Fakta Unik

Mengenal Permainan Pindah Bintang, Sudah Ada Sejak Era Kolonial

52
×

Mengenal Permainan Pindah Bintang, Sudah Ada Sejak Era Kolonial

Sebarkan artikel ini
Permainan Pindah Bintang,
Mengenal Permainan Pindah Bintang, Sudah Ada Sejak Era Kolonial. Sumber: Dok. mikirbae.com

Hai, Sobat Suka Fakta! Kali ini kita akan ngobrolin tentang permainan tradisional Kalimantan. Ternyata, permainan dari Kalimantan ini banyak banget, lho, Sob. Mulai dari permainan gasing, belongo, lawang sekepeng, cekang, belincar, egrang, hingga pindah bintang.

Nah, kali ini kita bakal bahas permainan pindah bintang. Sobat pernah denger gak? Walaupun mungkin buat sebagian dari kita masih terdengar asing, permainan ini sudah ada sejak zaman dulu dan dimainkan oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. 

Jadi, siap-siap buat perjalanan seru mengenal salah satu warisan budaya Indonesia yang wajib banget kita lestarikan. Yuk, langsung aja kita mulai pembahasannya, Sob!

Mulai Dikenal di Daerah Melayu sejak Era Kolonial

 permainan pindah bintang.
Potret permainan pindah bintang. Sumber: Dok. anakbawangsolo.org

Jadi, permainan ini sebenarnya sudah ada sejak lama di Kalimantan Timur. Kabarnya, permainan ini mulai dikenal di daerah Melayu pada era Kolonial. Saat itu, orang-orang melihat bintang-bintang di langit yang tampak berpindah-pindah dan terinspirasi untuk membuat permainan yang menirukan gerakan bintang-bintang tersebut.

Permainan ini kemudian berkembang dan menjadi salah satu permainan favorit di Kalimantan Timur. Dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa, semua bisa ikut bermain. Nah, dari sini kita bisa lihat betapa kayanya budaya kita dengan permainan yang seru dan penuh makna.

Persiapan Sebelum Bermain

Permainan Pindah Bintang,.
Ilustrasi Hompimpa. Sumber: freepik

Sebelum mulai main, ada beberapa persiapan yang perlu kita lakukan biar permainan berjalan lancar. Pertama-tama, pastikan kita punya tempat yang cukup luas, bisa di lapangan atau halaman rumah. 

Kemudian, buat lingkaran-lingkaran di tanah atau lantai, atau bisa juga pakai kertas berwarna sebagai alternatif. Jumlah lingkarannya harus kurang satu dari jumlah pemain, jadi kalau ada 10 pemain, buatlah 9 lingkaran. 

Selanjutnya, lakukan undian atau hompimpa untuk menentukan siapa yang jadi ajak, dan yang nggak kalah penting, pastikan semua pemain dalam kondisi fisik yang sehat. Kita nggak mau ada yang cedera saat main, ya, kan?!

Cara Bermain Pindah Bintang

permainan pindah bintang.
Potret permainan pindah bintang. Sumber: Dok. chrome-extension

Nah, setelah semua persiapan selesai, pemain yang menang dalam hompimpa atau undian akan menempati lingkaran masing-masing, sementara yang kalah akan jadi ajak.

Ketika aba-aba diberikan, semua pemain harus berpindah ke lingkaran lain secepat mungkin. Pemain yang nggak mendapatkan lingkaran akan menjadi ajak untuk putaran berikutnya. Begitu seterusnya.

Dalam permainan ini, selain kecepatan, kita juga perlu strategi dan ketepatan dalam bergerak. Jangan sampai dorong-dorongan ya, Sobat, karena permainan ini harus tetap berjalan dengan fair dan seru. Pemain yang jadi ajak harus bisa merebut lingkaran dengan cara yang sportif.

Terakhir, permainan ini bisa berakhir kapan saja sesuai kesepakatan semua pemain. Kalau sudah merasa lelah atau ingin berhenti, permainan bisa dihentikan.

Aturan yang Berlaku dalam Permainan

Permainan pindah bintang
Potret permainan pindah bintang. Sumber: Dok. aturanpermainan.blogspot.com

Sekarang kita bahas aturan main Permainan Pindah Bintang lebih detail, Sobat Suka Fakta. Biar permainan bisa berjalan lancar dan seru, kita perlu tahu beberapa aturan dasar yang harus diikuti. Yuk, simak baik-baik!

Pemain Jaga (Ajak)

Pemain yang kalah dalam perebutan lingkaran akan menjadi pemain jaga atau disebut juga ajak. Pemain jaga harus berebut tempat dengan pemain lain saat terjadi pertukaran tempat.

Waktu Rebutan Lingkaran

Pemain jaga tidak boleh merebut lingkaran sebelum semua pemain lain menempati lingkaran mereka masing-masing.

Fair Play

Saat berebut lingkaran, pemain yang tidak mendapatkan lingkaran tidak diperbolehkan mendorong pemain lain secara paksa untuk mendapatkan lingkaran.

Aba-aba

Semua pemain, baik yang berada di lingkaran maupun yang berjaga, harus menunggu aba-aba sebelum bergerak.

Rotasi Jaga

Jika ada pemain yang tidak mendapatkan lingkaran ketika berpindah tempat, pemain tersebut menggantikan pemain yang jaga sebelumnya.

Dengan mengikuti aturan ini, permainan akan lebih seru dan fair. Jadi, pastikan semua pemain memahami dan mengikuti aturan yang ada, ya!

Permainan ini Memberikan Banyak Manfaat

Sekarang, kita masuk ke bagian yang nggak kalah penting, yaitu manfaat dari Permainan Pindah Bintang. Ternyata, permainan ini punya banyak manfaat yang keren, lho!

Mengembangkan Kreativitas dan Strategi

Dalam permainan ini, kita dituntut untuk selalu kreatif dalam mencari strategi agar bisa mendapatkan lingkaran atau markas. Kita harus bisa berpikir cepat dan menentukan langkah yang tepat.

Manfaat Kesehatan Fisik

Permainan ini melibatkan banyak gerakan seperti berlari dan melompat. Jadi, secara tidak langsung kita juga berolahraga. Ini bagus banget untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Pengajaran Nilai-nilai Sosial

Permainan ini mengajarkan kita untuk bermain secara fair, saling menghargai, dan bekerja sama dengan teman-teman. Nilai-nilai sosial seperti setia kawan dan kebersamaan sangat ditekankan dalam permainan ini.

Melestarikan Kearifan Lokal

Dengan bermain Permainan Pindah Bintang, kita turut serta dalam melestarikan permainan tradisional Indonesia. Ini adalah salah satu cara kita menghargai dan menjaga warisan budaya kita.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, setelah kita bahas panjang lebar tentang Permainan Pindah Bintang, kita bisa lihat betapa serunya permainan ini. Mulai dari asal usul yang menarik, aturan dan cara bermain yang seru, hingga manfaat yang luar biasa, semuanya menunjukkan bahwa permainan ini layak untuk dilestarikan.

Permainan Pindah Bintang tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga mengajarkan banyak hal positif seperti kreativitas, kesehatan, dan nilai-nilai sosial. Jadi, Sobat Suka Fakta, yuk lestarikan permainan ini dan ajak teman-temanmu untuk bermain bersama!

Semoga informasi tentang Permainan Pindah Bintang ini bermanfaat dan menginspirasi kamu untuk mencoba permainan tradisional yang seru ini. Jangan lupa share artikel ini ke teman-temanmu, biar mereka juga tahu dan bisa ikut bermain. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

REFERENSI

  • Anak Bisa. (2024). Pindah Bintang: Permainan Tradisional dari Kalimantan Timur. Diakses pada 21 Juni 2024, dari Anak Bisa.
  • Mikirbae. (2016). Permainan Tradisional Pindah Bintang. Diakses pada 21 Juni 2024, dari Mikirbae.
  • Wikibooks. (2024). Permainan Tradisional Provinsi Kalimantan Utara: Pindah Bintang. Diakses pada 21 Juni 2024, dari Wikibooks.
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *