Fakta Dunia

10 Fakta Menarik Budapest, Kota Terbaik Kedua di Dunia!

151
×

10 Fakta Menarik Budapest, Kota Terbaik Kedua di Dunia!

Sebarkan artikel ini
kota Budapest. Sumber: IST

Halo Sobat Suka Fakta! Pernah dengar tentang Budapest? Kalau belum, siap-siap, karena kali ini kita akan menjelajahi ibu kota Hongaria yang penuh warna dan keajaiban ini. Budapest, adalah kanvas yang dipenuhi dengan sejarah yang kaya, arsitektur yang memukau, dan budaya yang tak terlupakan. 

Bayangkan berjalan-jalan di antara bangunan ikonis yang menghiasi langit kota, merasakan hidupnya malam Budapest melalui festival-festival meriah, dan menggali lebih dalam ke dalam sejarah yang membuat kota ini begitu unik. Tapi, Sobat, ada banyak fakta menarik Budapest yang belum pernah kamu ketahui sebelumnya.

Kali ini, kita akan menyelami lebih dalam dan menemukan kenapa Budapest menjadi salah satu destinasi wisata paling keren di benua Eropa. Apakah kamu siap untuk memulai petualangan ini? Mari kita mulai dengan melihat lebih dekat pada sejarahnya yang menarik yang membuat kota ini menjadi seperti yang kita lihat hari ini.

Dengan pengantar ini, kita sudah memulai perjalanan seru untuk mengungkap berbagai fakta menarik Budapest. Siap untuk terus menjelajah? Ayo, Sobat Suka Fakta, kita lanjutkan ke bagian berikutnya!

1. Sejarah Panjang Budapest Telah Dimulai dari Zaman Kuno

fakta menarik budapest
Potret Kota Budapest. Sumber: bafageh.com

Sobat Suka Fakta, mari kita mulai petualangan kita dengan menyelami sejarah panjang Budapest yang dimulai dari zaman kuno. Ternyata, sebelum menjadi kota yang kita kenal sekarang, Budapest sudah dihuni oleh suku Celtic yang mendirikan pemukiman di sini. Namun, peran besar dalam perkembangan awal kota ini diambil oleh bangsa Romawi yang mendirikan kota bernama Aquincum sebagai pusat penting mereka.

Tapi, perjalanan sejarah Budapest tidak berhenti di situ, Sobat! Di akhir abad ke-9, suku Magyar tiba dan mendirikan Kerajaan Hongaria, menandai awal baru bagi wilayah ini. 

Sejarah Budapest semakin menarik ketika kota ini dihancurkan oleh bangsa Mongol pada abad ke-13, namun dibangun kembali dengan megah oleh Raja Béla IV. Warisan dari masa lalu ini masih bisa kita lihat hingga sekarang, terutama melalui pengaruh panjang dari berbagai penguasa yang pernah mengendalikan kota ini.

2. Budapest Adalah Hasil dari Penyatuan Tiga Kota Berbeda

fakta menarik budapest
Ilustrasi Kota Buda pada abad pertngahan. Sumber: id.wikipedia.org

Nah, Sobat, tahu nggak kalau Budapest yang kita kenal sekarang sebenarnya adalah hasil dari penyatuan tiga kota berbeda? Buda, Pest, dan Óbuda masing-masing memiliki karakter dan sejarahnya sendiri sebelum akhirnya digabungkan pada tahun 1873. Penyatuan ini tidak hanya mengubah peta geografis, tapi juga membawa perubahan besar dalam perkembangan kota.

Penggabungan ini menjadikan Budapest sebagai pusat ekonomi dan budaya yang semakin berkembang, terutama selama masa Kekaisaran Austria-Hongaria. Keputusan untuk menyatukan tiga kota ini menciptakan sebuah kota yang penuh dengan keunikan dan variasi, di mana setiap sudutnya memiliki cerita untuk diceritakan. Itulah yang membuat Budapest begitu menarik dan istimewa, Sobat!

3. Benteng Nelayan Menjadi Ikon Arsitektur yang Memukau di Budapest

Benteng Nelayan.
Potret Benteng Nelayan. Sumber: IST

Sekarang, mari kita lihat beberapa ikon arsitektur yang memukau di Budapest. Sobat Suka Fakta pasti tahu bahwa Budapest terkenal dengan bangunan-bangunan bersejarahnya yang luar biasa. 

Salah satu yang paling menonjol adalah Benteng Nelayan. Benteng ini bukan hanya tempat yang sempurna untuk berfoto, tapi juga menawarkan pemandangan spektakuler dari kota dan Sungai Danube.

Lalu ada Kastil Buda, yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Kastil ini tidak hanya simbol kekuasaan, tapi juga pusat warisan budaya yang sangat kaya. Jangan lupa juga untuk mengagumi Gedung Parlemen Hongaria yang dengan 691 kamarnya dan desain Neo-Gothic yang menakjubkan, gedung ini adalah salah satu bangunan paling fotogenik di Eropa. Setiap bangunan ini tidak hanya indah secara visual, tetapi juga sarat dengan cerita sejarah yang mendalam.

4. Festival Sziget adalah Festival Musik dan Budaya Terbesar di Eropa

Festival Sziget
Potret Festival Sziget. Sumber: euronews.com

Sobat Suka Fakta, Budapest bukan hanya tentang bangunan tua dan jembatan, lho. Kota ini juga penuh dengan acara budaya yang menghidupkan suasana sepanjang tahun. Salah satu yang paling spektakuler adalah Festival Sziget.

Festival ini adalah salah satu festival musik dan budaya terbesar di Eropa, menghadirkan lebih dari 500.000 pengunjung setiap tahun. Bisa bayangkan, kan, bagaimana hidupnya suasana kota saat festival berlangsung?

Selain Festival Sziget, ada juga Ensemble Rakyat Negara Hongaria yang menawarkan pertunjukan tarian tradisional yang memperkenalkan warisan budaya Hungaria. Ini adalah kesempatan emas buat kamu yang tertarik dengan seni dan budaya untuk merasakan kekayaan tradisi Hungaria secara langsung. Setiap festival ini menambah warna dan semarak pada kehidupan Budapest yang dinamis.

5. Szimpla Kert: Kafe yang Menjadi Jantung Kehidupan Kultural Budapest

Szimpla Kert
Potret kafe uni di Budapest, Szimpla Kert. Sumber: cktravels.com

Sekarang, mari kita bicara tentang salah satu aspek kehidupan kultural Budapest yang tak kalah menarik, kafe-kafenya. Kalau Sobat ingin merasakan langsung pengalaman kafe unik di Budapest, cobalah mampir ke Szimpla Kert. Tempat ini bukan hanya sekedar kafe, Sob! Awalnya sebagai “Ruin Pub” pertama di kota, Szimpla Kert sekarang ini adalah jantung dari kehidupan kultural Budapest.

Szimpla Kert dipenuhi dengan barang antik dan karya seni, menawarkan bir segar serta pengalaman budaya yang autentik. Tempat ini sering mengadakan berbagai acara, mulai dari konser hingga pasar petani, yang membuatnya selalu ramai dan hidup. Selain itu, ada juga New York Café yang dijuluki sebagai “kafe paling indah di dunia”. Dengan hiasan fresko di langit-langit dan lampu gantung yang mewah, kafe ini menyuguhkan suasana yang membawa kita kembali ke zaman keemasan Budapest.

6. Kota yang Suka Merayakan Berbagai Bentuk Ekspresi Artistik

Budapest.
Potret Hungarian National Gallery. Sumber: tripadvisor.co.id

Setelah menikmati kafe-kafe unik, saatnya kita menjelajahi dunia seni di Budapest. Kota ini gemar merayakan berbagai bentuk ekspresi artistik, dari yang klasik hingga kontemporer. Jika kamu adalah pecinta seni, Museum Seni Rupa Budapest adalah tempat yang wajib dikunjungi. 

Di sini, kamu bisa menikmati koleksi yang luas dari zaman Mesir kuno hingga seni modern. Setiap lukisan dan patung di museum ini menawarkan jendela untuk melihat dunia melalui mata seniman dari berbagai era.

Tapi jangan lupa juga untuk menjelajahi seni jalanan di Budapest, terutama di Jewish Quarter. Distrik kreatif ini dipenuhi dengan mural besar yang menghidupkan bangunan-bangunan tua. Seni jalanan di sini memberikan wajah baru dan menarik pada kota ini, mencerminkan semangat kreatif dan dinamis dari masyarakat Budapest. Jadi, Sobat, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan dan keragaman seni di Budapest!

7. Penurunan Tanah Menjadi Tantangan Bagi Pemerintahan Budapest

Margaret Island.
Potret taman ruang hijau, Margaret Island. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, di balik kecantikannya, Budapest juga menghadapi tantangan serius terkait persoalan lingkungan. Salah satu isu utama adalah penurunan tanah yang disebabkan oleh penggunaan air tanah yang berlebihan. Didirikan di atas banyak mata air panas, masalah ini menjadi perhatian serius bagi pemerintah kota.

Untuk mengatasi persoalan tersebut, pemerintah Budapest telah melakukan berbagai upaya, seperti memperbanyak taman dan ruang hijau. Contohnya adalah Margaret Island, sebuah oasis hijau di tengah kota yang menawarkan tempat bersantai dan berolahraga bagi warga dan wisatawan. 

Selain itu, Budapest juga mendorong penggunaan sepeda dan memperkuat sistem transportasi umum yang ramah lingkungan. Semua inisiatif ini menunjukkan komitmen Budapest untuk menjaga kotanya tetap hijau dan nyaman.

8. Budapest Memiliki Segudang Kehidupan Malam yang Menyenangkan

Ruin Pubs Bar.
Potret Ruin Pubs Bar. Sumber: husale.2024cheapsalebest.com

Siapa bilang Budapest cuma seru di siang hari? Kota ini juga terkenal dengan kehidupan malamnya yang berdenyut. Dari bar hingga klub malam, ada banyak tempat yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati malam yang tak terlupakan. Salah satu yang paling populer adalah Ruin Pubs, bar yang dibangun di bangunan tua yang sudah tidak terpakai dan diubah menjadi tempat nongkrong yang keren dan unik.

Selain Ruin Pubs, ada juga banyak klub malam terkenal di Budapest yang menawarkan berbagai genre musik dan suasana yang berbeda-beda. Apakah kamu suka musik elektronik, jazz, atau live band, kamu pasti menemukan tempat yang cocok dengan selera musikmu. Jadi, kalau kamu ke Budapest, jangan lupa untuk merasakan sendiri bagaimana kota ini hidup di malam hari.

9. Budapest Dikenal dengan Mata Air Panasnya 

 Pemandian Gellért
Potret tempat Pemandian Gellért. Sumber: tripadvisor.co.id

Sobat Suka Fakta, pernah dengar tentang pemandian umum di Budapest? Kota ini dikenal dengan mata air panasnya yang sudah dimanfaatkan sejak era Turki Ottoman. Salah satu pemandian yang paling terkenal adalah Pemandian Gellért. Dengan arsitektur yang indah dan fasilitas yang lengkap, pemandian ini menawarkan pengalaman relaksasi yang sempurna.

Selain Pemandian Gellért, ada juga Pemandian Széchenyi yang merupakan salah satu pemandian air panas terbesar di Eropa. Pemandian ini memiliki kolam dalam dan luar ruangan, serta berbagai fasilitas spa. Jadi, setelah seharian menjelajahi kota, tidak ada yang lebih menyenangkan daripada berendam di air panas alami dan menikmati suasana santai yang ditawarkan oleh pemandian-pemandian ini.

10. Budapest Sudah Menjadi Bagian dalam Pop Culture

Melissa McCarthy
Kolase Melissa McCarthy dan Jude Law. Sumber: id.wikipedia.org

Terakhir tapi tidak kalah menarik, mari kita lihat bagaimana Budapest menjadi bagian dari budaya pop. Kota ini sering dijadikan lokasi syuting untuk berbagai film dan serial terkenal. Misalnya, film “Spy” yang dibintangi oleh Melissa McCarthy dan Jude Law, serta serial “The Alienist” yang juga mengambil setting di Budapest. Pengaruh budaya pop ini tidak hanya meningkatkan popularitas kota sebagai destinasi wisata, tetapi juga menambah daya tariknya bagi para penggemar film dan serial.

Budapest yang indah dengan arsitektur dan suasananya yang unik memang menjadi latar yang sempurna untuk berbagai produksi film. Jadi, Sobat Suka Fakta, jika kamu adalah penggemar film atau serial, jangan heran jika kamu merasa deja vu saat berjalan-jalan di Budapest, karena mungkin kamu sudah melihat pemandangan yang sama di layar kaca. Budapest memang kota yang memikat, tidak hanya dalam kehidupan nyata tetapi juga di layar lebar.

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, itulah dia perjalanan kita mengelilingi Budapest dan menyingkap 10 Fakta Menarik Budapest yang mungkin belum kamu tahu sebelumnya. Dari sejarah panjangnya yang kaya, arsitektur ikonis, hingga kehidupan malam yang berdenyut dan pemandian air panas yang menenangkan, Budapest benar-benar menawarkan sesuatu untuk semua orang. Setiap sudut kota ini penuh dengan keindahan dan cerita yang menunggu untuk dijelajahi.

Budapest juga menunjukkan komitmen terhadap keberlanjutan dengan berbagai inisiatif lingkungan yang patut dicontoh. Seni dan budaya kafenya menambah dimensi yang kaya pada kehidupan kota ini, sementara berbagai festival dan acara membuatnya selalu hidup dan penuh warna. Ditambah lagi, kehadirannya dalam budaya pop membuat kota ini semakin menarik untuk dikunjungi.

Jadi, apa kamu sudah siap untuk mengunjungi Budapest dan menyaksikan semua keajaiban ini dengan mata kepalamu sendiri? Atau mungkin kamu sudah merencanakan perjalanan untuk mengeksplorasi Budapest lebih dalam lagi? Apapun itu, Budapest pasti akan meninggalkan kesan yang tak terlupakan dan selalu menyimpan banyak rahasia dan keajaiban untuk dijelajahi.

Terima kasih sudah bergabung dalam petualangan ini, Sobat Suka Fakta! Sampai jumpa di petualangan berikutnya, dan teruslah menjelajah dan menggali fakta-fakta menarik dari seluruh dunia!

REFERENSI

Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *