Fakta Dunia

13 Fakta Unik Semarang, Kota Terbersih Asia Tenggara

197
×

13 Fakta Unik Semarang, Kota Terbersih Asia Tenggara

Sebarkan artikel ini
Semarang
Potret Kota semarang. Sumber: KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA

Hai, Sobat Suka Fakta! Pernah dengar tentang Semarang, kota yang terkenal dengan lumpia dan sejarah kolonialnya? Selain jadi pusat ekonomi di Jawa Tengah, Semarang baru-baru ini juga mencetak prestasi besar. 

Yup, kota ini dinobatkan sebagai Kota Wisata Terbersih di Asia Tenggara! Predikat ini diberikan oleh ASEAN Tourism Forum (ATF) pada 2020 di Brunei Darussalam.

Gimana nggak bangga?! Semarang berhasil mengalahkan kota-kota wisata lain di Indonesia, seperti Denpasar, Yogyakarta, dan Bandung. Tapi, pastinya ada banyak usaha yang dilakukan buat mencapai prestasi ini. 

Mulai dari revitalisasi Kota Lama yang dulunya kumuh, kini berubah jadi destinasi wisata kece; sampai larangan penggunaan plastik yang bikin Semarang jadi pelopor kota ramah lingkungan.

Di artikel ini, kita bakal bahas 13 fakta unik Semarang, kota terbersih Asia Tenggara. Mulai dari penghargaan-penghargaan yang diraih, program inovatif, sampai destinasi wisata yang bikin kamu pengen liburan ke sana. Yuk, simak fakta-fakta menarik seputar Semarang berikut ini!

1. Dinobatkan Sebagai Kota Wisata Terbersih Oleh ASEAN

fakta unik semarang
Potret Kota semarang yang sangat bersih. Sumber: SM/Nugroho DS

Sobat Suka Fakta, di 2020 Semarang resmi dinobatkan sebagai Kota Wisata Terbersih di Asia Tenggara oleh ASEAN Tourism Forum (ATF). Gelar bergengsi ini diumumkan di Brunei Darussalam pada acara tahunan yang melibatkan industri pariwisata dari 10 negara anggota ASEAN.

Kabar gembira ini jadi kebanggaan tersendiri buat warga Semarang, sekaligus membuktikan bahwa upaya revitalisasi yang dilakukan pemerintah kota Semarang benar-benar membuahkan hasil. 

Predikat ini sekaligus menunjukkan keberhasilan Semarang dalam mengalahkan kota-kota wisata lainnya di Indonesia, seperti Denpasar, Yogyakarta, dan Bandung. Predikat ini disematkan selama dua tahun, dari 2020 hingga 2022.

Keberhasilan ini bukan cuma soal kebersihan fisik, tapi juga melibatkan aspek manajemen lingkungan, pelayanan fasilitas wisata, dan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan. Selamat ya, Semarang!

2. Berhasil Meraih Penghargaan Adipura Selama 6 Kali Berturut-turut 

Penghargaan
Potret pemberian penghargaan adipura. Sumber: semarangkota.go.id

Sobat Suka Fakta, selain jadi kota wisata terbersih di ASEAN, Semarang juga berhasil meraih penghargaan Adipura selama enam kali berturut-turut sejak 2012. Penghargaan Adipura itu diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) setiap tahunnya untuk kota yang berhasil menjalankan program kebersihan dan pengelolaan lingkungan.

Salah satu faktor penting yang mendukung keberhasilan ini adalah pengelolaan sampah yang baik di TPA Jatibarang. Di sana, sampah-sampah diolah menjadi kerajinan tangan, kompos, hingga energi listrik. Bahkan, pengelolaan TPA Jatibarang mendapatkan bantuan dana hibah dari Kerajaan Denmark, loh!

Jadi, gak heran, ya, kalau Semarang layak banget menyandang predikat kota terbersih di ASEAN dan terus mempertahankan penghargaan Adipura.

3. Peringkat Kelima Indeks Pariwisata Indonesia

Ambarawa
Potret salah satu wisata. Sumber: PT KAI

Selain prestasi di bidang kebersihan, Semarang juga mencetak pencapaian lain. Sobat Suka Fakta, tau nggak sih kalau Semarang menempati peringkat kelima dalam Indeks Pariwisata Indonesia? Yup, dalam indeks yang mengacu pada Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI) dari World Economic Forum (WEF), Semarang berada di peringkat kelima setelah Denpasar, Surabaya, Batam, dan Sleman.

Peringkat ini menunjukkan kalau Semarang gak cuma bersih, tapi juga punya daya tarik wisata yang kuat. Ada banyak destinasi wisata di Semarang yang bisa kamu kunjungi, mulai dari wisata sejarah Lawang Sewu, wisata alam di Brown Canyon, hingga wisata edukasi di Museum Kereta Api Ambarawa.

4. Berhasil Meraih Penghargaan Swasti Saba Wiwerda Kota Sehat

Penghargaan
Potret pemberian penghargaan. Sumber: kominfo.jatimprov.go.id

Selain Adipura, Semarang juga meraih penghargaan Swasti Saba Wiwerda. Penghargaan ini diberikan kepada kota yang mampu menyelenggarakan program kota sehat melalui berbagai inisiatif.

Semarang berhasil mewujudkan kota sehat lewat program-program inovatif seperti RPJMD, SICENTIK (Sistem Informasi Cerdas untuk Pengendalian Tematik), Tematik menuju desa sehat, dan ambulans untuk pelayanan masyarakat. Penghargaan ini juga diberikan berdasarkan sembilan tatanan mulai dari kelayakan hidup masyarakat kota sampai ke desa-desa.

5. Berhasil Revitalisasi Kawasan Kota Lama

Kota semarang
Potret Kota Semarang. Sumber: jateng.akurat.co

Salah satu proyek revitalisasi yang paling berhasil di Semarang adalah kawasan Kota Lama, di mana kawasan ini sebelumnya dikenal sebagai kawasan kumuh yang sering banjir. Tapi sejak proyek revitalisasi diinisiasi oleh Wali Kota Hendrar Prihadi pada tahun 2017, wajah Kota Lama berubah drastis.

Sekarang, Sobat Suka Fakta bisa menemukan batu andesit di jalanan Kota Lama, lampu taman era 60-an, dan bangunan kolonial yang terawat rapi. Jadi nggak heran kalau Kota Lama diusulkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO karena keindahannya.

Setelah rampung di tahap pertama tahun 2019, revitalisasi masih berlanjut ke tahap kedua. Proyek ini nggak cuma fokus pada penataan fisik, tapi juga pengembangan literasi dan ekonomi kota.

6. Dilarang Menggunakan Plastik Saat Belanja

Plastik
Potret kantong belanja yang dilarang. Sumber: IST

Sadar akan pentingnya menjaga lingkungan, Semarang telah memberanikan diri melarang penggunaan plastik sejak Agustus 2019. Aturan penggunaan ini mencakup larangan penggunaan kantong plastik, sedotan, pipet plastik, dan Styrofoam. Oleh karena itu, supermarket, hotel, dan restoran wajib mencari alternatif selain plastik. Kebijakan ini jadi salah satu fakta unik Semarang yang patut diacungi jempol.

Sosialisasi larangan ini juga dilakukan saat Idul Adha. Daging kurban dibagikan tanpa kantong plastik, melainkan menggunakan besek sebagai wadah alternatif yang lebih ramah lingkungan.

Buat kamu yang belum terbiasa bawa tote bag atau kantong belanja sendiri, mungkin awalnya bakal kerepotan, tapi lama-lama, pasti bisa terbiasa. Hal ini udah dibuktikan oleh warga Semarang yang kini jadi makin peduli lingkungan.

7. Kini Kampung Pelangi Indah Penuh Warna-Warni

Kampung pelangi
Potret kampung pelangi. Sumber: KOMPAS.COM

Di Semarang, bukan cuma Kota Lama yang direvitalisasi. Kampung Pelangi di Kelurahan Wonosari, yang dulunya merupakan kawasan kumuh di bantaran sungai, sekarang juga berubah jadi destinasi wisata warna-warni yang menarik perhatian turis lokal dan mancanegara.

Rumah-rumah di Kampung Pelangi dicat dengan berbagai warna cerah, sehingga membuatnya terlihat seperti pelangi dari kejauhan. Pengelolaan kawasan ini gak cuma dilakukan oleh pemerintah kota, tapi juga warga setempat yang kompak menjaga kebersihan.

8. Pemerintah Rilis Program Sistem Pengendalian Kota Pintar

Pemerintah kota meluncurkan program Sistem Pengendalian Kota Pintar untuk efisiensi energi guna mendukung visi “Semarang Hebat”. Program ini termasuk pengolahan sampah di TPA Jatibarang yang diubah jadi pembangkit listrik tenaga sampah dan gas metana.

Selain itu, sistem ini juga mencakup penerapan teknologi pintar untuk pengelolaan sumber daya kota yang lebih efisien. Hasilnya, Semarang jadi kota yang lebih ramah lingkungan dan hemat energi.

9. Semarang Merupakan Kota Wisata dengan Ragam Destinasi

Semarang
Potret Destinasi semarang. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, Semarang gak cuma punya satu atau dua destinasi wisata menarik, loh! Kota cantik ini menawarkan banyak pilihan buat Sobat Suka Fakta yang suka jalan-jalan, sebagai contoh, beberapa destinasi wisata terkenal yang dimiliki Semarang, yaitu.

  • Wisata Sejarah: Lawang Sewu, Kota Lama, Klenteng Sam Poo Kong
  • Wisata Alam: Pantai Marina, Brown Canyon, Goa Kreo
  • Wisata Edukasi: Museum Ronggowarsito, Museum Kereta Api Ambarawa

Pokoknya, Semarang punya segalanya! Mulai dari wisata sejarah, alam, edukasi, hingga kuliner.

10. Ada Kuliner Khas Semarang yang Wajib Dinikmati! 

Tahu gimbal
Potret makanan khas Semarang. Sumber: Dok. Sajian Sedap

Ngomongin Semarang, pasti nggak lengkap tanpa ngebahas kuliner khasnya. Siapa sih yang nggak tahu lumpia Semarang? Makanan ini sudah jadi ikon kuliner yang wajib dicoba. Selain lumpia, ada juga tahu gimbal, bandeng presto, wingko babat, dan soto bangkong.

Buat yang suka suasana santai, kamu bisa juga mampir ke angkringan dan kedai kopi yang bisa kamu jumpai di mana-mana saat berada di Semarang. Sambil menikmati makanan ringan, kamu bisa ngobrol bareng teman-teman dengan suasana khas Semarang.

11. Pusat Pertumbuhan Ekonomi di Jawa Tengah

Tempar ekspor impor
Potret kawasan ekspor impor. Sumber: semarang.bisnis.com

Semarang merupakan pusat pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah, jadi, gak heran kalau Semarang punya peran penting dalam perekonomian nasional. Lewat Pelabuhan Tanjung Emas dan Kawasan Industri Semarang, kota ini jadi titik vital bagi ekspor-impor dan distribusi barang di Pulau Jawa.

Selain itu, Semarang juga jadi pusat perdagangan dan jasa, termasuk sektor pariwisata yang terus berkembang pesat.

12. Tidak Perlu Khawatir, Akses Transportasi Sangat Mudah Dicari! 

KAI
Potret salah satu transportasi. Sumber: KAI

Salah satu fakta unik Semarang adalah akses transportasinya yang mudah. Kota ini punya Bandara Internasional Ahmad Yani, Stasiun Tawang, dan Pelabuhan Tanjung Emas yang menghubungkannya dengan kota-kota besar lainnya.

Ditambah lagi, Semarang juga punya jalan tol yang menghubungkan kota ini dengan Jakarta, Surabaya, dan kota-kota lainnya di Jawa Tengah. Jadi, nggak heran kalau Semarang jadi salah satu destinasi wisata favorit.

13. Hubungan Pemerintah dan Warga Sangat Harmonis

pemerintah
Potret kedekatan pemerintah dengan warga. Sumber: TRIBUN JATENG / EKA YULIANTI FAJLIN

Prestasi Semarang sebagai kota wisata terbersih di ASEAN nggak lepas dari harmonisasi antara pemerintah kota dan warganya. Warga Semarang antusias mendukung kebijakan seperti revitalisasi Kota Lama dan larangan penggunaan plastik. Bahkan, mereka juga kreatif dalam mengubah kampung kumuh jadi kawasan wisata.

Kolaborasi ini jadi teladan buat kota-kota lain di Indonesia. Kalau warga dan pemerintah kompak menjaga kebersihan kota, gak cuma Semarang yang bisa jadi kota terbersih, tapi bisa aja kota-kota lain juga menyandang predikat ini. Bahkan, gak menutup kemungkinan Indonesia bisa jadi negara terbersih di dunia.

REFERENSI:

  • Liputan6. “5 Fakta Terpilihnya Semarang Jadi Salah Satu Kota Wisata Terbersih oleh ASEAN.” Liputan6.com, https://www.liputan6.com/global/read/4160627/5-fakta-terpilihnya-semarang-jadi-salah-satu-kota-wisata-terbersih-oleh-asean. Diakses pada 8 Mei 2024.
  • Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang. “3 Modal Semarang Mewakili Kota Bersih di ASEAN.” dlh.semarangkota.go.id, https://dlh.semarangkota.go.id/3-modal-semarang-mewakili-kota-bersih-di-asean/. Diakses pada 8 Mei 2024.
  • Hipwee. “Semarang, Kota Terbersih Asia Tenggara.” Hipwee.com, https://www.hipwee.com/list/semarang-kota-terbersih-asia-tenggara/. Diakses pada 8 Mei 2024.
  • Solopos. “Bukan Cuma Se-Jateng, Semarang Kota Terbersih Se-Asia Tenggara.” Solopos.com, https://jateng.solopos.com/bukan-cuma-se-jateng-semarang-kota-terbersih-se-asia-tenggara-1328110. Diakses pada 8 Mei 2024.
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *