Fakta Unik

12 Fakta Unik Kalajengking, Betina dan Jantan Menari Sebelum Kawin

55
×

12 Fakta Unik Kalajengking, Betina dan Jantan Menari Sebelum Kawin

Sebarkan artikel ini
fakta Unik Kalajengking
Fakta Unik Kalajengking, Menarik Sebelum Kawin. Sumber: IST

Hai Sobat Suka Fakta! Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan hewan kecil berkaki delapan yang punya capit dan ekor beracun ini, kan? Yup, kalajengking! Meski sering dianggap menakutkan dan berbahaya, ternyata kalajengking menyimpan banyak fakta unik yang menarik untuk kita ketahui.

Dalam artikel ini, kita akan mengupas tuntas 12 fakta unik kalajengking yang pasti bakal bikin kalian tercengang dan terpesona.

Kenapa sih kalajengking itu menarik? Selain bentuknya yang khas dan seram, ternyata hewan ini punya sejarah evolusi yang panjang, adaptasi yang luar biasa, dan perilaku yang keren abis.

Dari kemampuannya bertahan hidup tanpa makanan selama berbulan-bulan, hingga ritual pacaran yang mirip tarian, setiap aspek kehidupan kalajengking penuh dengan keajaiban.

So, siap untuk terkejut dan terpesona dengan keunikan kalajengking? Yuk, kita mulai perjalanan ini dan lihat betapa luar biasanya makhluk kecil ini! Ayo, kita lanjut ke fakta pertama yang pasti bikin kalian makin penasaran!

1. Kalajengking Adalah Hewan Darat Tertua yang Masih Hidup

Kalajengking
Potret hewan Kalajengking. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, tahukah kalian kalau kalajengking adalah hewan darat tertua yang masih hidup hingga saat ini? Yup, kalian nggak salah dengar! Menurut penelitian, nenek moyang kalajengking purba adalah salah satu hewan laut pertama yang menjelajah ke daratan sekitar 420 juta tahun yang lalu. 

Jadi, sebelum dinosaurus mulai berkeliaran, kalajengking sudah eksis duluan. Bayangkan, dinosaurus baru berevolusi sekitar 240 juta tahun yang lalu. Gimana, keren kan?

2. Bisa Hidup Tanpa Makan Selama Setahun

Kalajengking
Potret kalajengking memakan mangsanya. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, pernah nggak sih kalian membayangkan bisa hidup tanpa makan selama setahun? Nah, kalajengking bisa melakukannya, lho! Hewan ini punya tingkat metabolisme yang sangat rendah, sehingga mereka bisa bertahan hidup dalam waktu yang lama tanpa makanan. 

Kalajengking biasanya memangsa serangga, laba-laba, hingga kadal kecil atau tikus. Mereka makan mangsanya dalam bentuk cairan dengan cara mencerna secara eksternal menggunakan enzim.

Keunikan ini memungkinkan kalajengking bertahan hidup dalam kondisi ekstrem, termasuk ketika makanan sangat sulit ditemukan. Ini jelas menjadi salah satu alasan kenapa kalajengking bisa bertahan hidup selama jutaan tahun.

3. Kalajengking Adalah Hewan Vivipar, Tidak Bertelur Tapi Melahirkan

Kalajengking
Potret hewan Kalajengking melahirkan. Sumber: IST

Nah, ini dia fakta unik lainnya yang nggak kalah menarik, Sobat Suka Fakta. Berbeda dengan kebanyakan arachnida atau invertebrata lainnya, kalajengking adalah hewan vivipar, yaitu mereka melahirkan anak-anaknya, bukan bertelur. Betina kalajengking bisa melahirkan anak-anaknya setelah dua hingga 18 bulan melakukan perkawinan.

Bayi kalajengking yang baru lahir akan terlihat mirip dengan kalajengking dewasa, hanya saja ukurannya lebih kecil dan berwarna putih lembut. Setelah lahir, bayi-bayi ini dengan cepat naik ke atas punggung ibunya dan bertahan di sana sampai mereka siap untuk hidup mandiri. Seru banget kan, melihat betapa protektifnya induk kalajengking terhadap anak-anaknya?

4. Racun Kalajengking Bisa Membahayakan Manusia

Racun Kalajengking
Potret hewan Kalajengking. Sumber: IST

Oke, Sobat Suka Fakta, kita semua tahu kalau kalajengking terkenal dengan racunnya yang berbahaya. Tapi, tahukah kalian kalau racun kalajengking itu cukup beragam dan kompleks? Dari sekitar 1.500 spesies kalajengking yang diketahui, sekitar 25 hingga 30 spesies memiliki racun yang cukup kuat untuk menyebabkan kematian pada manusia.

Kalajengking bisa menghasilkan puluhan jenis racun berbeda yang digunakan untuk melumpuhkan mangsa atau melindungi diri dari predator. Setiap jenis racun biasanya disesuaikan untuk menargetkan jenis hewan tertentu, seperti serangga atau vertebrata

Jadi, meskipun racunnya bisa mematikan, kalajengking juga menggunakan racunnya dengan sangat efisien. Tertarik untuk tahu lebih banyak? Yuk, kita lanjut ke fakta selanjutnya!

Selanjutnya, kita akan membahas tentang kemampuan kalajengking yang bisa bersinar di kegelapan dan banyak lagi. Tetap di sini, Sobat Suka Fakta, dan terus ikuti fakta-fakta menarik lainnya!

5. Mereka Tidak Termasuk dalam Kelompok Serangga

Kalajengking.
Potret hewan Kalajengking. Sumber: IST

Banyak yang masih salah kaprah dan mengira kalau kalajengking itu termasuk serangga. Eits, ternyata bukan, lho! Kalajengking sebenarnya termasuk dalam kelompok arachnida, sama seperti laba-laba, tungau, dan caplak. 

Sobat Suka Fakta, perbedaan utama antara serangga dan arachnida terletak pada jumlah kakinya. Serangga punya enam kaki, sementara arachnida seperti kalajengking punya delapan kaki.

Kalajengking juga termasuk dalam kelompok arthropoda yang lebih luas yang disebut chelicerata, yang juga mencakup kepiting tapal kuda dan laba-laba laut. Jadi, meskipun bentuknya mirip dengan beberapa serangga, kalajengking itu punya kelas tersendiri.

Kalajengking memang layak disebut sebagai “dinosaurus hidup.” Mereka berhasil bertahan hidup melewati berbagai perubahan zaman dan bencana alam. Fakta ini membuat kalajengking jadi salah satu hewan yang paling menarik untuk dipelajari.

6. Kalajengking Bisa Bersinar di Kegelapan

Kalajengking
Potret tubuh Kalajengking bersinar. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, pernah dengar nggak kalau kalajengking bisa bersinar dalam gelap? Ini bukan mitos, lho! Kalajengking punya kemampuan unik ini berkat rambut-rambut kecil yang menutupi tubuhnya. Rambut-rambut ini memiliki warna perak yang bisa merefleksikan cahaya matahari, dan sebagian lainnya berwarna putih yang bisa memantulkan radiasi ultra ungu (UV).

Hasilnya, ketika terkena cahaya UV, kalajengking akan bersinar terang dalam gelap. Para ilmuwan masih berusaha mencari tahu apa manfaat evolusioner dari kemampuan ini, tetapi beberapa teori menyebutkan bahwa ini membantu mereka dalam berburu, berkomunikasi, atau bahkan melindungi dari sinar matahari.

7. Mereka Adalah Organisme Purba yang Masih Hidup Hingga Saat ini

Kalajengking.
Potret Hewan Kalajengking. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, tahukah kalian kalau kalajengking adalah salah satu organisme purba yang masih ada hingga sekarang? Fosil kalajengking menunjukkan bahwa mereka sudah ada sejak periode Karbon, sekitar 300 juta tahun yang lalu. Nenek moyang kalajengking pertama kemungkinan besar hidup di laut dan mungkin memiliki insang.

Pada periode Silur, sekitar 420 juta tahun yang lalu, beberapa kalajengking sudah mulai menjelajah daratan. Meski bentuk dan ukuran mereka mungkin berubah, struktur dasar tubuh mereka tetap sama. 

Hal ini menunjukkan bahwa kalajengking adalah makhluk yang sangat sukses dalam bertahan hidup. Bukti fosil ini juga menunjukkan bahwa kalajengking awal mungkin memiliki mata majemuk, mirip dengan serangga. Menarik sekali, bukan? Yuk, kita lanjut ke fakta berikutnya!

Sobat Suka Fakta, masih ada beberapa fakta unik kalajengking lainnya yang tidak kalah menarik. Terus ikuti dan kita akan melihat bagaimana mereka bisa bertahan hidup dalam kondisi ekstrem, apa saja yang mereka makan, dan bagaimana mereka berinteraksi dengan dunia sekitar.

8. Mereka Bisa Bertahan Hidup dalam Keadaan Apapun

Kalajengking
Potret Hewan Kalajengking. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kalajengking adalah juara bertahan hidup. Mereka bisa hidup di kondisi yang sangat ekstrem. Misalnya, kalajengking bisa bertahan hidup tanpa makan selama setahun penuh! Selain itu, mereka juga bisa bertahan hidup di bawah air selama 48 jam berkat paru-paru buku mereka yang mirip dengan kepiting tapal kuda.

Kalajengking hidup di lingkungan yang keras dan kering, tapi mereka hanya membutuhkan sedikit air yang mereka peroleh dari makanan mereka. Tingkat metabolisme mereka yang sangat rendah membuat mereka hanya membutuhkan sepersepuluh oksigen dari kebanyakan serangga. Kalajengking tampaknya hampir tidak bisa dihancurkan, Sobat!

9. Betina dan Jantan Akan Menari Sebelum Kawin

fakta unik kalajengking
Potret Kalajengking betina dan jantan menari. Sumber: Dok. flickr.com

Ini dia fakta yang nggak kalah menarik, Sobat Suka Fakta! Sebelum kawin, kalajengking jantan dan betina melakukan ritual pacaran yang menyerupai tarian. Ritual ini dikenal dengan istilah “promenade à deux,” yang dalam bahasa Prancis berarti “berjalan berdua.” 

Dalam tarian ini, kalajengking jantan dan betina saling berhadapan dan berpegangan pada pedipalpus mereka, lalu berputar maju mundur bersama-sama dengan ekor mereka (metasoma) terangkat di atas punggung.

Tarian ini bisa berlangsung beberapa menit hingga beberapa jam, tergantung spesiesnya. Di akhir tarian, si jantan akan meletakkan spermatoforanya di tanah untuk diambil oleh betina. Setelah itu, si jantan biasanya pergi meninggalkan betina.

10. Mereka Adalah Pemburu Nokturnal, Sering Memangsa Serangga 

kalajengking
Potret kalajengking memakan mangsanya. Sumber: IST

Kalajengking adalah pemburu nokturnal. Mereka memangsa serangga, laba-laba, dan arthropoda lainnya, tetapi beberapa spesies yang lebih besar bisa memangsa kadal kecil atau tikus. Kalajengking punya berbagai cara untuk berburu, ada yang menyergap mangsa, ada yang aktif berburu, dan ada juga yang memasang perangkap jebakan.

Menariknya, meski mereka makan apa saja, ada juga kalajengking yang mengkhususkan diri pada jenis mangsa tertentu. Induk kalajengking yang lapar bahkan bisa memakan bayinya sendiri jika sumber dayanya sangat terbatas. Wah, ternyata kalajengking memang nggak pilih-pilih dalam hal makanan, ya!

11. Memiliki Umur Panjang, Bisa Hidup Hingga 25 Tahun

Kalajengking
Potret Hewan Kalajengking. Sumber: IST

Kalajengking mungkin terlihat kecil, tapi jangan remehkan umur mereka, Sobat Suka Fakta! Di alam liar, kalajengking bisa hidup selama dua hingga sepuluh tahun, dan di penangkaran, beberapa spesies bisa hidup hingga 25 tahun. Ini adalah umur yang cukup panjang untuk seekor arthropoda.

Kebanyakan arthropoda lain, seperti serangga, hanya hidup beberapa minggu atau bulan. Umur panjang kalajengking ini mungkin disebabkan oleh kemampuan mereka untuk bertahan hidup dalam kondisi ekstrem dan metabolisme mereka yang rendah.

Hal ini membuat mereka bisa menghemat energi dan bertahan lebih lama. Jadi, kalau ketemu kalajengking di alam liar, ingatlah bahwa mereka mungkin sudah hidup cukup lama!

12. Tidak Semua Kalajengking Berbahaya Bagi Semua 

kalajengking
Potret kalajengking kulit kayu Arizona. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kalian tahu tidak kalajengking apa yang paling berbahaya? Kalajengking memang bisa menyengat, dan sengatannya bisa sangat menyakitkan. Tapi, dari hampir 2.000 spesies kalajengking yang diketahui, hanya sekitar 25 yang racunnya cukup kuat untuk membahayakan manusia.

Anak-anak kecil memang lebih berisiko karena ukuran tubuh mereka yang lebih kecil, tapi di AS misalnya, hanya ada satu spesies yang perlu dikhawatirkan, yaitu kalajengking kulit kayu Arizona. Untungnya, anti racun tersedia luas di wilayah tersebut, sehingga kematian akibat sengatan kalajengking sangat jarang terjadi. Jadi, kalajengking sebenarnya tidak seberbahaya yang kita kira, kok!

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, itulah 12 fakta unik kalajengking yang pasti bikin kalian lebih kenal dan mungkin makin penasaran sama hewan ini. Dari fakta bahwa mereka adalah hewan darat tertua yang masih hidup, hingga kemampuan mereka bertahan tanpa makanan selama setahun, dan ritual pacaran yang menyerupai tarian, kalajengking benar-benar luar biasa!

Semoga dengan mengetahui lebih banyak tentang kalajengking, kita bisa lebih menghargai dan melindungi mereka sebagai bagian penting dari ekosistem kita. Kalajengking mungkin sering dianggap menakutkan, tapi setelah mengetahui betapa unik dan menariknya mereka, siapa tahu kalian jadi lebih menghargai keberadaan mereka.

Ingat, setiap makhluk hidup punya peran penting di bumi ini. Teruslah mencari tahu dan belajar hal-hal baru tentang dunia sekitar kita. Sampai jumpa di artikel fakta unik selanjutnya, Sobat Suka Fakta! Jangan lupa untuk berbagi artikel ini dengan teman-teman kalian yang juga suka dengan fakta-fakta menarik!

REFERENSI

Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *