Misteri

7 Misteri Segitiga Bermuda: Banyak Kapal dan Pesawat Menghilang

38
×

7 Misteri Segitiga Bermuda: Banyak Kapal dan Pesawat Menghilang

Sebarkan artikel ini
Misteri Segitiga Bermuda
7 Misteri Segitiga Bermuda Banyak Kapal dan Pesawat Menghilang. Sumber: History

Halo Sobat Suka Fakta! Pernah dengar tentang Segitiga Bermuda? Yup, tempat yang satu ini memang selalu berhasil menarik perhatian banyak orang karena misteri dan mitos Segitiga Bermuda yang selalu jadi pembicaraan bikin penasaran. 

Segitiga Bermuda, atau yang sering juga disebut Segitiga Setan, adalah salah satu tempat paling misterius di planet kita. Terletak di Samudra Atlantik, di antara Bermuda, Florida, dan Puerto Riko, Segitiga Bermuda dikenal sebagai wilayah di mana banyak kapal dan pesawat yang hilang tanpa jejak. Kenapa bisa begitu? Apa yang sebenarnya terjadi di sana? Yuk, kita kupas tuntas misteri Segitiga Bermuda ini!

Siap untuk berpetualang bersama di dunia misteri Segitiga Bermuda? Let’s go, Sobat Suka Fakta! Terus ikuti artikel ini dan temukan jawaban-jawaban menarik dari setiap misteri yang ada. Kita mulai dari sejarah singkat Segitiga Bermuda dulu, ya.

Sejarah Singkat Segitiga Bermuda

Vincent Gaddis.
Potret Vincent Gaddis. Sumber: Dok. elgin.edu

Segitiga Bermuda bukanlah tempat yang baru dikenal. Bahkan, sejarah misteri di wilayah ini sudah dimulai sejak masa pelayaran Christopher Columbus. Ketika Columbus pertama kali berlayar ke Dunia Baru, ia melaporkan melihat nyala api misterius yang menghantam laut di wilayah Segitiga Bermuda. Sejak saat itu, banyak kapal dan pesawat yang dilaporkan hilang secara misterius di area ini.

Istilah “Segitiga Bermuda” pertama kali dipopulerkan oleh Vincent Gaddis pada tahun 1964 dalam sebuah artikel yang diterbitkan di majalah Argosy dari Inggris. Gaddis menggambarkan wilayah ini sebagai segitiga yang membentang dari Miami, Florida; ke Bermuda; dan ke San Juan, Puerto Riko. Area ini mencakup sekitar 440.000 mil laut, menjadikannya bagian dari rute pelayaran yang sibuk. Sejak itu, Segitiga Bermuda menjadi pusat dari berbagai teori konspirasi dan cerita horor yang menarik perhatian banyak orang.

Misteri Segitiga Bermuda

Misteri Segitiga Bermuda
Kolase misteri yang terjadi di Segitiga bermuda. Sumber: Dok. Pixels/dictio.id

1. Hilangnya Kapal USS Cyclops

Salah satu kisah paling terkenal dari Segitiga Bermuda adalah hilangnya USS Cyclops. Kapal ini merupakan salah satu kapal bahan bakar terbesar milik Angkatan Laut Amerika Serikat. Pada bulan Maret 1918, USS Cyclops berlayar dari Brasil menuju Baltimore dengan membawa 10.800 ton bijih mangan dan 309 awak kapal. 

Cuaca pada hari keberangkatan sangat baik, dan tidak ada tanda-tanda masalah dari pesan pertama yang dikirim oleh kapal tersebut. Namun, setelah itu, USS Cyclops menghilang tanpa jejak. 

Tidak ada sinyal darurat yang dikirim, dan tidak ada puing-puing yang ditemukan. Hilangnya kapal ini menandai hilangnya nyawa terbesar dalam sejarah Angkatan Laut AS di luar pertempuran. Para penyelidik pun bingung karena tidak ada satu pun bukti yang bisa menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi. Banyak teori yang muncul, mulai dari serangan kapal selam musuh hingga fenomena alam yang tidak biasa.

2. Misteri Kapal Mary Celeste

Kisah Mary Celeste adalah salah satu cerita kapal hantu yang paling terkenal dalam sejarah maritim. Pada tanggal 4 Desember 1872, kapal ini ditemukan terombang-ambing tanpa awak di Samudra Atlantik. Mary Celeste berlayar dari New York menuju Genoa, Italia, dengan membawa muatan alkohol mentah. Namun, yang membuat misteri ini menarik adalah seluruh awak kapal, termasuk kapten dan keluarganya, menghilang tanpa jejak.

Ketika ditemukan, kapal Mary Celeste dalam kondisi baik, dengan barang-barang berharga dan kargo yang masih utuh. Tidak ada tanda-tanda kekerasan atau perlawanan, dan sekoci penyelamat juga hilang. Banyak teori yang mencoba menjelaskan hilangnya awak kapal, mulai dari penculikan oleh bajak laut hingga fenomena alam yang aneh. Namun, hingga kini, nasib awak kapal Mary Celeste tetap menjadi misteri yang belum terpecahkan.

3. Hilangnya Penerbangan 19

Penerbangan 19 adalah salah satu kasus hilangnya pesawat yang paling misterius di Segitiga Bermuda. Pada tanggal 5 Desember 1945, lima pesawat pengebom torpedo milik Angkatan Laut Amerika Serikat lepas landas dari Pangkalan Udara Fort Lauderdale, Florida, untuk menjalani latihan rutin. Namun, setelah beberapa saat, pesawat-pesawat tersebut kehilangan arah dan komunikasi dengan pangkalan.

Para pilot melaporkan bahwa kompas mereka tidak berfungsi dengan baik dan mereka tidak dapat menentukan arah yang benar. Meskipun upaya pencarian besar-besaran dilakukan, kelima pesawat tersebut beserta 14 orang awaknya tidak pernah ditemukan. Lebih aneh lagi, sebuah pesawat pencari yang dikirim untuk menemukan Penerbangan 19 juga menghilang tanpa jejak. Kasus ini menjadi salah satu misteri terbesar dalam sejarah penerbangan.

4. Teori Medan Magnet

Salah satu teori paling populer yang mencoba menjelaskan misteri Segitiga Bermuda adalah teori medan magnet. Teori ini menyatakan bahwa wilayah Segitiga Bermuda memiliki anomali magnetik yang kuat, yang dapat menyebabkan gangguan pada peralatan navigasi seperti kompas. Gangguan ini bisa membuat kapal dan pesawat keluar jalur dan akhirnya hilang.

Medan magnet bumi biasanya stabil, tetapi di beberapa tempat, medan ini bisa berubah-ubah secara drastis. Di Segitiga Bermuda, banyak laporan dari kapal dan pesawat yang mengalami masalah dengan kompas mereka. Beberapa ilmuwan berpendapat bahwa perubahan medan magnet ini bisa menyebabkan kebingungan navigasi, yang pada akhirnya menyebabkan kecelakaan. Meskipun demikian, teori ini belum sepenuhnya terbukti dan masih menjadi bahan perdebatan di kalangan ilmuwan.

5. Kisah Kapal Ellen Austin

Cerita tentang Ellen Austin juga menambah panjang daftar kisah misterius di Segitiga Bermuda. Pada tahun 1881, kapal layar ini berlayar dari London menuju New York. Di dekat Segitiga Bermuda, Ellen Austin menemukan sebuah kapal terlantar tanpa awak. Kapal tersebut terlihat dalam kondisi baik dan kargo di dalamnya masih utuh. Kapten Ellen Austin, Kapten Baker, memutuskan untuk menarik kapal tersebut ke New York.

Namun, setelah beberapa hari berlayar bersama, badai memisahkan kedua kapal tersebut. Ketika badai reda, kapal yang ditarik Ellen Austin kembali hilang. Anehnya, ketika kapal tersebut ditemukan lagi, awak yang ditempatkan oleh Kapten Baker di kapal terlantar juga hilang. Kisah ini masih menjadi misteri hingga kini, dengan banyak teori yang mencoba menjelaskan hilangnya kapal dan awak kapal tersebut.

6. Teori Aktivitas Paranormal dan Alien

Banyak orang percaya bahwa aktivitas paranormal dan alien berperan dalam misteri Segitiga Bermuda. Teori ini didukung oleh berbagai laporan tentang penampakan objek terbang yang tidak dikenal (UFO) di wilayah tersebut. Beberapa orang bahkan mengklaim telah melihat makhluk aneh atau mengalami fenomena supranatural saat berada di Segitiga Bermuda.

Pendukung teori ini berpendapat bahwa Segitiga Bermuda adalah portal ke dunia lain atau bahkan basis rahasia bagi makhluk ekstraterestrial. Teori ini memang terdengar seperti cerita fiksi ilmiah, tetapi banyak orang yang mempercayainya. Namun, para ilmuwan umumnya skeptis dan berpendapat bahwa tidak ada bukti kuat yang mendukung klaim tersebut.

7. Hilangnya Kapal Pesiar Witchcraft

Salah satu kisah paling aneh dari Segitiga Bermuda adalah hilangnya kapal pesiar Witchcraft. Pada tanggal 22 Desember 1967, kapal pesiar ini meninggalkan Miami dengan kaptennya, Dan Burack, dan temannya, Pastor Patrick Horgan. Mereka ingin menikmati pemandangan lampu Natal dari laut. Namun, sekitar satu mil dari lepas pantai, sang kapten menghubungi Penjaga Pantai dan melaporkan bahwa kapal telah menabrak sesuatu, tetapi tidak mengalami kerusakan berarti.

Penjaga Pantai segera berangkat untuk membantu, tetapi ketika mereka tiba di lokasi yang dilaporkan, kapal Witchcraft sudah tidak ada. Pencarian dilakukan selama beberapa hari, tetapi tidak ada tanda-tanda kapal atau penumpangnya yang ditemukan. Yang membuat kisah ini semakin misterius adalah kenyataan bahwa Witchcraft adalah kapal yang hampir tidak mungkin tenggelam karena dilengkapi dengan banyak perangkat keselamatan. Hingga hari ini, hilangnya Witchcraft tetap menjadi misteri.

Fakta Menarik Tentang Segitiga Bermuda

Segitiga bermuda
Kolase beberapa hal menarik tentang segitiga bermuda. Sumber: Dok.en.wikipedia.org/IST

1. Tidak Masuk 10 Perairan Paling Berbahaya

Meskipun terkenal dengan kisah-kisah misterinya, Segitiga Bermuda ternyata tidak termasuk dalam daftar 10 perairan paling berbahaya di dunia. Pada tahun 2013, World Wildlife Fund (WWF) melakukan studi menyeluruh tentang jalur pelayaran maritim dan menyimpulkan bahwa Segitiga Bermuda bukanlah salah satu perairan yang paling berbahaya. Wilayah ini justru menjadi jalur pelayaran yang cukup sibuk dengan lalu lintas harian yang padat baik melalui laut maupun udara.

2. Tidak Muncul di Peta Dunia

Segitiga Bermuda, meskipun sangat terkenal, tidak muncul di peta dunia mana pun. Berlokasi di antara pantai Atlantik Florida, Antiles, dan Puerto Rico, wilayah ini tidak diakui sebagai wilayah resmi oleh Dewan Geografis AS. Luasnya diperkirakan antara 500.000 hingga 1.510.000 mil persegi atau sekitar 1.300.000 hingga 3.900.000 kilometer persegi. Ketidakhadirannya di peta resmi menambah aura misteri yang melingkupi Segitiga Bermuda.

3. Gelombang Tinggi

Salah satu alasan yang mungkin menjelaskan hilangnya kapal dan pesawat di Segitiga Bermuda adalah adanya gelombang laut yang sangat tinggi. Segitiga Bermuda terletak di wilayah Samudra Atlantik di mana badai dari berbagai arah bisa bertemu. Gelombang laut di wilayah ini bisa mencapai ketinggian hingga 100 kaki atau sekitar 30,5 meter. Gelombang setinggi ini tentu bisa sangat berbahaya dan berpotensi menyebabkan kapal dan pesawat mengalami kecelakaan.

4. Milauke Depth

Titik terdalam Samudra Atlantik, yang dikenal sebagai Milauke Depth, terletak di sekitar perairan Segitiga Bermuda. Milauke Depth adalah titik terdalam palung Puerto Rico yang mencapai kedalaman 27.493 kaki atau sekitar 8.380 meter. Kedalaman ini menambah tantangan bagi upaya pencarian dan penyelidikan di wilayah Segitiga Bermuda, membuat banyak kasus hilangnya kapal dan pesawat tetap menjadi misteri.

Kesimpulan

Segitiga Bermuda adalah salah satu misteri terbesar di planet kita yang hingga kini belum terpecahkan. Meskipun banyak teori yang mencoba menjelaskan fenomena ini, tidak ada yang benar-benar mampu memberikan jawaban pasti. Dari kapal yang hilang tanpa jejak hingga teori-teori yang melibatkan aktivitas paranormal dan alien, Segitiga Bermuda terus memicu rasa penasaran banyak orang.

Apakah Sobat Suka Fakta memiliki teori atau pendapat sendiri tentang misteri Segitiga Bermuda? Yuk, bagikan di kolom komentar! Mari kita diskusikan bersama dan coba pecahkan misteri yang satu ini. Terima kasih sudah membaca, dan sampai jumpa di artikel seru lainnya!

REFERENSI:

Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *