Misteri

Sejarah, Mitos, hingga Fakta Menyeramkan tentang Rumah Kentang

169
×

Sejarah, Mitos, hingga Fakta Menyeramkan tentang Rumah Kentang

Sebarkan artikel ini
Rumah Kentang
Fakta & Mitos Tentang Rumah Kentang. Sumber: pinterest.com

Hai, Sobat Suka Fakta! Siapa di sini yang suka cerita-cerita seram dan misteri? Kalau kamu salah satunya, kamu berada di tempat yang tepat! Kali ini, kita akan membahas salah satu urban legend paling terkenal di Bandung, yaitu Rumah Kentang. 

Eits, tapi urban legend itu sebenarnya apa, sih? Jadi, urban legend adalah cerita horor yang beredar di suatu kota tanpa ada kepastian benar atau salahnya. Meskipun begitu, cerita-cerita ini sering dipercaya banyak orang dan menjadi bagian dari budaya lokal. 

Salah satu urban legend yang bikin merinding di Bandung adalah tentang Rumah Kentang. Nama ini mungkin terdengar lucu, tapi cerita di baliknya gak main-main, Sob. Jadi, kenapa rumah ini dinamakan Rumah Kentang? Apa saja mitos seram yang ada di baliknya? Dan yang paling penting, gimana sih fakta sebenarnya? 

Nah, sebelum kita masuk ke cerita-cerita seramnya, kita perlu tahu dulu sejarah rumah ini. Siapa yang membangun dan bagaimana rumah ini bisa menjadi seikonik sekarang? Yuk, langsung lanjut ke fakta pertama!

Baca Juga : Fakta & Mitos Tentang Lampor, Keranda Terbang yang Bawa Marabahaya

Dibangun Pada Masa Penjajahan Belanda

Potret rumah kentang.
Potret rumah kentang. Sumber: kabarwisata.id

Sobat Suka Fakta, mari kita mulai perjalanan kita dengan melihat sejarah Rumah Kentang ini. Rumah Kentang di Bandung dibangun pada masa penjajahan Belanda, dengan gaya arsitektur art deco yang klasik dan elegan. 

Rumah ini berdiri megah di Jalan Aceh, Kecamatan Sumur, Kota Bandung. Pada awalnya, rumah ini dibangun sebagai tempat tinggal dan sempat dihuni oleh seorang profesor dari universitas swasta di Bandung.

Namun, seiring berjalannya waktu, rumah ini terbengkalai dan mulai menjadi sumber berbagai cerita seram. Bentuk rumah yang megah tapi kosong itu memberikan kesan angker dan membuat imajinasi warga sekitar berkembang. Akhirnya, rumah ini menjadi salah satu urban legend paling terkenal di Bandung.

Setelah bertahun-tahun dibiarkan kosong, rumah ini akhirnya dibeli oleh seorang investor dan diubah menjadi restoran yang sekarang dikenal sebagai “Roemah Kentang 1908.” 

Meskipun telah direnovasi, bentuk asli bangunannya tetap dipertahankan untuk menjaga nilai sejarahnya. Eits, tenang, Sob. Perubahan fungsi dari rumah tinggal menjadi restoran tidak menghapus jejak sejarahnya, melainkan justru menambah daya tariknya. 

Sekarang, setelah kita mengetahui sejarahnya, mari kita lanjut ke bagian yang paling seru: mitos-mitos seram yang melingkupi Rumah Kentang. Siap-siap ya, Sobat Suka Fakta!

Mitos-Mitos Rumah Kentang

Film rumah kentang.
Film rumah kentang. Sumber: Hotstar

Sobat Suka Fakta, inilah bagian yang paling ditunggu-tunggu. Rumah Kentang memang penuh dengan cerita-cerita seram yang bikin bulu kuduk merinding. Yuk, kita bahas satu per satu mitos yang ada di sekitar rumah ini.

1. Anak Terebus di Kuali

Cerita paling terkenal adalah tentang seorang anak laki-laki yang terebus di kuali kentang. Konon, ada seorang ibu yang sedang memasak kentang dan tanpa sengaja anaknya yang masih balita jatuh ke dalam kuali yang sedang mendidih. 

Versi lain dari cerita ini menyebutkan bahwa asisten rumah tangga yang kesal memasukkan anak tersebut ke dalam kuali. Cerita ini memang sangat tragis dan mengerikan, Sobat Suka Fakta.

2. Penampakan Anak Berwajah Hancur

Sobat, konon penampakan anak kecil berwajah hancur sering terlihat bermain di pekarangan rumah. Anak ini terlihat berlarian dan tertawa-tawa, tapi begitu didekati, wajahnya berubah menjadi menyeramkan dengan darah di mana-mana. Cerita ini sering membuat orang takut untuk mendekati rumah ini pada malam hari.

3. Anjing Jadi-Jadian

Ada juga cerita tentang anjing jadi-jadian yang sering terlihat di sekitar rumah, Sob. Anjing ini katanya lebih besar dari anjing biasa, dengan mata merah menyala. Banyak warga yang mengaku pernah melihat anjing ini berlarian di Jalan Aceh dan kemudian menghilang di depan Rumah Kentang.

4. Sosok Genderuwo Penyebab Kecelakaan

Genderuwo adalah sosok menyeramkan yang dipercaya sering menyebabkan kecelakaan di sekitar Jalan Aceh. Banyak pengendara yang mengaku melihat sosok ini dan merasa terganggu sehingga mengalami kecelakaan. Inilah salah satu alasan mengapa Jalan Aceh selalu sepi di atas jam 8 malam. Ngeri, ya?!

5. Aroma Kentang pada Malam Hari

Banyak orang yang percaya bahwa rumah ini mengeluarkan aroma kentang pada malam hari. Aroma ini sering dikaitkan dengan cerita anak yang terebus di kuali, dianggap sebagai tanda dari arwah anak yang penasaran. Tapi benarkah begitu? Kita akan membahas faktanya nanti.

Sobat, Mitos-mitos ini memang menambah kesan angker pada Rumah Kentang, tapi apakah semua cerita ini benar? Mari kita ungkap fakta-fakta yang sebenarnya di bagian berikutnya!

Baca Juga : Fakta & Mitos Tentang Nyi Roro Kidul, Ratu Penguasa Laut Selatan

Fakta-Fakta Rumah Kentang

Potret kentang.
Potret kentang. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, setelah mendengar semua mitos seram tadi, saatnya kita melihat fakta-fakta yang sebenarnya tentang Rumah Kentang ini. Ternyata, banyak dari cerita seram tersebut yang tidak benar adanya. Yuk, kita ungkap satu per satu faktanya!

1. Penghuni Asli Rumah

Rumah ini sebenarnya dihuni oleh seorang profesor dari universitas swasta di Bandung. Jadi, rumah ini bukan rumah kosong tak bertuan seperti yang sering diceritakan dalam mitos, ya, Sob.

2. Asal Aroma Kentang

Aroma kentang yang sering dikaitkan dengan cerita mistis sebenarnya berasal dari tanaman bunga yang ditanam oleh profesor tersebut. Bunga ini memang menghasilkan aroma yang mirip dengan kentang, terutama pada malam hari. Jadi, bukan karena ada arwah penasaran, ya!

3. Penyebab Kecelakaan di Jalan Aceh

Sobat, angka kecelakaan yang tinggi di Jalan Aceh sebenarnya disebabkan oleh minimnya lampu penerangan, bukan karena gangguan makhluk halus. Jadi, kalau lewat sini, hati-hati aja karena jalannya memang gelap.

4. Kebenaran Cerita Anak Terebus di Kuali

Cerita tentang anak yang terebus di kuali ternyata tidak pernah terbukti. Masyarakat yang sudah tinggal di sana sejak dulu tidak pernah menyaksikan peristiwa tersebut. Jadi, cerita ini memang cuma mitos belaka.

Fakta-fakta ini menunjukkan bahwa banyak dari cerita seram yang beredar hanyalah mitos. Nah, sekarang kita akan mendengarkan kesaksian warga sekitar yang pernah tinggal di dekat Rumah Kentang ini. Penasaran, kan?! Yuk, kita lanjut!

Kesaksian Warga yang Tinggal di Sebelah Rumah Kentang

penampakan makhluk halus
Ilustrasi penampakan makhluk halus. Sumber: IST

Pramutady, salah satu warga asli yang tinggal di sebelah Rumah Kentang, punya banyak cerita menarik untuk dibagikan, Sob. Menurut Pramutady, aroma kentang yang sering tercium sebenarnya berasal dari tanaman bunga yang ditanam oleh profesor ITB yang bernama Bromainstain. Bunga ini memang punya aroma khas yang mirip dengan kentang, terutama pada malam hari.

Pramutady juga sering mengalami kejadian aneh seperti penampakan dan suara-suara misterius. Tapi, dia sudah terbiasa dengan hal-hal seperti ini dan menganggapnya sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari. 

Menariknya, Pramutady juga menyelamatkan tanaman bunga dan beberapa benda kuno dari rumah tersebut. Benda-benda ini sekarang disimpan dengan aman di rumahnya.

Selain Pramutady, ada juga beberapa warga lain yang pernah melihat penampakan atau merasakan kehadiran makhluk gaib di sekitar Rumah Kentang. Meskipun begitu, mereka menganggapnya sebagai bagian dari cerita yang berkembang di masyarakat.

Kesaksian warga memberikan kita perspektif yang lebih jelas tentang cerita-cerita seram ini. Meskipun ada kejadian aneh, banyak dari cerita tersebut ternyata tidak terbukti kebenarannya. Sobat Suka Fakta, sekarang kita tahu bahwa meskipun cerita seram ini menarik, penting untuk selalu mencari fakta sebenarnya.

Selanjutnya, kita akan membahas transformasi rumah ini menjadi restoran dan bagaimana hal ini menambah daya tariknya. Penasaran seperti apa restorannya? Yuk, kita lanjut!

Baca Juga : Fakta & Mitos Tentang Si Manis Jembatan Ancol, Ada 2 Arwah Wanita yang Masih Gentayangan!

Rumah Kentang Kini Jadi Restoran yang Cozy untuk Hangout

Transformasi Rumah Kentang.
Transformasi Rumah Kentang. Sumber: Youtube Jurnalrisa dan pasjabar

Sobat Suka Fakta, setelah mendengar semua mitos dan fakta tentang Rumah Kentang, sekarang saatnya kita lihat bagaimana rumah ini berubah dari tempat yang penuh cerita seram menjadi restoran yang menarik dan cozy. 

Setelah lama terbengkalai, rumah ini akhirnya dibeli oleh seorang investor yang memiliki visi untuk menghidupkan kembali tempat ini dengan cara yang unik. Mereka memutuskan untuk tidak merombak bentuk asli bangunannya, tetapi fokus pada renovasi interiornya agar lebih nyaman dan bersih.

Restoran ini diberi nama “Roemah Kentang 1908” untuk menghormati sejarah bangunan tersebut. Di dalam restoran, kamu bisa menemukan berbagai menu lezat seperti steak, pasta, pizza, dan tentu saja, kentang dalam berbagai olahan. 

Konsep restorannya tetap mempertahankan nuansa klasik dengan sentuhan modern sehingga membuatnya menjadi tempat yang asyik untuk nongkrong bersama teman atau keluarga.

Salah satu daya tarik utama di Roemah Kentang 1908 adalah ruangan private meeting yang dinamai Megan. Nama ini diambil dari salah satu penghuni rumah terdahulu. 

Ruangan ini didesain khusus untuk memberikan pengalaman yang unik dan eksklusif bagi pengunjung yang ingin mengadakan pertemuan pribadi atau acara khusus.

Dengan adanya restoran ini, Rumah Kentang tidak lagi hanya dikenal karena cerita-cerita seramnya, tetapi juga sebagai destinasi kuliner yang menarik di Bandung.

Perpaduan antara sejarah dan modernitas membuat tempat ini menjadi magnet bagi banyak orang, baik yang penasaran dengan cerita mistisnya maupun yang ingin menikmati hidangan lezat di tempat  urban legend.

Setelah melihat bagaimana rumah ini berubah menjadi restoran, mari kita bahas bagaimana urban legend seperti ini mempengaruhi budaya lokal di Bandung. Siap-siap ya, Sobat Suka Fakta, karena ini juga menarik banget!

Jadi Bagian Integral Budaya Lisan Warga Bandung

Urband legend rumah kentang.
Urband legend rumah kentang. Sumber: radarpena.disway.id

Sobat Suka Fakta, legenda tentang Rumah Kentang merupakan bagian integral dari warisan budaya lisan kota Bandung. Cerita-cerita mistis ini menambah sentuhan magis dalam kehidupan sehari-hari penduduknya. 

Urban legend seperti ini tidak hanya menjadi topik perbincangan yang menarik, tetapi juga berperan dalam membentuk identitas budaya lokal.

Cerita-cerita seram memberikan warna tersendiri dalam kehidupan masyarakat, menambah keunikan dan kekayaan budaya kota Bandung. Meskipun banyak cerita yang tidak terbukti kebenarannya, legenda ini tetap menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari warga. 

Banyak dari kita yang tumbuh besar dengan mendengar cerita-cerita seperti ini dari orang tua atau teman, dan hal ini membuat kita merasa lebih terhubung dengan tempat tinggal kita.

Urban legend juga sering menjadi inspirasi bagi berbagai acara dan kegiatan budaya di Bandung. Misalnya, banyak acara tur malam yang menawarkan pengalaman mengunjungi tempat-tempat angker di kota ini, termasuk Rumah Kentang. 

Hal ini tidak hanya menarik bagi penduduk lokal, tetapi juga bagi wisatawan yang ingin merasakan sisi lain dari Bandung. Sobat Suka Fakta, memahami cerita-cerita seperti ini bukan hanya menambah pengetahuan kita, tetapi juga membantu kita lebih menghargai warisan budaya yang ada. 

Meskipun kita boleh percaya atau tidak percaya pada cerita-cerita tersebut, penting untuk selalu menghormati dan menjaga warisan budaya ini. Pasalnya, legenda seperti Rumah Kentang membawa warna dalam kehidupan sehari-hari dan menunjukkan betapa kaya dan beragamnya budaya kita.

Baca Juga : Fakta & Mitos Tentang Wewe Gombel, Sosok Hantu Wanita Tua yang Suka Menculik Anak-Anak

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, cerita tentang Rumah Kentang memang menarik dan penuh misteri. Meskipun banyak mitos yang beredar, ada juga fakta-fakta yang perlu kita ketahui. 

Rumah ini sebenarnya dihuni oleh seorang profesor, dan aroma kentang berasal dari tanaman bunga yang ditanam di sana. Angka kecelakaan yang tinggi di Jalan Aceh disebabkan oleh minimnya lampu penerangan, bukan gangguan makhluk halus.

Legenda Rumah Kentang menjadi bagian dari warisan budaya lisan Bandung yang kaya dan unik. Meskipun cerita-cerita ini mungkin tidak pernah terbukti kebenarannya, kehadirannya menambah warna dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Bandung. Urban legend seperti ini membantu membentuk identitas budaya lokal dan memberikan sentuhan magis yang membuat kota ini semakin menarik.

Buat Sobat Suka Fakta yang penasaran, jangan ragu untuk mengunjungi Rumah Kentang dan merasakan sendiri atmosfernya. Selain menikmati hidangan lezat di Roemah Kentang 1908, kamu juga bisa merasakan sejarah dan cerita yang melingkupi tempat ini. Jadi, kapan kamu jalan-jalan ke Rumah Kentang, Sobat Suka Fakta?

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Semoga cerita dan fakta-fakta yang kita bahas tadi bisa menambah pengetahuan dan membuat kamu semakin tertarik dengan warisan budaya di negeri ini. Sampai jumpa di cerita-cerita menarik berikutnya!

Referensi :

  • Achmad, Rio. “Menguak Fakta dan Mitos Rumah Kentang Bandung.” Kompasiana, 2023. Menguak Fakta dan Mitos Rumah Kentang Bandung
  • Tim 99.co. “Misteri Rumah Kentang Bandung.” Berita 99, 2023. Misteri Rumah Kentang Bandung
  • Pad. “Misteri Rumah Kentang di Bandung, Fakta di Balik Mitos dan Kejadian Aneh.” Rakyat Empat Lawang, 2023. Misteri Rumah Kentang di Bandung, Fakta di Balik Mitos dan Kejadian Aneh
  • Tim Rumah123.com. “Terkuak! Misteri Rumah Kentang di Bandung yang Bikin Bulu Kuduk Berdiri.” Rumah123, 2023. Terkuak! Misteri Rumah Kentang di Bandung yang Bikin Bulu Kuduk Berdiri
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *