Fakta Unik

15 Fakta Unik Gurita, Si Ahli Kamuflase di Dasar Laut

59
×

15 Fakta Unik Gurita, Si Ahli Kamuflase di Dasar Laut

Sebarkan artikel ini
fakta unik gurita
11 Fakta Unik Gurita yang Ahli Kamuflase di Dasar Laut. Sumber: IST

Hai, Sobat Suka Fakta! Kalian pernah nggak sih merasa penasaran tentang kehidupan makhluk laut yang super keren ini, yaitu gurita? Yap, gurita! Hewan yang terkenal dengan kemampuan berkamuflasenya yang luar biasa di dasar laut. 

Bukan cuma bentuk tubuhnya yang unik dengan delapan lengan seperti Cumi-Cumi Raksasa, gurita juga punya banyak kehebatan lain yang bikin kita semua kagum. Di artikel kali ini, kita bakal ngebahas 10 fakta unik gurita yang mungkin belum kalian ketahui. Fakta-fakta ini pasti bakal bikin kalian semakin jatuh cinta sama hewan laut yang satu ini.

Gurita punya banyak keunikan yang bikin dia jadi salah satu hewan laut paling menarik buat dipelajari. Dari kemampuannya menyamar seperti bunglon laut sampai kecerdasannya yang luar biasa, setiap aspek kehidupan gurita pasti bikin kalian terkesima. Tapi, nggak cuma itu lho! Gurita juga punya trik pertahanan diri yang keren, bisa berenang dengan cara unik, dan bahkan punya sistem tubuh yang beda dari hewan laut lainnya. 

Sobat Suka Fakta, artikel ini nggak cuma bakal kasih kalian informasi, tapi juga membawa kalian lebih dekat dengan dunia bawah laut yang penuh misteri dan keajaiban. Jadi, siap-siap ya buat terjun ke dunia gurita yang menakjubkan ini. Yuk, kita mulai petualangannya dan temukan 15 fakta unik gurita yang bakal bikin kalian makin kagum sama makhluk laut yang satu ini. Let’s dive in!

Apa Itu Gurita?

fakta unik gurita
Potret hewan Gurita. Sumber: IST

Oke, Sobat Suka Fakta, sebelum kita masuk ke fakta-fakta serunya, kita mulai dulu dari dasar, apa itu ikan gurita? Gurita adalah hewan laut yang masuk dalam kelas Cephalopoda, yang juga termasuk cumi-cumi dan sotong. Mereka termasuk dalam filum Mollusca, jadi masih ada hubungan keluarga dengan kerang dan siput

Nah, buat kalian yang suka dengan bahasa dan tata bahasa, kata “octopus” dalam bahasa Inggris itu menarik lho. Banyak orang bingung gimana bentuk jamaknya, octopuses, octopi, atau octopodes? Secara etimologis, yang benar adalah “octopodes,” tapi dalam bahasa sehari-hari, “octopuses” juga bisa diterima.

Gurita terkenal dengan delapan lengannya yang penuh dengan penghisap. Lengannya ini bukan hanya buat berenang, tapi juga untuk berburu, berpegangan, dan bahkan berkomunikasi. 

Setiap lengan gurita memiliki otot yang kuat dan ujung saraf yang sangat sensitif, membuat mereka bisa melakukan banyak hal sekaligus. Bayangin aja, satu lengan bisa buka kerang, sementara lengan lain menahan mangsa!

15 Fakta Unik Gurita

1. Gurita Terbagi Menjadi 2 Kelompok Besar, Cirrina dan Incirrina

fakta unik gurita
Kolase jenis Gurita Incirrina dan Cirrina. Sumber: Dok. fr.wikipedia.org

Nah, ternyata, gurita itu terbagi jadi dua kelompok besar, Sobat Suka Fakta. Ada Cirrina dan Incirrina. Gurita dari kelompok Cirrina punya ciri khas berupa dua sirip di kepala dan cangkang internal kecil. Sementara itu, Incirrina adalah kelompok yang lebih umum dan sering kita lihat. Mereka nggak punya sirip di kepala dan lebih adaptif di berbagai lingkungan laut.

Bayangin, dari 300 spesies gurita yang ada di dunia, mereka semua terbagi dalam dua kelompok ini. Setiap kelompok punya karakteristik dan adaptasi yang unik, sesuai dengan habitat mereka. Misalnya, gurita Cirrina lebih sering ditemukan di laut dalam, sementara Incirrina lebih suka di perairan yang lebih dangkal dan karang.

2. Asal Usul Nama Gurita

Halo Sobat Suka Fakta! Kali ini kita akan mengulik asal usul nama “gurita”. Ternyata, nama ini berasal dari bahasa Yunani, lho! Dalam bahasa Yunani, kata “oktō” berarti “delapan” dan “pous” berarti “kaki”. Jadi, nama gurita memang menggambarkan hewan laut ini yang memiliki delapan kaki atau lebih tepatnya delapan lengan. 

Menarik, kan? Nama yang terdengar sederhana ternyata punya sejarah dan makna yang mendalam.

3. Gurita Menyemburkan Tinta Hitam Untuk Bertahan dari Predator

Tinta Gurita
Potret Tinta dari Gurita. Sumber: IST

Kalian pasti tahu, salah satu cara gurita bertahan dari predator adalah dengan menyemprotkan tinta hitam pekat. Tapi, tahukah kalian kenapa tinta ini sangat efektif? Tinta gurita mengandung senyawa yang disebut melanin, sama seperti yang ada di kulit manusia. Tinta ini bisa menyebabkan iritasi pada mata dan indra penciuman predator, membuat mereka bingung dan memberi waktu bagi gurita untuk melarikan diri.

Selain itu, tinta ini juga bisa menciptakan semacam “tabir asap” di dalam air, membingungkan predator yang mengandalkan penglihatan. Keren, kan? Gurita juga sering menggabungkan semprotan tinta ini dengan perubahan warna tubuh untuk berkamuflase, sehingga mereka bisa menghilang begitu saja di depan mata predator.

4. Gurita Memiliki Kemampuan Kamuflase yang Luar Biasa

Gurita
Potret hewan Gurita berkamuflase. Sumber: IST

Nah, ngomongin soal kamuflase, gurita adalah juaranya! Gurita bisa mengubah warna dan tekstur kulit mereka dengan cepat berkat sel-sel khusus yang disebut kromatofora. Sel-sel ini dipenuhi pigmen yang bisa berubah warna dalam sekejap mata. Dengan kemampuan ini, gurita bisa menyatu dengan lingkungan sekitar, membuat mereka hampir tak terlihat oleh mata predator atau mangsa.

Kemampuan kamuflase ini nggak cuma buat bertahan hidup, tapi juga buat berburu dan berkomunikasi. Misalnya, gurita bisa mengubah warna tubuhnya jadi lebih mencolok untuk menarik perhatian pasangan atau mengirimkan sinyal peringatan kepada predator. Mereka juga bisa meniru tekstur batu karang atau pasir untuk bersembunyi.

Gurita bahkan punya kemampuan yang lebih canggih lagi, Sobat Suka Fakta! Mereka bisa memanipulasi bentuk tubuh mereka untuk menyerupai objek lain di lingkungan sekitarnya. Ada yang bisa meniru bentuk dan gerakan ubur-ubur, ular laut, bahkan ikan singa untuk mengelabui predator. Dengan semua kemampuan ini, gurita benar-benar master dalam seni berkamuflase.

5. Kemampuan Regenerasi Gurita

Gurita punya kemampuan luar biasa untuk menumbuhkan kembali lengannya yang hilang. Yup, benar banget! Kalau salah satu lengannya putus, gurita bisa menumbuhkannya kembali tanpa kehilangan fungsi sama sekali. Mirip seperti superhero yang bisa pulih dari cedera, ya!

Proses regenerasi ini nggak hanya membuat gurita mampu bertahan dari serangan predator, tapi juga memastikan mereka tetap bisa berfungsi dengan normal. Bayangin deh, punya kemampuan untuk memperbaiki tubuh sendiri seperti itu pasti sangat keren!

6. Gurita yang Bosan Suka Memakan Lengannya Sendiri

Ternyata, gurita yang bosan atau merasa stres sering kali memakan lengannya sendiri. Fenomena ini disebut autophagy. Biasanya, hal ini terjadi ketika mereka berada di lingkungan yang kurang memberikan rangsangan, seperti akuarium yang terlalu sempit atau monoton. 

Meskipun terdengar aneh, perilaku ini adalah cara gurita untuk mengatasi stres mereka. Fenomena autophagy ini nggak cuma terjadi pada gurita, tapi juga pada beberapa hewan lainnya dalam kondisi serupa.

Nah, menariknya lagi, Sobat Suka Fakta, gurita punya kemampuan luar biasa untuk menumbuhkan kembali lengan yang hilang melalui proses regenerasi. Meski begitu, autophagy tetap menjadi tanda bahwa gurita sedang tidak sehat atau tidak bahagia.

7. Lengan Gurita Punya Kekuatan untuk Menghisap

Lengan gurita nggak cuma fleksibel dan bisa bergerak dengan bebas, tapi juga dilapisi dengan ratusan pengisap yang sangat kuat. Setiap lengan gurita memiliki pengisap yang membantu mereka meraih dan memegang berbagai benda. Bayangin deh, gimana canggihnya alat ini!

Pengisap ini nggak main-main, lho. Contohnya, pengisap pada gurita Pasifik Raksasa bisa menahan beban hingga 35 pon! Itu sama dengan mengangkat beban seberat sekitar 15 kilogram dengan satu pengisap saja. Kekuatan ini memungkinkan gurita untuk menangkap mangsa dengan mudah dan juga membantu mereka bergerak di sekitar lingkungan mereka. 

8. Tubuh Mereka Terbagi Menjadi 3 Bagian Utama 

fakta unik gurita
Potret Mata Gurita. Sumber: IST

Sekarang, kita bahas lebih dalam tentang anatomi gurita. Tubuh gurita terbagi menjadi tiga bagian utama, kepala, mantel, dan lengan. Kepala gurita menyimpan otak utama dan beberapa organ vital lainnya. Mantel adalah bagian yang menghubungkan kepala dengan lengan dan melindungi organ dalam seperti hati, sistem pencernaan, dan sistem reproduksi.

Di bagian kepala juga terdapat mata yang sangat tajam. Mata gurita mirip dengan mata manusia, memberi mereka kemampuan melihat dengan baik di bawah air. Di bawah kepala, ada delapan lengan yang kuat dan fleksibel. Setiap lengan dilengkapi dengan barisan pengisap yang bisa digunakan untuk memegang, merasakan, dan bahkan mencium.

Nah, yang bikin gurita unik adalah paruhnya yang keras dan kuat, mirip dengan paruh burung. Paruh ini digunakan untuk memotong dan memakan mangsa. Terletak di pusat di mana semua lengan bertemu, paruh ini sangat penting untuk kelangsungan hidup gurita.

Jadi, Sobat Suka Fakta, dengan anatomi tubuh yang begitu kompleks dan unik, gurita memang layak mendapat julukan sebagai salah satu makhluk laut paling menakjubkan. Jangan lewatkan fakta-fakta berikutnya, karena masih banyak yang bisa bikin kalian semakin kagum sama hewan yang satu ini!

9. Gurita Memiliki 3 Jantung dan Darah Berwarna Biru 

fakta unik gurita
Potret hewan Gurita. Sumber: IST

Oke Sobat Suka Fakta, sekarang kita masuk ke bagian yang nggak kalah menarik, yaitu jantung dan sistem peredaran darah gurita. Kalau biasanya hewan hanya punya satu jantung, gurita punya tiga jantung! Yup, kalian nggak salah baca. Tiga jantung ini masing-masing punya tugas yang berbeda.

Jantung utama atau jantung sistemik bertugas memompa darah ke seluruh tubuh, mirip seperti jantung kita. Dua jantung lainnya, yang disebut jantung insang, bertugas memompa darah melalui insang, di mana oksigen diambil dari air. Karena gurita hidup di lingkungan yang memerlukan banyak oksigen, sistem tiga jantung ini sangat efisien untuk menjaga tubuh mereka tetap berfungsi optimal.

Tapi tunggu, ada lagi yang menarik! Darah gurita berwarna biru. Bukan karena mereka alien, tapi karena darah mereka mengandung protein yang disebut hemocyanin, yang mengandung tembaga. 

Hemocyanin ini lebih efisien mengikat oksigen di suhu rendah, yang sangat berguna di habitat laut yang dingin. Jadi, bukan cuma kamuflasenya yang keren, sistem peredaran darahnya juga luar biasa unik.

10. Salah Satu Makhluk Laut Paling Cerdas, Memiliki 9 Otak 

Gurita
Potret Gurita yang berlindung di cangkang kerang. Sumber: IST

Nah, Sobat Suka Fakta, kalian pasti tahu kalau gurita itu cerdas, tapi seberapa cerdas sih sebenarnya mereka? Gurita memiliki sembilan otak! Satu otak utama di kepala dan delapan ganglia besar di setiap lengan. 

Otak utama mengontrol fungsi-fungsi utama, sementara ganglia di lengan memungkinkan setiap lengan bekerja secara independen. Bayangkan, setiap lengan bisa mengambil keputusan sendiri tanpa harus menunggu perintah dari otak utama. Keren, kan?

Dengan kecerdasan ini, gurita mampu melakukan banyak hal luar biasa. Mereka bisa memecahkan masalah kompleks, seperti membuka tutup toples untuk mengambil makanan. Mereka juga bisa belajar dari pengalaman, mengingat solusi untuk masalah yang pernah mereka hadapi sebelumnya, dan bahkan menunjukkan tanda-tanda empati dan permainan.

Gurita juga dikenal bisa menggunakan alat. Misalnya, mereka sering terlihat menggunakan batok kelapa atau cangkang kerang sebagai tempat berlindung. Ini menunjukkan bahwa mereka bukan hanya bereaksi naluriah, tapi juga memiliki kemampuan berpikir strategis.

11. Gurita Memiliki Gerakan Unik, Mirip dengan Cara Kerja Mesin Jet 

Selanjutnya, kita bahas cara bergerak gurita yang unik, yaitu dengan propulsi jet. Mungkin kalian pernah melihat gurita bergerak dengan menyemprotkan air keluar dari tubuh mereka. Ini mirip seperti cara kerja mesin jet. 

Mereka menyedot air ke dalam rongga mantel dan kemudian menyemprotkannya keluar melalui sifon, sebuah tabung kecil di tubuh mereka. Semprotan air ini memberikan dorongan ke depan yang cepat dan kuat, memungkinkan mereka bergerak dengan sangat gesit.

Tapi, gurita juga pintar dalam menghemat energi. Selain menggunakan propulsi jet, mereka sering kali bergerak dengan cara merangkak atau merayap menggunakan lengan mereka. Ini adalah cara yang lebih hemat energi dan lebih cocok untuk pergerakan di dasar laut yang berbatu atau berkarang.

Kemampuan ini membuat gurita sangat fleksibel dalam berbagai situasi. Mereka bisa bergerak cepat untuk menghindari predator atau mengejar mangsa, dan juga bisa bergerak pelan untuk menghemat energi saat mencari makan di sekitar terumbu karang.

12. Gurita Hanya Bisa Hidup Antara 6 Bulan Hingga 5 Tahun

Gurita
Potret hewan Gurita. Sumber: IST

Mungkin salah satu fakta yang paling mengejutkan tentang gurita adalah siklus hidup mereka yang relatif singkat. Kalian tahu tidak berapa lama hidup gurita di laut? Rata-rata, gurita hanya hidup antara enam bulan hingga lima tahun, tergantung pada spesiesnya. 

Siklus hidup gurita sangat terkait dengan proses reproduksi mereka. Ketika gurita mencapai kematangan seksual, mereka akan kawin dan betina akan bertelur dalam jumlah yang sangat banyak, bisa mencapai ratusan ribu telur.

Setelah bertelur, betina gurita akan menjaga telurnya dengan sangat protektif, hingga dia sendiri tidak makan dan akhirnya mati karena kelaparan. Sementara itu, gurita jantan biasanya mati tak lama setelah kawin. Jadi, bisa dibilang, akhir hidup mereka dihabiskan untuk memastikan generasi berikutnya bisa bertahan.

Proses ini mungkin terdengar tragis, tapi ini adalah bagian dari strategi reproduksi mereka yang memastikan bahwa setidaknya sebagian kecil dari telur-telur itu akan tumbuh menjadi gurita dewasa. Setelah menetas, anak-anak gurita, yang disebut paralarva, akan hanyut di arus laut sampai mereka cukup besar untuk hidup di dasar laut.

13. Predator Utama Gurita Adalah Ikan Besar Seperti Hiu 

Hiu.
Potret predataor utama Gurita, Hiu. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, seperti hewan lainnya di laut, gurita juga punya banyak musuh alami yang siap memangsa mereka. Predator utama gurita termasuk hiu, ikan besar seperti tuna dan ikan todak, burung laut seperti burung camar dan burung kormoran, serta mamalia laut seperti paus dan anjing laut. Bahkan manusia juga termasuk predator gurita yang sering memburu mereka untuk dijadikan makanan.

Namun, gurita tidak tanpa perlindungan. Selain kamuflase dan tinta, gurita memiliki beberapa taktik pertahanan lain yang cukup keren. Misalnya, beberapa spesies gurita memiliki racun yang bisa melumpuhkan mangsa atau predator. Racun ini dikeluarkan melalui gigitan yang kuat dari paruh mereka.

Selain itu, gurita memiliki kemampuan luar biasa untuk menyembunyikan diri di celah-celah kecil atau di bawah batu. Tubuh mereka yang lunak dan fleksibel memungkinkan mereka untuk memasuki ruang-ruang sempit yang tidak bisa dijangkau oleh predator yang lebih besar. Mereka juga bisa menggunakan lengan mereka untuk berpegangan erat pada substrat, membuat mereka sulit untuk ditarik keluar oleh predator.

Ada juga spesies gurita yang bisa meniru penampilan dan perilaku hewan lain yang lebih berbahaya sebagai bentuk pertahanan. Misalnya, gurita peniru (Thaumoctopus mimicus) bisa meniru lebih dari 15 jenis hewan laut yang berbeda, termasuk ular laut, ikan singa, dan ubur-ubur.

14. Gurita Betina Bisa Bertelur hingga 1000 Butir

Gurita betina bisa bertelur hingga sekitar 100.000 butir, jumlah yang luar biasa, kan? Setelah menemukan tempat yang aman, dia akan meletakkan telur-telurnya dan merawatnya dengan sangat telaten. Menyemprotkan air secara berkala untuk memastikan telur-telurnya mendapatkan oksigen yang cukup. 

Namun, ada sisi menyedihkan dari dedikasi ini. Selama merawat telurnya, gurita betina biasanya berhenti makan dan mengabdikan seluruh energinya untuk menjaga telur-telurnya tetap aman dan sehat. Tragisnya, setelah telur-telur tersebut menetas, yang bisa memakan waktu beberapa bulan, gurita betina sering kali kelelahan dan akhirnya mati tak lama kemudian. Pengorbanan luar biasa ini menunjukkan betapa kuatnya insting keibuan di dunia hewan. 

15. Lebih Tua dari Dinosaurus, Gurita Sudah Ada di Bumi Sekitar 269 Juta Tahun Lalu

Dinosaurus.
Ilustrasi hewan Dinosaurus. Sumber: IST

Selain fakta-fakta yang sudah kita bahas, masih ada beberapa hal lagi yang bikin gurita makin keren. Pertama, gurita ternyata lebih tua dari dinosaurus! Diperkirakan mereka sudah ada sekitar 296 juta tahun yang lalu, jauh sebelum dinosaurus muncul di bumi.

Kedua, saat gurita merasa sangat stres, mereka bisa menunjukkan perilaku yang aneh, seperti memakan lengannya sendiri. Ini biasanya terjadi karena kurangnya stimulasi atau lingkungan yang tidak cocok. Namun, lengan gurita bisa tumbuh kembali, mirip seperti ekor kadal.

Ketiga, gurita adalah makhluk yang sangat suka bermain. Mereka dikenal memiliki sifat yang sangat ingin tahu dan butuh stimulasi mental. Dalam penelitian, gurita sering terlihat bermain dengan benda-benda seperti botol plastik, batu, atau mainan. Mereka bisa mendorong dan memantulkan objek ini berulang kali, menunjukkan tanda-tanda kesenangan dan kecerdasan.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, setelah menjelajahi semua fakta unik tentang gurita, kita bisa lihat betapa luar biasanya makhluk laut ini. Dari kemampuan kamuflase yang menakjubkan, sistem tubuh yang unik dengan tiga jantung dan darah biru, hingga kecerdasan yang memungkinkan mereka memecahkan masalah dan menggunakan alat, gurita memang makhluk yang penuh kejutan.

Meskipun siklus hidup mereka singkat, gurita telah beradaptasi dengan sangat baik untuk bertahan hidup di lautan yang penuh bahaya. Mereka memiliki berbagai strategi pertahanan yang canggih dan kemampuan untuk berinteraksi dengan lingkungan mereka dengan cara yang sangat kompleks.

Semoga dengan membaca artikel ini, kalian jadi semakin kagum dan menghargai gurita. Mari kita jaga dan lindungi makhluk-makhluk laut ini agar tetap bisa menjadi bagian dari keanekaragaman hayati laut kita. Dan buat kalian yang penasaran, jangan ragu untuk mencari tahu lebih banyak tentang gurita dan makhluk laut lainnya. Let’s keep our oceans amazing!

REFERENSI

  • Popmama. (n.d.). 15 Fakta Menarik tentang Gurita. Diakses pada 24 Juni 2024, dari https://www.popmama.com/community/groups/life/random-chat/15-fakta-menarik-tentang-gurita
  • Dressel Divers. (n.d.). Octopus Facts. Diakses pada 24 Juni 2024, dari https://www.dresseldivers.com/blog/octopus-facts/
  • Bobo Grid. (n.d.). 5 Fakta Unik Seputar Gurita, Hewan Laut yang Punya Tiga Jantung dengan Fungsi Berbeda. Diakses pada 24 Juni 2024, dari https://bobo.grid.id/read/083711902/5-fakta-unik-seputar-gurita-hewan-laut-yang-punya-tiga-jantung-dengan-fungsi-berbeda?page=all
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *