Misteri

6 Fakta Pembunuhan Kim Jong-Nam, Pesan Tersirat Korea Utara bagi yang Melawan Kim Jong-Un

149
×

6 Fakta Pembunuhan Kim Jong-Nam, Pesan Tersirat Korea Utara bagi yang Melawan Kim Jong-Un

Sebarkan artikel ini
pembunuhan kim jong nam
Potret Patung kim jong un. Sumber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Kalian pernah dengar nama Kim Jong-Nam? Kim Jong-Nam adalah saudara tiri dari pemimpin Korea Utara saat ini, yaitu Kim Jong-Un. Nama Kim Jong-Nam sendiri tiba-tiba jadi pembicaraan dunia waktu dia dibunuh di Bandara Internasional Kuala Lumpur tahun 2017.

Percaya atau nggak, pembunuhan King Jong-Nam ini penuh dengan intrik dan misteri. Banyak yang bilang kalau Kim Jong-Nam dibunuh karena dia kerja sama dengan CIA. Wah, penasaran, kan?! Nah, di artikel ini, kita akan mengupas tuntas tentang pembunuhan Kim Jong-Nam. Jadi, siap-siap deh, karena kasus kriminal ini bakal membawa kita ke dalam dunia penuh konspirasi yang jarang kita tahu.

1. Pembunuhan Kim Jong-Nam Terjadi di Bandara Kuala Lumpur

pembunuhan kim jong nam
Potret pelaku pembunuhan Kim Jong Nam: Siti Aisyah dan Đoàn Thị Hương. Sumber: gdb.voanews.com

Pada 13 Februari 2017, Kim Jong-Nam dibunuh di Bandara Internasional Kuala Lumpur. Kejadian ini benar-benar mengejutkan dunia. Kim Jong-Nam diserang oleh dua wanita yang menutupi wajahnya dengan kain yang diresapi agen saraf VX, salah satu senjata kimia paling mematikan di dunia.

Identitas kedua pelaku pun terungkap. Mereka adalah Siti Aisyah, seorang wanita Indonesia, dan Đoàn Thị Hương, seorang wanita Vietnam. Kedua wanita ini mengaku bahwa mereka mengira sedang ikut serta dalam lelucon di TV, semacam prank show. Bayangin, mereka nggak tahu kalau sebenarnya mereka sedang melakukan pembunuhan!

Tapi, Sob, para analis percaya bahwa pembunuhan ini diperintahkan langsung oleh Kim Jong-Un. Alasan utamanya? Kim Jong-Nam dianggap sebagai ancaman bagi kekuasaan Kim Jong-Un. Bahkan sebelum pembunuhan ini, Kim Jong-Nam sudah beberapa kali mengalami upaya pembunuhan yang diduga juga diperintahkan oleh saudaranya itu.

2. Kim Jong-Nam Disinyalir Memiliki Hubungan dengan CIA

pembunuhan kim jong nam
Potret CIA. Sumber: thumb.viva.co.id

Sobat Suka Fakta, ini dia bagian yang paling kontroversial dalam kasus pembunuhan Kim Jong-Nam. Sebagian dari kamu mungkin bertanya-tanya, apakah benar Kim Jong-Nam dibunuh karena kerja samanya dengan CIA? Beberapa laporan memang mengindikasikan hal itu.

Menurut mantan pejabat AS yang dikutip oleh Wall Street Journal, Kim Jong-Nam pernah menjadi sumber CIA. Ini berarti, dia mungkin telah memberikan informasi penting tentang rezim Korea Utara kepada badan intelijen Amerika.

Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa Kim Jong-Nam pernah terlihat bertemu dengan agen-agen intelijen AS di luar negeri. Bahkan, dia pernah membawa ransel berisi uang tunai sebesar $120.000, yang diduga berasal dari CIA. Alasan lain kenapa Kim Jong-Nam bekerja sama dengan CIA bisa jadi karena dia merasa tidak aman setelah Kim Jong-Un mengambil alih kekuasaan.

Sejak 2011, Kim Jong-Nam sering mengatakan kepada teman-temannya bahwa dia merasa hidupnya dalam bahaya. Mungkin, dia berharap dengan bekerja sama dengan CIA, dia bisa mendapatkan perlindungan atau setidaknya, punya cara untuk melawan balik jika sesuatu terjadi padanya. Namun, kerja sama dengan CIA ini juga membawa konsekuensi fatal.

Korea Utara terkenal dengan tindakannya yang keras terhadap para pengkhianat atau mereka yang dianggap membahayakan rezim. Jadi, jika Kim Jong-Nam memang bekerja sama dengan CIA, itu bisa menjadi alasan utama kenapa dia dibunuh dengan begitu brutal di bandara Kuala Lumpur.

3. Kematian Kim Jong-Nam Mempertegas Citra Korut yang Berbahaya

pembunuhan kim jong nam
Potret bendera Korea Utara. Sumber: IST

Pembunuhan Kim Jong-Nam membawa dampak besar, baik secara politik maupun personal. Di sisi politik, pembunuhan ini memperkuat citra Kim Jong-Un sebagai pemimpin yang kejam dan tak segan-segan menyingkirkan siapa saja yang dianggap sebagai ancaman. Dunia melihat Korea Utara sebagai negara yang semakin terisolasi dan berbahaya di bawah kepemimpinan Kim Jong-Un.

Bagi Korea Utara, pembunuhan ini mungkin dimaksudkan untuk mengirim pesan kuat kepada siapa saja yang berani menentang rezim. Tapi, di sisi lain, hal ini juga memicu reaksi keras dari komunitas internasional. Banyak negara yang meningkatkan tekanan diplomatik dan ekonomi terhadap Korea Utara setelah peristiwa ini.

Di sisi personal, keluarga Kim Jong-Nam harus menghadapi dampak langsung dari pembunuhan ini. Putra Kim Jong-Nam, Han-sol, sempat muncul di media dan mengungkapkan kesedihannya atas kematian ayahnya. Dia juga menyatakan bahwa keluarganya merasa terancam dan meminta perlindungan. Keamanan keluarga Kim Jong-Nam menjadi perhatian utama, mengingat kemungkinan adanya ancaman lebih lanjut dari Korea Utara.

Selain itu, pembunuhan ini juga menimbulkan rasa takut di kalangan para pembangkang dan kritikus rezim Korea Utara. Mereka melihat apa yang terjadi pada Kim Jong-Nam sebagai peringatan bahwa tidak ada tempat yang benar-benar aman dari jangkauan Kim Jong-Un. Hal ini membuat banyak orang yang sebelumnya vokal dalam mengkritik rezim menjadi lebih berhati-hati.

4. Bukti Kebrutalan Rezim Kim Jong-Un hingga Permainan Politik 

pembunuhan kim jong nam
Potret penduduk yang sedang berduka. Sumber: livemint.com

Setelah pembunuhan Kim Jong-Nam, dunia internasional pun bereaksi keras. Korea Selatan dan Amerika Serikat dengan cepat menuduh Korea Utara sebagai dalang di balik pembunuhan ini. Mereka menegaskan bahwa tindakan ini menunjukkan betapa brutal dan tak berperasaannya rezim Kim Jong-Un.

Di sisi lain, Malaysia yang menjadi lokasi pembunuhan, juga mengambil tindakan cepat. Polisi Malaysia menangkap beberapa tersangka, termasuk Siti Aisyah dan Đoàn Thị Hương. Mereka juga melakukan otopsi untuk mengetahui penyebab pasti kematian Kim Jong-Nam. Hasil otopsi menunjukkan bahwa agen saraf VX memang digunakan dalam pembunuhan ini.

Namun, pihak Korea Utara justru menolak hasil otopsi tersebut. Mereka menuduh Malaysia berkonspirasi dengan musuh-musuh mereka untuk mencemarkan nama baik Korea Utara. Bahkan, diplomat Korea Utara di Malaysia meminta hak asuh jenazah Kim Jong-Nam dan menolak bekerja sama dalam penyelidikan.

Tanggapan internasional terhadap pembunuhan ini pun beragam. Banyak negara yang mengecam tindakan brutal ini dan menuntut keadilan bagi Kim Jong-Nam. Mereka melihat pembunuhan ini sebagai bukti tambahan dari kebrutalan rezim Kim Jong-Un. Namun, ada juga yang melihatnya sebagai bagian dari permainan politik tingkat tinggi, di mana setiap pihak berusaha memanfaatkan situasi untuk keuntungan mereka sendiri.

5. Pernah Tertangkap di Jepang dengan Paspor Palsu

pembunuhan kim jong nam
Potret Kim Jong Nam. Sumber: firstpost.com

Sobat Suka Fakta, mari kita kenal lebih dekat dengan Kim Jong-Nam. Lahir pada 10 Mei 1971 di Pyongyang, Korea Utara, King Jong-Nam adalah putra tertua dari Kim Jong Il, pemimpin Korea Utara sebelum Kim Jong-Un. Ibunya, Song Hye-Rim, adalah seorang aktris film terkenal. Kehidupan masa kecil Kim Jong-Nam bisa dibilang sangat mewah, dia dibesarkan dengan bergelimangan harta oleh bibinya.

Kim Jong-Nam kemudian dikirim ke Moskow dan bersekolah di sekolah internasional di Rusia dan Swiss. Bayangin deh, di usia yang masih muda, dia udah keliling dunia buat sekolah! Ketika berusia sekitar 18 tahun, Kim Jong-Nam kembali ke Pyongyang dan mulai mendapatkan posisi penting di pemerintahan. Dia bahkan membantu membangun sistem internet tertutup yang digunakan di Korea Utara.

Sayangnya, pada tahun 2001, Kim Jong-Nam membuat kesalahan fatal. Dia tertangkap di Jepang dengan paspor palsu saat mencoba mengunjungi Tokyo Disneyland. Peristiwa ini mempermalukan Korea Utara dan membuat Kim Jong-Nam kehilangan dukungan dari ayahnya. Sejak itu, dia hidup di pengasingan, terutama di Makau.

6. Dikenal Kerap Bersenang-Senang hingga Main Perempuan

pembunuhan kim jong nam
Potret orang yang sedang berjudi dan main perempuan. Sumber: IST

Ngomongin soal kehidupan pribadi, Kim Jong-Nam punya cerita yang menarik, Sobat Suka Fakta. Dia dikenal sebagai sosok yang berpendidikan dan bijaksana, meskipun punya selera berjudi, pesta pora, dan main perempuan. Dia juga punya pandangan yang cukup liberal tentang bagaimana seharusnya Korea Utara diperintah, sesuatu yang tentunya nggak disukai oleh keluarganya yang berkuasa.

Kim Jong-Nam punya dua istri dan satu simpanan. Istri pertama, Shin Jong-hui, tinggal di Beijing, sedangkan istri kedua, Lee Hye-kyong, tinggal di Makau bersama anak-anak mereka, Han-sol dan Sol-hui. Simpanannya, So Yong-la, adalah mantan pramugari Air Koryo dan juga tinggal di Makau. Dengan kehidupan pribadi yang rumit ini, nggak heran kalau Kim Jong-Nam sering menjadi sorotan media.

Meski hidupnya tampak glamor, Kim Jong-Nam sering kali merasa terancam, terutama setelah Kim Jong-Un mengambil alih kekuasaan. Dia tahu bahwa pandangan politiknya yang berbeda membuatnya menjadi target potensial.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, pembunuhan Kim Jong-Nam memang penuh dengan misteri dan intrik. Pembunuhan Kim Jong-Nam bukan hanya tentang satu individu, tetapi juga tentang bagaimana kekuasaan dijaga dengan tangan besi, bahkan dengan mengorbankan nyawa keluarga sendiri. Kasus ini mengingatkan kita akan pentingnya hak asasi manusia dan perlunya transparansi dalam pemerintahan.

Sekarang, setelah mengetahui semua fakta dan spekulasi, bagaimana pendapat kalian, Sobat Suka Fakta? Apakah benar Kim Jong-Nam dibunuh karena kerja samanya dengan CIA? Ataukah ada alasan lain yang lebih mendalam? Jangan ragu untuk berbagi pendapat kalian di kolom komentar, ya!

Pembunuhan Kim Jong-Nam ini hanya satu dari banyaknya kasus pembunuhan yang melibatkan tokoh-tokoh penting. Kamu juga bisa membaca fakta pembunuhan John F. Kennedy, pembunuhan Anwar Sadat, pembunuhan Tsar Nicholas II, Pembunuhan Yitzhak Rabin, hingga pembunuhan Raja Arab Faisal.

REFERENSI:

  • Encyclopaedia Britannica. (n.d.). Kim Jong-Nam. Retrieved from
    https://www.britannica.com/biography/Kim-Jong-Nam
  • Wikipedia. (n.d.). Kim Jong-nam. Retrieved from https://en.wikipedia.org/wiki/Kim_Jong-nam.
  • Business Insider. (2017, February). Facts and Graphics: Life and Death of the North Korean Leader’s Half-Brother Kim Jong-Nam. Retrieved from https://www.businessinsider.com/facts-and-graphics-life-and-death-of-the-north-korean-leaders-half-brother-kim-jong-nam-2017-2#accusations-of-a-north-korean-assassination-of-kim-jong-nam-have-surfaced-because-of-the-regimes-history-of-silencing-its-critics-kim-jong-un-has-a-record-of-executing-those-who-pose-a-threat-or-cross-the-regime-around-140-executions-have-taken-place-since-kim-took-power-in-2011-according-to-the-institute-for-national-security-strategy-a-research-arm-of-south-koreas-national-intelligence-service-reuters-reported-15.
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *