Fakta Dunia

11 Fakta Menarik Malang, Kota Terbesar Kedua di Jawa Timur

218
×

11 Fakta Menarik Malang, Kota Terbesar Kedua di Jawa Timur

Sebarkan artikel ini
Malang
Potret Kota Malang. Sumber: Kompas.com/Anggar A Wikan Prasetya

Hai, Sobat Suka Fakta! Pasti kamu sudah gak asing lagi sama yang namanya Malang, kan?! Yap! Malang, kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya. Terletak di antara gunung-gunung yang menjulang indah, Malang gak cuma punya pemandangan alam yang memukau, tapi juga menyimpan segudang cerita sejarah, kuliner, dan budaya.

Dikenal sebagai kota dengan sejuta pesona, Malang sering disebut sebagai “Switzerland van Java” atau Swiss-nya Jawa karena suasana alamnya yang sejuk dan indah bak negeri Swiss. Selain itu, Malang juga terkenal sebagai kota pendidikan, surga wisata, dan tentunya surga kuliner.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita akan bahas 11 fakta menarik Malang yang bakal bikin kamu makin tertarik buat mengunjungi kota ini. Mulai dari julukannya sebagai Switzerland van Java, dialek khas yang unik, hingga surga wisata dan kulinernya yang menggoda, semuanya lengkap akan kita bahas di sini.

1. Dialek Walikan, Dialek Khas Malang 

fakta menarik malang
Potret kata yang dibalik. Sumber: halomalang.com

Sobat Suka Fakta, kamu tahu gak kalau Malang punya dialek khas yang unik banget? Yap! Malang memiliki dialek khas, namanya Dialek Walikan atau dialek terbalik. Jadi, dialek ini digunakan dengan cara membalik urutan huruf atau konsonan kata dari belakang ke depan. Biar gak bingung, yuk, simak beberapa fakta menarik tentang dialek Walikan khas Malang ini!

  • Asal-Usul Dialek Walik-an

Dialek ini berasal dari kreativitas arek-arek Malang yang ingin punya bahasa rahasia untuk berkomunikasi. Awalnya, dialek ini digunakan oleh komunitas tertentu, tapi sekarang sudah menyebar dan jadi kebanggaan warga Malang.

  • Cara Penggunaan:

Sobat Suka Fakta pasti bingung maksud dari ‘membalik urutan huruf atau konsonan kata’ yang dimaksudkan?! Masa orang ngomong dibolak-balik?!

Gini, gini… Jadi, penggunaan dialek ini memang dilakukan dengan cara membalik urutan huruf atau konsonan kata dari belakang ke depan. Memang terdengar rumit, tapi justru itu jadi keunikan tersendiri. 

Biar gak bingung, tim Suka Fakta bakal kasih kamu beberapa contoh kata dan frasa yang umum digunakan, diantaranya:

  1. Ayas Kera Ngalam: Artinya “Saya Arek Malang.”
  2. Umak: Artinya “Ibu.”
  3. Ayas: Artinya “Saya.”
  4. Ngalup: Artinya “Pulang.”
  • Penggunaan dalam Percakapan Sehari-Hari

Sobat Suka Fakta, kalo kamu ke Malang, kamu bakal sering mendengar dialek ini dipakai di percakapan sehari-hari oleh warga Malang. Biar gak bingung, nih beberapa contoh percakapan yang umum diucapkan:

  1. “Ayas arep ngalup saiki.” (Saya mau pulang sekarang)
  2. “Ojo lali jajan bakwan ne ngalam!” (Jangan lupa jajan bakwan khas Malang!)
  • Dialek yang Digunakan di Berbagai Bahasa

Dialek Walikan gak cuma dipakai dalam bahasa Jawa aja, tapi juga dalam bahasa Indonesia dan bahasa lainnya. Hal ini membuatnya semakin unik dan menunjukkan keragaman budaya di Malang.

Dialek Walikan ini jadi ciri khas yang membedakan warga Malang dari daerah lain. Jadi, Sobat Suka Fakta, kalau main ke Malang, jangan lupa belajar sedikit dialek Walik-an, ya, biar makin akrab sama arek-arek Malang!

2. Malang Terkenal Sebagai Kota Pendidikan

Universitas Brawijaya
Potret Kampus terbaik yang ada di malang. Sumber: Dok. masterstudies

Sobat Suka Fakta, selain dikenal sebagai Switzerland van Java, Malang juga terkenal sebagai Kota Pendidikan. Gak heran sih, karena di sini ada banyak universitas ternama dan sekolah-sekolah berkualitas yang bikin pelajar dari berbagai penjuru dunia datang untuk mencari ilmu. 

Tapi, selain karena banyaknya institusi pendidikan, ada faktor lain yang mendukung Malang disebut sebagai Kota Pendidikan, diantaranya adalah:

  • Universitas Ternama

Malang punya beberapa universitas top yang prestasinya diakui secara nasional maupun internasional, di antaranya:

  1. Universitas Brawijaya (UB): Salah satu universitas terbesar di Indonesia. Terkenal dengan berbagai program studi yang unggul seperti Kedokteran, Teknik, Hukum, dan Ekonomi.
  2. Universitas Negeri Malang (UM): Terkenal sebagai pusat pendidikan dan pengajaran. Program studinya yang terkenal antara lain Pendidikan Bahasa Inggris, Matematika, dan Teknologi Pendidikan.
  3. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM): Salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia yang menyediakan berbagai program studi, mulai dari Kedokteran, Teknik, hingga Ekonomi Syariah.
  • Lebih dari 45 Universitas di Malang

Saat artikel ini ditulis, ada lebih dari 45 universitas dan perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Kota Malang. Gak heran kalo Malang dijadikan tujuan favorit para pelajar dari seluruh Indonesia, bahkan dari mancanegara.

  • Pusat Penelitian dan Inovasi

Banyak universitas di Malang yang juga menjadi pusat penelitian dan inovasi, seperti UB, UM, dan UMM yang memiliki pusat-pusat riset yang sering bekerja sama dengan institusi internasional.

  • Lingkungan yang Mendukung Pembelajaran

Suasana kota yang sejuk dan tenang, ditambah dengan keberadaan banyak kafe dan perpustakaan, seolah memberi kesan bahwa setiap sudut Kota Malang disediakan untuk pelajar.  Ada beberapa tempat andalan berkumpulnya para pelajar dan mahasiswa Malang, seperti di sekitar Jalan Veteran, Dinoyo, dan Tlogomas.

3. Malang Memiliki Julukan Keren! Switzerland van Java!

Kebun Teh Wonosari
Potret Kebun Teh Wonosari. Sumber : Wisatafavorit.com

Sobat Suka Fakta, tahukah kamu kalau Malang punya julukan keren, yaitu Switzerland van Java? Julukan ini gak datang tanpa alasan, lho. Berikut adalah beberapa fakta menarik kenapa Malang bisa disebut sebagai Swiss-nya Jawa:

  • Dikelilingi Gunung-Gunung Indah

Malang dikelilingi oleh gunung-gunung yang indah seperti:

  1. Gunung Arjuno: Gunung tertinggi ketiga di Jawa Timur, dengan ketinggian 3.339 meter.
  2. Gunung Kawi: Terkenal dengan Pura Luhur Dwijawarsa, tempat ziarah umat Hindu.
  3. Gunung Semeru: Gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan ketinggian 3.676 meter.
  4. Gunung Bromo: Bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang menjadi destinasi favorit wisatawan.
  • Penataan Kota yang Indah

Keindahan Kota Malang gak cuma karena pemandangan alamnya saja, melainkan juga penataan kota yang rapi dan indah, dengan banyak taman dan ruang hijau. Jadi, gak heran kalo Malang pantas disandingkan dengan kota-kota di Swiss.

  • Suasana kota yang sejuk dan asri menambah kesan “Swiss” di Malang

Malang terletak di ketinggian sekitar 500-700 meter di atas permukaan laut. Oleh sebab itu, gak heran kalau suhu rata-rata di Malang berkisar antara 22-24 derajat Celcius. Suasananya yang sejuk dan asri itu berhasil menjadikan Malang sebagai destinasi yang sempurna untuk liburan.

  • Wisata Alam yang Menawan

Selain gunung-gunungnya yang megah, Malang juga punya wisata alam yang lain, lho, Sobat Suka Fakta, contohnya seperti:

  1. Air Terjun Coban Pelangi: Terletak di lereng Gunung Semeru, air terjun ini terkenal dengan pelangi yang sering muncul di sekitarnya.
  2. Kebun Teh Wonosari: Perkebunan teh seluas 1.144 hektar yang menawarkan pemandangan hijau nan memanjakan mata.
  3. Kebun Apel Batu: Di sini kamu bisa langsung memetik dan mencicipi apel segar dari kebun.

4. Menikmati Keindahan Malang Sambil Bersantai di Pemandian Air Panas

Pemandian air panas
Potret tempat wisata pemandian air panas. Sumber: Y.Rachmawati

Sobat Suka Fakta, setelah puas menjelajahi taman bunga dan kebun apel, saatnya kamu bersantai sejenak di Pemandian Air Panas yang ada di Malang. Berikut ini beberapa tempat pemandian air panas yang bisa kamu kunjungi:

  • Pemandian Cangar

Terletak di lereng Gunung Welirang, Pemandian Cangar terkenal dengan kolam air panasnya yang alami. Air panas di sini mengandung belerang yang baik untuk kesehatan kulit, lho! Kapan lagi berlibur sekaligus memanjakan kesehatan kulit, kan?!

Selain itu, pemandian ini juga dikelilingi oleh pemandangan alam yang hijau dan segar, cocok buat kamu yang ingin relaksasi sambil menikmati suasana pegunungan.

  • Pemandian Air Panas Songgoriti

Terletak di Kota Batu, Pemandian Air Panas Songgoriti juga menjadi tempat favorit untuk berendam air panas.

Air panas di sini berasal dari sumber mata air alami yang mengandung belerang. Selain kolam pemandian, di sini juga ada fasilitas wisata lain seperti taman rekreasi dan pasar wisata.

  • Pemandian Air Panas Tirta Nirwana

Pemandian yang masih menjadi bagian dari kompleks wisata Selecta ini menawarkan kolam air panas alami yang mengandung belerang.

Kamu bisa menikmati relaksasi di sini setelah seharian berkeliling kebun bunga Selecta. Pemandangan alam yang indah dan udara pegunungan yang sejuk, membuat pemandian air panas di Malang ini benar-benar bisa bikin tubuh kamu rileks dan segar lagi.

5. Malang Juga Dikenal Sebagai Surga Kuliner Nusantara

Rawon
Potret makanan khas malang. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, selain dikenal sebagai surga wisata, kuliner Malang juga gak kalah terkenal. Bahkan, Malang dikenal sebagai Surga Kuliner Nusantara, lho! Ada banyak banget kuliner khas Malang yang bisa kamu coba untuk memanjakan perut. 

Jadi, kalo kamu ke Malang, dijamin, deh, perut kenyang, hati senang! Yuk, kita telusuri apa aja sih yang bikin kuliner Malang itu istimewa!

  • Bakso Malang

Ini dia kuliner yang paling terkenal dari Malang! Yap, Bakso Malang! Bakso yang terdiri dari bakso daging, tahu, siomay, mie, dan pangsit, itu disajikan dengan kuah kaldu yang gurih.

Kamu bisa menambahkan saus, kecap, atau sambal sesuai selera. Jangan lupa kerupuk pangsitnya! Dijamin ketagihan!

  • Rawon

Rawon merupakan makanan khas Malang yang berisi sup daging sapi dengan kuah hitam yang berasal dari bumbu kluwek. Biasanya disajikan dengan nasi, tauge, dan telur asin. Jangan lupa ditambah sambal dan kerupuk, makin nikmat!

  • Soto

Ada beberapa jenis soto di Malang, seperti soto ayam dan soto daging. Biasanya disajikan dengan nasi atau lontong, irisan daging, dan taburan bawang goreng.

  • Rujak Cingur

Rujak cingur ini merupakan salad tradisional khas Jawa Timur yang terdiri dari sayuran, buah-buahan, dan cingur (hidung sapi). Disajikan dengan bumbu kacang yang dicampur dengan petis udang, rasanya unik banget!

  • Bakpao

Makanan satu ini harusnya gak asing di telinga Sobat Suka Fakta. Soalnya, kue berbentuk bulat dan lembut yang berisi kacang hijau, cokelat, atau daging itu kerap dijumpai di kota-kota lain juga.

  • Apel Malang

Malang terkenal dengan apel segarnya yang manis dan renyah. Kamu bisa merasakan kelezatan apel Malang ini dengan membeli langsung di kebun apel atau di pasar-pasar tradisional.

  • Keripik Apel

Salah satu produk olahan apel yang wajib kamu coba adalah keripiknya. Mungkin olahan ini terdengar aneh, tapi kamu harus merasakan sensasi rasanya yang gurih dan manis, cocok buat cemilan saat jalan-jalan.

  • Keripik Tempe

Tempe goreng yang diiris tipis-tipis dan dibalut tepung. Rasanya kriuk banget dan cocok buat cemilan atau lauk makan.

Selain itu, ada juga warung dan rumah makan di Malang yang sudah melegenda karena kelezatannya. Saking terkenalnya, banyak orang yang berbondong-bondong datang dari luar kota hanya untuk memanjakan lidah di warung ini. Beberapa di antaranya:

  • Bakso President: Bakso legendaris yang sudah ada sejak tahun 1977.
  • Rawon Nguling: Tempat yang terkenal dengan rawonnya yang gurih.
  • Soto Lombok: Warung soto yang selalu ramai oleh pengunjung.

Selain kuliner khasnya, di Malang kamu juga bisa menemukan banyak masakan dari berbagai daerah di Indonesia. Pasalnya, banyak perantau yang datang ke Malang dengan membawa keahlian masakan khas daerahnya, sehingga kamu bisa menemukan masakan seperti sate, nasi Padang, pecel, dan lainnya.

6. Memiliki Segudang Destinasi Wisata Alam hingga Modern

Gunung Bromo
Potret Gunung bromo yang ada di malang. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kalau ngomongin surga wisata, Malang adalah salah satu yang terbaik di Indonesia. Kamu bisa menemukan berbagai destinasi wisata di sini, mulai dari wisata alam yang memukau hingga wisata modern yang seru abis. Yuk, simak fakta menarik kenapa Malang disebut sebagai Surga Wisata di Indonesia!

  • Gunung Bromo

Gunung yang terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini terkenal banget dengan pemandangan sunrise-nya yang spektakuler dari Puncak Penanjakan. Gak cuma itu. Kawah Bromo yang aktif juga bisa memberikan pengalaman unik buat para wisatawan. Di Bromo, kamu bisa naik jeep atau kuda untuk mencapai kawahnya, lho!

  • Gunung Semeru

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa yang memiliki ketinggian 3.676 meter. Salah satu daya tarik utamanya adalah Ranu Kumbolo, danau yang sering jadi tujuan favorit para pendaki karena pemandangannya yang indah banget.

  • Air Terjun Coban Pelangi

Air terjun ini berada di lereng Gunung Semeru dan terkenal dengan pelangi yang sering muncul di sekitarnya. Suasana alamnya dijamin bakal bikin kamu betah buat berlama-lama di sini.

  • Kebun Teh Wonosari

Perkebunan teh seluas 1.144 hektar ini gak cuma menawarkan udara segar, tapi juga pemandangan hijau yang memanjakan mata. Di kebun teh ini, kamu bisa jalan-jalan menikmati pemandangan sambil minum teh segar langsung dari sumbernya.

  • Museum Angkut

Museum yang menampilkan koleksi kendaraan dari berbagai era dan negara ini jadi tempat yang pas buat kamu memahami sejarah transportasi. Selain itu, di sini juga ada banyak spot foto keren dengan latar belakang kendaraan klasik. Cocok buat isi feeds Instagram kamu!

  • Batu Night Spectacular (BNS)

Taman hiburan malam hari yang terkenal ini menyajikan atraksi dan hiburan yang seru, seperti wahana permainan, pertunjukan, dan lampion garden. Cantiknya cahaya lampu kerlap-kerlip yang menghiasi BNS, gak kalah menakjubkan sama city light di Jakarta, lho! 

  • Jatim Park

Jatim Park merupakan taman rekreasi keluarga dengan tiga lokasi, yaitu Jatim Park 1, 2, dan 3. Masing-masing menawarkan wahana edukasi dan hiburan yang unik. Tempat ini cocok buat Sobat Suka Fakta yang mau mengajak keluarga liburan.

  • Museum Brawijaya

Museum ini menyimpan banyak koleksi sejarah perjuangan bangsa Indonesia, termasuk peninggalan dari masa penjajahan dan perang kemerdekaan.

  • Candi Singosari

Candi ini merupakan peninggalan Kerajaan Singosari yang masih berdiri kokoh hingga sekarang. Arca Dwarapala yang terkenal dengan ukuran raksasanya juga ada di sini, lho.

  • Masjid Tiban

Masjid Tiban merupakan masjid megah berlantai 10 yang dipercaya dibangun oleh jin dalam satu malam. Arsitektur Masjid Tiban sangat unik dengan ornamen warna-warni yang mencolok.

  • Pura Luhur Dwijawarsa

Pura yang terletak di lereng Gunung Kawi ini gak cuma jadi tempat ibadah umat Hindu aja, lho. Pasalnya, banyak wisatawan yang datang untuk berziarah ke tempat ini.

Nah, Sobat Suka Fakta, sekarang percaya, kan, kalo Malang punya segala jenis wisata yang bisa kamu eksplorasi?! Mulai dari menikmati indahnya sunrise di Gunung Bromo, seru-seruan di Batu Night Spectacular, hingga wisata religi lintas agama, semuanya bisa kamu dapatkan di satu kota: Malang!

7. Malang Memiliki Tradisi Pertunjukan Wayang Orang

Wayang orang
Potret Wayang orang, Teater tradisional jawa. Sumber: trenzindonesia.com

Sobat Suka Fakta, tahukah kamu kalau Malang juga punya tradisi pertunjukan Wayang Orang yang unik? Ini dia beberapa fakta menarik tentang pertunjukan wayang orang di Malang:

Apa Itu Wayang Orang?

Wayang orang adalah bentuk teater tradisional Jawa yang melibatkan pertunjukan kostum, tari, dan musik. Cerita yang dibawakan biasanya diambil dari kisah epik, seperti Ramayana dan Mahabharata.

Pertunjukan Wayang Orang di Malang

Malang punya tradisi pertunjukan wayang orang yang khas dan unik. Beberapa kelompok seni yang terkenal antara lain:

  • Wayang Orang Sriwedari: Kelompok yang sering membawakan kisah-kisah Ramayana dan Mahabharata.
  • Wayang Orang Ngesti Pandawa: Kelompok yang terkenal dengan tarian dan kostum-kostumnya yang megah.

Tempat Pertunjukan

Pertunjukan wayang orang biasanya digelar di gedung kesenian atau balai desa. Beberapa tempat yang sering menggelar pertunjukan wayang orang, di antaranya:

  • Gedung Kesenian Gajayana: Gedung kesenian yang sering jadi tempat pertunjukan wayang orang dan seni tradisional lainnya.
  • Balai Desa Tlogomas: Balai desa yang juga sering menjadi tempat pertunjukan seni tradisional.

Kostum dan Tarian

Kostum yang digunakan dalam pertunjukan wayang orang sangat beragam dan penuh warna. Setiap karakter punya kostum dan gaya tarian yang khas, seperti Rahwana yang gagah dan Arjuna yang lincah.

Makna Pertunjukan

Pertunjukan wayang orang bukan cuma hiburan, tapi juga punya makna filosofis yang dalam, di mana setiap cerita yang dibawakan biasanya menyiratkan pesan moral yang relevan dengan kehidupan sehari-hari.

Sobat Suka Fakta, menonton pertunjukan wayang orang di Malang adalah cara yang tepat buat memahami seni dan budaya Jawa. Jadi, jangan lupa menyempatkan diri menonton wayang orang saat kamu berkunjung ke sini, ya! 

8. Di Malang Ada Museum Angkut yang Wajib Dikunjungi

Museum Angkot
Potret Museum angkot. Sumber: ratunyatravel.com

Sobat Suka Fakta, kalau kamu suka sama dunia otomotif atau sejarah transportasi, Museum Angkut merupakan tempat yang wajib banget kamu kunjungi saat di Malang. Ini dia beberapa fakta menarik tentang Museum Angkut yang bisa bikin kamu tertarik mengunjunginya.

  • Koleksi Kendaraan di dalam Museum Angkut

Museum Angkut memiliki lebih dari 300 koleksi kendaraan dari berbagai era dan negara. Mulai dari kendaraan tradisional seperti becak dan delman, hingga kendaraan modern seperti mobil balap dan pesawat. Gak cuma itu, Sobat! Museum Angkut juga menghadirkan koleksi kendaraan klasik seperti mobil Presiden Soekarno hingga bus tingkat dari London

Sobat Suka Fakta, perlu kamu ketahui bahwa Museum Angkut gak cuma menyuguhkan berbagai koleksi transportasi, tapi juga terdapat beberapa zona seru dan menarik yang masing-masing punya tema khusus, diantaranya:

  • Zona Edukasi

Zona ini menampilkan sejarah transportasi dari zaman dulu hingga sekarang. Ada replika kendaraan tradisional seperti kereta kuda dan kapal layar.

  • Zona Sunda Kelapa & Batavia

Di zona ini, Sobat Suka Fakta seperti diajak menjelajahi masa lalu. Pasalnya, di zona ini Sobat akan merasakan suasana pelabuhan Sunda Kelapa dan Batavia yang ada pada masa kolonial. Zona ini juga dilengkapi dengan replika kapal dan becak pada masa itu.

  • Zona Gangster & Broadway

Zona ini menghadirkan suasana kota Chicago pada era 1920-an dengan tema gangster dan Broadway. Zona ini cocok buat kamu yang suka mobil klasik karena ada replika mobil-mobil klasik dari era tersebut.

  • Zona Eropa

Siapa di sini pecinta kendaraan Eropa? Nah, Zona Eropa ini pasti bakal bikin kamu, si pecinta kendaraan Eropa, betah berlama-lama di sini. Pasalnya, zona ini menampilkan berbagai kendaraan klasik Eropa, seperti mobil VW Beetle, Mercedes-Benz, dan Fiat. 

Zona ini juga dilengkapi dengan replika landmark Eropa seperti Menara Eiffel dan Kincir Angin Belanda. Pokoknya vibes Eropa banget, deh!

  • Zona Hollywood

Zona Hollywood ini menampilkan replika kendaraan yang digunakan dalam film-film Hollywood. Kamu bisa berfoto dengan Batmobile dari film Batman atau DeLorean dari Back to the Future.

  • Pasar Apung Nusantara

Sobat, setelah puas melihat-lihat koleksi kendaraan dalam Museum Angkut, kamu bisa melipir ke Pasar Apung Nusantara yang ada di area Museum Angkut. Di sini, kamu bisa menikmati berbagai kuliner khas Indonesia sambil berbelanja souvenir.

Jadi, Sobat Suka Fakta, Museum Angkut bukan cuma tempat buat lihat-lihat kendaraan, tapi juga tempat yang seru buat berfoto-foto dan menikmati suasana khas Malang.

9. Malang Mendapatkan Julukan Sebagai Kota Bunga

Kebun Bunga
Potret kebunh bunga di Malang. Sumber: Dok. kompasiana.com

Sobat Suka Fakta, kamu tahu nggak kalau Malang juga dikenal dengan julukan Kota Bunga? Sesuai dengan namanya, julukan ini diberikan karena banyaknya kebun bunga dan kebun apel yang ada di sekitar Malang. Yuk, kita liat ada kebun apa aja!

  • Kebun Bunga Selecta

Kebun bunga ini menjadi salah satu taman bunga paling populer di Malang. Terletak di Kota Batu dengan lahan seluas 18 hektar, kebun bunga ini tidak hanya menyuguhkan beragam jenis bunga, tapi juga berbagai wahana permainan dan kolam renang. 

  • Taman Bunga Coban Rais

Taman bunga ini terletak di dekat Air Terjun Coban Rais. Di sini, kamu bisa melihat pemandangan hamparan bunga yang luas dan cantik. Selain itu, ada juga berbagai spot foto instagramable, seperti ayunan, sepeda langit, dan hammock.

  • Kusuma Agrowisata

Di sini kamu bisa menikmati sensasi memetik apel langsung dari pohonnya. Selain apel, juga ada kebun stroberi, jambu, dan jeruk. Tempat ini cocok jadi tempat edukasi anak-anak untuk mengenal buah-buahan.

  • Batu Apel Agro

Kebun apel yang menawarkan pengalaman memetik buah langsung dari pohonnya. Selain itu, tempat ini juga punya spot foto yang menarik di antara pepohonan apel.

Iklim Malang yang sejuk sangat cocok untuk pertanian buah-buahan dan bunga. Selain apel dan bunga, Malang juga menghasilkan produk-produk pertanian lainnya seperti stroberi, jambu, dan sayuran.

Jadi, Sobat Suka Fakta, kalau kamu mau berlibur sembari menikmati indahnya kebun bunga, dan merasakan kehidupan perkebunan buah, Malang adalah destinasi yang pas buat kamu!

10. Menawarkan Berbagai Hiburan di Batu Night Spectacular (BNS)

BNS
Potret Batu Night Spectacular. Sumber: Dok.Pri

Sobat Suka Fakta, setelah seharian menjelajahi Museum Angkut, saatnya menikmati malam di Batu Night Spectacular (BNS). Taman hiburan malam ini menawarkan berbagai atraksi dan hiburan yang seru abis. Kerlap-kerlip lampunya juga gak kalah cantik sama city light yang ada di Jakarta. Pokoknya dijamin, deh, bakal memanjakan matamu! Yuk, simak fakta menarik tentang BNS!

Wahana Permainan

Di BNS, kamu bisa menemukan banyak wahana permainan yang seru buat segala usia, seperti:

  • Roller Coaster: Nikmati sensasi meluncur cepat di atas rel dengan pemandangan malam yang indah.
  • Rumah Hantu: Buat kamu yang suka tantangan, wahana ini siap bikin bulu kuduk merinding.
  • Lampion Garden: Taman lampion yang cantik dengan berbagai bentuk dan warna. Cocok buat berfoto-foto!
  • Sepeda Udara: Gowes di atas rel yang tergantung di udara sambil menikmati pemandangan malam Kota Batu.

Pertunjukan Malam

Selain wahana permainan, BNS juga punya pertunjukan malam yang gak kalah seru, seperti:

  • Spectacular Show: Pertunjukan kembang api dan tarian yang menakjubkan.
  • Laser Show: Pertunjukan cahaya laser yang memukau dengan latar musik yang menghentak.

Pasar Malam dan Kuliner

Di area pasar malam, kamu bisa menemukan berbagai jenis kuliner dan camilan khas Malang. Selain itu, ada juga berbagai kios souvenir yang menjual kerajinan tangan dan oleh-oleh khas Malang. Menawarkan suasana malam yang ceria dan berbagai wahana seru, BNS sangat cocok jadi tempat buat Sobat Suka Fakta menghabiskan malam di Malang.

11. Salah Satu Kota yang Memiliki Sejarah Menarik

Candi Singosari
Potret candi Singosari. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, selain terkenal sebagai surga wisata dan kuliner, Malang juga punya sejarah yang panjang dan menarik, lho! Kota ini menyimpan banyak peninggalan bersejarah dari berbagai zaman, mulai dari kerajaan hingga masa perjuangan kemerdekaan. Berikut ini beberapa fakta menarik kenapa Malang dikenal sebagai salah satu Kota Sejarah di Indonesia:

Museum Brawijaya

Museum Brawijaya adalah salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi jika ingin mengenal sejarah Malang dan perjuangan bangsa Indonesia. Pasalnya, museum ini menyimpan banyak koleksi peninggalan dari masa penjajahan hingga perang kemerdekaan, seperti senjata, seragam tentara, serta kendaraan militer. 

Salah satu koleksi menarik yang dimiliki museum ini adalah Gerbong Maut, replika gerbong kereta yang dulu digunakan oleh tentara Belanda untuk mengangkut tawanan perang dengan kondisi yang mengenaskan.

Peninggalan Kerajaan

Sobat Suka Fakta, buat kamu yang suka sejarah klasik masa-masa kejayaan kerajaan di Indonesia, maka Malang menjadi kota yang tepat untuk kamu kunjungi. Bukan tanpa alasan, Malang menyimpan berbagai peninggalan dari beberapa kerajaan yang pernah berjaya di sini, seperti: 

  • Candi Singosari

Candi Singosari merupakan peninggalan Kerajaan Singosari yang masih berdiri kokoh hingga sekarang. Candi ini terkenal dengan arca Dwarapala-nya yang berukuran raksasa.

Candi yang merupakan peninggalan Kerajaan Singasari ini dipercaya sebagai tempat pemujaan leluhur. Relief-relief yang ada di dinding candi menggambarkan cerita-cerita dari kitab kuno.

  • Candi Kidal

Dibangun untuk menghormati Raja Anusapati dari Kerajaan Singasari, candi ini dikenal dengan relief Garudanya yang melambangkan pembebasan.

  • Candi Badut

Sobat Suka Fakta, tau gak kalo Candi Badut merupakan salah satu candi tertua di Jawa Timur? Yap! Candi Badut diperkirakan telah berusia lebih dari 1400 tahun. Jadi, gak heran kalo candi peninggalan Kerajaan Kanjuruhan itu jadi salah satu candi tertua di Jawa Timur, ya!

  • Arca Dwarapala

Selain candi, di Malang juga terdapat Arca Dwarapala yang terkenal dengan ukuran raksasanya. Arca yang terletak di Desa Candirenggo, Singosari itu dipercaya sebagai penjaga gerbang Kerajaan Singosari.

  • Benteng Malang

Benteng Malang adalah benteng yang didirikan pada masa penjajahan Belanda. Meskipun kini hanya tinggal reruntuhannya, benteng ini merupakan saksi bisu dari masa kolonial di Malang.

  • Gereja Katedral Ijen

Gereja Katolik yang terletak di Jalan Ijen ini adalah salah satu bangunan peninggalan Belanda yang masih terawat hingga sekarang. Gereja ini memiliki arsitektur khas Eropa dan sering menjadi tujuan wisata religi di Malang.

Kesimpulan 

Sobat Suka Fakta, dari 11 fakta menarik yang kita bahas di atas, jelas banget kalau Malang adalah kota yang penuh pesona dan daya tarik. Sebagai Surga Wisata di Indonesia, Malang menawarkan berbagai destinasi wisata alami dan modern, seperti Gunung Bromo, Gunung Semeru, Air Terjun Coban Pelangi, dan Jatim Park. 

Nah, Sobat Suka Fakta, kalau kamu sedang merencanakan liburan, Malang adalah destinasi yang wajib banget kamu kunjungi. Mulai dari alamnya yang memukau, sejarahnya yang kaya, hingga kulinernya yang menggoda, semuanya ada di sini. Jangan lupa bawa kamera dan perut kosong, karena Malang siap menyambutmu dengan sejuta pesona!

Referensi :

  • TravelMalang.id. (2021). Fakta Unik Kota Malang. Diakses pada 8 Mei 2024, dari https://www.travelmalang.id/fakta-unik-kota-malang/
  • YoungOnTop.com. (2023). 10 Fakta Menarik dari Kota Malang. Diakses pada 8 Mei 2024, dari https://www.youngontop.com/10-fakta-menarik-dari-kota-malang/
  • ExcellentToursTravel.com. (2021). 6 Fakta Unik di Kota Malang. Diakses pada 8 Mei 2024, dari http://excellenttourstravel.com/6-fakta-unik-di-kota-malang/
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *