Fakta Dunia

7 Kota Terbersih di Indonesia, Ada yang Dapat Penghargaan Kota Paling Bersih di ASEAN

37
×

7 Kota Terbersih di Indonesia, Ada yang Dapat Penghargaan Kota Paling Bersih di ASEAN

Sebarkan artikel ini
Kota terbersih yang ada di Indonesia.
Potret salah satu Kota terbersih yang ada di Indonesia. Sumber: Dok. malangposcomedia

Halo Sobat Suka Fakta! Siapa nih yang suka dengan suasana bersih? Pastinya kita semua ingin dong tinggal di kota yang bersih, nyaman, dan asri. Nah, tahu nggak sih kalau di Indonesia ada beberapa kota yang nggak cuma bersih tapi juga berhasil mendapat penghargaan sebagai kota terbersih se-Asia Tenggara? Yup, bener banget! Penghargaan Adipura ini adalah bukti nyata kalau kota-kota tersebut sukses menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungannya.

Tapi, menjaga kebersihan kota itu nggak bisa cuma mengandalkan pemerintah aja, lho. Kita semua, sebagai warga kota, juga harus ikut andil. Dengan kerja sama yang baik antara pemerintah dan masyarakat, banyak kota di Indonesia yang nggak cuma dapet Adipura, tapi juga diakui di tingkat ASEAN sebagai kota terbersih.

Di artikel ini, kita bakal bahas tujuh kota terbersih di Indonesia yang sudah dapat berbagai penghargaan keren. Kota-kota ini nggak cuma dikenal bersih, tapi juga punya berbagai fasilitas dan program yang mendukung gaya hidup sehat dan ramah lingkungan. Penasaran kan kota mana aja? Yuk, kita simak!

7 Kota Terbersih di Indonesia

1. Balikpapan

Kota Terbersih di Indonesia
Potret salah satu Kota terbersih Balikpapan. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kita mulai petualangan kita dari Kota Balikpapan yang berada di Provinsi Kalimantan Timur. Kota ini nggak cuma jadi pusat bisnis dan industri terbesar di Pulau Borneo, tapi juga berhasil meraih penghargaan Adipura Kencana sejak 2017. Wow, keren banget, kan?

Baru-baru ini, Kota Balikpapan berhasil meraih penghargaan bergengsi Asean Clean Tourist City Award dalam Asean Tourism Awards tahun 2024 yang digelar di Vientiane, Laos. 

Balikpapan emang nggak main-main soal kebersihan. Kota ini punya berbagai program kebersihan yang didukung penuh oleh pemerintah dan masyarakat. Salah satunya adalah program pengelolaan sampah yang sangat teratur dan efisien. Selain itu, kota ini juga punya banyak ruang hijau dan taman kota yang bikin suasana jadi asri dan nyaman. Buat kamu yang suka suasana kota tapi tetap pengen udara segar, Balikpapan bisa jadi pilihan yang tepat.

2. Surabaya

Kota terbersih Surabaya
Potret salah satu Kota terbersih Surabaya. Sumber: ikbis.ac.id

Selanjutnya, kita mampir ke Kota Surabaya, Sobat! Kota yang dikenal sebagai Kota Pahlawan ini adalah kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Tapi, meskipun besar dan sibuk, Surabaya tetap berhasil menjaga kebersihan lingkungannya dan mendapatkan penghargaan Adipura Kencana.

Surabaya punya program kebersihan yang super ketat. Pemerintah dan masyarakatnya kompak banget dalam menjaga lingkungan. Mulai dari pengelolaan sampah, penghijauan, sampai edukasi lingkungan, semuanya berjalan dengan baik. Nggak heran kalau kota ini bisa jadi salah satu kota terbersih di Indonesia.

Meskipun dikenal sebagai kota industri, mereka tetap bisa menjaga kualitas udara dan kebersihan kota. Banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di sini, seperti Monumen Kapal Selam, Monumen Tugu Pahlawan, dan Pantai Kenjeran. Keren deh Surabaya!

3. Makassar

Kota terbersih Makasar
Potret salah satu Kota terbersih Makasar. Sumber: uim-makassar.

Sekarang kita terbang ke Makassar, ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan. Kota ini nggak kalah keren dari yang lain, Sobat. Makassar berhasil mendapatkan penghargaan Adipura sebanyak tiga kali berturut-turut sejak tahun 2017. Selain itu, kota ini juga meraih penghargaan Adipura ASEAN dalam kategori Clean Land.

Makassar punya program pembersihan yang top banget. Pemerintahnya nggak cuma fokus pada pembuangan sampah yang teratur, tapi juga penanaman pohon di berbagai area. Hal ini membantu mengurangi polusi udara dan membuat kota jadi lebih hijau dan sejuk. Program ini tentu nggak akan berhasil tanpa dukungan dari masyarakat yang juga aktif menjaga kebersihan lingkungan.

Di Makassar, kamu juga bisa ikutan berbagai kegiatan komunitas yang fokus pada kebersihan lingkungan. Misalnya, kegiatan bersih-bersih pantai atau kampanye pengurangan sampah plastik. Jadi, selain menikmati kota yang bersih, kamu juga bisa berkontribusi langsung dalam menjaga kebersihan kota.

4. Malang

Kota terbersih Malang
Potret salah satu Kota terbersih Malang. Sumber: kelsumbersari.malangkota

Malang adalah kota yang dikenal sebagai salah satu destinasi wisata paling menarik di Indonesia ini juga punya prestasi hebat dalam hal kebersihan. Malang pernah mendapat penghargaan dari The Clean Cities Air Partnership Program (CCAP) sebagai salah satu kota di Asia dengan kualitas kebersihan terbaik. Selain itu, kota ini juga rutin meraih penghargaan Adipura Kencana.

Kota ini punya program kebersihan yang inovatif dan terstruktur. Ada program revitalisasi taman kota, pengelolaan sampah terpadu, dan Gerakan Menabung Air. Pemerintah dan masyarakat Malang juga sangat aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan. Misalnya, banyak komunitas yang rutin mengadakan kegiatan bersih-bersih di sekitar kota.

Selain kebersihannya, Malang juga terkenal dengan berbagai tempat wisata alam yang indah dan menakjubkan. Kamu bisa mengunjungi Jatim Park, Museum Angkut, atau menikmati kesejukan di daerah Batu. Jadi, kalau kamu ingin tinggal di kota yang bersih dan penuh dengan atraksi wisata, Malang bisa jadi pilihan yang tepat.

5. Palembang

Palembang
Potret salah satu Kota terbersih Palembang. Sumber: IST

Kota Palembang ini nggak cuma terkenal dengan pempek-nya yang lezat, tapi juga dengan kebersihannya. Palembang berhasil meraih piala Adipura Kencana sebanyak tiga kali berturut-turut. Selain itu, kota ini juga mendapat penghargaan Environmental Sustainable City (ESC) di tingkat ASEAN.

Salah satu kunci keberhasilan Palembang dalam menjaga kebersihan adalah sinergi antara pemerintah dan masyarakat. Pemerintah kota aktif dalam program kebersihan, seperti pengelolaan sampah dan penghijauan kota. Masyarakat Palembang juga turut berperan dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya.

Selain itu, Palembang juga berhasil menyediakan air bersih sebesar 80 persen untuk warganya. Hal ini tentu sangat mendukung kebersihan dan kesehatan masyarakat. Jadi, selain bisa menikmati kota yang bersih, warganya juga bisa menikmati pasokan air bersih setiap harinya. Kalau kamu ingin tinggal di kota yang bersih dan nyaman, Palembang bisa jadi pilihan yang menarik.

6. Semarang

Kota terbersih Semarang
Potret salah satu Kota terbersih Semarang. Sumber: BySuperAdmin

Kota ini juga nggak kalah hebat dalam menjaga kebersihan. Semarang berhasil mendapatkan penghargaan sebagai kota wisata terbersih di ASEAN oleh ASEAN Clean Tourist City pada periode 2020-2022. Selain itu, kota ini juga meraih penghargaan Adipura sebanyak enam kali berturut-turut sejak tahun 2012.

Semarang punya banyak program kebersihan yang dijalankan dengan baik oleh pemerintah dan didukung penuh oleh masyarakat. Salah satu contohnya adalah pengelolaan sampah yang efisien dan program penghijauan kota. Di berbagai sudut kota, kamu bisa menemukan taman dan ruang terbuka hijau yang terawat dengan baik.

Selain kebersihannya, Semarang juga punya banyak tempat wisata menarik seperti Lawang Sewu, Kota Lama, dan Sam Poo Kong. Kalau kamu suka dengan kota yang punya banyak sejarah dan kebudayaan, serta lingkungan yang bersih, Semarang adalah tempat yang tepat buat kamu.

7. Bitung

Bitung-
Potret salah satu Kota terbersih Bitung. Sumber: Kompas/Ferganata indra ratmoko

Kota Bitung di Sulawesi Utara ini juga berhasil masuk dalam daftar kota terbersih di Indonesia berkat konsistensi pemerintah dan masyarakatnya dalam menjaga kebersihan. Bitung mendapatkan penghargaan Adipura Kencana dan dikenal dengan lingkungan yang asri dan sejuk.

Kota Bitung punya banyak hutan wisata yang membuat udaranya segar dan nyaman. Salah satu yang terkenal adalah Wisata Hutan Alam Bitung di Kelurahan Danowudu, Kecamatan Ranowulu. Selain itu, kota ini juga punya pelabuhan laut yang mendorong percepatan pembangunan tanpa mengorbankan kebersihan lingkungan.

Pemerintah Kota Bitung sangat aktif dalam program kebersihan dan sering mengadakan kegiatan gotong royong dengan masyarakat untuk membersihkan lingkungan. Jadi, kalau kamu mencari kota yang bersih, sejuk, dan punya banyak ruang hijau, Bitung bisa jadi pilihan yang pas.

Kesimpulan

Halo Sobat Suka Fakta! Kita sudah bahas tujuh kota terbersih di Indonesia yang nggak cuma bikin bangga tapi juga nyaman banget buat ditinggali. Dari Balikpapan yang asri, Surabaya yang sibuk tapi bersih, Makassar dengan program hijau, dan Malang yang inovatif.

Ada pula Palembang dengan air bersihnya, Semarang yang historis, hingga Bitung yang sejuk. Masing-masing kota punya cerita dan keunikan tersendiri dalam menjaga kebersihan lingkungannya.

Penting banget untuk kita semua sadar kalau menjaga kebersihan kota itu tanggung jawab bersama. Nggak cuma pemerintah, tapi kita sebagai warga kota juga harus aktif berpartisipasi. Misalnya, dengan ikut program kebersihan, mengurangi penggunaan plastik, dan selalu membuang sampah pada tempatnya. Hal sederhana ini bisa bikin perubahan besar, lho!

Selalu jaga kebersihan ya, karena itu bukan cuma tentang estetika, tapi juga tentang kesehatan dan kualitas hidup kita. Dengan lingkungan yang bersih, kita bisa hidup lebih sehat, nyaman, dan bahagia. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kamu biar makin banyak yang peduli sama kebersihan kota. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, Sobat Suka Fakta!

REFERENSI:

  • Inilah.com. “8 Kota Terbersih di Indonesia, Tertarik Pindah?” Diakses dari https://www.inilah.com/kota-terbersih-di-indonesia
  • Rumah123.com. “8 Kota Terbersih di Indonesia 2023, Nyaman untuk Tempat Tinggal.” Diakses dari https://www.rumah123.com/panduan-properti/kota-terbersih-di-indonesia/
  • Lamudi.co.id. “7 Daftar Kota Terbersih di Indonesia yang Terbaru.” Diakses dari https://www.lamudi.co.id/journal/kota-terbersih-di-indonesia/
  • diskominfo.kaltimprov.go.id “Balikpapan Raih Penghargaan Bergengsi Asean Clean Tourist City Award” Diakses dari https://diskominfo.kaltimprov.go.id/berita/balikpapan-raih-penghargaan-bergengsi-asean-clean-tourist-city-award
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *