Fakta Dunia

Sisi Gelap INFJ, Kepribadian Langka yang Sering Tersiksa karena Idealismenya

72
×

Sisi Gelap INFJ, Kepribadian Langka yang Sering Tersiksa karena Idealismenya

Sebarkan artikel ini
sisi gelap infj
Sisi Gelap INFJ, Kepribadian Langka yang Sering Tersiksa karena Idealismenya. Sumber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Setelah sebelumnya kita membahas sisi gelap INFP, kali ini kita bakal gantian membahas kepribadian INFJ. Mungkin kamu sudah tahu kalau INFJ adalah tipe kepribadian yang paling langka dan unik di dunia. Tapi, tahukah kamu bahwa di balik sifat-sifat positif itu, ada sisi gelap yang sering tersembunyi?

Nah, dalam artikel ini kita akan mengupas tuntas berbagai aspek dari sisi gelap INFJ, memberikan wawasan yang lebih dalam tentang bagaimana mereka bekerja di bawah tekanan dan stres. Yuk, kita mulai dengan mengenal lebih dekat siapa itu INFJ, siapkan dirimu untuk mengeksplorasi dunia psikologi yang mendalam dan penuh logika ini.

Apa itu INFJ? 

sisi gelap infj
Ilustrasi pria membaca buku. Sumber: IST

INFJ adalah singkatan dari Introverted, Intuitive, Feeling, dan Judging. Mereka adalah individu yang sering kali terlihat penuh perhatian, berempati, dan sangat idealis. Kepribadian ini dianggap paling langka di dunia, membuat mereka menjadi sosok yang unik di antara kepribadian lainnya.

Apa sih yang membuat mereka begitu istimewa? INFJ biasanya memiliki intuisi yang kuat dan seringkali mampu memahami orang lain dengan sangat baik. Mereka juga dikenal sebagai pemikir ulung, yang sering memikirkan makna hidup dan tujuan mereka. Namun, keunikan mereka juga datang dengan tantangan, terutama ketika berhadapan dengan sisi gelap mereka sendiri.

6 Sisi Gelap INFJ yang Terkenal Menyakitkan 

sisi gelap infj
Kolase sisi gelap INJF. Sumber: IST

INFJ, seperti semua orang, memiliki sisi gelap yang perlu dipahami. Sisi gelap ini muncul terutama ketika mereka sedang berada di bawah tekanan atau stres. Pada saat-saat seperti itu, sifat-sifat negatif yang biasanya tersembunyi bisa muncul ke permukaan.

Kenapa penting untuk memahami sisi gelap ini? Karena dengan mengenalnya, kita bisa lebih baik dalam menghadapi tantangan yang datang dari kepribadian ini, baik dalam hubungan personal maupun profesional. Jadi, yuk kita lihat lebih dalam sisi gelap yang mungkin tidak kamu sadari dari seorang INFJ!

1. INFJ Terkenal Karena Terlalu Jujur sehingga Terkesan Kasar

INFJ terkenal karena kejujurannya yang blak-blakan. Mereka selalu berusaha memberikan pendapat yang jujur, bahkan jika itu berarti mereka harus mengatakan sesuatu yang tidak ingin didengar oleh orang lain. Kejujuran ini berasal dari niat baik, tapi sayangnya, bisa terasa sangat keras dan menghakimi.

Dampak dari kejujuran yang terlalu kasar ini sering kali negatif. Orang-orang di sekitar INFJ mungkin merasa tersinggung atau terluka. Oleh karena itu, penting bagi INFJ untuk belajar cara menyampaikan kejujuran mereka dengan lebih lembut dan penuh empati, sehingga pesan mereka tetap tersampaikan tanpa merusak hubungan.

2. Memiliki Ekspektasi Tinggi terhadap Diri Sendiri dan Orang Lain

INFJ sering memiliki ekspektasi yang sangat tinggi, baik terhadap diri sendiri maupun orang lain. Ini terutama terlihat dalam hubungan pribadi, di mana mereka menginginkan kesempurnaan dan sering kali merasa kecewa ketika harapan tersebut tidak tercapai.

Harapan tinggi ini bisa menjadi beban besar, baik bagi INFJ sendiri maupun orang-orang di sekitarnya. Mereka cenderung menuntut banyak, bukan karena mereka jahat, tetapi karena mereka peduli dan ingin yang terbaik. Namun, penting bagi INFJ untuk belajar mengelola harapan ini agar tidak menjadi sumber stres yang berlebihan.

3. Selalu Memendam Emosi dan Kemarahannya

INFJ cenderung menyimpan emosi negatif dan kemarahannya. Mereka lebih suka menjaga kedamaian dan menghindari konflik langsung. Namun, ketika emosi ini terakumulasi, bisa terjadi ledakan kemarahan yang tak terduga.

Dampak dari kemarahan yang dipendam ini bisa sangat merusak, baik bagi INFJ sendiri maupun bagi orang-orang di sekitar mereka. Solusinya adalah dengan mencari cara yang sehat untuk mengekspresikan emosi mereka secara berkala, seperti berbicara dengan teman atau terapis. Dengan begitu, mereka bisa menghindari ledakan yang tidak diinginkan.

4. Bisa Memutuskan Hubungan dengan Orang Secara Tiba-Tiba 

Sekarang kita bahas tentang “door slam”, istilah yang digunakan untuk menggambarkan bagaimana INFJ bisa tiba-tiba memutuskan semua komunikasi dengan seseorang yang telah menyakiti mereka. Ini bukan tindakan impulsif, melainkan keputusan yang diambil setelah perenungan yang mendalam.

INFJ melakukan door slam bukan karena mereka membenci orang tersebut, tetapi karena mereka tidak sanggup lagi menghadapi rasa sakit emosional yang ditimbulkan. Dampak dari tindakan ini bisa sangat menyakitkan bagi kedua belah pihak. Untuk mencegah hal ini terjadi, penting bagi INFJ untuk menetapkan batasan yang sehat dan mengkomunikasikan perasaan mereka sebelum rasa sakit itu menumpuk.

5. Emosinya Sangat Mendalam dan Fluktuatif

INFJ seringkali mengalami perubahan suasana hati yang cukup drastis. Mereka bisa terlihat tenang di luar, tetapi di dalam, mereka sedang menyimpan lautan emosi yang bergelora. Suasana hati itu bisa sangat mempengaruhi bagaimana mereka berinteraksi dengan orang lain.

Dampak dari suasana hati yang buruk ini bisa cukup signifikan. INFJ mungkin cenderung menarik diri dan menghindari interaksi ketika mereka merasa tidak stabil secara emosional. Ini bisa membuat mereka tampak dingin atau tidak peduli, padahal sebenarnya mereka hanya butuh waktu untuk memproses perasaan mereka.

6. Memiliki Sifat Keras Kepala dan Idealis

INFJ dikenal memiliki sifat keras kepala, terutama karena mereka memiliki pandangan yang kuat tentang bagaimana sesuatu seharusnya berjalan. Ini bisa jadi tantangan ketika mereka dihadapkan pada perubahan atau ide baru yang bertentangan dengan rencananya. Contoh situasi yang sering terjadi adalah ketika ada perubahan rencana mendadak. 

INFJ mungkin akan merasa sangat terganggu dan butuh waktu untuk beradaptasi. Ini bukan karena mereka tidak fleksibel, tetapi lebih karena mereka butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan hal baru. Dampaknya, mereka bisa terlihat tidak kooperatif atau sulit dihadapi dalam situasi tertentu.

Bagaimana Cara Mengatasi Sisi Gelap INFJ?

sisi gelap infj
Ilustrasi konsultasi kepada Psikolog. Sumber: IST

Oke Sobat, sekarang kita masuk ke bagian solusi. Jadi, bagaimana sih cara mengatasi sisi gelap INFJ? Pertama, penting bagi INFJ untuk melakukan evaluasi diri secara rutin. Ini bisa membantu mereka memahami perubahan dalam nilai dan prinsipnya.

Selanjutnya, berbicaralah dengan seseorang. Baik itu teman dekat atau anggota keluarga, membuka diri dan membicarakan perasaan bisa mengurangi beban emosional. Jika merasa butuh bantuan lebih, cobala temui terapis.

Langkah terakhir adalah mengambil kembali kendali atas hidup. Ini berarti INFJ harus belajar mengatur diri mereka sendiri dan memastikan bahwa mereka tidak terjebak dalam siklus negatif. Dengan kontrol yang lebih baik, mereka bisa lebih siap menghadapi tantangan dan menjalani hidup dengan lebih positif.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, kita telah melihat berbagai sisi gelap dari kepribadian INFJ yang sering kali tersembunyi di balik sifat-sifat positif mereka. Memahami dan menerima sisi gelap ini bukan berarti menghakimi, tetapi membantu mereka untuk tumbuh dan berkembang. Dengan cara-cara yang telah kita bahas, INFJ bisa belajar mengelola sisi gelap mereka dan hidup dengan lebih harmonis. 

Jadi, jika kamu adalah seorang INFJ atau mengenal seseorang yang memiliki kepribadian ini, ingatlah bahwa dengan sedikit usaha dan pemahaman, kita semua bisa membantu mereka menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri. Teruslah mendukung dan memahami satu sama lain, Sobat!

REFERENSI

  • Granneman, J. (2020, May 27). The Surprising Dark Side of the INFJ. Retrieved from https://introvertdear.com/news/the-dark-side-infj-personality-type/
  • Jawapos. (2020). Dikenal Misterius, Ini 6 Sisi Gelap INFJ yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Suka Cut Off Orang Tanpa Alasan. Retrieved from https://www.jawapos.com/lifestyle/014465427/dikenal-misterius-ini-6-sisi-gelap-infj-yang-jarang-diketahui-salah-satunya-suka-cut-off-orang-tanpa-alasan?page=4
  • Prokal. (n.d.). Kiat Melawan Sisi Gelap INFJ, Kepribadian Terlangka yang Sering Terkungkung dalam Idealismenya Sendiri. Retrieved from https://www.prokal.co/lifestyle/1774049840/kiat-melawan-sisi-gelap-infj-kepribadian-terlangka-yang-sering-terkungkung-dalam-idealismenya-sendiri?page=2
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *