Fakta Unik

12 Fakta Ular King Kobra, Gigitanya Bisa Membunuh 20 Orang

62
×

12 Fakta Ular King Kobra, Gigitanya Bisa Membunuh 20 Orang

Sebarkan artikel ini
Ular King Cobra
12 Fakta Ular King Cobra. Sumber: IST

Hai, Sobat Suka Fakta! Kali ini kita akan membahas tentang salah satu hewan yang paling menarik dan menakutkan di dunia, yaitu ular king kobra. Ular ini bukan hanya terkenal karena panjangnya yang luar biasa, tetapi juga karena bisanya yang mematikan. 

Selain bisa yang dapat membunuh hingga 20 orang dalam sekali gigit, ular ini juga memiliki perilaku unik yang jarang ditemukan pada ular lainnya. Dari cara mereka berburu hingga bagaimana mereka membangun sarang, semua aspek kehidupan ular king kobra gak kalah unik dibanding dengan Kobra Filipina.

Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas 12 fakta menarik tentang ular king kobra. Fakta-fakta ini tidak hanya akan menambah pengetahuan kamu, tetapi juga memberikan wawasan lebih dalam tentang kehidupan salah satu predator paling menakutkan di dunia ini. 

1. Mereka Adalah Ahli Pemburu Ular hingga Kadal

 Ular king Kobra.
Potret King kobra melahap Ular piton. Sumber: cnbcindonesia.com

Sobat Suka Fakta, kalau kamu berpikir ular king kobra hanya memakan tikus atau hewan kecil lainnya, kamu salah besar! Ular ini adalah ahli pemburu ular lain. Mereka tidak hanya memangsa berbagai jenis ular, tetapi juga kadal dan hewan kecil lainnya.

King kobra memiliki kemampuan unik untuk melacak dan memburu mangsanya. Mereka menggunakan lidah bercabangnya untuk mendeteksi jejak kimia yang ditinggalkan oleh mangsa mereka di udara. Lidah ini berfungsi seperti sensor yang sangat sensitif, membantu ular menemukan mangsa dengan akurasi tinggi.

Menariknya lagi, king kobra tidak hanya memakan ular-ular kecil, tetapi juga ular berbisa lainnya. Mereka bisa memakan kobra India, krait, dan bahkan ular piton yang panjangnya hampir sama dengan mereka. Sistem pencernaan king kobra juga sangat luar biasa, memungkinkan mereka untuk mencerna racun dari mangsa tanpa terpengaruh.

Dengan kemampuan berburu yang luar biasa ini, king kobra benar-benar menjadi raja di antara para ular. Mereka berada di puncak rantai makanan dan memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem dengan mengontrol populasi ular lainnya.

2. Ular Berbisa Terpanjang di Dunia, Panjangnya Mencapai 5,4 Meter!

King Kobra
Potret Ular King Cobra. Sumber: Facebook/@Made Dwi Sudarmawan

Sobat Suka Fakta, siapa yang menyangka kalau ular king kobra ini adalah ular berbisa terpanjang di dunia? Bayangkan, panjangnya bisa mencapai 18 kaki atau sekitar 5,4 meter! 

Kalau kita bayangkan, itu setara dengan tinggi gedung tiga lantai. Dengan ukuran yang mengesankan ini, tidak heran kalau king kobra sering disebut sebagai “raja” di dunia ular.

Selain panjang, berat ular king kobra juga bisa mencapai 20 pon atau sekitar 9 kilogram. Bayangkan bertemu dengan ular sebesar itu di hutan. Ukurannya yang luar biasa ini membuat mereka tampak semakin menakutkan dan mengesankan.

King kobra tidak hanya terkenal karena ukurannya, tetapi juga karena penampilannya yang menonjol. Mereka memiliki tubuh yang ramping namun kuat, dengan warna yang bervariasi mulai dari kuning, hijau, coklat, hingga hitam. 

Tak hanya itu, ular ini juga memiliki tudung yang khas di lehernya yang akan mengembang saat merasa terancam. Benar-benar seperti raja ular, bukan?!

3. Ular dengan Racun yang Mematikan, Dapat Membunuh 20 Orang

Racun Ular
Ilustrasi Racun Ular. Sumber: sains.sindonews.com

Sobat Suka Fakta, selain ukurannya yang luar biasa, ular king kobra juga dikenal karena bisanya yang sangat mematikan. Bisa ular ini bisa membunuh hingga 20 orang atau bahkan seekor gajah dalam satu gigitan. Bayangkan betapa berbahayanya ular ini jika kita tidak berhati-hati.

Racun ular king kobra mengandung neurotoksin yang sangat kuat. Racun ini bekerja dengan cara mempengaruhi pusat pernapasan di otak, yang akhirnya menyebabkan henti napas dan gagal jantung. 

Inilah mengapa gigitan king kobra sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian dalam waktu singkat jika tidak segera ditangani dengan antivenom. Namun, jangan khawatir. King kobra sebenarnya tidak agresif terhadap manusia. 

Mereka lebih memilih menghindari kontak dengan kita dan hanya akan menyerang jika merasa terpojok atau terancam. Jadi, jika kamu bertemu dengan ular king kobra di alam liar, sebaiknya mundur perlahan dan biarkan mereka pergi.

Bisanya memang sangat mematikan, tetapi king kobra juga memiliki peran penting dalam ekosistemnya. Mereka membantu mengontrol populasi ular lain dan memastikan keseimbangan di alam. 

4. Ular King Kobra Memiliki Perilaku Mengancam yang Unik

Ular King Kobra
Potret Ular King Kobra. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, pernahkah kamu melihat ular king kobra dalam posisi bertahan dari musuh? Kalau belum, kamu pasti akan kagum dengan cara mereka mengintimidasi musuhnya. 

Saat merasa terancam, king kobra memiliki perilaku yang sangat khas dan mengesankan. King kobra akan mengangkat sepertiga tubuhnya dari tanah, sehingga mereka bisa menatap mata musuhnya langsung. 

Bayangkan, ular ini bisa berdiri tegak hingga setinggi satu meter atau lebih! Selain itu, mereka juga akan mengembangkan tudung lehernya yang khas, membuat mereka terlihat lebih besar dan menakutkan.

Tidak hanya itu, king kobra juga mengeluarkan desisan yang unik. Desisan ini tidak seperti desisan ular pada umumnya yang bernada tinggi, tetapi lebih mirip geraman anjing dengan nada rendah. Suara ini dihasilkan oleh getaran pada trakea mereka dan berfungsi untuk menakuti musuh.

Semua perilaku ini membuat king kobra menjadi salah satu ular paling menakutkan di dunia. Mereka tidak hanya bergantung pada bisanya yang mematikan, tetapi juga pada kemampuan mereka untuk mengintimidasi dan menakut-nakuti musuh. 

5. Satu-satunya Ular yang Membangun Sarang Untuk Telurnya

Sarang Ular
Potret Sarang Ular Kobra. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, king kobra adalah satu-satunya ular yang membangun sarang untuk telurnya. Kebanyakan ular akan bertelur di tempat yang aman dan meninggalkan telurnya begitu saja, tetapi king kobra betina memiliki pendekatan yang sangat berbeda. 

Saat waktu bertelur tiba, betina king kobra akan mengumpulkan daun dan ranting untuk membangun sarang yang nyaman dan aman. Mereka akan membentuk tumpukan yang rapi dan memastikan bahwa telur-telurnya terlindungi dengan baik. 

Proses ini biasanya dilakukan pada musim semi, ketika kondisi cuaca lebih mendukung untuk perkembangan telur. Setelah sarangnya selesai, betina akan bertelur di dalamnya dan tetap berada di dekat sarang untuk menjaga telur-telurnya.

Mereka akan sangat protektif dan bisa menjadi sangat agresif jika merasa ada ancaman. Betina king kobra akan menjaga telurnya hingga menetas, memastikan bahwa tukik-tukik yang baru lahir memiliki kesempatan terbaik untuk bertahan hidup.

Fakta bahwa king kobra adalah satu-satunya ular yang membangun sarang menunjukkan betapa unik dan istimewanya spesies ini. Mereka tidak hanya predator yang menakutkan, tetapi juga ibu yang perhatian dan protektif terhadap anak-anaknya.

6. Ular King Kobra Memiliki Distribusi yang Luas di Asia

Ular King Kobra
Potret Ular King Kobra. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, ular king kobra memiliki distribusi yang sangat luas di Asia. Mereka bisa ditemukan di berbagai habitat mulai dari hutan hujan yang lebat hingga dataran rendah yang terbuka. 

Ular ini tersebar di banyak negara seperti India, Cina Selatan, dan hampir seluruh wilayah Asia Tenggara, termasuk Thailand, Malaysia, Indonesia, dan Filipina. King kobra sangat adaptif terhadap lingkungan sekitar. 

Mereka bisa hidup di hutan yang lebat, semak bambu, padang rumput dataran tinggi, bahkan di sekitar rawa bakau. Mereka juga sering ditemukan di dekat aliran sungai, yang menawarkan suhu dan kelembaban yang stabil. 

Adaptasi ini memungkinkan mereka untuk bertahan hidup di berbagai jenis habitat, dari pegunungan tinggi hingga dataran rendah yang lembab. Keberadaan king kobra di berbagai habitat menunjukkan betapa fleksibelnya mereka dalam menghadapi berbagai kondisi lingkungan. 

Meskipun begitu, mereka lebih menyukai daerah yang memiliki vegetasi lebat karena menawarkan banyak tempat untuk bersembunyi dan berburu mangsa. Jadi, kalau kamu sedang menjelajah hutan di Asia, selalu waspada karena mungkin saja kamu bertemu dengan ular yang satu ini!

7. Mereka Dikenal Cukup Malu dan Lebih Suka Menghindari Manusia

Meskipun terkenal karena bisanya yang mematikan, ular king kobra sebenarnya cukup pemalu dan lebih suka menghindari manusia. King kobra akan lebih memilih untuk kabur daripada menghadapi manusia, kecuali jika mereka merasa terpojok atau terancam. 

Jadi, Sobat Suka Fakta, jangan khawatir berlebihan saat berada di habitat mereka, karena mereka biasanya tidak akan menyerang tanpa alasan. Bahkan, ular king kobra memiliki insting untuk menghindari konflik dengan manusia. 

Mereka lebih suka bersembunyi di bawah dedaunan atau di dalam lubang daripada berkonfrontasi. Namun, jika mereka terpojok atau merasa sarangnya terancam, mereka bisa menjadi sangat agresif dan tidak segan-segan untuk menyerang.

Ketika berhadapan dengan manusia, king kobra akan menunjukkan perilaku mengintimidasi seperti mengangkat tubuh, mengembangkan tudung leher, dan mendesis keras. Ini adalah cara mereka untuk mencoba menakuti ancaman dan menghindari pertempuran fisik. 

8. Rentang Hidup yang Panjang, Bisa Hidup Hingga 20 Tahun

Sobat Suka Fakta, tahukah kamu bahwa ular king kobra memiliki rentang hidup yang cukup panjang? Di alam liar, ular ini bisa hidup hingga 20 tahun, membuat mereka menjadi salah satu ular dengan umur terpanjang di dunia reptil.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi panjang umur king kobra. Pertama, mereka adalah predator puncak di ekosistemnya, sehingga memiliki sedikit musuh alami. Selain itu, mereka memiliki kemampuan untuk bertahan hidup dalam berbagai kondisi lingkungan, mulai dari hutan hujan hingga dataran rendah.

Faktor lain yang membantu mereka hidup lama adalah metabolismenya yang lambat. Setelah makan besar, king kobra bisa hidup berbulan-bulan tanpa makan lagi. Ini memungkinkan mereka untuk bertahan hidup dalam periode kelangkaan makanan.

Namun, kehidupan king kobra juga terancam oleh aktivitas manusia. Deforestasi dan perburuan liar merupakan ancaman besar bagi kelangsungan hidup mereka. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga habitat mereka dan mencegah perburuan liar agar king kobra bisa terus hidup dan berkembang biak di alam liar.

9. Memiliki Penglihatan yang Tajam, Sangat Efektif untuk Menyerang Mangsa

Ular King Kobra.
Potret Ular King Kobra. Sumber: faktajabar.co.id

Sobat Suka Fakta, salah satu alasan mengapa ular king kobra begitu efektif sebagai pemburu adalah karena mereka memiliki penglihatan yang sangat tajam. Tidak seperti kebanyakan ular lainnya yang mengandalkan bau dan getaran untuk menemukan mangsa, king kobra memiliki penglihatan yang cukup baik untuk melihat pergerakan hingga jarak 100 meter.

Penglihatan yang tajam ini sangat membantu mereka dalam berburu mangsa. Mereka bisa mendeteksi gerakan mangsa dari jarak jauh dan merencanakan serangan dengan presisi tinggi. Kemampuan ini juga memungkinkan mereka untuk menghindari predator atau bahaya yang mendekat.

Selain itu, penglihatan yang baik juga membantu king kobra dalam navigasi di habitatnya yang kompleks. Baik di hutan lebat, semak bambu, atau padang rumput terbuka, mereka bisa bergerak dengan cepat dan efisien, menghindari rintangan dan mencari tempat bersembunyi yang aman.

Kemampuan penglihatan yang luar biasa ini menjadikan king kobra salah satu ular paling mematikan di dunia. Mereka tidak hanya mengandalkan bisa yang kuat, tetapi juga keterampilan berburu yang lihai untuk bertahan hidup di alam liar. 

10. Konservasi dan Ancaman Ular King Kobra

Sobat Suka Fakta, meskipun king kobra adalah predator yang kuat, mereka masih menghadapi berbagai ancaman yang serius. Habitat mereka semakin berkurang akibat deforestasi dan perluasan lahan pertanian. 

Selain itu, perburuan liar untuk diambil kulit, daging, dan digunakan dalam pengobatan tradisional juga mengancam populasi mereka. King kobra saat ini terdaftar sebagai spesies rentan oleh IUCN (International Union for Conservation of Nature). 

Di beberapa negara seperti India dan Vietnam, king kobra dilindungi oleh undang-undang untuk mencegah kepunahan mereka. Namun, upaya konservasi ini masih menghadapi banyak tantangan, terutama dalam hal penegakan hukum dan peningkatan kesadaran masyarakat. 

Di India, misalnya, pemerintah telah menanamkan microchip pada ular king kobra yang ditangkap untuk mengurangi perdagangan satwa liar ilegal. 

Selain itu, organisasi seperti King Cobra Conservancy bekerja keras untuk memahami perilaku spesies ini dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian king kobra dan habitatnya.

11. Ular ini Memiliki Kekebalan Terhadap Bisa Ular Lain

Sobat Suka Fakta, selain memiliki bisa yang mematikan, king kobra juga memiliki kekebalan terhadap bisa ular lain. Ular ini sering memangsa ular-ular lain, baik yang berbisa maupun tidak berbisa, dan sistem pencernaan mereka telah beradaptasi untuk memecah racun tanpa terpengaruh.

King kobra sering berburu dan memakan ular-ular lain seperti kobra India, krait, dan bahkan ular piton. Meski mangsa mereka bisa saja berbisa, king kobra tetap bisa mengonsumsi mangsanya tanpa masalah. Ini karena mereka memiliki enzim khusus dalam sistem pencernaannya yang dapat menetralkan racun dari mangsa mereka.

Kemampuan ini tidak hanya membantu mereka dalam berburu, tetapi juga menjadikan mereka predator yang dominan di ekosistemnya. Mereka bisa memangsa ular-ular lain yang mungkin menjadi ancaman bagi hewan lain, sehingga membantu menjaga keseimbangan alam.

12. Ular King Kobra Dijadikan Sebagai Simbol Budaya

Ular King Kobra
Potret Simbol Budaya. Sumber: id.quora.com

Sobat Suka Fakta, king kobra memiliki posisi penting dalam mitologi dan tradisi rakyat di banyak negara Asia. 

Di India, mereka dianggap sebagai reptil nasional dan sering muncul dalam cerita rakyat dan ritual. Ular ini juga dihormati dalam agama Hindu, di mana mereka sering digambarkan bersama dewa-dewa seperti Dewa Siwa.

Di Myanmar, ada ritual khusus yang melibatkan king kobra dan seorang pawang ular betina. Pawangnya adalah seorang pendeta wanita yang biasanya ditato dengan tiga piktogram dan mencium kepala ular di akhir ritual. 

Selain itu, dalam tradisi rakyat di banyak negara Asia Tenggara, king kobra sering dianggap sebagai penjaga hutan dan simbol kekuatan. Mereka sering dihubungkan dengan cerita-cerita tentang keberanian dan perlindungan.

Simbolisme ini menunjukkan betapa pentingnya king kobra, tidak hanya dalam ekosistem, tetapi juga dalam budaya dan tradisi manusia. Mereka dihormati dan dilindungi karena peran pentingnya dalam menjaga keseimbangan alam dan sebagai bagian dari warisan budaya.

Kesimpulan 

Sobat Suka Fakta, itulah 12 fakta menarik tentang ular king kobra. Kita telah mengetahui bahwa king kobra adalah ular berbisa terpanjang di dunia dengan bisa yang sangat mematikan. 

Kendati dinilai berbahaya, king cobra ternyata bisa menghindari konflik dengan manusia. Hewan ini juga sangat berperan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem.

Dengan mengetahui dan memahami lebih banyak tentang king kobra, kita bisa lebih menghargai keberadaan mereka dan berkontribusi dalam upaya konservasi untuk melindungi mereka. 

Terima kasih sudah membaca sampai akhir, Sobat Suka Fakta! Jangan lupa untuk terus menjaga alam dan menghargai semua makhluk hidup di sekitar kita. Sampai jumpa di artikel menarik berikutnya!

REFERENSI

  • “King Cobra.” Wikipedia, Wikimedia Foundation, 23 Mei 2024, https://en.wikipedia.org/wiki/King_cobra.
  • “King Cobra Facts.” National Geographic, https://www.nationalgeographic.com/animals/reptiles/facts/king-cobra.
  • “King Cobra.” National Zoo, Smithsonian Institution, https://nationalzoo.si.edu/animals/king-cobra.
  • “King Cobra Facts.” Treehugger, https://www.treehugger.com/king-cobra-facts-5093740.
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *