Fakta Unik

Ular Black Rat, Pelilit Ulung yang Bisa Menelan Mangsa dengan Utuh

58
×

Ular Black Rat, Pelilit Ulung yang Bisa Menelan Mangsa dengan Utuh

Sebarkan artikel ini
Ular black rat,
Ular black rat, ular tidak berbisa yang pandai memanjat pohon. Sumber: Freepik.com/@wirestock

Hai, Sobat Suka Fakta! Pernah dengar tentang ular black rat? Ular ini mungkin tidak seterkenal ular berbisa lainnya, tapi punya peran penting banget dalam ekosistem kita, lho.

Ular black rat ini punya peran yang gak jauh beda dengan ular tikus. Yup! Kedua hewan ini sama-sama bisa membantu menjaga keseimbangan ekosistem dengan cara mengendalikan populasi hewan pengerat yang bisa merusak tanaman dan menyebarkan penyakit. Menarik, kan? 

Nah, artikel ini akan mengajak kamu berpetualang mengenal ular black rat lebih dekat. Jadi, siap untuk menjelajah lebih jauh? Yuk, langsung aja kita mulai petualangan seru ini dan kenalan lebih dekat dengan ular black rat!

Ular Black Rat Dikenal Sebagai Ular Ayam

Ular black rat.
Potret Ular black rat. Sumber: IST

Ular ini dikenal dengan nama ilmiah Pantherophis obsoletus dan termasuk dalam keluarga Colubridae. Selain nama black rat snake, ular ini juga punya banyak nama lain seperti ular hitam pilot, coluber hitam, dan ular ayam. Wah, banyak banget ya namanya!

Kalau soal penampilan, ular black rat dewasa bisa mencapai panjang antara 106,5 hingga 183 cm, bahkan ada yang bisa mencapai panjang 256,5 cm. Gak heran kalo ular ini jadi salah satu ular terpanjang di Amerika Utara. Sementara berat mereka berkisar antara 0,5 hingga 2,2 kg. 

Warna mereka juga menarik, lho! Ular dewasa biasanya berwarna hitam mengkilat di bagian atas dengan bibir, dagu, dan tenggorokan putih. Sementara anak ular punya corak bercak coklat di kulitnya yang berwarna abu-abu. Kulit ini akan semakin menghitam seiring pertumbuhannya.

Tersebar Luas di Amerika Serikat Bagian Tengah dan Timur 

Ular BlackRat,
Ilustrasi Habitat Ular BlackRat, Hutan. Sumber: IST

Sekarang, kita lanjut ke habitat dan persebaran ular black rat. Ular ini tersebar luas di Amerika Serikat bagian tengah dan timur, mencakup wilayah Iowa, Missouri, Arkansas, Louisiana, Texas, Oklahoma, Kansas, dan Nebraska. 

Mereka sangat adaptif terhadap berbagai jenis habitat, mulai dari hutan, rawa, padang rumput, hingga singkapan batu. Satu hal yang menarik adalah kemampuan mereka untuk memanjat pohon dengan sangat lihai. 

Mereka sering ditemukan di hutan yang banyak pohon ek, tapi juga nggak jarang ada di sekitar lumbung dan bangunan terbengkalai. Bisa dibilang, ular ini bisa hidup di berbagai tempat, asalkan ada tempat untuk bersembunyi dan berburu.

Hewan Diurnal Ini Memiliki Perilaku dan Trik Pertahanan Diri yang Unik

Ular Black rat.
Potret Ular Black rat. Sumber: Dok. brilio.net

Ular ini diurnal, artinya mereka aktif di siang hari, tapi bisa juga aktif di malam hari tergantung musim. Pada musim dingin, mereka melakukan brumasi, semacam hibernasi tetapi masih bisa bangun sesekali untuk minum air. 

Uniknya, mereka sering brumasi bersama dengan ular lain seperti ular derik kayu. Jadi, jangan heran kalau ketemu banyak ular di satu sarang saat musim dingin.

Trik pertahanan ular black rat pun tak kalah menarik. Mereka bisa menggetarkan ekornya mirip ular derik untuk menakuti musuh. Selain itu, mereka juga bisa menghasilkan musk berbau busuk yang bisa bikin predator kabur. Kalau sudah sangat terancam, ular ini nggak ragu untuk menyerang balik dengan cara melilit dan menggigit.

Mereka Adalah Hewan Karnivora yang Bisa Melilit dan Menelan Mangsa dengan Utuh

Katak.
Potret Makanan Ular Blackrat, Katak. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, sekarang kita bahas soal pola makan dan metode berburu ular black rat. Ular ini adalah karnivora sejati yang punya cara unik untuk menangkap dan memakan mangsanya. 

Ular black rat adalah constrictor, yang berarti mereka melilit mangsanya hingga kardiovaskular kolaps karena syok obstruktif. Mereka melingkari tubuh hewan kecil, mengencangkan cengkraman hingga mangsanya tidak bisa bernafas, kemudian menelan mangsanya bulat-bulat. Serem, kan?!

Makanan favorit mereka adalah hewan pengerat seperti tikus dan mencit. Kendati demikian, mereka tidak pemilih soal makanan. Yup! Ular black rat juga memakan katak, kadal, burung, dan telur burung. 

Mereka bahkan bisa memakan ular lain, termasuk dari spesies mereka sendiri. Di beberapa kesempatan, mereka terlihat memakan telur burung mallard utuh. Dengan kemampuan memanjat pohon yang hebat, ular ini sering berburu burung dan telur di sarang yang tinggi. Mereka benar-benar predator yang serba bisa.

Ular ini Bereproduksi dengan Cara Bertelur, Menghasilkan 12-30 Butir

 Ular Blackrat
Ilustrasi Telur Ular Blackrat. Sumber: IST

Musim kawin mereka biasanya terjadi pada akhir Mei hingga awal Juni. Ular jantan akan mencari betina melalui jalur feromon dan melingkarkan ekornya untuk memulai proses perkawinan. 

Setelah kawin, sekitar lima minggu kemudian, betina akan bertelur di tempat tersembunyi seperti di bawah dedaunan, batang kayu yang membusuk, atau liang yang terbengkalai. Betina bisa bertelur antara 12 hingga 30 butir.

Telur-telur ini akan menetas sekitar 65 hingga 70 hari kemudian, pada akhir Agustus hingga awal Oktober. Anak ular yang baru menetas, yang disebut tukik, memiliki panjang sekitar 28-41 cm dan bercorak abu-abu dengan bintik-bintik coklat. 

Seiring pertumbuhan, warna mereka akan semakin menghitam. Menariknya, tukik ini langsung mandiri setelah menetas dan harus bertahan hidup sendiri sejak awal.

Tidak Agresif, Bahkan Lebih Suka Menghindari Kontak dengan Manusia

Ular Blackrat
Kolase Ular Blackrat dan Petani. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kalian pasti bertanya-tanya, ular black rat apakah berbahaya? Jadi, ular black rat tidak berbisa, sehingga tidak berbahaya bagi manusia. Bahkan, ular ini sangat membantu dalam mengendalikan populasi hewan pengerat.

Tapi sayangnya, banyak orang yang masih takut atau salah paham tentang ular ini. Ukurannya yang besar seringkali membuat orang panik. Padahal sebenarnya ular black rat tidak agresif dan lebih suka menghindari kontak dengan manusia, lho.

Ular black rat bahkan sangat bermanfaat bagi para petani karena membantu mengendalikan populasi tikus dan hewan pengerat lainnya yang bisa merusak tanaman. Jadi, jika Sobat Suka Fakta melihat ular ini di sekitar lumbung atau bangunan tua, jangan langsung panik, ya!

Perusakan Habitat Menjadi Ancaman Bagi Populasi Ular Black Rat

Ular Black Rat
Potret Bangunan Tua. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, ular ini tergolong dalam kategori “Least Concern” atau populasinya paling tidak mengkhawatirkan dalam daftar IUCN. Artinya, populasi mereka dianggap stabil dan tidak menghadapi ancaman besar yang bisa menyebabkan kepunahan dalam waktu dekat. 

Eits, tapi bukan berarti kita bisa santai-santai aja, ya. Tetap perlu ada upaya konservasi untuk memastikan mereka tetap aman di habitat alaminya.

Ular black rat memang cukup adaptif dan bisa hidup di berbagai jenis habitat, mulai dari hutan, padang rumput, hingga daerah urban. Tapi, urbanisasi dan perusakan habitat bisa menjadi ancaman potensial bagi mereka. Untungnya, ular ini juga bisa hidup di sekitar lumbung dan bangunan tua.

Beberapa upaya konservasi dapat dilakukan dengan melakukan perlindungan habitat alami mereka dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya ular dalam ekosistem. Menghilangkan mitos dan ketakutan yang tidak berdasar tentang ular black rat juga bagian penting dari konservasi. 

Jadi, semakin banyak orang yang paham dan menghargai peran ular ini, semakin baik untuk kelangsungan hidup mereka.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, setelah menjelajahi berbagai aspek tentang ular black rat, kita dapat menyimpulkan bahwa ular ini memainkan peran penting dalam ekosistem kita. Sebagai predator yang handal, mereka membantu mengendalikan populasi hewan pengerat yang bisa merusak tanaman dan menyebarkan penyakit. 

Dengan memahami lebih dalam tentang ular black rat, kita bisa lebih menghargai keberadaan mereka dan tidak lagi merasa takut atau salah paham. Semoga artikel ini memberi wawasan baru dan menginspirasi Sobat Suka Fakta untuk melestarikan dan menghargai keanekaragaman fauna di sekitar kita.

REFERENSI

  • Wikipedia. (2024). Pantherophis obsoletus. Retrieved from https://en.wikipedia.org/wiki/Pantherophis_obsoletus
  • Maryland Zoo. (2024). Black Rat Snake. Retrieved from https://www.marylandzoo.org/animal/black-rat-snake/
  • SeaWorld. (2024). Black Rat Snake Facts. Retrieved from https://seaworld.org/animals/facts/reptiles/black-rat-snake/
  • Chattahoochee Nature Center. (2024). Black Rat Snake. Retrieved from https://www.chattnaturecenter.org/visit/experience/wildlife/animal-facts/black-rat-snake/
  • Earth.com. (2024). 8 Surprising Facts About the Rat Snake. Retrieved from https://www.earth.com/earthpedia-articles/8-surprising-facts-about-the-rat-snake/
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *