Misteri

Sejarah Hingga Misteri Hotel Pondok Indah Bedugul di Bali, Dijuluki Sebagai “Hotel Hantu”

146
×

Sejarah Hingga Misteri Hotel Pondok Indah Bedugul di Bali, Dijuluki Sebagai “Hotel Hantu”

Sebarkan artikel ini
Sejarah Hingga Misteri Hotel Pondok Indah Bedugul di Bali. Sumber: id.quora.com

Halo Sobat Suka Fakta! Siapa nih yang suka banget sama wisata horor? Buat kalian yang doyan petualangan seru dan hal-hal mistis, artikel ini cocok banget buat kalian. Wisata horor memang selalu menjadi tren yang nggak ada matinya. Ini bukan sekedar tren biasa, tapi jadi semacam petualangan yang bikin adrenalin kalian naik!

Nah, salah satu destinasi horor yang paling hits di Indonesia adalah Hotel Pondok Indah Bedugul di Bali. Mungkin kalian sudah pernah dengar nama ini disebut-sebut sebagai “Hotel Hantu” atau “The Ghost Palace.” Hotel yang terbengkalai ini punya segudang cerita misteri yang bikin penasaran abis! 

Sebagai informasi, hotel ini nggak pernah selesai dibangun, lho, Sobat, sekarang kondisinya jadi  terbengkalai membuat pesona mistisnya semakin terasa dan menarik banyak wisatawan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Di artikel ini, kita bakal kupas tuntas tentang sejarah hingga misteri yang menyelimuti Hotel Pondok Indah Bedugul. Kita mulai dari awal pembangunannya, fakta-fakta menarik tentang hotel ini, sampai cerita-cerita mistis yang beredar di masyarakat. Kalian siap? Let’s go, Sobat Suka Fakta!

Sejarah Hotel Pondok Indah Bedugul

Hotel Pondok Indah Bedugul
Potret Hotel Pondok indah Bedugul. Sumber: Instagram.com/vixjade

Nah, Sobat Suka Fakta, seperti yang sudah disebut di atas, pembangunan hotel megah ini belum pernah sampai kata selesai, dan tak pernah berpenghuni sejak awal dibangun. Lalu, bagaimana sejarah Hotel Pondok Indah Bedugul? Buat kalian yang berani dan penasaran, yuk scroll artikel ini. 

Jadi, cerita tentang Hotel Pondok Indah Bedugul dimulai di awal tahun 1990-an. Hotel ini dibangun oleh sebuah perusahaan asal Hong Kong yang punya ambisi besar. Mereka ingin membuat salah satu hotel terbesar dan termodern di Bali. Bayangin aja, hotel ini rencananya bakal punya 1.000 kamar, 10 restoran, 10 kolam renang, dan bahkan satu lapangan golf! Wah, keren banget kan?

Dari rencana awalnya, Hotel Pondok Indah Bedugul ini memang bakal jadi tempat yang super megah. Gak cuma fasilitasnya yang lengkap, tapi juga lokasinya yang strategis di Bedugul, salah satu daerah wisata terkenal di Bali. Dengan pemandangan perbukitan hijau dan udara sejuk, tempat ini benar-benar punya potensi besar buat menarik wisatawan dari berbagai penjuru dunia.

Tapi sayangnya, mimpi besar ini gak berjalan mulus. Pada tahun 1998, Indonesia mengalami krisis moneter yang parah. Dampaknya, pembangunan hotel ini terhenti. Bayangin deh, bangunan yang tadinya direncanakan megah itu tiba-tiba harus berhenti karena masalah keuangan.

Sempat ada upaya untuk melanjutkan pembangunan di awal 2000-an, tapi masalah keuangan tetap jadi kendala utama. Akhirnya, hotel ini gak pernah selesai dibangun dan dibiarkan begitu saja. Hingga kini, Hotel Pondok Indah Bedugul tetap terbengkalai, dengan kondisi bangunan yang makin lama makin rusak dan ditumbuhi oleh semak belukar.

Misteri tentang Hotel Pondok Indah Bedugul

makhluk gaib
Ilustrasi makhluk gaib yang berkeliaran. Sumber: IST

1. Pengalaman Masyarakat dan Pengunjung

Banyak banget cerita dari masyarakat lokal dan pengunjung yang pernah datang ke Hotel Pondok Indah Bedugul. Salah satunya, cerita dari seorang sutradara, Anak Agung Ngurah Bagus Kesuma Yudha dan dua rekannya yang mencoba mendatangi hotel ini.

Mereka bahkan membuat video perjalanan mereka masuk ke hotel tersebut. Meskipun mereka datang pada siang hari, suasana di dalam hotel tetap terasa gelap dan menyeramkan. Menurutnya, suasana hotel terasa sangat lembap dengan banyak lumut di interiornya. 

Kepercayaan lain yang beredar di masyarakat mengatakan, kalau mau masuk ke dalam kawasan yang dianggap anker ini, harus meninggalkan rokok sebagai tanda izin masuk. Aneh banget kan? Tapi, yang lebih aneh lagi, rokok itu tiba-tiba hilang tanpa jejak!

2. Penampakan dan Suara Mistis

Gak cuma cerita dari pengunjung, ada banyak laporan tentang penampakan dan suara mistis di Hotel Pondok Indah Bedugul. Beberapa orang mengaku melihat penampakan wanita berwajah oriental berambut sepundak yang sering menggoda pemuda yang lewat di malam hari. Selain itu, ada juga cerita tentang penampakan pria tua yang disinyalir merupakan pekerja yang meninggal tidak wajar saat pembangunan hotel.

Selain penampakan, banyak juga yang mendengar suara-suara aneh seperti langkah kaki atau jeritan dari dalam hotel. Suara-suara ini sering terdengar di malam hari, saat suasana hotel benar-benar sepi dan gelap. Serem banget, kan?

3. Hotel Pondok Indah Bedugul Viral di Sosial Media

Kisah horor dari Hotel Pondok Indah Bedugul ini makin terkenal berkat media sosial. Salah satunya, video dari Warga Negara Asing (WNA) Jacob Laukaitis yang menceritakan soal hotel misterius ini di channel YouTube-nya. 

Gak cuma itu, ada juga akun TikTok @satelitgoogleearth yang viral dengan video suasana hotel ini. Unggahan mereka menimbulkan berbagai reaksi dari netizen yang makin penasaran dengan cerita-cerita seram dari hotel ini.

Reaksi netizen juga bermacam-macam, ada yang penasaran ingin datang langsung, ada juga yang takut cuma nonton videonya saja. Bahkan, beberapa netizen mengaku melihat penampakan di foto atau video yang diunggah.

Kesimpulan

Hotel Pondok Indah Bedugul adalah salah satu destinasi wisata horor paling terkenal di Bali. Dibangun pada awal 1990-an oleh perusahaan asal Hong Kong, hotel ini awalnya direncanakan menjadi salah satu hotel terbesar dan termodern di Bali dengan fasilitas lengkap.

Sayangnya, krisis moneter 1998 menghentikan pembangunan, dan hotel ini akhirnya terbengkalai. Kondisi bangunan yang rusak dan tidak terawat menambah kesan angker, sehingga menarik banyak wisatawan yang penasaran dengan cerita mistis yang beredar.

Banyak cerita mistis yang mengelilingi Hotel Pondok Indah Bedugul, mulai dari penampakan hantu hingga suara-suara aneh. Beberapa orang mengaku melihat penampakan wanita berwajah oriental dan pria tua, serta mendengar suara langkah kaki di malam hari. Akhirnya, tempat angker ini mempunyai julukan sebagai “Hotel Hantu” atau “The Ghost Palace” karena cerita-cerita mistis tersebut. 

Bagi Sobat Suka Fakta yang suka petualangan horor, hotel ini menawarkan pengalaman yang unik. Namun, tetap jaga keselamatan dan ikuti saran-saran dari penduduk lokal saat berkunjung. Hotel ini mengajarkan kita bahwa di balik setiap bangunan ada cerita yang menunggu untuk diungkap, baik itu sejarah megah atau kisah-kisah misteri yang bikin merinding.

REFERENSI:

  • Radar Bali. “Di Hotel Milik Keluarga Cendana Itu Sering Terdengar Jeritan dan Penampakan.” Diakses dari https://radarbali.jawapos.com/features/70861772/di-hotel-milik-keluarga-cendana-itu-sering-terdengar-jeritan-dan-penampakan
  • Hops.ID. “Penampakan Ngeri Hotel Pondok Indah Bedugul di Bali, Penginapan Milik Tommy Soeharto Disebut Hotel Hantu.” Diakses dari https://www.hops.id/travel/2949030013/penampakan-ngeri-hotel-pondok-indah-bedugul-di-bali-penginapan-milik-tommy-soeharto-disebut-hotel-hantu
  • Tribun Bali. “Cerita Mistis ‘Hotel Hantu’ Bedugul, Ini Yang Harus Dilakukan Saat Lewat atau Mendatanginya.” Diakses dari https://bali.tribunnews.com/2020/11/06/cerita-mistis-hotel-hantu-bedugul-ini-yang-harus-dilakukan-saat-lewat-atau-mendatanginya
  • Radar Tegal. “Segudang Kisah Mistis Hotel Pondok Indah Bedugul, Bali: Penampakan Seram hingga Misteri Kematian Pekerja.” Diakses dari https://radartegal.disway.id/read/660826/segudang-kisah-mistis-hotel-pondok-indah-bedugul-bali-penampakan-seram-hingga-misteri-kematian-pekerja
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *