Fakta Dunia

Mengenal Candi Jago, Dibangun Sebagai Penghormatan Kepada Raja Wisnuwardhana 

65
×

Mengenal Candi Jago, Dibangun Sebagai Penghormatan Kepada Raja Wisnuwardhana 

Sebarkan artikel ini
Candi Jago
Candi Jago Sejarah, Lokasi, Fungsi dan Daya Tariknya. Sumber: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Halo, Sobat Suka Fakta! Kamu lagi bingung cari destinasi wisata yang bisa sekalian sambil belajar sejarah? Eits, tenang, Suka Fakta ada rekomendasi, nih, yaitu Candi Jago!

Yup! Candi yang ada di Malang, Jawa Timur ini cocok banget buat kamu kunjungi. Selain jadi saksi bisu sejarah panjang kerajaan di Indonesia, candi ini juga punya arsitektur unik yang bikin siapa saja kagum. Plus, lokasinya yang asri dan hijau bikin tempat ini makin menarik buat dikunjungi.

Nah, di artikel ini kita akan jelajahi lebih dalam tentang sejarah Candi Jago, gimana arsitektur uniknya terbentuk, dan fungsi serta daya tarik yang bikin candi ini wajib masuk daftar kunjungan kamu. 

So, yuk, Sobat Suka Fakta, kita mulai petualangan sejarah kita dengan membahas Candi Jago dari segala sisi. Siap-siap terpesona, ya!

Sejarah Candi Jago

Raja Kertanegara.
Potret lukisan Raja Kertanegara. Sumber: nasional.okezone.com

Sobat Suka Fakta, Candi Jago ini punya cerita panjang yang seru banget buat diulik. Candi Jago dibangun pada abad ke-13 oleh Raja Kertanegara dari Kerajaan Singhasari sebagai bentuk penghormatan untuk ayahnya, Raja Wisnuwardhana. Kertanegara sendiri adalah raja terakhir Singhasari sebelum Majapahit berdiri.

Nah, menariknya, meskipun dibangun oleh Singhasari, Candi Jago juga punya keterkaitan dengan Kerajaan Majapahit. Raja Hayam Wuruk dari Majapahit sering banget mampir ke sini, lho, pada tahun 1359 Masehi. 

Bahkan, pada masa itu, candi ini juga direnovasi oleh Raja Adityawarman dari Melayu, yang masih ada hubungan darah dengan Hayam Wuruk. Jadi, kebayang kan, betapa pentingnya candi ini di masa lalu?!

Oh iya, candi ini pertama kali ditemukan oleh Belanda pada tahun 1834 dalam keadaan rusak karena akar-akar pohon beringin besar yang tumbuh di sekitarnya. Setelah ditemukan, publikasi pertama tentang Candi Jago dilakukan oleh Stamford Raffles dalam bukunya “History of Java” pada tahun 1917. 

Pemugaran besar-besaran dilakukan pada tahun 1908, yang akhirnya membuat Candi Jago punya bentuk yang bisa kita lihat sekarang. Meski begitu, bagian atas candi masih belum sempurna karena ada beberapa bagian yang hilang dan sulit direkonstruksi.

Lokasi Candi Jago

Desa Tumpang.
Potret Palang masuk Desa Tumpang. Sumber: yourdestination2015.blogspot.com

Sobat Suka Fakta, candi ini berada di Dusun Jago, Desa Tumpang, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Tepatnya, candi ini berada sekitar 22 km dari Kota Malang. Jadi, kalau kamu lagi di Malang dan pengen mampir, nggak terlalu jauh kok!

Untuk rute perjalanan, kamu bisa pilih beberapa opsi. Kalau kamu berangkat dari Kota Malang, arahkan kendaraanmu ke arah timur menuju Kecamatan Tumpang. Dari Tumpang, teruskan perjalanan ke Desa Tumpang. Di sana, kamu bisa ikuti petunjuk arah ke Candi Jago yang hanya sekitar 3 km dari pusat desa. 

Buat Sobat yang datang dari Kota Batu, bisa arahkan kendaraan ke arah timur laut menuju Kecamatan Pujon, terus lanjut ke Desa Tumpang. Atau kalau kamu dari Kota Surabaya, tinggal arahkan kendaraan ke arah selatan menuju Kota Malang, lalu ikuti rute dari Malang yang tadi sudah kita bahas. 

Tips buat kamu, pastikan kendaraanmu dalam kondisi prima karena ada beberapa jalan setapak dan tanjakan yang curam. Kalau bisa, pakai mobil off-road atau sepeda motor trail biar perjalananmu lancar.

Struktur Candi Jago

Candi Jago teras punden berundak.
Potret bentuk dari dari Candi Jago teras punden berundak. Sumber: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Nah, Sobat Suka Fakta, Candi ini punya struktur yang unik banget dengan teras punden berundak. Candi Jago dibangun dari batu andesit dengan panjang 23,71 meter, lebar 14 meter, dan tinggi 9,97 meter. Terdapat tiga teras yang menyangga badan candi, dengan teras depan yang menjorok. Di teras ketiga inilah badan candi berada.

Salah satu yang bikin Candi Jago spesial adalah relief-relief yang dipahat di dinding luarnya. Relief-relief ini menggambarkan berbagai cerita seperti Khresnayana, Parthayana, Arjunawiwaha, Kunjarakarna, Anglingdharma, dan berbagai cerita fabel. 

Untuk bisa mengikuti urutan cerita dari relief-relief ini, Sobat perlu berjalan mengelilingi candi searah putaran jarum jam, atau yang biasa disebut pradaksina.

Ada juga arcanya yang berbentuk amoghapasa, yang merupakan perwujudan Raja Wisnuwardhana sebagai Buddha Amoghapasa. Hiasan dan relief pada bagian atap dan badan candi tidak sebanyak pada kakinya, menunjukkan bahwa mungkin bagian atas candi ini telah mengalami kerusakan dan perombakan.

Fungsi Candi Jago

Arca Amoghapasa
Potret Arca Amoghapasa. Sumber: Sejarah Tanah Melayu

Sobat Suka Fakta, pada masanya, Candi Jago berfungsi sebagai tempat pemujaan dan penghormatan. Candi ini dibangun sebagai penghormatan kepada Raja Wisnuwardhana yang telah mangkat. Jadi, selain sebagai tempat perabuan, candi ini juga berfungsi untuk mendewakan sang raja sebagai Buddha Amoghapasa.

Selain itu, Candi Jago juga merupakan saksi bisu percampuran dua agama besar, Hindu dan Buddha. Makanya, arsitektur candi ini menggabungkan unsur-unsur dari kedua agama ini. Hal ini terlihat dari relief-relief dan arca yang ada di candi.

Fungsi lainnya adalah sebagai tempat wisata sejarah dan budaya. Di sini, pengunjung bisa melihat langsung peninggalan sejarah dan belajar tentang kebudayaan masa lalu. Selain jadi tempat wisata, Candi Jago juga sering dijadikan objek penelitian oleh para ahli sejarah, arkeologi, dan seni. Mereka meneliti berbagai aspek dari candi ini, mulai dari arsitektur hingga relief yang ada.

Daya Tarik Candi Jago

Candi Jago.
Potret Keindahan dari Candi Jago. Sumber: id.pinterest.com

Sob, Candi Jago punya banyak hal menarik yang bikin kamu nggak bakal nyesel datang ke sini. Pertama, tentu saja arsitekturnya yang unik. Bentuk teras punden berundaknya bikin candi ini beda dari candi-candi lain. Ditambah lagi dengan relief-relief yang rumit dan penuh cerita, bikin candi ini jadi seperti buku sejarah yang dipahat di batu.

Lingkungan sekitar Candi Jago juga nggak kalah menarik. Terletak di area yang luas dan hijau, tempat ini menawarkan pemandangan yang menenangkan dan suasana yang asri. Pemandangan gunung di kejauhan juga menambah keindahan tempat ini. 

Keberagaman budaya di sekitar Candi Jago juga jadi daya tarik tersendiri. Selain menjadi tempat ibadah bagi umat Hindu dan Buddha, di sekitar candi ini juga ada makam-makam dan tempat ibadah agama Islam. Ini menunjukkan bahwa toleransi antarumat beragama sudah ada sejak dulu.

Buat kamu yang suka foto-foto, ada banyak spot foto keren di Candi Jago. Mulai dari pintu masuk dengan gapura besar dan ukiran indah, dinding batu dengan relief rumit, hingga arca-arca di dalam candi. Pemandangan gunung dan area hijau di sekitar candi juga bisa jadi latar belakang foto yang instagramable banget.

Aktivitas Seru yang Dapat Dilakukan di Candi Jago

 kamera.
Ilustrasi kamera. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, di Candi Jago, ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan. Pertama, tentu saja melihat dan mempelajari arsitektur candi. Kamu bisa jalan-jalan keliling candi, lihat detail relief dan arca, serta belajar tentang cerita-cerita yang dipahat di sana.

Buat yang suka berfoto, jangan lupa bawa kamera atau ponselmu! Ada banyak spot foto keren di sini. Mulai dari pintu masuk, dinding batu dengan relief, arca di dalam candi, hingga pemandangan alam sekitar. Dijamin, foto-fotomu bakal keren dan penuh cerita.

Bermeditasi dan berdoa juga bisa jadi aktivitas yang menenangkan di Candi Jago. Suasana sejuk dan tenang di sekitar candi bikin tempat ini cocok buat meditasi. Ada beberapa ruangan dan sudut candi yang bisa kamu gunakan untuk berdoa atau meditasi.

Kalau kamu suka menjelajahi tempat-tempat baru, area sekitar Candi Jago juga menarik untuk dijelajahi. Kamu bisa nikmati keindahan alam dan desa sekitar yang asri dan hijau. Kalau beruntung, kamu bisa menghadiri acara keagamaan yang sering diadakan di sini. 

Gimana, Sobat Suka Fakta? Banyak kan aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Candi Jago?!

Fasilitas Candi Jago

Tugu Malang.
Potret Tugu Malang. Sumber: tindaktandukarsitek.com

Sobat Suka Fakta, biar kunjungan kamu ke Candi Jago makin nyaman, kita bahas dulu fasilitas yang tersedia di sekitar candi ini. Meskipun Candi Jago merupakan situs purbakala, beberapa fasilitas dasar sudah disediakan untuk pengunjung, lho.

Pertama, ada area parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan pengunjung. Jadi, kamu nggak perlu khawatir soal tempat parkir, baik itu buat motor, mobil, atau bus rombongan. 

Lalu, ada toilet umum yang bersih dan terawat. Fasilitas ini penting banget buat kenyamanan kamu selama berkunjung.

Di sekitar candi, kamu juga bisa menemukan beberapa warung makan kecil yang menjual makanan dan minuman ringan. Pas banget buat kamu yang butuh cemilan atau minuman setelah berkeliling candi.

Buat kamu yang ingin bersantai sejenak, ada juga gazebo yang bisa kamu gunakan untuk duduk dan menikmati suasana. Di sini, kamu bisa istirahat sambil menikmati pemandangan sekitar yang asri.

Kalau kamu berencana menginap, ada beberapa penginapan di sekitar Candi Jago yang bisa kamu pertimbangkan. Beberapa hotel yang bisa jadi pilihan antara lain Hotel Tugu Malang, The Shalimar Boutique Hotel, dan The Balava Hotel. Pastikan kamu pilih penginapan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu, ya!

5 Tempat Warung Makan Terdekat di Sekitar Candi Jago

Warung Makan Bambu Runcing
Potret Warung Makan Bambu Runcing. Sumber: horego.com

Setelah puas berkeliling Candi Jago, pastinya kamu butuh asupan energi lagi, kan?! Tenang aja, Sobat Suka Fakta! Di sekitar candi, ada beberapa tempat makan yang bisa kamu coba, di antaranya:

1. Warung Makan Bambu Runcing

  • Lokasi: Jl. Raya Tumpang, sekitar 2 km dari Candi Jago
  • Menu: Masakan tradisional Indonesia
  • Suasana: Nyaman dan alami, dengan bahan bangunan dari bambu

2. Pondok Wisata Bunga

  • Lokasi: Jl. Raya Tumpang, sekitar 2 km dari Candi Jago
  • Menu: Masakan Indonesia
  • Fasilitas: Paket wisata lengkap dengan penginapan dan aktivitas outdoor

3. RM. Tumpang Indah

  • Lokasi: Jl. Raya Tumpang, sekitar 2 km dari Candi Jago
  • Menu: Masakan tradisional Indonesia, prasmanan untuk rombongan

4. Warung Makan Cepu Indah

  • Lokasi: Jl. Raya Cepu, sekitar 5 km dari Candi Jago
  • Menu: Masakan Indonesia dengan harga terjangkau

5. Rumah Makan Puri Bening

  • Lokasi: Jl. Raya Tumpang, sekitar 3 km dari Candi Jago
  • Menu: Masakan Indonesia, prasmanan untuk rombongan

Pastikan kamu cek jam buka dan menu yang disajikan di tempat makan tersebut biar nggak kecewa saat tiba di sana, ya!

Wisata Sekitar Candi Jago

Gunung Bromo.
Potret Gunung Bromo. Sumber; IST

Buat Sobat Suka Fakta yang pengen eksplor lebih jauh, ada banyak tempat wisata menarik di sekitar Candi Jago. Yuk, kita lihat apa saja!

1. Gunung Bromo

  • Lokasi: Sekitar 50 km dari Candi Jago
  • Daya tarik: Pemandangan matahari terbit yang spektakuler, kawah gunung berapi
  • Aktivitas: Mendaki, berkuda, foto-foto

2. Air Terjun Coban Pelangi

  • Lokasi: Sekitar 7 km dari Candi Jago
  • Daya tarik: Keindahan pelangi yang sering muncul di sekitar air terjun
  • Aktivitas: Trekking, berfoto

3. Desa Wisata Sumberbrantas

  • Lokasi: Sekitar 12 km dari Candi Jago
  • Daya tarik: Keindahan alam pegunungan, budaya dan kerajinan lokal
  • Aktivitas: Menikmati alam, belajar budaya lokal

4. Museum Angkut

  • Lokasi: Sekitar 85 km dari Candi Jago
  • Daya tarik: Berbagai jenis kendaraan dari zaman dahulu hingga modern, koleksi mobil klasik
  • Aktivitas: Edukasi, berfoto

5. Taman Safari Prigen

  • Lokasi: Sekitar 65 km dari Candi Jago
  • Daya tarik: Salah satu taman safari terbesar di Indonesia
  • Aktivitas: Melihat berbagai jenis hewan, edukasi tentang satwa

Nah, Sobat Suka Fakta, itulah beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di sekitar Candi Jago. Pastinya bakal seru banget kalau kamu bisa eksplor semuanya. Jangan lupa bawa kamera ya, biar momen-momen serunya bisa kamu abadikan!

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, itulah ulasan lengkap tentang Candi Jago. Dari sejarahnya yang panjang dan penuh makna, kita bisa belajar banyak tentang masa kejayaan Kerajaan Singhasari dan Majapahit. 

Lokasinya yang strategis di Dusun Jago, Desa Tumpang, Kabupaten Malang, membuat Candi Jago mudah diakses dari berbagai kota di Jawa Timur. Selain itu, rute perjalanan yang menantang dan pemandangan sekitar yang asri semakin menambah daya tarik dari candi ini. 

Jadi, buat kamu yang suka petualangan sejarah, Candi Jago adalah destinasi yang wajib dikunjungi. Selamat berpetualang dan nikmati keindahan serta sejarah yang ditawarkan oleh Candi Jago, Sobat Suka Fakta!

REFERENSI

  • Tiket Masuk. (n.d.). Candi Jago: Informasi Lengkap. Diakses dari https://www.tiketmasuk.com/candi-jago/
  • Salsa Wisata. (n.d.). Candi Jago – Sejarah, Lokasi, Relief, Corak, & Fungsi. Diakses dari https://salsawisata.com/candi-jago/
  • Wikipedia. (2024). Candi Jago. Diakses dari https://id.wikipedia.org/wiki/Candi_Jago
  • Quipper Blog. (2021). Candi Jago – Sejarah, Lokasi, Relief, Corak, & Fungsi. Diakses dari https://www.quipper.com/id/blog/mapel/sejarah/candi-jago/amp/
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *