Fakta Unik

Mitos Ibu Hamil Harus Bawa Peniti dan Gunting? Begini Faktanya!

48
×

Mitos Ibu Hamil Harus Bawa Peniti dan Gunting? Begini Faktanya!

Sebarkan artikel ini
Ibu Hamil
Mitos Ibu Hamil Harus Bawa Peniti dan Gunting_ Begini Faktanya!. Sumber: IST

Halo Sobat Suka Fakta! Kehamilan memang jadi salah satu momen paling spesial dalam hidup. Banyak banget hal-hal yang mesti diperhatikan, mulai dari makanan yang harus dijaga, pola tidur yang berubah, sampai ke berbagai nasihat dan mitos ibu hamil yang sering kita dengar dari orang-orang sekitar. 

Nah, kali ini kita bakal bahas salah satu mitos yang cukup populer di kalangan ibu hamil, yaitu tentang peniti dan gunting yang katanya harus selalu dibawa-bawa.

Siapa sih yang belum pernah denger soal ini? Mitos ini sudah ada sejak zaman nenek moyang kita, dan sampai sekarang masih banyak yang percaya. Tapi, apa iya benar peniti dan gunting bisa jadi pelindung buat ibu hamil dan bayinya? Yuk, kita kupas tuntas bareng-bareng!

1. Asal-Usul Mitos Ibu Hamil

 ibu hamil.
Ilustrasi ibu hamil. Sumber: IST

Kalau ngomongin soal mitos, Indonesia memang sangat kaya akan kepercayaan turun-temurun. Salah satu yang menarik adalah mitos tentang ibu hamil yang harus membawa peniti dan gunting ke mana-mana. Mitos ini konon berasal dari kepercayaan kuno yang tersebar luas di berbagai daerah di Indonesia. Sejak zaman dulu, benda-benda tersebut dianggap memiliki kekuatan magis yang bisa melindungi ibu hamil dan janinnya dari gangguan makhluk halus dan berbagai penyakit misterius.

Mitos ini nggak muncul begitu saja, Sobat Suka Fakta! Biasanya, kepercayaan seperti ini berawal dari cerita-cerita nenek moyang yang disampaikan secara lisan dari generasi ke generasi. Di banyak budaya, benda tajam seperti peniti dan gunting diyakini bisa mengusir roh jahat. Di beberapa daerah, benda-benda ini bahkan dianggap sebagai jimat yang harus selalu dibawa oleh ibu hamil, terutama saat keluar rumah atau bepergian jauh. 

2. Peniti dan Fungsinya dalam Mitos

Peniti
Ilustrasi Peniti yang dipakai. Sumber: IST

Kenapa ada mitos ibu hamil bawa peniti? Jadi menurut mitos yang beredar, peniti bukan cuma benda biasa yang dipakai untuk mengaitkan kain atau baju. Peniti yang dipakai oleh ibu hamil konon bisa menangkal roh jahat yang ingin mengganggu mereka dan janinnya. Biasanya, peniti ini dipasang di bagian baju yang dekat dengan perut atau digantung di tempat tidur bayi yang baru lahir.

Mitos ini percaya bahwa peniti memiliki kekuatan magis yang bisa memproteksi ibu dan bayi dari berbagai ancaman gaib. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa peniti yang dipakai harus dalam kondisi baru dan belum pernah digunakan untuk hal lain, agar kekuatannya tetap maksimal. Meskipun terdengar agak klenik, banyak orang yang masih mempraktikkannya hingga kini. 

3. Pandangan Medis Tentang Penggunaan Peniti dan Gunting

ibu hamil
Ilustrasi ibu hamil berkonsultasi kepada dokter. Sumber: IST

Nah, kalau dari sisi medis, bagaimana sih sebenarnya penggunaan peniti dan gunting ini? Menurut dokter dan ahli kesehatan, benda-benda seperti peniti dan gunting sebenarnya nggak punya pengaruh apa-apa terhadap kesehatan ibu hamil dan janin. Secara ilmiah, tidak ada bukti bahwa benda-benda tersebut bisa menangkal makhluk halus atau mencegah penyakit.

Justru, ada risiko yang bisa muncul jika peniti dan gunting tidak digunakan dengan hati-hati. Misalnya, jika peniti tidak terpasang dengan baik, bisa saja terjadi kecelakaan kecil seperti tertusuk yang bisa berakibat infeksi. Jadi, daripada fokus pada benda-benda magis, lebih baik ibu hamil mengikuti saran medis dan menjaga kesehatan dengan cara yang sudah terbukti aman dan efektif.

4. Bahaya Membawa Benda Tajam bagi Ibu Hamil

Ibu hamil
Ilustrasi ibu hamil memegang Pisau. Sumber: IST

Membawa benda tajam seperti peniti dan gunting memang bisa menimbulkan risiko, terutama bagi ibu hamil yang rentan terhadap luka dan infeksi. Peniti yang tidak terpasang dengan benar bisa menyebabkan luka tusuk, dan jika tidak segera ditangani, bisa berujung pada infeksi serius seperti sepsis atau bahkan tetanus. Hal ini tentunya sangat berbahaya bagi ibu hamil dan janinnya.

Selain itu, membawa benda tajam saat hamil juga bisa menimbulkan stres tambahan karena khawatir tentang keselamatan. Oleh karena itu, penting untuk memahami bahwa meskipun mitos ini masih banyak dipercayai, ada baiknya untuk lebih berhati-hati dan mempertimbangkan risiko-risiko yang mungkin timbul. Menjaga kesehatan selama kehamilan lebih penting daripada mengikuti mitos yang belum tentu benar.

5. Apa Saja Mitos Ibu Hamil di Berbagai Daerah?

Bawang putih
Kolase bawang putih dan sapu lidi. Sumber: IST

Mitos tentang ibu hamil membawa peniti dan gunting ini ternyata tidak hanya ada di satu atau dua daerah saja, lho! Di berbagai wilayah di Indonesia, kita bisa menemukan variasi dari mitos yang serupa. 

Misalnya, di Jawa, ada kepercayaan bahwa selain peniti dan gunting, ibu hamil juga harus membawa lidi atau bawang putih sebagai pelindung. Di daerah lain, rempah-rempah seperti bangle juga sering digunakan sebagai jimat untuk mengusir makhluk halus.

Kepercayaan ini menunjukkan betapa kuatnya pengaruh budaya dan tradisi dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun berbeda-beda, intinya tetap sama, yaitu melindungi ibu hamil dan janinnya dari ancaman yang tidak terlihat. Namun, dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, kita sebaiknya mulai mempertimbangkan pandangan medis yang lebih logis dan aman. Tetap jaga tradisi, tapi jangan lupa untuk selalu memprioritaskan kesehatan dan keselamatan!

6. Gunting dan Benda Tajam Lainnya Dianggap Jimat Ibu Hamil

Benda tajam
Kolase Benda tajam yang diannggap jimat. Sumber: IST

Selain peniti, gunting juga sering dianggap sebagai salah satu jimat yang harus dibawa oleh ibu hamil. Menurut mitos, gunting memiliki kekuatan untuk menangkal makhluk halus yang mencoba mendekati ibu hamil dan janinnya. Biasanya, gunting ini dibawa ke mana-mana, baik disimpan di saku atau digantung di tempat tidur.

Benda tajam lainnya seperti pisau dan potongan kuku juga sering digunakan dengan tujuan yang sama. Kepercayaan ini mungkin berasal dari pemikiran bahwa makhluk halus takut dengan benda-benda tajam yang bisa melukai mereka. Namun, dari segi medis, membawa benda tajam kemana-mana justru bisa menimbulkan risiko cedera yang serius jika tidak ditempatkan dengan baik. Alih-alih terlindungi, ibu hamil malah bisa terluka dan mengalami infeksi.

7. Manfaat Rempah-Rempah Secara Medis

bangle.
Potret rempah-rempah bangle. Sumber: IST

Rempah-rempah seperti bangle sering digunakan sebagai jimat dalam mitos kehamilan. Bangle atau Zingiber casumounar dipercaya bisa mengusir makhluk halus karena baunya yang menyengat. Selain itu, bangle juga digunakan dengan peniti atau gunting untuk meningkatkan kekuatannya sebagai pelindung.

Namun, bangle sebenarnya memiliki manfaat medis yang terbukti. Jika dikonsumsi, bangle dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti sakit kepala, nyeri tubuh, gangguan pencernaan, dan bahkan membantu melangsingkan tubuh. Jadi, meskipun rempah ini dipercaya bisa menangkal makhluk halus, manfaat utamanya justru lebih terasa jika digunakan sesuai anjuran medis. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi rempah-rempah ini, ya, Sobat Suka Fakta!

8. Cara Menerapkan Mitos Ibu Hamil dengan Aman

Gunting
Potret Peniti dan gunting untik dipakai dibaju. Sumber: iNews Depok/Tama

Jika kamu atau keluargamu tetap ingin mengikuti mitos ini, ada baiknya untuk melakukannya dengan cara yang aman. Misalnya, jika ingin membawa peniti atau gunting, pastikan benda tersebut terpasang dengan benar dan aman. Gunting harus selalu dalam keadaan terlipat dan peniti harus terkunci dengan baik agar tidak menimbulkan luka.

Selain itu, hindari membawa benda tajam saat tidur atau saat berada di tempat yang ramai. Kamu bisa menyimpan benda-benda tersebut di tempat yang mudah dijangkau namun aman, seperti di dalam tas yang khusus untuk perlengkapan hamil. Ingat, keselamatan adalah yang utama, jadi tetap berhati-hati dan waspada dalam menggunakan benda-benda ini.

9. Rempah-Rempah sebagai Jimat

Rempah-Rempah
Kolase Blao dan Bawang. Sumber: IST

Di beberapa daerah, rempah-rempah juga sering digunakan sebagai jimat untuk ibu hamil. Bangle, bawang putih, dan rempah-rempah lainnya dipercaya memiliki kemampuan untuk mengusir makhluk halus dan melindungi ibu hamil serta janinnya. Biasanya, rempah-rempah ini ditempatkan di dalam kantong kecil dan dibawa ke mana-mana.

Meski begitu, rempah-rempah ini sebenarnya memiliki banyak manfaat kesehatan jika digunakan dengan benar. Misalnya, bawang putih dikenal memiliki sifat antibakteri dan anti inflamasi yang baik untuk kesehatan. 

Jadi, daripada hanya digunakan sebagai jimat, lebih baik manfaatkan rempah-rempah ini dengan cara yang benar dan sesuai anjuran medis. Ini bisa membantu menjaga kesehatanmu selama kehamilan dengan lebih efektif.

Kesimpulan

Setelah kita membahas berbagai mitos ibu hamil yang biasanya disarankan untuk membawa peniti, gunting, dan rempah-rempah, kita jadi tahu apa yang baik dibawa dan yang tidak, begitu juga dengan cara penyimpanan barang-barang tajam ini supaya aman untuk dibawa-bawa. 

Meskipun banyak orang masih mempercayai mitos-mitos ini, penting bagi kita untuk selalu memprioritaskan kesehatan dan keselamatan. Konsultasi dengan dokter dan ahli kesehatan adalah langkah terbaik untuk memastikan kehamilan yang sehat dan aman.

Jika kamu tetap ingin mengikuti tradisi dan kepercayaan, pastikan untuk melakukannya dengan cara yang aman. Selalu waspada terhadap risiko yang mungkin timbul dan jangan ragu untuk mencari informasi dari sumber yang terpercaya. Ingat, menjaga kesehatan selama kehamilan adalah yang utama. Jadi, pastikan untuk selalu mendapatkan saran medis yang tepat dan menjalani pola hidup sehat.

Dalam perjalanan kehamilan, banyak sekali nasihat, mitos, dan kepercayaan yang akan ditemui. Penting untuk memilah mana yang benar-benar bermanfaat dan mana yang hanya sekadar mitos. Dengan memahami asal-usul dan fakta medis di balik mitos ibu hamil, kamu bisa lebih bijak dalam mengambil keputusan untuk dirimu dan calon bayimu. Tetap sehat dan semangat selalu ya!

REFERENSI:

  • KlikDokter. “Peniti pada Ibu Hamil dan Bayi, Perlukah?” https://www.klikdokter.com/ibu-anak/kehamilan/peniti-pada-ibu-hamil-dan-bayi-perlukah
  • Nakita. “Mitos VS Fakta Kehamilan: Ibu Hamil Wajib Membawa Gunting ke Mana Saja Dianggap Jadi Tolak Bala, Begini Faktanya.” https://nakita.grid.id/read/022716976/mitos-vs-fakta-kehamilan-ibu-hamil-wajib-membawa-gunting-ke-mana-saja-dianggap-jadi-tolak-bala-begini-faktanya?page=all
  • Hipwee. “Pro-Kontra ‘Jimat’ Peniti, Gunting dan Rempah-Rempah untuk Ibu Hamil. Ini Detail Lengkapnya!” https://www.hipwee.com/young-mom/jimat-ibu-hamil/
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *