Fakta Dunia

Mengenal Candi Dieng, Saksi Bisu Peradaban Hindu yang Sempat Terbengkalai

61
×

Mengenal Candi Dieng, Saksi Bisu Peradaban Hindu yang Sempat Terbengkalai

Sebarkan artikel ini
Candi Dieng
Candi Dieng Sejarah, Lokasi, Fungsi dan Daya Tariknya. Sumber: IST

Hai, Sobat Suka Fakta! Kamu pasti udah gak asing sama Candi Dieng, kan?! Yup! Candi ini merupakan satu dari sekian candi yang berada di Jawa Tengah, seperti Candi Mendut, Candi Borobudur, dan Candi Pawon.

Candi Dieng bukan cuma tempat wisata biasa, lho. Di Candi Hindu beraliran Siwa ini, kamu bisa melihat jejak-jejak sejarah, arsitektur unik, dan cerita-cerita menarik yang bakal bikin kamu makin cinta sama budaya Indonesia.

Nah, di artikel ini kita akan mengupas tuntas segala hal tentang Candi Dieng. Jadi, buat Sobat yang penasaran dan ingin tahu lebih banyak tentang Candi Dieng, jangan kemana-mana, ya! Let’s dive in, Sobat!

Sejarah Candi Dieng

 Isidore van Kinsberge.
Potret Isidore van Kinsberge. Sumber: id.wikipedia.org

Sobat Suka Fakta, Candi Dieng ini dibangun sekitar abad ke-7 hingga abad ke-8 Masehi. Pada masa itu, wilayah Dieng merupakan bagian dari Kerajaan Kalingga, sebuah kerajaan kuno yang pernah berjaya di Jawa Tengah.

Kisah penemuan kembali candi ini juga cukup menarik, lho. Jadi, candi ini ditemukan pada tahun 1814 oleh seorang tentara Inggris yang sedang berwisata. Tentara itu menemukan reruntuhan candi yang terendam air di tengah danau. 

Kemudian, pada tahun 1856, seorang ahli Belanda yang bernama Isidore van Kinsbergen memimpin upaya mengeringkan danau untuk mengungkap keindahan candi-candi tersebut. Sejak saat itu lah pemerintah Hindia Belanda mulai melakukan rekonstruksi pada tahun 1864, sehingga kita bisa melihat keindahan Candi Dieng seperti sekarang.

Candi Dieng merupakan salah satu bangunan keagamaan tertua di Jawa. Bahkan, prasasti yang ditemukan di dekat Candi Arjuna menunjukkan bahwa candi ini masih dihuni hingga awal abad ke-9. Penemuan-penemuan ini membuktikan betapa pentingnya Candi Dieng dalam sejarah dan budaya Indonesia.

Lokasi Candi Dieng

Candi Dieng
Potret Candi Dieng. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, Candi Dieng terletak di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Tempatnya berada di ketinggian sekitar 2000 meter di atas permukaan laut. So, gak heran kalo udaranya sejuk dan segar, cocok banget buat kamu yang suka wisata alam dan sejarah!

Untuk menuju ke Candi Dieng, ada beberapa rute yang bisa kamu tempuh. Kamu bisa naik kendaraan pribadi atau transportasi umum. Jalan menuju Dieng cukup menantang dengan pemandangan alam yang luar biasa indah. 

Di sekitar Candi Dieng, terdapat berbagai fasilitas untuk pengunjung. Mulai dari tempat parkir, warung makan, hingga penginapan. Jadi, kamu bisa menikmati wisata sejarah dan alam dengan nyaman. Jangan lupa bawa jaket tebal ya, karena suhu di Dieng bisa sangat dingin, terutama di pagi dan malam hari.

Arsitektur Khas Candi Dieng

Candi Dieng.
Potret Arsitektur Candi Dieng. Sumber: Dok.pahami

Nah, Sobat Suka Fakta, candi-candi di Dieng ini memilikigaya arsitektur Jawa Tengah bagian Utara. Gaya arsitektur ini terkenal dengan ukuran candi yang lebih kecil, sederhana, dan ornamen yang relatif kurang dibandingkan dengan candi-candi di Jawa Tengah bagian Selatan, seperti Candi Prambanan.

Salah satu ciri khas arsitektur Candi Dieng adalah penggunaan topeng kala Jawa dan monster laut Makara yang ditampilkan di sepanjang relung dan pintu keluar masuk bangunan. Meskipun kecil dan sederhana, arsitektur batu pada candi ini berkembang dengan pesat hanya dalam hitungan dekade, menghasilkan mahakarya yang memukau.

Kompleks Candi Dieng terdiri dari beberapa kelompok candi, yaitu Kelompok Arjuna, Kelompok Gatotkaca, dan Kelompok Dwarawati, serta satu candi yang berdiri sendiri yaitu Candi Bima.  Setiap kelompok candi memiliki keunikan tersendiri.

Misalnya, Candi Arjuna dibangun sezaman dengan Candi Bima dan menunjukkan pengaruh Hindu yang kuat, sementara Candi Gatotkaca lebih menonjolkan gaya lokal Dieng. Arsitektur candi-candi di Dieng ini menunjukkan perpaduan antara pengaruh India dan elemen lokal, menciptakan sebuah karya seni yang unik dan bersejarah.

Daya Tarik Wisata Candi Dieng

Potret keindahan Candi Dieng. Sumber: Dok.intisari.grid

1. Keindahan Alam Sekitar

Terletak di ketinggian sekitar 2000 meter di atas permukaan laut, Candi Dieng menawarkan pemandangan alam yang memukau. Udara yang sejuk dan segar, serta pemandangan pegunungan yang hijau, membuat tempat ini sangat cocok untuk melepas penat dari hiruk pikuk kota.

Di sekitar candi, kamu juga bisa melihat ladang dan perkebunan milik warga setempat. Tanaman sayur-sayuran dan kentang yang subur menghiasi lereng-lereng bukit, menambah keindahan alam Dieng. Selain itu, ada juga tempt-tempat lain yang bisa kamu kunjungi, seperti:

  • Telaga Warna: Telaga yang satu ini terkenal karena warna airnya yang bisa berubah-ubah. Fenomena ini terjadi karena kandungan belerang di dalam air. Pemandangan di sekitar Telaga Warna ini benar-benar memanjakan mata, dengan latar belakang pegunungan dan pepohonan yang rimbun.
  • Kawah Sikidang: Kawah aktif ini menawarkan pemandangan yang unik dengan aktivitas vulkaniknya. Kalian bisa melihat langsung letupan-letupan kecil dari kawah ini. Tapi ingat ya, tetap jaga jarak dan ikuti petunjuk keamanan.
  • Batu Ratapan Angin: Dari tempat ini, kalian bisa menikmati pemandangan yang luar biasa indahnya. Bukit ini menawarkan panorama yang luas dari Dataran Tinggi Dieng, termasuk Telaga Warna dan Telaga Pengilon.
  • Candi-Candi Lainnya: Selain Candi Dieng, ada beberapa candi lain yang juga menarik untuk dikunjungi, seperti Candi Arjuna, Candi Bima, dan Candi Gatotkaca. Setiap candi punya keunikan tersendiri yang menceritakan kisah dari masa lampau.

2. Aktivitas Wisata

Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Candi Dieng, seperti:

  • Trekking dan Hiking: Dieng dikelilingi oleh pegunungan, jadi buat kalian yang suka petualangan, trekking dan hiking adalah pilihan yang tepat. Ada banyak jalur yang menawarkan pemandangan menakjubkan.
  • Fotografi: Dengan pemandangan alam yang luar biasa dan situs bersejarah yang menarik, Dieng adalah surga bagi para fotografer. Jangan lupa bawa kamera kalian dan abadikan momen-momen indah di sini.
  • Wisata Edukasi: Buat kalian yang suka belajar hal baru, mengunjungi museum atau situs arkeologi di Dieng bisa jadi pengalaman yang seru. Kalian bisa belajar lebih dalam tentang sejarah dan budaya Jawa kuno.

3. Keragaman Budaya

Selain keindahan alamnya, Dieng juga kaya akan budaya lokal yang bisa kalian nikmati, seperti:

  • Dieng Culture Festival: Ini adalah salah satu festival budaya terbesar di Dieng yang diadakan setiap tahun. Festival ini menampilkan berbagai pertunjukan seni tradisional, upacara adat, dan juga prosesi pemotongan rambut gimbal yang unik.
  • Tradisi Pemotongan Rambut Gimbal: Tradisi ini merupakan bagian dari budaya masyarakat Dieng. Anak-anak yang memiliki rambut gimbal dipercaya memiliki keistimewaan tertentu dan upacara pemotongan rambut ini dilakukan sebagai bagian dari ritual adat.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, setelah menjelajahi berbagai aspek Candi Dieng, kita bisa melihat betapa luar biasanya situs bersejarah ini. Candi Dieng bukan hanya sekadar kumpulan batu tua, tetapi sebuah warisan budaya yang menyimpan banyak cerita dan nilai-nilai penting dari masa lalu. 

Lokasi Candi Dieng yang berada di dataran tinggi dengan pemandangan alam yang memukau menambah daya tariknya sebagai destinasi wisata. Tak hanya itu, Candi Dieng juga berperan penting dalam pendidikan sejarah dan budaya di negeri ini. 

Jadi, buat Sobat Suka Fakta yang ingin merasakan sensasi berwisata sejarah sambil menikmati keindahan alam, Candi Dieng adalah pilihan yang sempurna. Jangan lupa untuk merencanakan kunjunganmu dan ajak keluarga serta teman-temanmu untuk bersama-sama mengeksplorasi keajaiban Candi Dieng. Selamat berpetualang dan sampai jumpa di artikel selanjutnya, Sob!

REFERENSI

  • Galih Pranata. 2023. ‘The History of Java’ Mengenang Muramnya Sejarah Candi Dieng. National Geographic Indonesia. Diakses dari https://nationalgeographic.grid.id/read/133895366/the-history-of-java-mengenang-muramnya-sejarah-candi-dieng?page=all
  • Wikipedia Bahasa Indonesia. Kompleks Candi Dieng. Diakses dari https://id.wikipedia.org/wiki/Kompleks_Candi_Dieng
  • P2K Stekom. Kompleks Candi Dieng. Diakses dari https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Kompleks_Candi_Dieng
  • Anselma Ivana Ayu, Imam Yuda Saputra. 2023. Mengenal Deretan Candi di Dieng dan Asal Usulnya. Solopos. Diakses dari https://jateng.solopos.com/mengenal-deretan-candi-di-dieng-dan-asal-usulnya-1710314
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *