Misteri

3 Mitos Gunung Kawi: Nyawa Kerabat Jadi Tumbal demi Kekayaan Instan

118
×

3 Mitos Gunung Kawi: Nyawa Kerabat Jadi Tumbal demi Kekayaan Instan

Sebarkan artikel ini
Fakta & Mitos Tentang Gunung Kawi
Fakta & Mitos Tentang Gunung Kawi. Sumber: instagram.com/anggito08

Halo Sobat Suka Fakta! Kalian pasti sudah nggak asing lagi dengan yang namanya Gunung Kawi, kan? Salah satu gunung terangker di Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya, hingga cerita-cerita horor dan ritual pesugihan yang bikin bulu kuduk merinding. Nah, di artikel kali ini, kita akan mengupas tuntas semua mitos Gunung Kawi. Jadi, siap-siap buat petualangan seru ini, ya!

Gunung Kawi ini terletak di sebelah barat daya Kabupaten Malang dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Selain pesonanya yang memukau, Gunung Kawi juga sering dikaitkan dengan berbagai ritual pesugihan yang katanya bisa bikin orang jadi kaya raya. 

Banyak yang percaya kalau di sini, kekayaan bisa didapatkan lewat berbagai ritual mistis. Jadi nggak heran, deh, kalau Gunung Kawi sering jadi topik hangat saat ngomongin tempat-tempat mistis di Indonesia!

Tujuan artikel ini adalah untuk memberikan kalian semua informasi lengkap dan akurat tentang mitos Gunung Kawi. Kita bakal bahas dari lokasi dan keindahan alamnya, sejarah dan budayanya, hingga berbagai ritual dan mitos pesugihan yang konon katanya bisa bikin kaya. Jadi, stay tuned, ya, Sobat Suka Fakta, temukan berbagai informasi menarik di artikel ini!

Oke, sekarang kita lanjut ke bagian berikutnya tentang lokasi dan keindahan Gunung Kawi. Yuk, kita lanjut baca!

Asal Usul dan Sejarah Gunung Kawi

mitos gunung kawi
Potret Gunung Kawi. Sumber: IST

Gunung Kawi terletak di Desa Wonosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, sekitar 15 km dari kota Malang. Dengan ketinggian mencapai 2.551 meter di atas permukaan laut, gunung ini menawarkan pemandangan alam yang luar biasa indah. 

Bayangkan aja, Sob, hutan hijau lebat, udara sejuk, dan pemandangan sawah serta perbukitan yang menakjubkan. Cocok banget buat kalian yang suka petualangan dan menikmati alam!

Selain itu, Gunung Kawi juga punya sejarah penamaan yang menarik. Nama “Kawi” sendiri berasal dari bahasa Jawa Kuno yang berarti penulis atau sastrawan. Dulu, gunung ini sering dijadikan tempat peristirahatan para sastrawan dan spiritualis yang mencari ketenangan serta inspirasi untuk menulis karya-karya mereka. Nggak heran, deh, kalau tempat ini sarat dengan nilai-nilai budaya dan sejarah yang mendalam.

Mitos Gunung Kawi

Gunung ini memang nggak cuma menawarkan keindahan alam, tapi juga cerita-cerita mistis yang bikin merinding. Salah satu mitos yang paling terkenal adalah tentang ritual pesugihan yang konon bisa membuat seseorang jadi kaya raya. Nah, di bagian ini, kita akan bahas lebih dalam tentang mitos-mitos tersebut. Yuk, simak!

Mitos di Gunung Kawi ini nggak bisa dipisahkan dari kepercayaan masyarakat setempat. Banyak yang percaya bahwa di gunung ini ada kekuatan gaib yang bisa membantu seseorang mendapatkan kekayaan. 

Dari ritual pesugihan hingga Tapa Brata di bawah pohon keramat, cerita-cerita ini sudah menjadi bagian dari legenda lokal. Meski terdengar menyeramkan, banyak orang yang datang ke sini untuk mencoba peruntungan mereka. Ada yang berhasil, ada juga yang gagal. Namun, mitos-mitos ini tetap menjadi daya tarik utama Gunung Kawi.

1. Ritual Pesugihan

Pesugihan
Ilustrasi Ritual Pesugihan. Sumber: Dok. Aditia Noviansyah/kumparan

Salah satu ritual yang paling terkenal di Gunung Kawi adalah pesugihan. Pesugihan adalah praktik spiritual yang dilakukan untuk mendapatkan kekayaan dengan bantuan kekuatan gaib. Banyak orang percaya bahwa dengan melakukan ritual ini, mereka bisa mendapatkan kekayaan secara instan. Ritual pesugihan ini melibatkan berbagai macam praktik, mulai dari tapa brata hingga membuat kontrak dengan makhluk gaib. Menyeramkan, ya?

Dalam ritual pesugihan di Gunung Kawi, pelaku biasanya harus menjalani tapa brata di bawah pohon keramat yang diyakini memiliki kekuatan gaib. Mereka harus berpuasa dan menjalani laku prihatin selama beberapa hari. Setelah itu, mereka akan melakukan kontrak mati dengan makhluk gaib, yang biasanya melibatkan pengorbanan tumbal nyawa dari kerabat yang masih memiliki hubungan darah. Meskipun terdengar ekstrem, banyak yang percaya bahwa ritual ini benar-benar bisa membawa kekayaan.

2. Tapabrata dan Mandi Suci

Pohon Dewandaru
Potret Pohon Dewandaru. Sumber: Dok. kebunpedia

Salah satu bagian dari ritual pesugihan di Gunung Kawi adalah tapabrata di bawah pohon Dewandaru. Pohon ini dianggap sangat keramat dan diyakini memiliki kekuatan gaib yang bisa mendatangkan rezeki. Pelaku pesugihan harus melakukan tapa brata di bawah pohon ini selama beberapa hari, berpuasa, dan menjalani laku prihatin. Selain itu, mereka juga harus menjalani ritual mandi suci yang dipimpin oleh juru kunci, untuk membersihkan diri dari segala macam kotoran dan dosa.

Ritual mandi suci ini dianggap sangat penting karena dipercaya bisa membantu pelaku pesugihan mendapatkan restu dari kekuatan gaib. Setelah melakukan mandi suci, mereka akan melakukan kontrak mati dengan makhluk gaib yang menguasai Gunung Kawi. Kontrak ini berisi janji untuk memberikan tumbal nyawa setiap tahun sebagai syarat untuk mempertahankan kekayaan yang didapatkan. Serem banget, kan, Sob?

3. Petilasan Prabu Sri Kameswara

Petilasan Prabu Sri Kameswara.
Potret Petilasan Prabu Sri Kameswara. Sumber: Dok. pagaralampos.disway.id

Selain ritual pesugihan dan tapabrata, ada juga petilasan Prabu Sri Kameswara yang menjadi bagian dari cerita mistis di Gunung Kawi. Prabu Sri Kameswara adalah seorang pangeran dari Kerajaan Kediri yang sering bertapa di Gunung Kawi untuk mencari ketenangan dan solusi bagi masalah politik di kerajaannya. Setelah beliau tidak lagi bertapa di sini, petilasan tersebut mulai digunakan sebagai tempat pemujaan dan praktik pesugihan.

Banyak peziarah yang percaya bahwa dengan melakukan ritual di petilasan Prabu Sri Kameswara, mereka bisa mendapatkan kekayaan dan keberuntungan. Meskipun petilasan ini memiliki sejarah yang panjang dan kaya, hubungan dengan praktik pesugihan membuat tempat ini semakin menarik bagi para pencari kekayaan. Sobat, itulah kenapa Gunung Kawi selalu menjadi tempat yang penuh dengan cerita dan legenda yang menarik untuk kita jelajahi.

Makam Siapa yang Ada di Gunung Kawi?

Eyang Jugo
Potret Makam Eyang Jugo. Sumber: Dok. tugumalang.id

Di gunung ini terdapat makam dua tokoh spiritual terkenal, yaitu Eyang Jugo dan Eyang Sujo. Eyang Jugo, atau Kyai Zakaria II, adalah seorang tokoh yang dihormati karena jasanya dalam menyebarkan ajaran kebatinan dan spiritual di Jawa. Sementara itu, Eyang Sujo, atau Raden Mas Iman Sudjono, juga dikenal karena kontribusinya dalam ajaran kebatinan.

Makam Eyang Jugo dan Eyang Sujo sering dikunjungi oleh para peziarah yang datang untuk berdoa dan meminta berkah. Setiap tanggal 12 Suro, masyarakat sekitar mengadakan peringatan untuk mengenang wafatnya Eyang Sujo, yang dihadiri oleh banyak orang. Tradisi ini menunjukkan betapa kuatnya nilai-nilai spiritual dan budaya yang masih dipegang teguh oleh masyarakat sekitar Gunung Kawi.

Siapakah Eyang Jugo Gunung Kawi?

Tokoh spiritual terkenal, yaitu Eyang Jugo.
Potret Tokoh spiritual terkenal, yaitu Eyang Jugo. Sumber: @jejakpejalankaki

Eyang Jugo, atau Kyai Zakaria II, adalah seorang tokoh spiritual yang sangat dihormati di Jawa. Beliau dikenal karena ajaran kebatinannya yang mendalam dan peran pentingnya dalam menyebarkan spiritualitas di wilayah Jawa Timur. Mbah Jugo sering dijadikan panutan oleh masyarakat setempat yang mencari petunjuk spiritual dan kedamaian batin.

Mbah Jugo juga memiliki pengaruh besar dalam praktik pesugihan di Gunung Kawi. Banyak orang percaya bahwa dengan berdoa dan melakukan ritual di makamnya, mereka bisa mendapatkan berkah dan kekayaan. Kehadiran Mbah Jugo dalam cerita Gunung Kawi menambah dimensi spiritual dan mistis dari tempat ini, menjadikannya semakin menarik untuk dijelajahi.

Siapa Nama Juru Kunci Gunung Kawi?

Gunung Kawi.
Potret Gunung Kawi. Sumber: Dok. blogspot.com

Seperti yang dilansir dari UIN Malang, juru kunci Gunung Kawi saat ini bernama Pak Sunarko, seseorang yang sangat dihormati dan memiliki pengetahuan mendalam tentang tradisi dan ritual di tempat ini.

Tugas dan tanggung jawab juru kunci meliputi memimpin ritual, menjaga ketertiban, dan memastikan bahwa semua praktik spiritual dilakukan dengan benar. Juru kunci juga berperan penting dalam menjaga kelestarian nilai-nilai budaya dan spiritual yang diwariskan oleh leluhur mereka. Dengan adanya juru kunci, tradisi dan cerita mistis di Gunung Kawi tetap hidup dan terus dilestarikan.

Kesimpulan

Halo Sobat Suka Fakta, setelah kita mengupas tuntas berbagai fakta dan mitos menarik tentang Gunung Kawi, kini saatnya kita menyimpulkan apa yang sudah kita bahas. Gunung Kawi memang bukan sekadar gunung biasa, tempat ini penuh dengan cerita mistis, keindahan alam, serta nilai-nilai spiritual dan budaya yang kaya. 

Dari asal usul namanya yang bermakna penulis atau sastrawan, hingga kisah-kisah pesugihan yang menyeramkan, Gunung Kawi menawarkan beragam cerita yang menarik untuk dieksplorasi.

Gunung Kawi adalah tempat yang penuh dengan cerita dan legenda, baik yang bersifat mistis maupun spiritual. Bagi sebagian orang, tempat ini menjadi sumber harapan dan kekayaan, sementara bagi yang lain, ini adalah tempat untuk mencari ketenangan dan kedamaian. Apapun tujuannya, Gunung Kawi akan selalu menjadi bagian penting dari kekayaan budaya Indonesia.

Terima kasih telah membaca artikel ini, Sobat Suka Fakta! Semoga informasi yang kami berikan bisa menambah wawasan kalian tentang Gunung Kawi. Jangan lupa untuk terus mengikuti artikel-artikel menarik lainnya di blog kami. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, ya!

REFERENSI

  • Liputan6. “Misteri Gunung Kawi yang Konon Jadi Tempat Pesugihan.” Diakses pada 2 Juli 2024, dari https://www.liputan6.com/regional/read/5492014/misteri-gunung-kawi-yang-konon-jadi-tempat-pesugihan
  • Viva. “Bisa Bikin Kaya Tujuh Turunan, Ini 6 Fakta Misteri Gunung Kawi.” Diakses pada 2 Juli 2024, dari https://www.viva.co.id/trending/1491561-bisa-bikin-kaya-tujuh-turunan-ini-6-fakta-misteri-gunung-kawi
  • Vice. “Mengikuti Perjalanan Para Pemburu Kekayaan di Gunung Kawi.” Diakses pada 2 Juli 2024, dari https://www.vice.com/id/article/k7ekjz/mengikuti-perjalanan-para-pemburu-kekayaan-di-gunung-kawi
  • UIN Malang. “KKM 53:Keindahan Toleransi Agama di Keraton Gunung Kawi: Wujud Nyata dalam Tempat Ibadah Multi Religi.” Diakses pada 3 Juli 2024, dari https://sipemas.uin-malang.ac.id/blog/kkm-53keindahan-toleransi-agama-di-keraton-gunung-kawi-wujud-nyata-dalam-tempat-ibadah-multi-religi
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *