Fakta Unik

6 Fakta Unik Kucing Ashera, Ras Kucing Termahal di Dunia

55
×

6 Fakta Unik Kucing Ashera, Ras Kucing Termahal di Dunia

Sebarkan artikel ini
Kucing Ashera,
7 Fakta Unik Kucing Ashera, Ras Kucing Termahal di Dunia. Sumber: kompas.com

Halo, Sobat Suka Fakta!  Seperti yang kita tahu, kucing itu merupakan salah satu hewan yang punya banyak jenisnya, mulai dari kucing savannah, kucing bengal, kucing scottish fold, kucing ashera, dan masih banyak lagi. 

Nah, kali ini kita bakal kenalan sama salah satu ras kucing yang harganya bisa bikin melongo, yaitu kucing Ashera. Kalian tau nggak sih, kucing Ashera ini dikenal sebagai salah satu ras kucing termahal di dunia?

Yup! Bayangin aja, harganya bisa mencapai lebih dari Rp1 miliar per ekor! Fantastis, kan?! Tapi, apa sih yang bikin kucing ini begitu istimewa dan mahal? Apakah karena penampilannya yang eksotis atau ada hal lain yang bikin harganya selangit?

Nah, di artikel ini, kita bakal bahas 6 fakta unik tentang kucing Ashera yang bakal bikin kalian makin kenal dan paham kenapa ras kucing ini spesial banget. Dari sejarah dan asal-usulnya, sampai karakteristik fisik dan kepribadiannya, semua bakal kita kupas tuntas. Jadi, stay tuned, Sobat Suka Fakta!

1. Sejarah dan Asal Usul Kucing Ashera

Kucing Ashera
Perusahaan bioteknologi Lifestyle Pets. Sumber: facebook.com

Sobat Suka Fakta, tau nggak kalau kucing Ashera ini ternyata hasil dari pembiakan yang sangat unik dan canggih? Yup! Kucing Ashera pertama kali diciptakan oleh perusahaan bioteknologi bernama Lifestyle Pets. 

Perusahaan ini menggabungkan gen dari beberapa jenis kucing liar dan domestik untuk menciptakan ras kucing yang eksotis dan langka. Mereka mencampurkan gen dari kucing serval Afrika, kucing leopard Asia, dan kucing domestik untuk menghasilkan kucing Ashera.

Kucing Ashera pertama kali diperkenalkan ke publik pada awal 2000-an dan langsung menarik perhatian banyak orang karena penampilannya yang sangat eksotis dan harganya yang selangit. 

Proses pembiakannya sendiri memerlukan teknologi yang sangat canggih dan waktu yang cukup lama, makanya nggak heran kalau harga kucing ini bisa sangat mahal. Keren, kan?!

2. Karakteristik Fisik Kucing Ashera, Memiliki Tubuh yang Besar dan Ramping

Kucing Ashera,
Potret fisik Kucing Ashera. Sumber: linggaupos.bacakoran.co

Sekarang, kita masuk ke bagian yang nggak kalah menarik, yaitu karakteristik fisik kucing Ashera. Kalau dilihat dari penampilannya, kucing Ashera memang punya daya tarik yang luar biasa. 

Mereka memiliki tubuh yang besar dan ramping, dengan pola bulu yang mirip dengan kucing liar seperti cheetah atau leopard. Pola bulunya ini bikin kucing Ashera terlihat sangat eksotis dan elegan, Sob!

Kucing Ashera bisa tumbuh hingga mencapai berat sekitar 14-15 kilogram, dengan panjang tubuh mencapai sekitar 1,2 meter dari kepala sampai ekor. Bulu mereka biasanya berwarna coklat kekuningan dengan bintik-bintik hitam atau coklat tua. 

Selain itu, mereka juga punya mata yang besar dan tajam, serta telinga yang lebar dan tegak. Semua ini bikin kucing Ashera terlihat sangat memukau dan berbeda dari kucing domestik pada umumnya.

Selain penampilannya yang eksotis, kucing Ashera juga dikenal memiliki fisik yang sangat kuat dan atletis. Mereka bisa melompat tinggi dan berlari cepat, mirip dengan kucing liar. Jadi, nggak heran kalau banyak orang yang jatuh cinta dengan penampilan dan kemampuan fisik kucing Ashera ini.

3. Kucing Ashera Memiliki Kepribadian yang Ramah dan Lembut

Kucing Ashera
Potret Kucing Ashera bersama manusia. Sumber: idntimes.com

Nah, Sobat Suka Fakta, setelah kita bahas penampilan fisiknya, sekarang kita bahas kepribadian dan temperamen kucing Ashera. Walaupun penampilannya mirip dengan kucing liar, tapi jangan salah, kucing Ashera sebenarnya punya kepribadian yang sangat ramah dan lembut. 

Mereka dikenal sangat penyayang dan suka bermain, baik dengan manusia maupun hewan peliharaan lainnya. Kucing Ashera juga sangat cerdas dan mudah dilatih. Mereka bisa belajar berbagai trik dan perintah dengan cepat, serta sangat suka berinteraksi dengan pemiliknya. 

Sebab kecerdasannya ini, kucing Ashera membutuhkan stimulasi mental yang cukup agar tidak merasa bosan. Jadi, kalau kalian berencana memelihara kucing Ashera, pastikan kalian punya waktu dan energi untuk bermain dan melatih mereka, ya!

Selain itu, kucing Ashera juga sangat setia dan protektif terhadap keluarganya. Mereka akan selalu berusaha menjaga dan melindungi pemiliknya dari bahaya. Namun, karena sifat protektif ini, mereka bisa jadi agak waspada terhadap orang asing. Tapi, begitu mereka merasa nyaman dan percaya, kucing Ashera bisa jadi teman yang setia dan menyenangkan.

Jadi, itulah beberapa hal tentang kepribadian dan temperamen kucing Ashera. Meskipun penampilannya terlihat garang, tapi sebenarnya mereka adalah kucing yang sangat lembut dan penyayang, Sob.

4. Tidak Sembarangan, Merawat dan Memelihara Kucing Ashera Perlu Perhatian Khusus

Sobat Suka Fakta, sekarang mari kita bahas bagaimana cara merawat dan memelihara kucing yang satu ini. Mengingat kucing Ashera adalah ras yang sangat spesial dan langka, perawatannya juga tentu perlu perhatian khusus.

Pertama-tama, kucing Ashera membutuhkan makanan yang berkualitas tinggi untuk menjaga kesehatannya. Pilihlah makanan kucing yang kaya akan protein dan nutrisi penting lainnya. 

Dengan tubuhnya yang besar dan aktif, kamu harus memastikan porsi makanannya cukup dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Jangan lupa juga untuk memberikan air bersih dan segar setiap hari.

Selain makanan, kucing Ashera juga memerlukan rutinitas perawatan bulu yang baik. Meskipun bulu mereka pendek, menyikat bulu secara teratur akan membantu mengurangi kerontokan dan menjaga kebersihan bulunya. Gunakan sikat yang lembut dan sesuai untuk kucing agar proses menyikat menjadi nyaman bagi mereka.

Kucing Ashera juga membutuhkan banyak stimulasi mental dan fisik. Sediakan berbagai mainan dan alat bermain untuk mereka. Kucing ini sangat suka bermain dan menjelajah, jadi pastikan mereka memiliki cukup ruang untuk bergerak. 

Mengajak mereka bermain aktif setiap hari juga penting untuk menjaga kebugaran dan keseimbangan emosional mereka. Jangan lupa juga untuk rutin memeriksakan kucing Ashera ke dokter hewan. 

Pemeriksaan kesehatan secara berkala sangat penting untuk mendeteksi dini masalah kesehatan yang mungkin timbul. Selain itu, pastikan kucing Ashera mendapatkan vaksinasi dan perawatan antiparasit secara teratur.

Dengan perawatan yang tepat, kucing Ashera bisa menjadi teman yang sehat, bahagia, dan penuh energi. Jadi, Sobat Suka Fakta, sebelum memelihara hewan ini, pastikan kalian siap memberikan perawatan terbaik untuk kucing Ashera kalian!

5. Harga Seekor Kucing Ashera Bisa Mencapai Lebih dari Rp 1 Miliar!

Kucing Ashera
Potret Kucing Ashera. Sumber: radarkuningan.disway.id

Sekarang, kita masuk ke bagian yang paling bikin penasaran, yaitu harga kucing Ashera dan alasan di balik harganya yang selangit. Sobat Suka Fakta, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, harga seekor kucing Ashera bisa mencapai lebih dari Rp1 miliar. 

Harga ini tentu saja membuat banyak orang terkejut dan penasaran, apa sih yang membuat kucing ini begitu mahal? Sob, salah satu alasan utama kenapa kucing Ashera begitu mahal adalah proses pembiakannya yang sangat kompleks dan memerlukan teknologi canggih. 

Menggabungkan gen dari kucing serval Afrika, kucing leopard Asia, dan kucing domestik tidaklah mudah dan membutuhkan biaya yang sangat besar. Selain itu, jumlah kucing Ashera yang terbatas juga membuat harganya melambung tinggi. 

Ditambah lagi populasi mereka sangat kecil, namun permintaan pasar yang tinggi terhadap kucing ini membuat harganya semakin mahal. Gak cuma itu, kucing Ashera juga dijual dengan sertifikat dan jaminan kesehatan yang lengkap. 

Proses pemeliharaan dan perawatan mereka selama di penangkaran juga sangat ketat dan diawasi dengan baik. Semua ini menambah biaya yang harus dikeluarkan oleh para pembiak kucing Ashera yang tentunya berpengaruh pada harga jualnya.

Penampilan eksotis dan unik kucing Ashera juga menjadi faktor penentu harga. Banyak orang yang rela mengeluarkan uang banyak untuk memiliki kucing yang tampilannya mirip dengan kucing liar namun memiliki kepribadian yang ramah dan penyayang. 

Jadi, Sobat Suka Fakta, itulah beberapa alasan kenapa kucing Ashera bisa memiliki harga yang sangat tinggi. Make sense, kan?!

6. Kontroversi dan Kritik Terhadap Kucing Ashera

Nah, Sobat Suka Fakta, di balik popularitas dan keistimewaan kucing Ashera, ternyata ada juga kontroversi dan kritik yang menyertainya. Salah satu kritik utama yang sering muncul adalah mengenai masalah etis dalam pembiakan kucing Ashera. 

Banyak pecinta hewan dan aktivis hewan yang menyoroti proses pembiakan kucing ini sebagai sesuatu yang tidak alami dan tidak etis. Mereka berpendapat bahwa mencampurkan gen dari beberapa spesies kucing yang berbeda bisa menimbulkan masalah kesehatan dan perilaku pada kucing yang dihasilkan.

Selain itu, ada juga kekhawatiran mengenai kesejahteraan kucing Ashera yang dipelihara sebagai hewan peliharaan. Mengingat mereka memiliki sifat-sifat kucing liar, beberapa orang berpendapat bahwa kucing Ashera seharusnya tidak dijadikan hewan peliharaan karena kebutuhan mereka yang spesifik dan kompleks. 

Mereka juga khawatir bahwa kucing ini tidak akan mendapatkan perawatan dan lingkungan yang sesuai jika dipelihara oleh orang yang kurang berpengalaman.

Kritik lainnya datang dari harga kucing Ashera yang sangat tinggi. Beberapa orang menganggap bahwa mengeluarkan uang sebanyak itu untuk seekor kucing adalah hal yang berlebihan dan tidak masuk akal. 

Mereka berpendapat bahwa uang tersebut bisa digunakan untuk tujuan yang lebih bermanfaat, seperti menyelamatkan dan merawat kucing liar atau kucing yang membutuhkan bantuan.

Namun, di balik semua kritik tersebut, banyak juga yang berpendapat bahwa memiliki kucing Ashera adalah sebuah kebanggaan dan tanda cinta terhadap hewan peliharaan. 

Mereka yang memilih untuk memelihara kucing Ashera biasanya sangat memperhatikan kesejahteraan dan kebahagiaan kucing mereka, serta memberikan perawatan terbaik yang mereka bisa.

Jadi, Sobat Suka Fakta, itulah beberapa kontroversi dan kritik yang sering muncul terkait kucing Ashera. Meskipun terdapat berbagai kontrovesi, kucing ini tetap menjadi salah satu ras kucing yang paling unik dan menarik di dunia.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, setelah kita mengupas tuntas tentang kucing Ashera dari berbagai aspek, kita bisa melihat betapa unik dan istimewanya kucing ini. Kita jadi tahu bahwa kucing Ashera memang layak mendapat predikat sebagai salah satu ras kucing termahal di dunia.

Kucing Ashera yang ternyata sangat ramah dan cerdas ini ternyata penampilannya mirip dengan kucing liar. Harga kucing Ashera yang mencapai lebih dari Rp 1 miliar memang membuat banyak orang terkejut. Namun, harga ini make sense dengan keunikannya.

Kita juga tidak bisa mengabaikan kontroversi dan kritik yang menyertai kucing Ashera, terutama mengenai masalah etis dalam pembiakannya dan kesejahteraan kucing tersebut.

Meskipun begitu, kucing Ashera tetap menjadi pilihan bagi mereka yang mencari hewan peliharaan yang eksotis dan unik. Dengan perawatan yang tepat dan kasih sayang, kucing Ashera bisa menjadi teman yang setia dan menyenangkan.

Jadi, Sobat Suka Fakta, itulah enam fakta unik tentang kucing Ashera, ras kucing termahal di dunia. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan kalian dan membuat kalian semakin cinta dengan dunia kucing. 

REFERENSI

  • Catster. “6 Facts About the Ashera Cat.” Diakses pada 5 Juni 2024, dari https://www.catster.com/cat-breeds/ashera-cat-facts/.
  • Pet Insurance U. “Ashera Cat Insurance.” Diakses pada 5 Juni 2024, dari https://www.petinsuranceu.com/ashera-cat-insurance/.
  • Catster. “Ashera Cat.” Diakses pada 5 Juni 2024, dari https://www.catster.com/cat-breeds/ashera-cat/.
  • Hepper. “Ashera Cat.” Diakses pada 5 Juni 2024, dari https://www.hepper.com/ashera-cat/.
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *