Misteri

11 Fakta Zodiac Killer, Pembunuh Berantai yang Masih Jadi Misteri Dunia!

336
×

11 Fakta Zodiac Killer, Pembunuh Berantai yang Masih Jadi Misteri Dunia!

Sebarkan artikel ini
Pembunuhan Zodiac Killer,
11 Fakta Kasus Pembunuhan Zodiac Killer, Masih Belum Terpecahkan Dalam Sejarah. Sumber: Medium.com

Halo, Sobat Suka Fakta! Siapa di antara kalian yang suka misteri? Nah, kalian pasti akan tertarik dengan salah satu kasus kriminal paling bikin penasaran sepanjang masa, yaitu  Zodiac Killer. Jadi, di California Utara, pas tahun 60-an hingga awal 70-an, ada sosok yang disebut Zodiac Killer.

Sob, setidaknya ada lima korban yang benar-benar dipastikan tewas akibat tindakan Zodiac Killer. Namun, pembunuh berantai ini pernah mengirim surat kaleng yang mengatakan jika ia sebenarnya memiliki 37 korban. 

Nah, yang bikin tambah seru, si Zodiac ini suka banget mengirim surat-surat aneh ke polisi dan media. Isinya? Berisi sandi-sandi misterius yang bikin pusing kepala, plus ancaman-ancaman ngeri. Gak heran kalau publik dan polisi jadi bingung dan was-was terus, deh!

Nah, di artikel ini, kita bakal bahas 11 fakta seru tentang si Zodiac Killer yang mungkin belum banyak kamu ketahui. Mulai dari cerita korban-korbannya, surat-surat misterius yang penuh sandi, sampai teori-teori tentang siapa sebenarnya Zodiac Killer itu. Ayok, kita mulai penelusurannya!

Baca Juga : Mengenal Jack The Ripper, Pembunuh Berantai Paling Terkenal Dalam Sejarah

1. Daftar Korban yang Dibunuh Zodiac Killer

David Faraday.
Potret David Faraday. Sumber: IMDB

Sobat, sebelum kita menyelam lebih dalam, yuk kita kenalan dulu dengan korban-korban yang sudah dipastikan jadi sasaran si Zodiac Killer. Serem ya, tapi penting buat kita tahu. Nah, ada lima kejadian mengerikan yang secara resmi dikaitkan dengan sang pembunuh ini, d antaranya:

  1. David Faraday dan Betty Lou Jensen: Malam itu, tanggal 20 Desember 1968, David dan Betty Lou lagi asik pacaran di mobil mereka di Lake Herman Road, Vallejo, California, eh tiba-tiba mereka ditembak mati. Tragis banget, kan?
  2. Darlene Ferrin dan Mike Mageau: Di malam yang tenang, 4 Juli 1969, Darlene dan Mike juga lagi pacaran di mobil mereka di Vallejo. Sama seperti sebelumnya, tiba-tiba ada yang tembak mereka. Darlene meninggal, tapi Mike berhasil selamat, walau dengan luka serius.
  3. Cecelia Shepard dan Bryan Hartnell: Gak kapok-kapok, nih, Zodiac. Di tanggal 27 September 1969, di tepi Danau Berryessa, Napa County, dia menyerang lagi. Kali ini dia mengikat dan menikam Cecelia dan Bryan. Cecelia meninggal, tapi Bryan berhasil selamat.
  4. Paul Stine: Kejadian ini terjadi di San Francisco, 11 Oktober 1969. Paul, yang kerja sebagai sopir taksi, ditembak mati oleh si Zodiac.

2. Ada 2 Korban Lainnya yang Diduga Dibunuh oleh Zodiac Killer

Robert Domingos
Potret Robert Domingos. Sumber: IMDB

Nah, selain lima kasus di atas, ada beberapa kejadian lain yang juga dicurigai sebagai ulah dari Zodiac Killer, tapi masih dalam status ‘diduga’, nih:

  • Robert Domingos dan Linda Edwards: Mereka ditembak mati pas tahun 1963, di dekat Santa Barbara, California. Meski kejadiannya lebih awal dari yang lain, polisi mulai berpikir kalau mungkin ini juga kerjaan Zodiac.
  • Cheri Jo Bates: Mahasiswa perguruan tinggi ini ditemukan ditikam mati pada tahun 1966 di Riverside, California. Kasus ini juga dicurigai karena ada beberapa kesamaan dengan modus Zodiac. Plus, Zodiac sendiri pernah ngaku dia udah membunuh sampai 37 orang. Wow, gila kan?!

3. Sering Mengirim Surat yang Berisi Sandi ke Media Massa dan Polisi

Simbol misterius.
Potret simbol misterius. Sumber: IST

Sobat, kita akan masuk ke hal yang bikin Zodiac Killer ini unik dan misterius, yaitu surat-surat dan simbol-simbol yang dia kirim. Zodiac ini tuh terkenal karena sering mengirim surat ke koran dan polisi, bahkan ada yang berisi sandi atau kode rahasia yang bikin semua orang pusing tujuh keliling.

Surat pertama didapat pada 1 Agustus 1969, di mana tiga surat kabar besar, yaitu San Francisco Examiner; San Francisco Chronicle; dan Vallejo Times-Herald, masing-masing dapat surat dari si Zodiac. Di surat itu, dia mengaku sebagai pembunuh dua remaja di Danau Herman dan minta surat-surat itu dipublish di halaman depan.

Gak cuma itu, Zodiak juga mengancam akan melakukan lebih banyak pembunuhan jika permintaannya tidak dipenuhi. Sob, menariknya lagi, setiap surat itu ditutup dengan simbol khas, yaitu lingkaran dengan tanda silang di dalamnya. Ini dipercaya jadi semacam tanda tangan si Zodiac.

Baca Juga : Fakta Mengerikan Tentang Issei Sagawa, Pelaku Kanibal Asal Jepang yang Menjadi Selebriti

4. Kriptogram yang Dikirim Zodiac ke Polisi Masih Banyak yang Belum Terpecahkan

Sandi sandi misterius.
Sandi sandi misterius. Sumber: Wolfarm

Zodiac Killer terkenal suka menantang polisi dengan kriptogram atau sandi yang ia kirim. Beberapa di antaranya berhasil dipecahkan, tapi masih ada yang belum. Berikut beberapa sandi yang dikirim Zodiac:

  1. Sandi Pertama

Sandi pertama ini dikirim bersamaan dengan surat-surat awal pada 1 Agustus 1969. Zodiac mengirim tiga bagian sandi yang berbeda ke tiga surat kabar yang berbeda. Donald dan Bettye Harden, pasangan yang amatir dalam kriptografi, berhasil memecahkan salah satunya. Sandi itu mengatakan, “Saya suka membunuh orang karena itu sangat menyenangkan”.

  1. 340 Cipher

340 cipher adalah salah satu kriptogram yang paling terkenal dan paling rumit yang dikirim Zodiac. Bayangin, Sob, butuh waktu 51 tahun sebelum akhirnya berhasil dipecahkan pada tahun 2020 oleh trio kriptografi amatir. Pesannya kurang lebih menyatakan bahwa dia tidak takut mati karena akan pergi ke “paradise” dengan semua budak yang telah ia kumpulkan.

  1. Kriptogram yang Belum Terpecahkan

Sob, di samping dua kriptogram itu, masih banyak kriptogram-kriptogram Zodiac lainnya yang sampai saat ini belum terpecahkan. Hal ini pun menambah kesan misteri di kasus pembunuhan keji yang dilakukan Zodiac.

Sobat suka fakta, ketiga fakta ini menambahkan lebih banyak dimensi pada profil Zodiac Killer, yang tidak hanya membunuh, tetapi juga berkomunikasi dengan cara yang sangat kalkulatif dan teatrikal. Ini menjadikan kasus Zodiac Killer bukan hanya misteri pembunuhan, tapi juga kisah yang melibatkan psikologi kompleks dan permainan mental yang mendalam. 

Serunya mengikuti kasus ini tidak hanya terletak pada mencari tahu siapa dia, tapi juga memahami mengapa dia melakukan tindakan keji itu dan bagaimana dia berhasil mengelabui penegak hukum selama ini.

5. Daftar Nama yang Diduga Kuat sebagai Zodiac Killer

Arthur Leigh Allen.
Potret Arthur Leigh Allen. Sumber; IMDB

Kasus Zodiac Killer ini memang unik karena meskipun banyak tersangka yang telah diinterogasi dan beberapa teori yang muncul, namun tidak ada satupun yang bisa secara pasti diidentifikasi sebagai Zodiac Killer. Namun ada beberapa teori dan nama yang pernah mencuat, di antaranya:

  1. Arthur Leigh Allen: Merupakan salah satu tersangka utama yang sering disebut-sebut. Beberapa bukti sirkumstansial menghubungkannya dengan Zodiac, tapi tidak ada bukti konklusif.
  2. Earl Van Best Jr.: Diidentifikasi oleh Gary L. Stewart dalam bukunya sebagai Zodiac. Stewart mengklaim bahwa Van Best memiliki banyak kesamaan fisik dengan sketsa Zodiac.
  3. Louie Myers: Dirinya pernah mengaku kepada temannya bahwa dia adalah Zodiac sebelum meninggal pada tahun 2002. Namun, tidak ada bukti kuat yang menghubungkannya dengan kejahatan.
  4. Teori Banyak Pelaku: Ada juga teori yang mengatakan bahwa pelaku mungkin lebih dari satu orang, terutama karena perbedaan dalam modus operandi dan deskripsi fisik saksi.

6. Ditemukan Berbagai Macam Bukti Dalam Kasus Zodiac Killer

sidik jari
Ilustrasi sidik jari. Sumber: IST

Sob, seiring berjalannya waktu, banyak upaya yang telah dilakukan untuk memecahkan misteri ini. Dari upaya-upaya yang dilakukan itu, ditemukanlah beberapa bukti, seperti: 

  1. Sidik Jari: Beberapa sidik jari ditemukan di TKP yang dianggap sebagai milik Zodiac, termasuk di taksi yang dikemudikan Paul Stine, salah satu korban kejahatan Zodiac.
  2. Analisis Tulisan Tangan: Surat-surat Zodiac telah dianalisis untuk mengetahui ciri khas tulisan tangan. Dari sini ditemukan bahwa semua surat berasal dari orang yang sama.
  3. Bukti DNA: Terdapat upaya untuk mengumpulkan DNA dari perangko dan amplop yang dikirimkan Zodiac. Pada tahun 2018, penyelidik mengirim beberapa sampel untuk dianalisis lebih lanjut, dengan harapan teknologi terbaru bisa memberikan petunjuk baru.

Baca Juga : Fakta Mengerikan Tentang Karl Denke, Pembunuh Berantai yang Memakan Puluhan Korban

7. Senang Melakukan Komunikasi Misterius dengan Polisi dan Media

Menelfon Polisi.
Ilustrasi menelfon Polisi. Sumber: IST

Sobat suka fakta, Zodiac Killer tidak hanya terkenal karena kebrutalan pembunuhannya, tapi juga karena cara dia berkomunikasi yang benar-benar bikin geger publik dan polisi. Ini beberapa komunikasi misterius yang pernah dia lakukan:

  1. Surat Ancaman: Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Zodiac dikenal sering mengirim surat ke media-media besar, mengklaim dirinya bertanggung jawab atas pembunuhan dan mengancam akan melakukan lebih banyak kejahatan jika tuntutannya tidak dipenuhi. Misalnya, dia pernah mengancam akan menembakkan peluru ke bus sekolah, membuat semua orang di Bay Area ketakutan.
  2. Telepon Ke Polisi: Setelah beberapa pembunuhan, Zodiac juga menelepon polisi untuk mengakui perbuatannya. Ini menambah misteri dan ketakutan, karena menunjukkan dia mengikuti reaksi media dan polisi terhadap kejahatannya.
  3. Interaksi Media: Zodiac tampak menikmati permainan kucing dan tikus dengan media dan polisi. Zodiac menggunakan media untuk menyebarkan teror dan menjaga dirinya tetap eksis dalam berita.

8. Ada Kejahatan Lainnya yang Diduga Terkait dengan Kasus ini

Santa Rosa Hitchhiker.
Kejahatan Santa Rosa Hitchhiker. Sumber: veritycreates

Sob, Zodiac Killer mungkin lebih berbahaya dan produktif daripada yang kita sadari. Ada beberapa kejahatan lain yang mungkin terkait dengannya, menambah daftar panjang misteri yang belum terpecahkan. 

Misalnya, pembunuhan Santa Rosa Hitchhiker pada awal 1970-an, yang diduga kuat berhubungan dengan Zodiac karena modus operandi yang serupa. Selain itu, kuatnya dugaan kejahatan lain yang dilakukan Zodiac juga seolah dikonfirmasi oleh Zodiac yang pernah mengaku bahwa dirinya membunuh 37 orang. 

Namun, hanya sebagian kecil yang sudah terindikasi. Hal ini menimbulkan dua dugaan, yaitu adanya kasus lain yang belum terpecahkan, atau bisa juga itu hanya akal-akalan Zodiac membuat pengakuan palsu untuk membuat geger. 

9. Banyak Spekulasi yang Menyebut Zodiac Killer Memiliki Latar Belakang Militer

sepatu miiter.
Ilustrasi sepatu miiter. Sumber: IST

Sobat suka fakta, ada banyak spekulasi bahwa Zodiac mungkin memiliki latar belakang militer. Eits, spekulasi ini bukan tanpa alasan, lho. Berikut beberapa alasan mengapa spekulasi ini bisa berkembang:

  1. Enkripsi Militer: Beberapa sandi yang digunakan Zodiac menunjukkan penggunaan teknik enkripsi yang mirip dengan yang digunakan dalam manual kriptografi militer. Hal ini menimbulkan dugaan bahwa Zodiac mungkin pernah mendapatkan pelatihan formal dalam kriptografi atau setidaknya memiliki akses ke pengetahuan tersebut.
  2. Sepatu Militer: Di salah satu TKP, cetakan sepatu yang ditemukan cocok dengan jenis yang sering digunakan oleh personel militer. Ini menambah kecurigaan bahwa Zodiac mungkin memiliki atau pernah memiliki keterkaitan dengan militer.
  3. Pengetahuan Geografis: Zodiac menunjukkan pemahaman yang sangat baik tentang area Bay Area, termasuk tempat-tempat terpencil yang ia pilih untuk menyerang korban-korbannya. Ini bisa menunjukkan latihan navigasi yang mungkin dia peroleh di militer.

Baca Juga : Fakta Kasus Kanibalisme Albert Fish, Sempat Kirim Tulisan Mengerikan Kepada Ibu Korban

10. Pandai Menggunakan Simbol dan Angka sebagai Bahasa Komunikasi

Pembunuhan Zodiac Killer
Simbol simbol misterius. Sumber: depositphotos

Zodiac tidak hanya terkenal karena kekejamannya, tapi juga kecenderungannya menggunakan simbol dan angka secara ekstensif, yang menambah lapisan misteri. Penggunaan simbol-simbol itu seolah memperlihatkan jika Zodiac begitu menguasai ilmu ini. Berikut beberapa simbol yang digunakan Zodiac:

  1. Simbol Crosshair

Simbol yang paling terkenal yang digunakan Zodiac dalam semua komunikasinya adalah lingkaran dengan tanda silang di tengah, yang menyerupai bidikan senjata. Simbol ini menjadi semacam tanda tangan yang ia gunakan untuk menandai surat dan tempat kejadian.

  1. Penggunaan Angka dalam Sandi

Zodiac sering menyertakan angka dalam sandi-sandinya, yang beberapa kali mencakup tanggal dan koordinat geografis, menunjukkan kecenderungannya terhadap detail dan mungkin sebuah pesan tersembunyi yang lebih dalam.

  1. Fascinasi dengan Kalkulasi

Beberapa teori mengatakan bahwa Zodiac mungkin memiliki obsesi dengan astrologi atau numerologi, yang tercermin dalam pemilihan nama “Zodiac” dan beberapa referensi ke benda langit dalam surat-suratnya.

11. Kasus Ini Menginspirasi Banyak Karya, Jadi Ikon dalam Budaya Pop

Sob, kasus Zodiac Killer telah menginspirasi banyak karya fiksi dan non-fiksi, termasuk buku, film, dan acara televisi. Film “Zodiac” yang disutradarai David Fincher adalah salah satu contoh paling terkenal yang menggambarkan pencarian intensif untuk mengungkap identitasnya. 

Zodiac telah menjadi semacam ikon dalam budaya pop, sering digambarkan sebagai mastermind kriminal yang misterius dan tidak terpecahkan. Kisahnya sering dipakai sebagai contoh dalam diskusi tentang kejahatan tidak terpecahkan dan psikologi pembunuh berantai.

Kasus Zodiac juga telah memberikan pelajaran tentang pentingnya kerja sama lintas lembaga dan pengembangan teknik forensik. Meskipun Zodiac belum tertangkap, kasus ini membantu membentuk beberapa praktik standar dalam penanganan kasus pembunuhan berantai.

Baca Juga : Fakta Mengerikan Tentang Andres Mendoza, Pembunuh dan Kanibal Puluhan Wanita

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, kita telah melalui perjalanan yang panjang dan penuh misteri mengenai Zodiac Killer, seorang tokoh yang meninggalkan jejak ketakutan dan teka-teki yang belum terpecahkan hingga hari ini.  Meskipun sudah berpuluh-puluh tahun berlalu, misteri ini masih menantang para detektif untuk mengungkap kebenaran yang tersembunyi di balik sandi-sandi dan pesan-pesan yang ditinggalkannya.

Kasus Zodiac menunjukkan betapa sulitnya melacak pembunuh berantai, terutama ketika bukti fisik terbatas dan pelaku menggunakan teknik yang rumit untuk menghindari penangkapan. Namun, dengan kemajuan teknologi forensik yang kita miliki saat ini, mungkin saja suatu hari nanti, pintu yang sebelumnya terkunci rapat, akan terbuka, dan kita akan mendapatkan jawaban yang telah lama kita cari. 

Baca Juga : 10 Fakta Pembunuh Berantai Jeffrey Dahmer, Kasusnya Mendunia Hingga Dijadikan Film!

Referensi :

  • Britannica. “Jack the Ripper.” Diakses dari: https://www.britannica.com/biography/Jack-the-Ripper
  • History Hit. “10 Fakta Menarik Tentang Jack the Ripper.” Diakses dari: https://www.historyhit.com/facts-about-jack-the-ripper/
  • BBC History. “Jack the Ripper.” Diakses dari: https://www.bbc.co.uk/history/historic_figures/ripper_jack.shtml
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *