Melecehkan Perempuan

Sebarkan artikel ini
Fakta & Mitos Tentang Genderuwo.
Fakta & Mitos Tentang Genderuwo. Sumber: memorandum.disway.id

Halo Sobat Suka Fakta! Pernah dengar cerita horor tentang genderuwo? Yup, makhluk gaib yang satu ini sering banget disebut-sebut dalam berbagai kisah mistis dan cerita rakyat di Indonesia, terutama di Pulau Jawa. Genderuwo ini terkenal banget karena penampilannya yang besar, kekar, dan berbulu lebat yang bikin bulu kuduk berdiri setiap kali mendengar namanya.

Cerita horor tentang genderuwo bukan cuma untuk menakut-nakuti, lho. Di balik kisah seramnya, ternyata ada banyak hal menarik yang bisa kita pelajari. Mitos genderuwo ini punya kaitan erat dengan budaya, sejarah, dan kepercayaan masyarakat kita. Mengetahui lebih dalam tentang genderuwo bisa memberikan wawasan baru tentang bagaimana mitos ini terbentuk dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial dan budaya di Indonesia.

Nah, di artikel ini, kita akan mengupas tuntas berbagai mitos tentang genderuwo. Mulai dari pengertian dan asal-usulnya, ciri fisik dan perilakunya, sampai cara mengusir dan menangkal makhluk ini. Yuk, siap-siap untuk petualangan mistis membahas hantu genderuwo ini. 

Asal Usul Genderuwo

fakta genderuwo
Ilustrasi Hantu Genderuwo. Sumber: hot.grid.id

Sebenarnya apa itu genderuwo dan dari mana asal-usulnya? Jadi, genderuwo adalah makhluk gaib dalam mitologi Jawa yang sering digambarkan sebagai jin atau makhluk halus berwujud manusia raksasa mirip kera, dengan tubuh yang kekar. Makhluk ini dikenal luas di kalangan masyarakat Jawa, baik di Jawa Tengah, Jawa Timur, maupun Jawa Barat.

Asal-usul nama genderuwo diduga berasal dari bahasa Kawi gandharwa yang berakar dari bahasa Sanskerta. Dalam kepercayaan Hindu dan Buddha, gandharwa adalah makhluk berjenis kelamin pria yang hidup di khayangan. 

Bedanya, gandharwa dalam kepercayaan tersebut adalah makhluk baik yang tinggal di Khayangan. Sementara dalam mitos Jawa, genderuwo digambarkan sebagai makhluk gaib yang sering menghuni tempat-tempat sepi dan lembap, seperti pohon besar, bangunan tua, dan sudut-sudut gelap yang jarang dijamah manusia.

Mitos Genderuwo yang Disebut Sering Melecehkan Perempuan saat Tidur

Hantu Genderuwo.
Ilustrasi Hantu Genderuwo. Sumber: Dok: kanigoro

Genderuwo yang biasanya digambarkan sebagai makhluk besar dan kekar, mirip kera, dengan tubuh yang ditutupi rambut lebat, memiliki warna kulit hitam kemerahan yang membuatnya tampak semakin menakutkan. Dengan tubuh besar dan berbulu, genderuwo sering kali menimbulkan kesan seram dan misterius.

1. Sering Melecehkan Perempuan

Selain penampilannya yang mengerikan, perilaku genderuwo juga cukup unik dan sering kali usil. Mitosnya, makhluk ini dikenal suka menggoda manusia, terutama kaum perempuan. Genderuwo sering menepuk pantat perempuan, mengelus tubuh mereka saat tidur, atau bahkan memindahkan pakaian dalam mereka ke tempat lain. Tak jarang, genderuwo juga senang melempari rumah orang dengan batu kerikil di malam hari, membuat penghuni rumah ketakutan.

2. Suka Menghuni Pohon-pohon Besar yang Dijadikan Tempat Ritual

Genderuwo ternyata suka banget menghuni pohon-pohon besar, lho. Pohon seperti beringin, randu alas, dan asem sering kali dikaitkan dengan tempat tinggal genderuwo. Masyarakat Jawa percaya bahwa pohon-pohon besar ini menjadi rumah bagi makhluk halus, termasuk genderuwo.

Selain menjadi tempat tinggal, pohon-pohon ini juga sering digunakan sebagai tempat ritual atau sesaji untuk makhluk halus. Misalnya, masyarakat akan menaruh bunga, makanan, atau dupa di bawah pohon untuk menghormati penghuni gaibnya. Hal ini menunjukkan betapa kuatnya pengaruh kepercayaan terhadap genderuwo dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Jawa.

3. Tidur dalam Keadaan Telanjang Bisa Mengundang Gangguan dari Genderuwo

Nah, Sobat Suka Fakta, ada mitos menarik yang mengatakan bahwa kita sebaiknya jangan tidur dalam keadaan telanjang. Kenapa? Karena genderuwo dipercaya suka mengintip dan melihat manusia yang tidak menutup auratnya saat tidur. Jadi, jangan heran kalau ada yang bilang tidur dalam keadaan tidak berbusana bisa mengundang gangguan dari makhluk halus seperti genderuwo.

Mitos ini juga berfungsi sebagai pengingat untuk menjaga kehormatan dan kebersihan diri, terutama saat tidur. Selain itu, kebiasaan ini dipercaya bisa melindungi kita dari gangguan makhluk halus yang usil. 

Cara Menghindari Genderuwo

 pria berdoa.
Ilustrasi pria berdoa. Sumber: IST

1. Mendekatkan Diri kepada Tuhan

Kalau kamu merasa takut atau khawatir dengan keberadaan genderuwo, salah satu cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan mendekatkan diri kepada Tuhan. Rajin beribadah, berdoa, dan berzikir bisa membangun benteng spiritual yang kuat untuk melindungi diri dari gangguan makhluk halus.

Tidak hanya itu, mendekatkan diri kepada Tuhan juga memberikan ketenangan batin dan rasa aman. Jadi, meskipun ada cerita seram tentang genderuwo, kita tetap merasa tenang karena yakin bahwa Tuhan selalu melindungi kita. Ini adalah cara paling ampuh untuk mengusir rasa takut dan menghadapi berbagai tantangan dalam hidup.

2. Rutin Membaca Ayat Kursi

Sobat Suka Fakta yang beragama Islam mungkin sudah sering mendengar tentang keampuhan ayat kursi. Membaca ayat kursi sebelum tidur dipercaya bisa melindungi kita dari gangguan jin, termasuk genderuwo. Ayat kursi dianggap memiliki kekuatan spiritual yang besar untuk menjaga keamanan dan ketenangan kita saat tidur.

Jadi, jangan lupa untuk rutin membaca ayat kursi setiap malam, ya! Selain memberikan perlindungan dari makhluk halus, membaca ayat kursi juga bisa memberikan ketenangan jiwa dan mendekatkan kita kepada Tuhan. Ini adalah cara sederhana tapi sangat efektif untuk menjaga diri dari gangguan yang tidak diinginkan.

Bagaimana Cara Mengusir Genderuwo dari Rumah?

Bawang putih dan suntikan.
Potret bawang putih dan jarum. Sumber: IST

Kalau Sobat ada yang merasa rumahnya diganggu oleh genderuwo, jangan khawatir, ada beberapa cara yang dipercaya bisa mengusir makhluk ini dari rumah. Salah satunya adalah dengan melakukan ritual tertentu atau menggunakan benda-benda yang dipercaya memiliki kekuatan untuk mengusir makhluk halus.

Misalnya, beberapa orang percaya bahwa membakar bawang putih atau menancapkan jarum di pintu masuk rumah bisa mengusir genderuwo. Selain itu, membersihkan rumah secara rutin dan menjaga kebersihan lingkungan juga bisa membantu menghindari gangguan makhluk halus. Yang terpenting, selalu menjaga spiritualitas dan berdoa agar rumah kita selalu dalam perlindungan Tuhan.

Bagaimana Cara Genderuwo Berkomunikasi dengan Manusia?

Genderuwo
Ilustrasi bayangan hitam genderuwo. Sumber: tirto.id/nadya

Ternyata genderuwo punya cara unik untuk berkomunikasi dengan manusia, lho. Biasanya, genderuwo berkomunikasi melalui mimpi atau suara-suara aneh yang kita dengar di malam hari. Beberapa orang juga melaporkan bahwa mereka merasa disentuh atau didorong oleh makhluk yang tak terlihat.

Selain itu, genderuwo kadang-kadang menampakkan diri dalam bentuk bayangan atau sosok samar di sudut-sudut gelap. Meskipun cara berkomunikasi ini sering kali membuat kita takut, ingatlah bahwa tidak semua interaksi dengan genderuwo berbahaya. Beberapa kepercayaan bahkan menyebutkan bahwa genderuwo bisa menjadi penjaga rumah yang setia jika kita tahu cara berinteraksi dengan mereka dengan benar.

Pohon Apa yang Disukai Genderuwo?

Genderuwo
Ilustrasi Genderuwo di pohon. Sumber: cryptidz.fandom.com

Pohon beringin, randu alas, dan asem adalah beberapa jenis pohon yang sering dikaitkan dengan keberadaan genderuwo. Masyarakat percaya bahwa pohon-pohon besar ini menjadi rumah bagi makhluk halus, termasuk genderuwo.

Pohon-pohon ini juga sering digunakan dalam berbagai ritual dan sesaji untuk menghormati penghuni gaibnya. Misalnya, masyarakat akan menaruh bunga, makanan, atau dupa di bawah pohon untuk menjaga hubungan baik dengan makhluk halus. Ini menunjukkan betapa kuatnya pengaruh kepercayaan terhadap genderuwo dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Jawa.

Kesimpulan

Setelah kita mengupas tuntas tentang genderuwo, dari asal usul hingga cara menghindarinya, kita bisa menarik beberapa kesimpulan menarik. Genderuwo, sebagai salah satu makhluk gaib yang paling dikenal di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa, memiliki banyak cerita dan mitos yang melekat dalam budaya lokal kita.

Genderuwo digambarkan sebagai makhluk bertubuh besar dan kekar dengan rambut lebat di seluruh tubuhnya. Kehadirannya sering kali menakutkan, terutama bagi perempuan dan anak-anak. Meskipun genderuwo sering digambarkan sebagai makhluk jahat, ada juga cerita yang menunjukkan sisi baiknya. Beberapa genderuwo dikatakan bisa membantu manusia dengan menjaga rumah atau bangunan dari niat jahat.

Dari semua cerita dan mitos tentang genderuwo, ada pesan moral yang bisa kita ambil. Cerita ini mengajarkan kita untuk selalu waspada, menjaga diri, dan mendekatkan diri kepada Tuhan. Selain itu, menjaga keharmonisan dalam hubungan keluarga dan menjalani hidup dengan baik juga menjadi pesan penting yang tersirat. Jadi, meskipun cerita genderuwo mungkin menakutkan, ingatlah bahwa setiap cerita membawa nilai-nilai yang bisa kita pelajari.

REFERENSI:

  • “5 Fakta Genderuwo, Hantu Berbadan Kekar dan Berbulu” dari Memorandum Disway. Diakses dari: https://memorandum.disway.id/read/73405/5-fakta-genderuwo-hantu-berbadan-kekar-dan-berbulu
  • “Genderuwo” dari Ensiklopedia P2K STIKOM. Diakses dari: https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Genderuwo
  • “Mitos Genderuwo: Kisah Asal Usulnya Hingga Cara Menghindari Godaan Makhluk Halus Itu” dari Pikiran Rakyat. Diakses dari: https://www.pikiran-rakyat.com/entertainment/pr-014856319/mitos-genderuwo-kisah-asal-usulnya-hingga-cara-menghindari-godaan-makhluk-halus-itu?page=all
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *