Fakta Dunia

12 Fakta Menarik New York, Dijuluki Kota yang Tidak Pernah Tidur

149
×

12 Fakta Menarik New York, Dijuluki Kota yang Tidak Pernah Tidur

Sebarkan artikel ini
New York
12 Fakta Menarik New York. Sumber :IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Siapa yang gak kenal New York? Kota yang terkenal sebagai “The City That Never Sleeps” ini adalah kota impian banyak orang. Gedung pencakar langit yang ikonik, Patung Liberty yang megah, kehidupan malam yang gemerlap, dan keberagaman budaya yang luar biasa adalah beberapa hal yang menjadikan New York berbeda dari kota lainnya.

New York tak pernah tidur. Inilah yang membuatnya begitu menarik. Di sini, kamu akan menemukan restoran dan toko yang buka 24/7, bar yang ramai hingga pagi, dan berbagai acara musik, seni, serta festival yang selalu siap memanjakan para pengunjung.

Kota ini seperti tidak pernah kehabisan energi dan ide-ide inovatif untuk memberikan pengalaman luar biasa bagi siapa pun yang berkunjung. Meski New York memiliki banyak penggemar dan menjadi ikon kehidupan kota metropolitan yang gemerlap, namun ternyata masih banyak fakta menarik New York yang jarang diketahui orang. 

Sobat Suka Fakta, kamu pasti tahu dong tentang Times Square, Broadway, atau Central Park?! Tapi, tahukah kamu kalau di New York ada sekitar 15.152  bentuk kehidupan–termasuk serangga dan bakteri–di dalam sistem Subway New York? Atau bahwa bola mata Albert Einstein disimpan di brankas suatu tempat di kota ini?

Nah, artikel ini akan membawa kamu menjelajahi 12 fakta menarik New York yang bikin kota ini unik dan layak dijuluki “Kota yang Tidak Pernah Tidur.” Yuk, simak lebih lanjut!

1. New York Dijuluki Sebagai “The City That Never Sleeps”

fakta menarik new york
Potret pusat kota new york malam hari. Sumber : studyusa.com

Sobat Suka Fakta, salah satu hal paling ikonik dari New York adalah reputasinya sebagai “The City That Never Sleeps” alias kota yang tidak pernah tidur. Tapi, kenapa julukan ini sangat melekat pada New York? Yuk, kita bahas lebih lanjut!

Julukan ini tidak serta merta dilekatkan begitu saja pada New York. Nih, Sobat, coba kamu bayangkan, restoran, toko, bar, dan hiburan selalu buka sepanjang waktu. Tidak peduli jam berapa pun kamu lapar, ingin belanja, atau mencari hiburan, selalu ada tempat yang siap menyambutmu. 

Gak cuma itu, kehidupan malam New York pun begitu hidup dengan klub, bar, dan pertunjukan musik yang selalu ramai hingga subuh. Acara-acara seni, konser, dan festival juga menjadi bagian dari energi tanpa henti yang dimiliki New York. Times Square, misalnya, tidak pernah sepi dengan lampu neon yang menyala terang sepanjang malam.

Kehidupan malam New York menawarkan berbagai pilihan hiburan. Mulai dari rooftop bar dengan pemandangan kota yang spektakuler hingga klub dansa di bawah tanah yang mengguncang. 

New York selalu memberikan ruang bagi siapa saja yang mencari kegembiraan. Bahkan restoran kelas dunia seperti Katz’s Delicatessen di Lower East Side tetap buka 24 jam untuk melayani kebutuhan kuliner kapan saja.

Selain itu, transportasi publik yang efisien, terutama Subway New York, memudahkan mobilitas penduduk dan wisatawan selama 24 jam. Sistem kereta bawah tanah yang luas memungkinkanmu bepergian dari satu ujung kota ke ujung lainnya tanpa khawatir soal waktu.

Kota yang tidak pernah tidur ini benar-benar penuh dengan energi dan kreativitas yang tiada habisnya. Maka, tak heran jika New York menjadi pusat inovasi dan hiburan yang terus memikat orang-orang dari seluruh dunia. Jadi, tertarikkah Sobat Suka Fakta merasakan pengalaman unik di New York pada malam hari?

2. Patung Liberty, Simbol Kebebasan Amerika Serikat

Patung liberty
Potret Patung liberty yang ada di New York. Sumber: IST

Selain julukan “The City That Never Sleeps,” ikon lain yang tak bisa dipisahkan dari New York adalah Patung Liberty. Sobat Suka Fakta pasti sudah akrab dengan patung wanita bermahkota tujuh sinar ini yang menjadi simbol kebebasan dan demokrasi Amerika Serikat. 

Meski terkenal, tapi tahukah kamu bahwa patung ini tiba di New York tidak dalam keadaan utuh?

Patung Liberty merupakan hadiah dari Prancis kepada Amerika Serikat untuk merayakan persahabatan kedua negara pada akhir abad ke-19. Dirancang oleh pemahat Frédéric Auguste Bartholdi dan insinyur Gustave Eiffel, patung ini diresmikan pada 28 Oktober 1886 di Pulau Liberty, New York Harbor.

Namun, sebelum diresmikan, patung ini harus dikirim dari Prancis ke New York dalam keadaan terurai. Patung Liberty tiba di New York pada 1885 dalam 350 bagian yang dikemas dalam 214 peti. 

Bagian terakhir dari patung, yaitu mahkota, dirakit di tempat, sedangkan lengan patung yang ikonik telah tiba di Amerika satu dekade lebih awal pada 1876 sebagai bagian dari upaya penggalangan dana untuk proyek konstruksi.

Patung ini memiliki tinggi sekitar 93 meter dari dasar ke puncak obor dan dihiasi mahkota dengan tujuh sinar yang melambangkan tujuh benua dan tujuh lautan di dunia. Saat ini, Sobat Suka Fakta bisa mengunjungi patung tersebut dan naik ke puncaknya untuk melihat pemandangan indah kota New York.

3. Times Square, Pusat Kehidupan New York

New York
Potret pusat kota New York. Sumber :IST

Jika ada satu tempat yang benar-benar menggambarkan semangat New York, maka itu adalah Times Square. Tempat ini selalu ramai dengan lautan manusia, lampu neon yang menyala terang, serta billboard iklan yang berkilauan sepanjang waktu. 

Meski menjadi salah satu ikon New York, tapi masih banyak yang belum tau sejarah di balik tempat gemerlap ini. Oleh karena itu, Sobat Suka Fakta, mari kita lihat sejarah dan daya tarik dari persimpangan jalan paling sibuk di dunia ini!

Awalnya, kawasan ini dikenal sebagai Longacre Square hingga akhirnya berubah nama menjadi Times Square pada 1904. Perubahan nama ini terjadi karena kehadiran markas besar surat kabar The New York Times yang pindah ke gedung Times Building (sekarang One Times Square) yang terletak di persimpangan Broadway dan Seventh Avenue. 

Gedung ini menjadi pusat perayaan pergantian tahun dengan tradisi New Year’s Eve Ball Drop yang pertama kali diadakan pada 1907 dan terus berlangsung hingga hari ini.

Times Square juga merupakan jantung dari Broadway Theater District, rumah bagi panggung teater paling terkenal di dunia. Pertunjukan musikal dan drama Broadway seperti The Phantom of the Opera, The Lion King, dan Hamilton telah menjadi hiburan yang wajib ditonton oleh wisatawan asing maupun penduduk lokal.

Tak hanya itu, Times Square juga dikenal sebagai “The Crossroads of the World,” di mana orang-orang dari berbagai negara dan budaya berkumpul. Pusat kota ini menawarkan beragam atraksi, termasuk toko souvenir, restoran, dan tempat hiburan seperti Madame Tussauds dan Ripley’s Believe It or Not!.

Selain menjadi pusat hiburan, Times Square juga menjadi simbol kreativitas dan inovasi Kota New York. Keberadaan iklan digital raksasa yang membentang di seluruh penjuru persimpangan menambah nuansa futuristik tempat ini, menjadikannya salah satu lokasi paling ikonik di dunia.

4. The Big Apple, Julukan yang Begitu Melekat Dengan New York

Kuda
Potret sekelompok orang yang sedang menunggangi kuda. Sumber: IST

Siapa sih yang belum pernah dengar julukan “The Big Apple”? Julukan ini begitu lekat dengan New York. Tapi, tahukah Sobat Suka Fakta dari mana asal julukan ini? Yuk, kita kupas tuntas fakta menarik New York satu ini!

Pada 1920-an, seorang penulis olahraga bernama John J. Fitz Gerald menulis kolom balap kuda di koran The Morning Telegraph. Di tulisannya, ia menggunakan istilah “Big Apple” untuk menggambarkan hadiah uang besar yang ditawarkan dalam pacuan kuda bergengsi di sekitar New York. Istilah ini dengan cepat menyebar dan mulai digunakan oleh para joki dan penggemar balap kuda sebagai julukan bagi New York.

Kemudian pada 1970-an, julukan ini kembali populer berkat kampanye promosi pariwisata yang diinisiasi oleh Biro Pariwisata New York. Mereka memperkenalkan New York sebagai “The Big Apple” melalui iklan, brosur, dan kegiatan promosi lainnya. Tujuannya adalah untuk menarik wisatawan ke New York yang saat itu sedang mengalami penurunan citra akibat tingkat kejahatan yang tinggi.

Kini, “The Big Apple” tidak hanya menjadi julukan New York yang terkenal, tetapi juga menjadi simbol dari kehebatan dan semangat kota ini. Sobat Suka Fakta bisa menemukan apel merah besar di berbagai toko souvenir di seluruh kota.

5. Central Park, Taman Terkenal di New York dan Jadi Paru-Paru Kota

Central Park
Potret Taman yang ada di New York. Sumber: IST

Membahas New York tanpa mengulik Central Park akan terasa tidak lengkap. Taman yang luas ini menjadi paru-paru kota, memberikan ruang hijau yang segar di tengah hiruk-pikuk gedung pencakar langit.  Central Park memiliki luas lebih dari 800 hektar tanah dan merupakan taman kota terbesar di New York.

Taman yang dirancang oleh Frederick Law Olmsted dan Calvert Vaux pada 1858 itu kini telah menjadi tempat populer untuk berbagai aktivitas rekreasi, seperti bersepeda, berlari, bermain kayak di danaunya, atau sekadar berjalan-jalan menikmati pemandangan.

Selain lahannya yang luas, taman yang memiliki jalan lebar dan dipenuhi pepohonan rindang ini juga terkenal dengan berbagai landmarknya, seperti Bow Bridge, Bethesda Terrace and Fountain, Strawberry Fields (dedikasi untuk John Lennon), dan The Mall.

Sobat Suka Fakta, karena Central Park merupakan salah satu ikon New York, jadi jangan heran kalo Sobat berkunjung ke sini, akan ada banyak acara publik yang digelar, mulai dari konser musim panas SummerStage hingga teater terbuka seperti Shakespeare in the Park. Taman ini juga menjadi lokasi syuting banyak film dan acara TV.

Selain itu, Central Park juga dikenal sebagai “Wildlife di Tengah Kota”. Bukan tanpa alasan, tempat ini telah menjadi habitat bagi berbagai spesies satwa liar, termasuk burung, tupai, kura-kura, dan bahkan coyote yang terkadang terlihat berkeliaran.

Central Park bukan hanya taman, tapi juga oase di tengah keramaian kota yang memberi kesempatan bagi semua orang untuk bersantai. Desain lanskap yang detail dan upaya konservasi yang berkelanjutan telah menjaga keindahan Central Park hingga hari ini.

6. Wall Street, Pusat Keuangan Dunia

pusat keuangan dunia
Potret pusat keuangan dunia. Sumber: IST

Nama Wall Street berasal dari dinding kayu (wall) yang dibangun oleh penjajah Belanda pada abad ke-17 untuk melindungi permukiman New Amsterdam dari serangan penduduk asli Amerika dan bajak laut. Dinding tersebut akhirnya dihancurkan pada akhir abad ke-17, namun nama “Wall Street” tetap digunakan hingga sekarang.

Secara harfiah, Wall Street memang hanya sebuah jalan di New York yang terletak di ujung Selatan Manhattan. Namun, Wall Street secara kisaran lebih dari itu.  Pasalnya, wilayah yang memiliki simbol ikonik patung Charging Bull–melambangkan optimisme dan kekuatan ekonomi–itu identik dengan industri keuangan dan perusahaan-perusahaan di dalamnya. 

Meski berada di ujung Selatan, tempat ini merupakan jantung kawasan keuangan Manhattan yang dikenal sebagai The Financial District. Adapun di Wall Street terdapat Bursa Efek New York atau New York Future Exchange (NYFE) yang menjadi jantung kawasan ini. NYFE didirikan pada 1792 setelah 24 broker menandatangani Buttonwood Agreement

Kini, NYSE adalah bursa efek terbesar di dunia dengan kapitalisasi pasar mencapai triliunan dolar. Selain NYSE, daerah ini juga menjadi rumah bagi kantor pusat perusahaan keuangan besar dan bank investasi ternama.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, Wall Street dikenal sebagai pusat keuangan dunia, di mana keputusan dan kebijakan yang dibuat di sini seringkali berdampak pada pasar global. Kejayaan Wall Street saat ini tentu tidak lepas dari krisis bertahun-tahun yang pernah dilaluinya, termasuk Great Depression 1929, Black Monday 1987, dan krisis keuangan global pada 2008.

7. Keberagaman Penuh Warna di New York

Budaya
Potret budaya Cape Town. Sumber: mycapetownstay.com

New York adalah rumah bagi jutaan orang dari berbagai latar belakang budaya, agama, dan bahasa. Keberagaman ini menjadikan New York sebagai miniatur dunia. Mari kita bahas beberapa fakta menarik New York tentang keberagamannya.

  1. 800 Bahasa yang Digunakan

Sobat, tahukah kamu bahwa hampir setengah penduduk New York lahir di luar negeri? Ya, 37% penduduk New York diketahui lahir di luar negeri. Hal ini membuat New York jadi rumah bagi lebih dari 800 bahasa. Jadi gak heran, kalo lagi di New York, Sobat bisa mendengar bahasa Quechua, Garifuna, dan banyak bahasa langka lainnya.

  1. Komunitas Tionghoa dan Yahudi

New York memiliki komunitas Tionghoa terbesar di luar Asia, terutama di kawasan Chinatown. Gak cuma Tionghoa, New York juga memiliki komunitas Yahudi terbesar di luar Israel, lho!

  1. Festival Budaya dan Agama

Terkenal akan gemerlapnya yang tak pernah padam, enggak heran kalau New York sering merayakan berbagai festival budaya dan agama, seperti Tahun Baru Imlek, Holi India, Feast of San Gennaro Italia, dan Pride Parade yang meriah.

  1. Kawasan Etnis

New York memiliki berbagai kawasan etnis, seperti Little Italy, Koreatown, Little India di Jackson Heights, dan Brighton Beach yang dikenal sebagai Little Odessa.

  1. Masakan Multikultural

Keberagaman yang dimiliki New York juga tercermin dalam kulinernya yang sangat beragam. Di New York, Sobat Suka Fakta bisa menemukan segalanya, mulai dari makanan jalanan yang halal, restoran berbintang Michelin, hingga kafe dan toko kue khas Eropa.

8. New York Adalah Surganya Gedung Pencakar Langit di Dunia

Gedung pencakar langit
Potret Gedung pencakar langit. Sumber: Wikimedia/Beyond My Ken

Sobat Suka Fakta, New York adalah surganya gedung pencakar langit. Kota ini memiliki lebih banyak gedung tinggi daripada kota manapun di dunia! Yuk, kita kupas beberapa fakta menarik seputar gedung pencakar langit di New York.

  1. Lebih dari 6000 Gedung Pencakar Langit

Selain gedung perkantoran dan apartemen, New York juga memiliki gedung pencakar langit yang digunakan sebagai hotel, tempat tinggal, dan pusat perbelanjaan. Tak main-main, New York bahkan memiliki lebih dari 6000 gedung pencakar langit, sehingga menjadikannya kota dengan gedung tinggi terbanyak di dunia.

  1. Gedung Tanpa Jendela

Salah satu gedung pencakar langit yang terkenal adalah 33 Thomas Street yang sering disebut “Long Lines Building.” Gedung ini digunakan sebagai pusat komunikasi dan tidak memiliki jendela sama sekali.

  1. Empire State Building

Gedung ikonik ini pernah menjadi gedung tertinggi di dunia dari pada 1931 hingga 1971. Empire State Building memiliki 102 lantai dan tinggi mencapai 443 meter, termasuk antena di puncaknya.

  1. One World Trade Center

One World Trade Center atau “Freedom Tower” adalah gedung tertinggi di Amerika Serikat dan Barat. Gedung ini memiliki 104 lantai dan tinggi mencapai 541 meter.

  1. Chrysler Building

Chrysler Building dikenal karena desain art deco-nya yang indah dan pernah menjadi gedung tertinggi di dunia sebelum Empire State Building.

9. Memiliki Sistem Kereta Bawah yang Super Epik! 

New York.
Potret kereta New York. Sumber : newyorkcity.de

Sobat Suka Fakta, kalau kamu pernah naik Subway di New York, pasti kamu tahu betapa rumit tapi luar biasanya sistem kereta bawah tanah di sini. Yuk, kita lihat beberapa fakta menarik tentang Subway New York.

  1. 15.152 Bentuk Kehidupan

Di sistem Subway New York, ditemukan sekitar 15.152 bentuk kehidupan, termasuk serangga dan bakteri. Penemuan ini berdasarkan studi yang dilakukan oleh ilmuwan dari Weill Cornell Medical College pada 2015.

  1. 472 Stasiun

Subway New York memiliki 472 stasiun yang tersebar di seluruh kota, menjadikannya salah satu sistem kereta bawah tanah terbesar di dunia. Beberapa stasiun terkenalnya, yaitu Times Square-42nd Street, Grand Central Terminal, dan 34th Street-Herald Square.

  1. Stasiun Rahasia

Terdapat beberapa stasiun rahasia yang tidak digunakan lagi, seperti City Hall Station yang terkenal dengan desain arsitekturnya yang indah.

  1. Operasional 24 Jam

Subway New York adalah satu dari sedikit sistem kereta bawah tanah di dunia yang beroperasi 24 jam sehari. Jadi kalo berkunjung ke sini, gak usah bingung soal transportasi, ya, Sobat!

  1. Kereta Bawah Tanah Terpanjang

Jalur kereta bawah tanah terpanjang di New York adalah A Train yang membentang dari Inwood-207th Street di Manhattan hingga Far Rockaway di Queens, dengan panjang sekitar 51 kilometer.

10. Kasus Gigitan Manusia di New York

luka gigitan.
Ilustrasi luka gigitan. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kalau mendengar istilah “gigitan,” mungkin yang terlintas di pikiranmu adalah gigitan hiu atau hewan-hewan buas lainnya. Tapi, tahukah kamu bahwa di New York, kasus gigitan itu bukan dilakukan oleh hewan, tapi dilakukan oleh manusia. Bahkan, gigitan orang New York lebih banyak terjadi daripada gigitan hiu? Yuk, simak fakta menarik ini!

  1. Kasus Gigitan Manusia

Konon, kasus gigitan yang dilakukan orang New York terhadap orang lain terjadi 10 kali lebih banyak daripada gigitan hiu setiap tahun. Studi ini menunjukkan betapa “menggigit” kehidupan di New York bisa jadi begitu intens.

  1. Tingkat Bunuh Diri dan Pembunuhan

Tingkat kematian akibat bunuh diri di New York lebih tinggi daripada kasus pembunuhan. Faktor stres, tekanan hidup, dan masalah kesehatan mental sering menjadi penyebabnya.

  1. Stres dan Kopi

Penduduk New York minum kopi 7 kali lebih banyak daripada rata-rata warga Amerika Serikat. Tingkat stres yang tinggi bisa jadi penyebab kenapa kopi begitu digemari di kota ini.

11. Otak dan Bola Mata Albert Einstein Disimpan di dalam Brankas

Albert Einsten
Potret Albert Einsten. Sumber: d.newsweek.com

Sobat Suka Fakta, kamu mungkin sudah sering mendengar nama Albert Einstein, ilmuwan jenius yang terkenal dengan teori relativitasnya. 

Tapi, tahukah kamu, ada kisah unik tentang otak dan bola mata Einstein yang berhubungan dengan New York? Yuk, kita telusuri!

  1. Otak Einstein

Setelah kematiannya pada 1955, otak Einstein diambil tanpa izin oleh seorang ahli patologi bernama Thomas Stoltz Harvey. Ia kemudian menyimpan potongan-potongan otak Einstein selama puluhan tahun untuk melakukan penelitian.

  1. Bola Mata Einstein

Selain otak, bola mata Einstein juga disimpan oleh dokter pribadinya, Henry Abrams. Kabarnya, bola mata tersebut masih disimpan di brankas rahasia di New York hingga hari ini.

  1. Warisan Ilmiah

Meski kisah ini mungkin terdengar menyeramkan, naMeskipun kisah ini terdengar menyeramkan, warisan ilmiah Einstein tetap hidup hingga hari ini. Banyak peneliti yang masih mempelajari potongan otak Einstein untuk memahami rahasia kecerdasannya.

12. New York Memiliki Museum Terkenal dan Masakan Lezat

Museum
Potret museum dan makanan khas New york. Sumber: newyorkcity.de

Sobat Suka Fakta, New York adalah pusat seni dan budaya dunia. Kota ini memiliki beberapa museum terkenal yang wajib kamu kunjungi. Mari kita lihat beberapa di antaranya:

  1. The Metropolitan Museum of Art:
    • Salah satu museum seni terbesar di dunia, dengan lebih dari 2 juta karya seni dari berbagai periode sejarah.
    • Kamu bisa menemukan lukisan karya seniman terkenal seperti Rembrandt, Van Gogh, dan Picasso.
  2. Museum of Modern Art (MoMA):
    • MoMA adalah museum seni modern yang menampilkan karya-karya seniman seperti Andy Warhol, Salvador Dalí, dan Jackson Pollock.
    • Museum ini juga memiliki koleksi film, fotografi, dan desain grafis.
  3. American Museum of Natural History:
    • Museum sejarah alam terbesar di dunia dengan koleksi dinosaurus, mineral, dan budaya asli Amerika.
    • Salah satu atraksi paling terkenal adalah kerangka dinosaurus T-Rex yang besar!
  4. Guggenheim Museum:
    • Museum ini terkenal dengan desain spiralnya yang unik, karya arsitek Frank Lloyd Wright.
    • Menampilkan koleksi seni modern dan kontemporer.

Kelezatan Kuliner New York

Selain museum, New York juga terkenal dengan kulinernya yang menggugah selera. Sobat Suka Fakta, mari kita bahas beberapa makanan khas yang wajib kamu coba:

  1. Pizza Gaya New York:
    • Pizza New York terkenal dengan irisan tipis yang bisa dilipat dan topping yang beraroma.
    • Kunjungi Lombardi’s, restoran pizza tertua di Amerika Serikat.
  2. Bagel dengan Lox dan Krim Keju:
    • Bagel khas New York biasanya disajikan dengan lox (ikan salmon asap) dan krim keju.
    • Kamu bisa mencobanya di H&H Bagels atau Russ & Daughters.
  3. Eggs Benedict:
    • Hidangan sarapan yang terdiri dari telur poached di atas English muffin dengan ham dan saus hollandaise.
    • Hidangan ini pertama kali disajikan di Delmonico’s Restaurant.
  4. Cheesecake Gaya New York:
    • Cheesecake gaya New York terkenal dengan teksturnya yang lembut dan rasa keju yang kuat.
    • Cobalah di Junior’s atau Eileen’s Special Cheesecake.
  5. Makanan Jalanan Halal:
    • Kamu juga bisa menemukan makanan jalanan halal seperti kebab, falafel, dan gyro di banyak sudut kota.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, itulah 12 fakta menarik New York yang menjadikannya layak dijuluki “The City That Never Sleeps.” Dari ikon kota seperti Patung Liberty hingga Times Square yang gemerlap, dari gedung pencakar langit hingga keberagaman budaya yang mengagumkan, New York benar-benar memiliki segala yang membuatnya istimewa.

Kota ini memang tak pernah tidur, selalu dipenuhi dengan aktivitas 24/7 yang memberi energi bagi siapa saja yang berkunjung. Times Square terus memikat dengan lampu neon dan Broadway yang selalu hidup. Patung Liberty berdiri kokoh sebagai simbol kebebasan, sementara Central Park menawarkan ruang hijau yang menenangkan di tengah hiruk-pikuk kota.

Wall Street menunjukkan kekuatan ekonomi dunia, sementara keberagaman New York tercermin dalam lebih dari 800 bahasa yang digunakan oleh penduduknya. Gedung pencakar langit seperti Empire State Building dan One World Trade Center menambah daya tarik visual kota ini.

REFERENSI:

  • YoungOnTop.com. (2023). 10 Fakta Menarik dari New York. Diakses dari https://www.youngontop.com/10-fakta-menarik-dari-new-york/
  • Guideku.com. (2018). 7 Fakta Kota New York yang Jarang Dibicarakan Banyak Orang. Diakses dari https://m.guideku.com/travel/2018/08/28/091944/7-fakta-kota-new-york-yang-jarang-dibicarakan-banyak-orang
  • NewsBytesApp.com. (2023). Deretan Fakta Paling Menarik Tentang Kota New York. Diakses dari https://bahasa.newsbytesapp.com/news/lifestyle/deretan-fakta-paling-menarik-tentang-kota-new-york/story
  • Americamp.co.uk. (2022). 10 Crazy New York Facts. Diakses dari https://www.americamp.co.uk/blog/10-crazy-new-york-facts
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *