Fakta Unik

12 Fakta Tentang Cumi-Cumi, Hewan Berdarah Biru yang Otaknya Berbentuk Donat

49
×

12 Fakta Tentang Cumi-Cumi, Hewan Berdarah Biru yang Otaknya Berbentuk Donat

Sebarkan artikel ini
Fakta tentang Cumi-Cumi
12 Fakta tentang Cumi-Cumi, Hewan Berdarah Biru yang Otaknya Berbentuk Donat.

Halo, Sobat Suka Fakta! Kalian pasti pada pernah dengar tentang cumi-cumi, kan? Hewan invertebrata yang satu ini emang terkenal banget dan selalu bikin orang penasaran, sebelas dua belas deh kaya ubur-ubur yang juga hewan invertebrata. Tapi, seberapa jauh sih pengetahuan kalian tentang cumi-cumi?

Cumi-cumi tuh bukan cuma sekadar hewan laut biasa, Sobat. Mereka punya segudang rahasia dan kemampuan keren yang bikin kita kagum. Mulai dari cara mereka berburu mangsa, ngumpet dari musuh, sampai cara mereka ngobrol satu sama lain, semuanya unik banget!

Nah, daripada penasaran, yuk kita kupas tuntas 12 fakta tentang cumi-cumi yang jarang diketahui orang. Siap-siap dibikin melongo sama kehebatan si raja kamuflase ini, ya! Dijamin deh, setelah baca artikel ini, kalian bakal makin cinta sama dunia bawah laut yang menakjubkan!

1. Cumi-Cumi Memiliki Tiga Jantung

Fakta tentang Cumi-Cumi
Potret hewan Cumi-cumi. Sumber: IST

Sobat, coba tebak berapa jumlah jantung yang dimiliki cumi-cumi? Satu? Dua? Salah! Cumi-cumi punya tiga jantung, lho! Dua jantungnya berfungsi untuk memompa darah ke insang, sedangkan satu jantung lagi bertugas memompa darah ke seluruh tubuh. Sistem peredaran darah yang kompleks ini memungkinkan cumi-cumi bergerak dengan cepat dan efisien di dalam air.

2. Mereka Adalah Hewan Berdarah Biru

Cumi-cumi
Potret hewan Cumi-cumi. Sumber: IST

Kalau manusia punya darah berwarna merah, cumi-cumi justru punya darah berwarna biru, Sobat! Hal ini disebabkan oleh adanya protein hemosianin dalam darah mereka yang mengandung tembaga. Protein ini berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh tubuh cumi-cumi.

3. Otak Cumi-Cumi Berbentuk Donat

 Cumi-cumi
Kolase Cumi-cumi dan Donat. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, pernah nggak sih kalian membayangkan bentuk otak cumi-cumi? Ternyata, otak mereka berbentuk donat, lho! Unik banget, kan? Bentuk otak yang unik ini memungkinkan kerongkongan cumi-cumi melewati bagian tengah otak.

Fakta tentang cumi-cumi yang satu ini nggak cuma unik, tapi juga punya fungsi penting. Dengan otak berbentuk donat, cumi-cumi bisa mencabik-cabik mangsanya dengan paruhnya yang tajam tanpa merusak otaknya sendiri. Keren banget, kan?!

4. Memiliki Tinta untuk Melindungi Diri 

 Cumi-cumi
Potret Cumi-cumi menyemburkan tintanya. Sumber: Dok. revolusisemu.blogspot.com

Pernah nonton film kartun Spongebob Squarepants? Pasti ingat dong adegan Squidward menyemprotkan tinta hitam saat ketakutan. Nah, fakta tentang cumi-cumi yang satu ini emang beneran ada, lho! Cumi-cumi punya kantung tinta yang berisi cairan hitam pekat.

Ketika merasa terancam, cumi-cumi akan menyemprotkan tinta ini untuk mengelabui predator. Tinta ini bukan cuma sekadar cairan hitam biasa, Sobat. Tinta cumi-cumi mengandung senyawa kimia yang bisa mengganggu penglihatan dan penciuman predator, sehingga cumi-cumi punya waktu untuk kabur. Canggih banget, kan?!

5. Kemampuan Melihatnya Sangat Luar Biasa

Fakta tentang Cumi-Cumi
Potret hewan Cumi-cumi. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, tahukah kalian kalau cumi-cumi punya mata yang super canggih? Mata mereka sangat sensitif terhadap cahaya dan mampu melihat dalam kondisi minim cahaya. Bahkan, beberapa jenis cumi-cumi bisa melihat cahaya terpolarisasi, sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh manusia.

Fakta tentang cumi-cumi yang satu ini membuktikan bahwa mereka adalah predator yang handal. Dengan penglihatan yang tajam, cumi-cumi dapat dengan mudah menemukan mangsa dan menghindari predator di lingkungan laut yang gelap.

6. Bisa Berubah Warna dalam Hitungan Detik

Fakta tentang Cumi-Cumi
Potret hewan Cumi-cumi. Sumber: IST

Cumi-cumi adalah ahli kamuflase sejati, Sobat. Mereka mampu mengubah warna kulitnya dalam hitungan detik untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya. Kemampuan ini memungkinkan mereka bersembunyi dari predator dan menyelinap mendekati mangsa tanpa terdeteksi.

Fakta tentang cumi-cumi yang satu ini benar-benar menakjubkan, bukan? Mereka punya ribuan sel pigmen khusus yang disebut kromatofor di kulit mereka. Sel-sel ini dapat berkontraksi dan mengembang untuk menghasilkan berbagai macam warna dan pola.

7. Lengannya Multifungsi

Cumi-cumi punya delapan lengan dan dua tentakel yang lebih panjang. Lengan-lengan ini dilengkapi dengan penghisap yang kuat untuk menangkap mangsa. Selain itu, cumi-cumi juga menggunakan lengan mereka untuk bergerak, merasakan lingkungan sekitar, dan bahkan berkomunikasi dengan cumi-cumi lainnya.

Fakta tentang cumi-cumi yang satu ini menunjukkan betapa serbaguna dan adaptifnya mereka. Lengan-lengan ini adalah alat multifungsi yang sangat penting bagi kelangsungan hidup cumi-cumi.

8. Memiliki Cangkang Internal yang Unik

Berbeda dengan kerabatnya, siput, yang memiliki cangkang eksternal, cumi-cumi punya cangkang internal yang disebut gladius atau pena. Cangkang ini terbuat dari kitin, bahan yang sama dengan cangkang serangga. 

Gladius berfungsi sebagai penyokong tubuh cumi-cumi dan membantu mereka menjaga keseimbangan saat berenang. Cangkang internal ini adalah salah satu ciri khas yang membedakan cumi-cumi dari hewan laut lainnya.

9. Bisa Bergerak dengan Sangat Cepat

Cumi-cumi
Potret hewan Cumi-cumi. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kalian jangan pernah remehkan kecepatan cumi-cumi, lho! Pasalnya, mereka bisa berenang dengan sangat cepat! Beberapa jenis cumi-cumi bahkan bisa mencapai kecepatan hingga 40 km/jam. Kecepatan ini dicapai dengan cara menyemprotkan air dari rongga mantel mereka melalui siphon.

Fakta tentang cumi-cumi yang satu ini menunjukkan betapa efisien dan powerfulnya sistem gerak mereka. Kecepatan ini memungkinkan mereka mengejar mangsa dengan cepat dan menghindari predator yang mengancam.

10. Paruhnya Tajam seperti Paruh Burung

Cumi-cumi
Potret hewan Cumi-cumi. Sumber: IST

Cumi-cumi punya paruh yang kuat dan tajam, mirip seperti paruh burung. Paruh ini digunakan untuk mencabik-cabik mangsa sebelum ditelan. Paruh cumi-cumi terbuat dari kitin dan protein, sehingga sangat kuat dan tahan lama. Paruh ini memungkinkan mereka memangsa berbagai jenis hewan laut, mulai dari ikan kecil hingga krustasea.

11. Hewan yang Sangat Cerdas

Cumi-cumi
Hewan yang Sangat Cerdas. Sumber: IST

Jangan salah, Sob! Cumi-cumi bukan cuma hewan laut yang cantik dan unik, tapi juga cerdas. Mereka punya kemampuan kognitif yang tinggi dan mampu belajar dari pengalaman. 

Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa cumi-cumi dapat memecahkan masalah sederhana dan menggunakan alat. Kecerdasannya ini adalah salah satu alasan mengapa cumi-cumi begitu menarik untuk dipelajari.

12. Hewan Sosial yang Berkomunikasi dengan Bahasa Tubuh

Fakta tentang Cumi-Cumi
Potret hewan Cumi-cumi. Sumber: IST

Cumi-cumi bukan hewan penyendiri, Sobat. Mereka punya kehidupan sosial yang kompleks dan sering membentuk kelompok besar. Cumi-cumi berkomunikasi satu sama lain dengan menggunakan perubahan warna kulit, gerakan tubuh, dan bahkan sinyal kimia.

Fakta tentang cumi-cumi yang satu ini menunjukkan bahwa mereka adalah makhluk sosial yang cerdas dan adaptif. Kemampuan mereka untuk berkomunikasi dan bekerja sama adalah kunci keberhasilan mereka dalam bertahan hidup di lingkungan laut yang keras.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, setelah menjelajahi 12 fakta menarik tentang cumi-cumi, pasti kalian semakin kagum dengan makhluk laut yang satu ini, kan?! Mulai dari tiga jantung yang berdetak dalam tubuhnya, darah biru yang mengalir di nadinya, hingga kemampuannya berkamuflase layaknya bunglon, cumi-cumi benar-benar makhluk yang penuh kejutan.

Ternyata, di balik penampilannya yang terkesan sederhana, cumi-cumi menyimpan segudang rahasia dan kemampuan luar biasa. Mereka adalah predator ulung yang cerdas, gesit, dan punya strategi bertahan hidup yang unik. Tak hanya itu, mereka juga makhluk sosial yang kompleks dan punya peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem laut.

Jadi, jangan pernah meremehkan si raja kamuflase ini, ya! Cumi-cumi adalah bukti nyata betapa menakjubkan dan beragamnya kehidupan di bawah laut. Dengan terus belajar dan menggali informasi, kita bisa semakin menghargai dan melindungi kekayaan alam yang tak ternilai ini.

REFERENSI

  • https://memorandum.disway.id/read/92881/mengintip-kehidupan-cumi-cumi-fakta-unik-dan-menarik
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Cumi-cumi
  • https://www.mongabay.co.id/2014/02/23/cumi-cumi-si-kecil-cerdas-dari-dalam-lautan/
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *