Fakta Unik

12 Fakta Unik Belalang, Serangga Kecil yang Memiliki 5 Mata

56
×

12 Fakta Unik Belalang, Serangga Kecil yang Memiliki 5 Mata

Sebarkan artikel ini
fakta unik belalang
12 Fakta Unik Belalang, Serangga Kecil yang Memiliki 5 Mata. Sumber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Siapa di sini yang suka melihat belalang lompat-lompat di taman atau halaman rumah? Nah, tahukah kamu kalau belalang bukan cuma serangga kecil yang suka melompat dari satu tempat ke tempat lain? Lalu, apa keunikan dari belalang? Ternyata, ada banyak fakta unik belalang yang seru banget buat kita ketahui. Artikel ini bakal membahas 12 fakta unik belalang yang pastinya bikin kamu semakin tertarik sama serangga satu ini.

Belalang bukan cuma hewan kecil biasa yang kita lihat sehari-hari. Mereka memiliki peran penting dalam rantai makanan di sawah sebagai konsumen I dan juga dalam sejarah manusia. Dari cara mereka mendengar, cara mereka melompat, hingga kemampuan terbangnya yang luar biasa, semua punya cerita menarik di baliknya. Dan yang lebih keren lagi, belalang sudah ada sejak zaman sebelum dinosaurus, lho!

Jadi, siap-siap ya, Sobat Suka Fakta! Kita bakal jalan-jalan ke dunia belalang yang penuh dengan keunikan dan fakta seru. Mulai dari anatomi mereka yang unik, perilaku yang menarik, hingga dampak mereka terhadap pertanian dan manusia, semuanya bakal kita bahas di sini. Yuk, langsung aja kita mulai petualangan kita! Selamat membaca!

1. Meski Bisa Mendengar, Mereka Tidak Bisa Bedakan Nada dengan Baik

Belalang.
Potret Hewan Belalang. Sumber: IST

Nah, Sobat Suka Fakta, meskipun belalang bisa mendengar, ternyata mereka gak terlalu jago dalam membedakan nada. Organ pendengaran belalang cukup sederhana. Mereka bisa mendeteksi perbedaan intensitas dan irama suara, tapi tidak bisa membedakan nada dengan baik.

Tapi jangan khawatir, belalang betina gak peduli kok apakah belalang jantan bisa nyanyi dengan nada yang indah atau tidak. Yang penting, nyanyian belalang jantan punya irama khas yang bisa membedakan spesies mereka satu sama lain. Jadi, meskipun nyanyiannya gak merdu, belalang tetap bisa saling menemukan saat pacaran.

2. Memiliki Kesamaan dengan Belalang Sembah, Masuk dalam Keluarga Orthoptera

fakta unik belalang
Potret Hewan Belalang. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, pernah gak kamu bingung bedain antara belalang dan belalang sembah? Ternyata, kedua makhluk ini sebenarnya berasal dari ordo serangga yang sama, lho, yaitu Orthoptera. Walaupun ada beberapa spesies yang kita kenal sebagai belalang dan yang lainnya sebagai belalang sembah, keduanya masuk dalam keluarga besar yang sama.

Belalang yang kita kenal biasanya masuk ke dalam subordo Caelifera, sedangkan belalang sembah termasuk subordo Ensifera. Bedanya, belalang ini adalah herbivora pelompat dengan antena yang lebih pendek, sementara belalang sembah punya antena yang lebih panjang dan kadang-kadang suka nyanyi juga!

3. Belalang Membuat Musik dengan Cara Melengking atau Berkrepitasi

Belalang.
Potret Belalang membuat musik mendekatkan kaki dengan sayap. Sumber: IST

Sekarang kita bahas cara belalang membuat musik. Belalang punya dua teknik utama untuk menghasilkan suara, melengking dan berkrepitasi. Kedengarannya rumit? Tenang, Sobat Suka Fakta, gak serumit itu kok!

Kebanyakan belalang melengking dengan cara menggesekkan kaki belakang mereka ke sayap depan. Ada semacam pasak khusus di bagian dalam kaki belakang yang berfungsi seperti alat perkusi saat bersentuhan dengan tepi sayap yang menebal. Ada juga belalang bersayap pita yang mengepakkan sayapnya dengan keras saat terbang untuk menghasilkan suara. Jadi, belalang memang ahli musik di dunianya sendiri!

Itu baru sebagian dari fakta unik belalang yang kita bahas. Masih ada banyak fakta menarik lainnya yang bakal kita kupas tuntas di artikel ini. Yuk, terus ikuti petualangan kita di dunia belalang!

4. Belalang Memiliki Telinga di Perutnya

Belalang.
Potret Hewan Belalang. Sumber: IST

Ini dia yang bikin belalang makin unik! Kalau manusia punya telinga di kepala, belalang justru punya telinga di perutnya. Telinga belalang ini disebut organ timpani. Letaknya ada di kedua sisi ruas perut pertama, tepat di bawah sayap.

Organ timpani ini berfungsi untuk mendengar suara, terutama nyanyian belalang lainnya. Jadi, meskipun kecil dan gak punya telinga seperti kita, belalang tetap bisa mendengar suara di sekitarnya. Keren, kan?

5. Tidak Hanya Bisa Lompat, Belalang adalah Penerbang yang Handal 

Belalang
Potre belalang terbang. Sumber: Dok. theconversation.com

Selain jago melompat, belalang juga bisa terbang. Banyak yang gak sadar kalau belalang sebenarnya punya sayap karena mereka lebih sering terlihat melompat. Tapi kenyataannya, belalang juga penerbang yang cukup handal.

Setelah melompat ke udara, belalang bisa memanfaatkan sayapnya untuk terbang dan menghindari predator. Sayap depan yang ramping dan sayap belakang yang besar membantu mereka untuk terbang dengan stabil dan cepat. Jadi, selain lompatan super, belalang juga punya keahlian terbang yang mumpuni!

6. Mereka Sudah Hadir di Bumi Jauh Sebelum Dinosaurus

Dinosaurus
Potret Hewan Dinosaurus. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, tahu gak kalau belalang sudah ada jauh sebelum dinosaurus? Yup, kamu gak salah baca! Belalang yang kita lihat hari ini adalah keturunan dari nenek moyang purba yang hidup lebih dari 300 juta tahun yang lalu, jauh sebelum dinosaurus menjelajahi bumi.

Catatan fosil menunjukkan bahwa belalang primitif pertama kali muncul selama periode Karbon. Banyak dari belalang purba ini terawetkan sebagai fosil, bahkan beberapa nimfa belalang (tahap kedua dalam siklus hidup mereka setelah fase telur awal) ditemukan dalam amber. Jadi, belalang ini benar-benar serangga yang punya sejarah panjang!

7. Belalang Memiliki Trik Khusus Untuk Melemparkan Dirinya ke Udara

fakta unk belalang
Potre belalang Lompat. Sumber: Dok. animalsake.com

Sobat Suka Fakta, pernah gak kamu coba nangkep belalang tapi mereka selalu berhasil kabur dengan lompatan super jauhnya? Ternyata, belalang punya trik khusus buat melompat jauh. Kaki belakang mereka berfungsi seperti ketapel mini.

Saat bersiap untuk melompat, belalang bakal mengencangkan otot fleksor besar di kaki belakangnya secara perlahan. Kemudian, kaki mereka akan menekuk di sendi lutut. Nah, ada potongan kutikula khusus di dalam lutut yang berfungsi sebagai pegas, menyimpan semua energi potensial. Begitu otot kaki rileks, pegas ini akan melepaskan energinya dan melemparkan belalang ke udara. Kalau manusia bisa melompat seperti ini, kita bisa melompat sejauh lapangan sepak bola, lho!

8. Belalang Dapat Merusak Tanaman Pangan

belalang
Potret belalang memakan daun. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, belalang bisa jadi mimpi buruk buat para petani. Meskipun satu belalang gak akan bikin kerusakan besar, tapi kalau mereka berkumpul dalam jumlah besar, hasilnya bisa sangat merusak. Belalang bisa makan tanaman sekitar setengah dari berat tubuhnya setiap hari.

Kalau belalang berkerumun, kebiasaan makan gabungan mereka bisa menggugurkan seluruh daun di lanskap, bikin petani kehilangan hasil panen, dan orang-orang kehilangan makanan. Misalnya, pada tahun 2006, kerusakan pada tanaman pakan ternak akibat belalang mencapai $1,5 miliar.

Kasus lainnya pada tahun 1954, segerombolan belalang gurun memakan lebih dari 75 mil persegi tanaman liar dan budidaya di Kenya. Kebayang kan, betapa besarnya dampak yang bisa ditimbulkan?

9. Mempunyai Lima Mata dan Memiliki Fungsi yang Berbeda-beda

Belalang.
Potret Mata Belalang. Sumber: IST

Berikut ini adalah salah satu fakta paling keren. Sobat Suka Fakta, belalang ternyata punya lima mata! Kenapa banyak sekali? Ternyata setiap mata punya fungsi yang berbeda.

Belalang punya dua mata besar di sisi kepala yang berfungsi untuk melihat ke segala arah dan mencakup penglihatan yang luas. Selain itu, mereka juga punya tiga mata kecil di bagian depan kepala yang disebut ocelli. Mata-mata ini membantu belalang merasakan intensitas cahaya dan mendeteksi gerakan. Dengan lima mata ini, belalang bisa melihat dunia dengan cara yang sangat unik.

10. Memiliki Sumber Protein dan Sering Dikonsumsi di Berbagai Budaya

belalang
Potret belalang goreng. Sumber: IST

Tapi, jangan cuma fokus sama dampak negatifnya, Sobat Suka Fakta. Belalang juga punya sisi positif yang bermanfaat buat manusia. Ternyata, belalang adalah sumber protein yang penting dan sering dikonsumsi di berbagai budaya.

Orang-orang telah memakan belalang dan belalang selama berabad-abad. Menurut Alkitab, Yohanes Pembaptis memakan belalang dan madu di padang gurun. Di banyak wilayah Afrika, Asia, dan Amerika, belalang adalah komponen makanan yang umum dalam diet lokal.

Kandungan nutrisinya, seperti protein, vitamin, asam lemak esensial, dan mineral, sangat penting bagi kebutuhan sehari-hari manusia. Jadi, selain jadi hama, belalang juga bisa jadi sumber makanan yang bergizi!

Menarik, bukan? Kita masih punya beberapa fakta unik belalang lainnya yang gak kalah seru. Yuk, terus lanjutkan perjalanan kita mengeksplorasi dunia belalang ini!

11. Belalang Meludahkan Cairan untuk Mempertahankan Diri

Pernahkah kamu mencoba memegang belalang dan mereka tiba-tiba mengeluarkan cairan cokelat? Sobat Suka Fakta, ini bukan sembarang cairan. Para ilmuwan percaya bahwa cairan ini adalah mekanisme pertahanan diri yang digunakan belalang untuk mengusir predator.

Cairan cokelat yang kadang disebut “sari tembakau” ini sebenarnya adalah cairan pencernaan belalang. Mereka “meludahkannya” sebagai bentuk protes atau untuk menakut-nakuti predator. Jadi, kalau kamu melihat belalang meludah, jangan khawatir, mereka hanya mencoba melindungi diri mereka saja.

12. Belalang Mengalami Metamorfosis Tidak Sempurna

 telur Belalang.
Potret telur Belalang. Sumber: IST

Belalang juga punya siklus hidup yang menarik. Mereka mengalami metamorfosis tidak sempurna. Artinya, mereka tidak melalui tahap pupa seperti kupu-kupu. Siklus hidup belalang terdiri dari tiga tahap utama: telur, nimfa, dan dewasa.

Setelah menetas dari telur, belalang muda disebut nimfa. Nimfa ini akan melalui beberapa kali pergantian kulit sebelum akhirnya menjadi belalang dewasa. Karena mereka tidak mengalami tahap pupa, perubahan bentuk mereka tidak sekompleks serangga yang mengalami metamorfosis sempurna. Namun, perjalanan dari telur hingga dewasa tetap menarik untuk diikuti!

Kesimpulan

Wah, Sobat Suka Fakta, ternyata banyak sekali hal menarik tentang belalang yang mungkin sebelumnya kita tidak tahu, ya! Dari belalang yang punya telinga di perut, bisa melompat sejauh lapangan sepak bola, hingga fakta bahwa mereka punya lima mata, semuanya menunjukkan betapa uniknya serangga ini.

Belalang juga punya sejarah panjang dan peran penting dalam ekosistem kita. Mereka bisa menjadi hama yang merusak tanaman, tapi juga bisa menjadi sumber protein yang bergizi bagi manusia. Jadi, next time kamu melihat belalang di taman atau sawah, ingatlah bahwa mereka adalah makhluk luar biasa dengan banyak cerita menarik di baliknya.

Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan dan membuat kamu semakin tertarik dengan fakta unik belalang. Teruslah mengeksplorasi dan menemukan hal-hal baru di dunia sekitar kita. Sampai jumpa di artikel fakta menarik berikutnya, Sobat Suka Fakta!

REFERENSI

  • Hadley, D. (n.d.). Fascinating Facts About Grasshoppers. Retrieved from https://www.thoughtco.com/fascinating-facts-about-grasshoppers-1968334
  • Walters, M. (n.d.). The Illustrated World Encyclopaedia of Insects A Natural History and Identification Guide to Beetles, Flies, Bees Wasps, Springtails, Mayflies, Stoneflies, Dragonflies, Damselflies, Cockroaches, Mantids, Earwigs … and Many More.
  • (2019, May 26). Ini Fakta Unik Tentang Belalang. Mongabay. Retrieved from https://www.mongabay.co.id/2019/05/26/ini-fakta-unik-tentang-belalang/
  • (n.d.). Punya 5 Mata dan Tak Punya Telinga, Inilah Fakta Unik Belalang yang Jarang Orang Tahu. Bobo. Retrieved from https://bobo.grid.id/read/083022608/punya-5-mata-dan-tak-punya-telinga-inilah-fakta-unik-belalang-yang-jarang-orang-tahu?page=all
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *