Fakta Unik

12 Fakta Unik Kepiting, Hewan Purba yang Berkomunikasi dengan Capitnya

67
×

12 Fakta Unik Kepiting, Hewan Purba yang Berkomunikasi dengan Capitnya

Sebarkan artikel ini
fakta Unik Kepiting
12 Fakta Unik Kepiting, Hewan Purba yang Berkomunikasi dengan Capitnya. Sumber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Siapa di sini yang suka makan kepiting? Pasti banyak yang angkat tangan, ya! Nah, selain enak dimakan, kepiting ternyata punya banyak fakta unik yang bikin kita tercengang, lho. 

Hewan yang sering dikira sekeluarga dengan lobster ini ternyata bukan cuma hewan laut biasa, lho. Mereka punya cara hidup dan penampilan yang beda dari hewan lainnya. Misalnya, cara jalan yang menyamping dan berkomunikasi dengan capit. Wah, makin penasaran, kan?!

Nah, di artikel ini, kita bakal bahas 12 fakta unik kepiting yang pastinya bakal nambah pengetahuan kamu. Yuk, langsung saja kita mulai perjalanan mengenal kepiting lebih dekat!

1. Memiliki Struktur Tubuh yang Unik

fakta Unik Kepiting
Potret Tubuh Kepiting. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kalau kamu pernah memperhatikan kepiting dengan seksama, pasti kamu tau kalo struktur tubuh mereka memang unik banget.

Struktur tubuhnya yang terlihat jelas cuma kaki, tubuh, dan mata mereka yang menonjol. Kepala kepiting sebenarnya ada, tapi nggak seperti kepala hewan lainnya yang jelas terlihat. Di kepala mereka terdapat mulut, mata, dan dua pasang antena. 

Namun, yang paling mencolok dan mudah dilihat adalah mata mereka. Keunikan ini bikin kepiting terlihat seperti makhluk dari planet lain, kan? Mereka punya tubuh yang kokoh dan terlihat siap menghadapi tantangan di lingkungan laut. 

2. Terlihat seperti Tidak Memiliki Kepala

Kepiting
Potret hewan Kepiting. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kita lanjut yuk ke fakta berikutnya! Kepala kepiting memang beda banget dengan hewan-hewan lainnya. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, apakah kepiting memiliki kepala? Kepala mereka terdiri dari mulut, mata, dan dua pasang antena. 

Tapi, karena letaknya yang unik, kepala kepiting tampak menyatu dengan tubuh mereka. Kalau diperhatikan, yang paling terlihat jelas dari kepala mereka hanyalah mata yang menonjol.

Selain mata, di kepala mereka juga ada dua pasang antena yang berfungsi sebagai alat sensor untuk merasakan lingkungan sekitarnya. Struktur kepala yang unik ini bikin kepiting jadi makhluk yang sangat adaptif dan waspada. 

Mereka bisa mendeteksi ancaman dengan cepat dan bersembunyi jika diperlukan. Eits, Sob, keunikan ini belum berakhir. Kamu harus tau soal fakta mata majemuk kepiting. Yuk, bahas di fakta selanjutnya!

3. Memiliki Mata dengan Ratusan Mikroskopis

Kepiting
Potret Mata kepiting. Sumber: IST

Nah, Sobat Suka Fakta, sekarang kita bahas tentang mata kepiting yang nggak kalah menarik. Kepiting punya sepasang mata yang disebut mata majemuk. Mata ini terdiri dari ratusan lensa mikroskopis yang memungkinkan mereka melihat dengan detail. 

Mata majemuk ini memberikan pandangan yang sangat luas, hampir seperti memiliki mata di segala arah. Mata majemuk kepiting terletak di atas tangkai yang fleksibel. Tangkai ini bisa dilipat masuk ke dalam tubuh kepiting, melindungi mata dari bahaya. 

Struktur ini memungkinkan kepiting untuk tetap waspada terhadap lingkungan sekitar tanpa harus banyak bergerak. Kepiting bisa mengamati predator atau mangsa dengan mudah dan cepat bereaksi.

Fakta tentang mata majemuk ini menunjukkan betapa luar biasanya adaptasi kepiting terhadap lingkungannya. Mata yang bisa bergerak dan melipat masuk ini sangat membantu mereka bertahan hidup di habitat yang penuh tantangan. Menarik, kan?! 

4. Kepiting Berkomunikasi dengan Capit

Kepiting
Potret capit Kepiting. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, siap untuk fakta unik selanjutnya? Kali ini kita bakal ngomongin cara kepiting berkomunikasi. Kamu tahu nggak sih, kalau kepiting berkomunikasi menggunakan capit mereka? 

Yup, capit yang biasanya kita lihat buat mempertahankan diri atau berburu, ternyata juga digunakan buat ngobrol dengan sesama kepiting! Kepiting menggesekkan capit mereka ke bagian tubuh lain atau ke capit lainnya untuk menyampaikan pesan. 

Gerakan dan suara gesekan ini bisa mengandung berbagai macam informasi, mulai dari peringatan bahaya hingga sinyal untuk menarik perhatian. Komunikasi ini penting banget untuk kelangsungan hidup mereka di habitat yang penuh tantangan.

5. Kepiting Memiliki Gigi di Dalam Perut

Sobat Suka Fakta, kalo kebanyakan hewan punya gigi di mulut, tapi kepiting berbeda. Mereka punya gigi di dalam perut! Gigi ini membantu mengurai makanan yang mereka makan sehingga mempermudah proses pencernaan..

Gigi di perut kepiting dikenal sebagai “gizzard teeth” yang fungsinya mirip dengan gigi pada umumnya, yaitu untuk menghancurkan makanan menjadi lebih kecil. Saat makanan masuk ke perut, gigi ini akan bekerja keras menggiling dan menghancurkannya. 

Ini memungkinkan kepiting untuk mencerna berbagai jenis makanan, termasuk yang keras seperti kerang atau siput. Dengan memiliki gigi di perut, mereka bisa memaksimalkan penyerapan nutrisi dari makanan yang mereka konsumsi. 

6. Mereka Bisa Hidup di Dua Alam

fakta Unik Kepiting
Kolase kepiting di darat dan laut. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, ternyata kepiting bisa hidup di dua alam, yaitu air dan darat. Kemampuan ini membuat mereka jadi makhluk yang sangat adaptif. Kepiting yang hidup di air laut biasanya memiliki insang yang besar dan efektif untuk menyaring oksigen dari air. 

Tapi ketika mereka berada di darat, mereka mengandalkan kelembapan dari lingkungan sekitarnya untuk menjaga insang tetap basah. Inilah yang memungkinkan mereka bertahan hidup meskipun berada jauh dari air.

7. Kerangka Tubuhnya Ada di Luar

fakta Unik Kepiting
Potret kerangka tubuh kepiting. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kepiting termasuk hewan eksoskeleton, yaitu hewan yang memiliki kerangka tubuh di luar. Kerangka luar ini berfungsi sebagai pelindung bagi organ-organ dalam mereka, sekaligus memberikan bentuk dan struktur tubuh yang kokoh.

Eksoskeleton kepiting terbuat dari zat yang disebut kitin, yang sangat kuat dan tahan terhadap tekanan. Kerangka ini melindungi mereka dari predator dan membantu mereka bergerak dengan mudah di lingkungan yang keras, seperti dasar laut yang berbatu atau berpasir. 

Selain itu, eksoskeleton juga membantu kepiting dalam proses pergantian kulit, di mana mereka akan melepaskan kerangka lama dan membentuk yang baru. Fakta ini menunjukkan betapa tangguhnya kepiting dalam menghadapi lingkungan yang keras. 

8. Kepiting Termasuk dalam Kategori Hewan Purba

Kepiting
Potret hewan Kepiting. Sumber: IST

Sobat, ternyata kepiting adalah salah satu hewan purba yang sudah ada sejak 200 juta tahun lalu, lho. Yup, kepiting sudah eksis sejak zaman dinosaurus! Mereka telah melalui banyak perubahan dan evolusi untuk bisa bertahan hingga saat ini.

Kepiting purba memiliki bentuk yang sedikit berbeda dengan kepiting modern. Selama jutaan tahun, mereka beradaptasi dengan lingkungan yang berubah-ubah, dari era dinosaurus hingga zaman sekarang. 

Evolusi ini memungkinkan mereka untuk tetap bertahan dan berkembang biak di berbagai habitat, baik di laut, air payau, maupun air tawar. Mengetahui bahwa kepiting adalah hewan purba membuat kita semakin kagum dengan kemampuan bertahan hidup mereka, ya!

9. Ada Lebih dari 5.000 Spesies yang Tersebar di Seluruh Dunia

Kepiting
Potret hewan Kepiting. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, tahukah kamu bahwa ada lebih dari 5.000 spesies kepiting di seluruh dunia? Kepiting memang termasuk hewan yang sangat beragam. Spesies kepiting ini tersebar di berbagai habitat, dari laut dalam hingga sungai dan rawa-rawa.

Ukuran kepiting juga bervariasi, mulai dari yang sangat kecil dengan panjang hanya 0,68 cm hingga yang sangat besar dengan rentang cakar mencapai 365 cm. Keanekaragaman ini menunjukkan betapa luar biasanya adaptasi kepiting terhadap berbagai lingkungan. 

Setiap spesies memiliki keunikan tersendiri, baik dalam hal ukuran, warna, maupun perilaku. Dengan begitu banyak spesies, kepiting menjadi salah satu kelompok hewan yang paling menarik untuk dipelajari. 

10. Memiliki Perilaku yang Berbeda Antar Spesiesnya

Berbeda dengan banyak invertebrata lainnya, kepiting menunjukkan perilaku yang berbeda-beda antar spesiesnya. Ada kepiting yang pemalu, ada juga yang agresif atau bahkan yang berjiwa pemburu tinggi.

Kepribadian ini mempengaruhi cara mereka berinteraksi dengan sesama kepiting dan lingkungan sekitar. Misalnya, beberapa spesies kepiting lebih suka bersembunyi di dalam lubang atau di balik batu, sementara yang lain aktif mencari makan di siang hari. 

11. Capit yang Sangat Kuat hingga 90 Kali Berat Badannya

Kepiting
Potret capit Kepiting. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, siapa yang pernah kepiting di capit? Capit kepiting memang sangat kuat, lho! Kekuatan capit kepiting bisa mencapai 90 kali berat badannya sendiri. Bayangin, kalau kepiting beratnya 4 kg, capitnya bisa menjepit dengan kekuatan hingga 335 kg!

Penelitian menunjukkan bahwa capit kepiting sangat efektif dalam memegang dan memotong mangsa mereka. Capit ini juga digunakan untuk berkelahi dengan kepiting lain, menunjukkan dominasi, atau menarik perhatian betina. Kekuatan capit ini membantu mereka bertahan hidup dan sukses dalam berburu.

Dengan capit yang kuat, kepiting menjadi salah satu predator yang tangguh di habitatnya. Sobat suka fakta, makin kagum kan? Yuk, kita lanjut ke fakta terakhir tentang kemampuan regenerasi tubuh kepiting yang luar biasa!

12. Bisa Meregenerasi Tubuh Sendiri

Sobat Suka Fakta, fakta terakhir ini pasti bikin kamu takjub. Kepiting punya kemampuan regenerasi tubuh yang luar biasa. Ketika mereka kehilangan bagian tubuh, seperti kaki atau capit, mereka bisa menumbuhkannya kembali! 

Proses ini biasanya terjadi selama pergantian kulit, di mana kepiting akan melepaskan kerangka lamanya dan membentuk yang baru. Kemampuan regenerasi ini sangat penting untuk kelangsungan hidup mereka. 

Jika mereka terluka atau kehilangan bagian tubuh karena perkelahian atau serangan predator, mereka bisa pulih dan kembali beraktivitas seperti biasa. Proses ini memang memakan waktu, tapi sangat efektif untuk memastikan mereka tetap bisa bertahan hidup.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, kita sudah membahas 12 fakta unik tentang kepiting. Kepiting memang hewan yang luar biasa dengan banyak keunikan yang menarik untuk dipelajari. Dari kemampuan mereka berkomunikasi dengan capit hingga sejarah panjang mereka sebagai hewan purba, semuanya menunjukkan betapa istimewanya kepiting.

Dengan memahami keunikan kepiting, kita bisa lebih menghargai dan melindungi mereka di habitat aslinya. Semoga artikel ini menambah wawasan kamu tentang dunia hewan, khususnya kepiting. Teruslah belajar dan cari tahu fakta menarik lainnya dan sampai jumpa di artikel berikutnya, ya!

REFERENSI

  • Lifestyle Haluan. (2023, September 25). 5 Fakta Unik Kepiting, Bisa Berkomunikasi dengan Capitnya. Diakses dari https://lifestyle.haluan.co/2023/09/25/5-fakta-unik-kepiting-bisa-berkomunikasi-dengan-capitnya/
  • Harapan Rakyat. (2023, April). Fakta Unik Kepiting. Diakses dari https://www.harapanrakyat.com/2023/04/fakta-unik-kepiting/
  • Jenis.net. (n.d.). Fakta Unik Kepiting, Si Mr. Krab Everything Is Business. Diakses dari https://informasi.beelajar.com/fakta-unik-kepiting-si-mr-krab-everything-is-business/
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *