Fakta Unik

Mengenal Kucing Bengal, Harganya Mencapai Rp100 Juta!

67
×

Mengenal Kucing Bengal, Harganya Mencapai Rp100 Juta!

Sebarkan artikel ini
Kucing Benga
Mengenal Kucing Bengal, Ciri-ciri, Harga, dan Sifatnya. Sumber: id.wikipedia.org

Halo, Sobat Suka Fakta! Seperti yang kita tahu, kucing merupakan hewan yang memiliki banyak jenis. Mulai dari kucing savannah, sphynx, kucing Ashera, kucing Bengal, dan masih banyak lagi.

Nah, kali ini kita akan ngobrol soal kucing Bengal yang terkenal dengan bulunya yang super keren dan unik. Gak cuma itu, kucing ini juga terkenal cerdas dan penuh energi. Dia bukan tipe kucing yang suka mager di pangkuan, tapi lebih suka diajak main dan beraktivitas bareng. 

Dalam artikel ini, kita bakal kupas tuntas mulai dari asal-usul, ciri fisik, sifat, sampai perawatan kucing Bengal. Kita juga bakal bahas soal harga dan apa aja kelebihan serta tantangan memelihara kucing ini.

Yuk, mulai petualangan seru kita mengenal lebih jauh tentang kucing Bengal yang keren banget ini! Langsung aja kita mulai dari asal-usulnya dulu, biar makin paham kenapa kucing ini begitu spesial.

Asal Usul dan Sejarah Kucing Bengal

Jean Sudgen Mill
Potret Kucing bengal dan Jean Sudgen Mill. Sumber: en.wikipedia.org

Sobat Suka Fakta, pernah kepikiran nggak sih gimana awalnya kucing Bengal bisa muncul? Ternyata, kucing Bengal punya sejarah yang menarik banget! 

Kucing Bengal pertama kali dibiakkan oleh seorang wanita bernama Jean Sudgen Mill pada tahun 1960-an. Jean punya ide brilian untuk mengawinkan macan tutul Asia yang kecil dan liar dengan kucing domestik. 

Jean mau bikin kucing domestik yang punya tampilan “liar”, tapi tetap manis dan ramah seperti kucing rumahan. Nah, eksperimen Jean ini sukses besar! Hasilnya adalah kucing dengan bulu yang terlihat eksotis mirip macan tutul, tapi dengan sifat yang lebih jinak dan ramah. 

Pada tahun 1991, kucing Bengal akhirnya diakui secara resmi oleh Asosiasi Kucing Internasional. Jadi, kalau kamu punya kucing Bengal di rumah, kamu punya kucing dengan sejarah yang unik dan keren banget!

Penampilan Fisik Kucing Bengal

Kucing Bengal
Potret Fisik Kucing Bengal. Sumber: blibli.com

Sobat Suka Fakta, kucing Bengal ini punya tubuh yang berotot dan atletis. Walaupun nggak sebesar kucing Maine Coon, mereka tetap terlihat gagah dengan berat sekitar 8-15 pon.

Paling menonjol dari kucing Bengal tentu aja bulunya. Bulu mereka punya corak bintik-bintik, mawar, dan marmer yang bikin mereka terlihat seperti kucing hutan. Corak ini bisa datang dalam berbagai warna seperti karat, coklat, dan hitam. Keren banget, kan?! 

Selain itu, bulu kucing Bengal juga punya efek berkilau atau “glitter” yang bikin mereka terlihat makin mewah. Efek glitter ini membuat bulu mereka seolah ditaburi debu peri emas saat terkena cahaya. Pokoknya, kucing Bengal ini benar-benar memikat mata deh!

Perilaku Kucing Bengal

Potret Kucing Bengal sedang bermain dengan Manusia. Sumber: radarbromo.jawapos.com

Sobat Suka Fakta, kucing Bengal ini punya energi yang luar biasa! Mereka sangat aktif dan selalu bergerak. Kalau kamu suka main bareng kucing, Bengal bakal jadi teman yang pas banget karena mereka selalu siap untuk diajak bermain.

Kucing Bengal juga dikenal sangat cerdas. Mereka suka belajar trik baru dan bisa dilatih dengan clicker untuk melakukan perintah sederhana seperti mengambil mainan. Selain itu, mereka bisa diajak jalan-jalan pakai tali, lho! 

Jadi, kalau kamu punya Bengal, pastikan kamu selalu menantang pikiran mereka dengan mainan interaktif atau teka-teki makanan. Bukan cuma itu, Bengal juga suka banget sama air. 

Bengal juga sangat sosial dan suka berinteraksi dengan manusia. Mereka senang bermain dan mencari perhatian dari pemiliknya. Namun, karena mereka sangat aktif, mereka bisa melakukan perilaku negatif seperti menyembunyikan barang-barang hanya untuk menarik perhatianmu.

Sobat Suka Fakta, punya kucing Bengal berarti harus siap dengan aktivitas dan permainan yang seru setiap hari. Mereka memang butuh perhatian lebih, tapi kasih sayang yang mereka berikan pasti sebanding dengan usaha kamu!

Kebiasaan Kucing Bengal

Kucing Bengal

Sobat Suka Fakta, kalau kamu pikir kebiasaan kucing Bengal cuma seputar bermain dan berlarian, tunggu dulu! Mereka punya beberapa kebiasaan unik yang bikin mereka makin menarik. Salah satunya adalah kegemaran bermain air. Yup, Bengal ini suka banget sama air! 

Mereka nggak cuma suka minum dengan cara mencelupkan cakarnya, tapi juga sering kali ikut kamu ke kamar mandi dan main air. Jadi, jangan heran kalau suatu hari kamu lagi mandi, tiba-tiba ada si Bengal yang ikut nimbrung!

Selain itu, kucing Bengal punya naluri berburu yang kuat. Mereka suka banget menyembunyikan barang-barang seperti perhiasan atau kunci. Ini mereka lakukan untuk menarik perhatianmu dan mengajak bermain. 

Jadi, kalau ada barangmu yang hilang, coba deh cari di tempat-tempat yang nggak biasa, mungkin si Bengal yang nyembunyiin. Perilaku lainnya yang cukup unik adalah kegemaran menggigit. 

Ketika bosan atau kurang stimulasi, Bengal cenderung menggigit apa saja yang ada di sekitarnya. Oleh karena itu, penting banget untuk menyediakan banyak mainan agar mereka tetap sibuk dan nggak merusak barang-barang di rumah.

Perawatan dan Pemeliharaan Kucing Bengal

Sobat Suka Fakta, perawatan kucing Bengal sebenarnya nggak terlalu rumit, tapi tetap butuh perhatian khusus. Salah satunya adalah perawatan bulu. 

Bulu Bengal pendek dan tebal, jadi cukup disisir seminggu sekali untuk menghilangkan rambut mati dan menyebarkan minyak alami kulitnya.

Selain itu, karena Bengal sangat aktif dan suka memanjat, pastikan kamu menyediakan ruang vertikal di rumah. Kamu bisa pasang pohon kucing atau rak-rak tinggi buat mereka memanjat dan melompat. Ini penting banget buat menjaga mereka tetap aktif dan terstimulasi.

Aktivitas fisik dan mental juga penting bagi Bengal. Mainan interaktif dan teka-teki makanan bisa jadi pilihan yang bagus buat mengisi waktu mereka. Kalau kamu sering pergi kerja, pertimbangkan untuk punya Bengal kedua supaya mereka punya teman bermain dan nggak merasa kesepian.

Sob, yang nggak kalah penting, pastikan Bengalmu selalu dalam kondisi sehat dengan rutin memeriksakan mereka ke dokter hewan. Vaksinasi dan pemeriksaan rutin bisa membantu menjaga kesehatan mereka dan mendeteksi masalah sejak dini.

Aturan Hukum dan Legalitas Untuk Memelihara Kucing Bengal 

Kucing Bengal.
Bendera negara Amerika yang beberapa bagiannya tidak boleh perilhara Kucing Bengal. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, sebelum kamu memutuskan untuk memelihara kucing Bengal, ada baiknya kamu cek dulu aturan hukum di tempat tinggalmu. Beberapa negara bagian di Amerika Serikat seperti Hawaii dan New York City melarang kepemilikan kucing Bengal. 

Selain itu, beberapa kota seperti Seattle dan Denver juga punya pembatasan tertentu.  Pembatasan ini biasanya berlaku untuk generasi F1 hingga F4, yaitu Bengal yang masih sangat dekat dengan nenek moyang liar mereka. 

Jadi, pastikan kamu mengecek aturan lokal sebelum memutuskan untuk memelihara kucing Bengal. Ini penting banget untuk memastikan kamu nggak melanggar hukum dan bisa merawat Bengal dengan tenang.

Harga Kucing Bengal

Sobat Suka Fakta, kalau kamu sudah mulai jatuh cinta sama kucing Bengal dan kepikiran untuk memeliharanya, kamu pasti penasaran berapa sih harga kucing Bengal ini? 

Nah, harga kucing Bengal bisa bervariasi tergantung beberapa faktor, seperti kualitas, usia, dan silsilah mereka. Secara umum, harga kucing Bengal berkisar antara Rp 20 juta hingga Rp 100 juta. 

Kucing Bengal dengan kualitas tinggi dan silsilah yang baik bisa lebih mahal. Misalnya, Bengal dengan pola bulu yang sangat indah atau warna yang langka bisa punya harga yang lebih tinggi. 

Selain itu, kucing Bengal yang sudah dilatih dan memiliki sertifikat dari organisasi kucing internasional juga biasanya lebih mahal. Kalau kamu memutuskan untuk membeli kucing Bengal, pastikan kamu membelinya dari breeder yang terpercaya dan sudah berpengalaman. 

Selain itu, pastikan juga kamu mempertimbangkan biaya tambahan untuk perawatan, makanan berkualitas, dan mainan untuk menjaga kucing Bengalmu tetap sehat dan bahagia.

Kelebihan dan Kekurangan Memelihara Kucing Bengal

Setiap kucing pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, begitu juga dengan kucing Bengal. Yuk, kita bahas apa saja kelebihan dan tantangan memelihara kucing Bengal, Sobat Suka Fakta!

Kelebihan Memelihara Kucing Bengal

  1. Penampilan yang Eksotis: Kucing Bengal punya bulu yang indah dengan corak yang mirip macan tutul. Efek glitter pada bulunya membuat mereka terlihat sangat mewah dan unik.
  2. Sangat Aktif dan Enerjik: Bengal adalah kucing yang penuh energi dan selalu siap diajak bermain. Mereka suka berlarian, memanjat, dan melompat, jadi kamu nggak akan pernah bosan.
  3. Cerdas dan Mudah Dilatih: Bengal terkenal sangat cerdas dan bisa dilatih untuk melakukan berbagai trik. Mereka bisa diajari berjalan dengan tali, mengambil mainan, dan trik lainnya.
  4. Sosial dan Penyayang: Bengal suka berinteraksi dengan manusia dan hewan peliharaan lainnya. Mereka bisa jadi teman yang setia dan penuh kasih sayang.
  5. Suka Air: Berbeda dengan kebanyakan kucing, Bengal suka main air dan bahkan bisa ikut kamu mandi. Ini bisa jadi pengalaman yang menyenangkan dan unik.

Kekurangan Memelihara Kucing Bengal

  1. Butuh Perhatian dan Aktivitas: Bengal butuh banyak perhatian dan aktivitas. Kalau mereka bosan, mereka bisa merusak barang-barang di rumah atau menunjukkan perilaku negatif.
  2. Harga yang Mahal: Harga kucing Bengal cukup tinggi, dan biaya perawatannya juga bisa mahal, terutama untuk makanan berkualitas dan mainan.
  3. Pembatasan Hukum: Beberapa tempat melarang kepemilikan kucing Bengal atau membatasi generasi tertentu. Jadi, pastikan kamu mengecek aturan lokal sebelum memeliharanya.
  4. Naluri Berburu yang Kuat: Bengal punya naluri berburu yang kuat, jadi mereka mungkin tidak cocok untuk rumah tangga yang punya hewan kecil seperti hamster atau kelinci.
  5. Perawatan yang Intensif: Bengal butuh perawatan rutin, termasuk penyisiran bulu dan pemeriksaan kesehatan. Mereka juga butuh ruang untuk memanjat dan bermain.

Nah, Sobat Suka Fakta, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan memelihara kucing Bengal. Dengan mengetahui semua ini, kamu bisa lebih siap untuk merawat dan memberikan yang terbaik untuk si Bengal kesayanganmu.

Kesimpulan 

Sobat Suka Fakta, kita sudah sampai di penghujung petualangan seru kita dalam mengenal kucing Bengal. Kucing Bengal bukan hanya memikat mata dengan bulunya yang berkilau dan corak yang mirip macan tutul, tapi juga mampu mengisi hari-harimu dengan energi positif dan keceriaan. 

Jadi, apakah kamu siap menyambut kucing Bengal ke dalam keluarga? Kalau iya, pastikan kamu memberikan mereka kasih sayang dan perhatian yang tak terbatas, dan mereka pasti akan membalasnya dengan kebahagiaan dan momen-momen tak terlupakan.

Terima kasih sudah mengikuti artikel ini, Sobat Suka Fakta! Semoga informasi ini membantu kamu lebih memahami kucing Bengal dan memutuskan apakah mereka cocok untukmu. Sampai jumpa di artikel menarik berikutnya!

REFERENSI

Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *