Fakta Unik

Manfaat Tiram Bagi Kesehatan, Bisa Membuat Otak Jadi Cerdas?

56
×

Manfaat Tiram Bagi Kesehatan, Bisa Membuat Otak Jadi Cerdas?

Sebarkan artikel ini
tiram
15 Manfaat Tiram Bagi Kesehatan dan Cara Mengolahnya. Sumber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Kalian pasti udah pada tau dong kalau tiram itu sering banget nongol di restoran mewah dengan harga yang bikin kantong kering. Tapi, jangan salah sangka dulu! Di balik harganya yang pricey, ternyata tiram itu punya segudang manfaat buat kesehatan kita, lho!

Sobat Suka Fakta, tahu tidak nih apa manfaat tiram? Di dalam cangkangnya yang keras itu, tiram menyimpan banyak banget vitamin, mineral, dan protein yang penting buat tubuh kita. Makanya, tiram sering disebut-sebut sebagai superfood dari laut. Keren, kan?!

Nah, daripada penasaran, mending kita langsung aja bahas tuntas tentang hewan tiram di artikel ini. Mulai dari manfaatnya yang seabrek buat kesehatan, sampai cara mengolahnya yang benar biar tetap aman dan pastinya enak banget. Buat sobat suka fakta yang penasaran atau mungkin sudah jadi penggemar berat tiram, jangan sampai kelewatan info penting ini, ya! 

Manfaat Utama Tiram untuk Kesehatan

1. Menyimpan Banyak Sumber Nutrisi

tiram
Ilustrasi salah satu kandungan vitamin yang ada di Tiram. Sumber: IST

Tiram itu kaya banget akan protein, vitamin, dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh kita. Proteinnya bisa bantu buat pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh, apalagi buat kamu yang lagi masa pertumbuhan. Gak cuma itu, vitaminnya, seperti vitamin B12, penting banget buat fungsi otak dan sistem saraf kita. 

2. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

kekebalan tubuh manusia
Ilustrasi kekebalan tubuh manusia. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, pasti udah tau dong, kalau zinc itu penting banget buat sistem kekebalan tubuh kita? Nah, tiram itu salah satu sumber zinc terbaik, lho! Zinc bantu banget buat memperkuat sistem imun kita. Dengan begitu, kita jadi nggak gampang sakit, deh. Keren, kan?! 

3. Sahabat Setia bagi Jantung

serangan jantung
Ilustrasi pria terkena serangan jantung. Sumber; IST

Sobat, nggak cuma itu, tiram juga punya kandungan omega-3 yang tinggi. Omega-3 itu sejenis lemak sehat yang penting banget buat kesehatan jantung kita. Omega-3 bantu banget buat nurunin kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah. 

Jadi, makan tiram secara rutin bisa bantu banget buat mencegah penyakit jantung. Apalagi buat kamu yang suka makan makanan berlemak, tiram bisa jadi penyeimbang yang baik nih, Sob!

4. Bikin Otak Makin Encer dan Cerdas

tiram
Ilustrasi otak Manusia. Sumber: IST

Buat Sobat Suka Fakta yang masih sekolah atau kuliah, tiram itu bisa jadi camilan sehat yang bikin otak makin encer. Tiram mengandung vitamin B12 yang tinggi, yang penting banget buat fungsi otak dan sistem saraf kita. 

Vitamin B12 juga bisa bantu buat ningkatin konsentrasi, daya ingat, dan kemampuan belajar kita. Jadi, jangan lupa makan tiram biar makin pinter, ya! Siapa tahu bisa dapet nilai bagus terus.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

 sendi-sendi tulang
Ilustrasi sendi-sendi tulang. Sumber: IST

Tiram juga mengandung vitamin D dan kalsium yang penting banget buat kesehatan tulang kita. Vitamin D bantu banget buat penyerapan kalsium dalam tubuh, sedangkan kalsium itu sendiri berperan penting dalam pembentukan dan pemeliharaan tulang yang kuat. Buat sobat suka fakta yang masih dalam masa pertumbuhan, makan tiram bisa bantu banget buat pertumbuhan tulang yang optimal, lho! Nggak mau kan, tulang keropos di usia muda?

6. Ampuh Melindungi Kulit dari Penuaan

Kulit sehat
Ilustrasi kulit tanpa kerutan. Sumber: IST

Siapa sih yang nggak pengen punya kulit sehat dan glowing? Nah, tiram bisa bantu banget buat mewujudkan impian itu, lho! Tiram mengandung antioksidan yang tinggi, yang bisa bantu banget buat melawan radikal bebas penyebab penuaan dini. 

Antioksidan juga bantu banget buat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Jadi, makan tiram secara rutin bisa bikin kulit kamu semakin sehat, cerah, dan glowing alami! Udah gitu, tiram juga bisa bantu mengatasi masalah jerawat, lho!

10 Manfaat Tiram Lainnya yang Nggak Kalah Keren!

tiram
Kolase dari manfaat Tiram. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, masih ada lagi nih manfaat tiram yang nggak kalah keren dari yang udah kita bahas sebelumnya. Siap-siap, ya!

1. Energi dan Stamina Meningkat

Tiram mengandung zat besi yang berperan penting dalam pembentukan hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Dengan asupan oksigen yang cukup, energi dan stamina kamu bakal meningkat, jadi nggak gampang capek deh!

2. Produksi Sel Darah Merah Terbantu

Selain zat besi, tiram juga mengandung vitamin B12 yang penting banget buat pembentukan sel darah merah. Sel darah merah yang cukup bakal bikin tubuh kamu berfungsi optimal dan nggak gampang kena anemia.

3. Tekanan Darah Terkontrol

Kandungan kalium dalam tiram membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh, sehingga tekanan darah kamu tetap stabil. Cocok banget buat kamu yang punya riwayat hipertensi dalam keluarga.

4. Mata Sehat dan Jernih

Tiram mengandung vitamin A dan zinc yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin A membantu menjaga ketajaman penglihatan, sedangkan zinc melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Jadi, makan tiram bisa bikin mata kamu tetap sehat dan jernih.

5. Mengoptimalkan Fungsi Tiroid 

Tiram mengandung selenium, mineral yang penting banget buat fungsi kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid ini berperan penting dalam mengatur metabolisme tubuh, jadi kalau fungsinya optimal, berat badan kamu juga bakal lebih stabil.

6. Kesehatan Reproduksi Terjaga

Buat kamu yang udah mulai mikirin masa depan, tiram juga bisa bantu menjaga kesehatan reproduksi, lho! Kandungan zinc dalam tiram berperan penting dalam produksi hormon testosteron pada pria dan menjaga kesehatan sel telur pada wanita.

7. Mencegah Anemia 

Anemia adalah kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah. Nah, tiram bisa bantu mencegah anemia karena kandungan zat besi dan vitamin B12-nya yang tinggi. Jadi, jangan lupa makan tiram biar nggak lemas dan pucat, ya!

8. Rambut dan Kuku Makin Sehat

Tiram mengandung biotin, vitamin yang penting banget buat kesehatan rambut dan kuku. Biotin membantu memperkuat rambut dan kuku, mencegah kerontokan, dan bikin kuku nggak gampang patah.

9. Mood Jadi Lebih Baik

Tiram mengandung asam amino tirosin yang berperan penting dalam produksi hormon dopamin. Dopamin adalah hormon yang bikin kita merasa bahagia dan bersemangat. Jadi, kalau lagi bad mood, cobain deh makan tiram!

10. Berat Badan Turun

Buat kamu yang lagi menjalankan program diet, tiram bisa jadi pilihan makanan yang tepat. Tiram rendah kalori dan lemak, tapi tinggi protein. Protein bikin kamu merasa kenyang lebih lama, jadi nggak gampang lapar dan ngemil.

Cara Mengolah Tiram yang Benar 

cara mengolah Tiram.
Kolase cara mengolah Tiram. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, setelah tau segudang manfaat tiram, pasti jadi pengen cobain, kan? Tapi, sebelum itu, penting banget buat tau cara mengolah tiram yang benar dan aman. Soalnya, tiram mentah bisa aja mengandung bakteri atau virus yang berbahaya buat kesehatan kita.

1. Pilih Tiram yang Segar

Pertama-tama, pastikan kamu pilih tiram yang segar, ya! Tiram segar biasanya punya ciri-ciri cangkang yang tertutup rapat, nggak ada bau amis yang menyengat, dan dagingnya masih kenyal. Kalau kamu beli tiram di pasar atau supermarket, pastikan tiramnya disimpan dalam wadah yang bersih dan dingin. Jangan lupa cek tanggal kedaluwarsanya juga, ya!

2. Simpan Tiram dengan Benar

Setelah beli tiram, jangan lupa simpan dengan benar, ya! Tiram sebaiknya disimpan di kulkas dengan suhu antara 0-4 derajat Celcius. Kamu bisa simpan tiram dalam wadah tertutup yang dilapisi kain lembab. Jangan lupa, tiram harus segera diolah dalam waktu 1-2 hari setelah pembelian biar kualitasnya tetap terjaga. Jangan sampai tiramnya keburu busuk, ya!

3. Buka Cangkang Tiram dengan Hati-hati

Sebelum diolah, cangkang tiram harus dibuka dulu. Buat buka cangkang tiram, kamu bisa pakai pisau tiram khusus atau pisau dapur biasa yang tajam. Caranya, selipkan pisau di antara cangkang tiram, lalu putar pisau secara perlahan sampai cangkangnya terbuka. 

Hati-hati, ya! Jangan sampai tangan kamu terluka. Kalau nggak yakin, kamu bisa minta bantuan orang dewasa atau penjual tiram buat bukakan cangkangnya.

4. Resep Olahan Tiram yang Lezat dan Mudah

Nah, sekarang tiramnya udah siap diolah! Ada banyak banget resep olahan tiram yang bisa kamu coba. Mulai dari yang simpel kayak tiram bakar atau goreng tepung, sampai yang lebih kompleks kayak tiram saus tiram atau saus padang. 

Nah, buat Sobat Suka Fakta yang nggak mau ribet, tiram tumis juga bisa jadi pilihan yang enak dan praktis. Kamu bisa cari resep-resepnya di internet atau buku masak, ya, Sob!

5. Tips Mengolah Tiram Biar Nggak Amis

Buat yang nggak suka bau amis tiram, jangan khawatir! Ada beberapa tips yang bisa kamu coba biar tiram nggak amis. Pertama, kamu bisa rendam tiram dalam air garam selama beberapa menit sebelum diolah.

 Kedua, kamu bisa tambahkan perasan jeruk nipis atau lemon saat mengolah tiram. Ketiga, kamu bisa pakai bumbu rempah yang kuat, kayak jahe, bawang putih, atau serai. Dijamin, tiramnya bakal jadi lebih enak dan nggak amis lagi!

Kesimpulan

Sobat, sekarang udah tau kan betapa hebatnya manfaat tiram buat kesehatan kita? Mulai dari sumber nutrisi lengkap, jagoan buat sistem kekebalan tubuh, sahabat setia buat jantung, bikin otak makin encer, bikin tulang kuat, kulit sehat, sampai segudang manfaat lainnya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, jadikan tiram sebagai bagian dari pola makan sehat kamu!

Nggak cuma enak dan bergizi, tiram juga bisa diolah jadi berbagai macam hidangan yang lezat dan menggugah selera. Buat kamu yang suka masak, cobain deh berbagai resep olahan tiram yang ada di internet atau buku resep. Dijamin, kamu bakal nemuin olahan tiram favorit kamu.

REFERENSI

  • https://www.alodokter.com/5-manfaat-tiram-bagi-kesehatan-dan-tips-aman-mengolahnya
  • https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-tiram
  • https://kesehatan.kontan.co.id/news/7-manfaat-tiram-yang-kaya-nutrisi-bisa-membantu-mengelola-gula-darah
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *