Fakta Dunia

10 Tradisi Pernikahan Unik di Dunia, Ayah Ludahi Payudara Pengantin

114
×

10 Tradisi Pernikahan Unik di Dunia, Ayah Ludahi Payudara Pengantin

Sebarkan artikel ini
Gambar pernikahan
Ilustrasi sepasang kekasih menikah. Sumber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Pernikahan adalah momen sakral yang sudah ada sejak zaman dulu. Bukan cuma tentang mengikat dua hati jadi satu, tapi juga jadi simbol persatuan, komitmen, dan cinta yang mendalam. Nah, selain sakralnya pernikahan, ada, nih, yang bikin pernikahan makin menarik. Yaitu, tradisi pernikahan unik dari berbagai negara!

Setiap etnis, suku, dan bangsa punya cara unik mereka sendiri untuk merayakan pernikahan. Tradisi-tradisi ini bukan cuma ritual semata, tapi juga jadi simbol kearifan lokal, nilai-nilai budaya, dan keyakinan yang diwariskan dari generasi ke generasi. Lewat tradisi pernikahan, kita bisa lihat betapa kayanya sejarah dan budaya di seluruh dunia. Masing-masing tradisi punya cerita dan makna tersendiri yang melibatkan pengantin, keluarga, dan masyarakat setempat.

Yuk, kita jelajahi 10 tradisi pernikahan unik di dunia yang mungkin jarang Sobat dengar, tapi merupakan bagian penting dari warisan budaya global yang patut kita hargai dan pelajari!

1. Mencuri Sepatu Pengantin Pria di India

pernikahan
Potret pernikahan india curi sepatu. Sumber: via Shadibox

Sudah bukan rahasia umum bahwa pesta pernikahan di India biasanya digelar dengan megah. Ada tradisi unik di mana sepatu pengantin pria bakal dicuri sama sahabat-sahabatnya. Mereka lalu minta tebusan ke pengantin wanita. Tradisi ini bukan cuma seru-seruan, tapi juga jadi momen yang penuh tawa dan keceriaan. Bayangkan saja, para sahabat pengantin pria berusaha sekuat tenaga untuk menyembunyikan sepatu sementara pengantin wanita harus memutar otak untuk mendapatkan kembali sepatunya.

Momen ini bikin suasana jadi seru dan penuh tawa sebelum akhirnya pengantin wanita menyerahkan uang atau barang lain sebagai tebusan buat dapetin sepatunya kembali. Selain sebagai hiburan, tradisi ini juga mengajarkan pasangan untuk bekerja sama dan saling memahami, bahkan sebelum resmi menikah. Ini adalah salah satu cara mereka memperkuat hubungan dan memulai pernikahan dengan tawa dan kebahagiaan.

2. Tradisi Memecahkan Piring di Jerman

Gambar Pernikahan
Potret pernikahan di jerman tradisi pecahkan piring. Sumber: Loop/Edited by HerStory

Halo Sobat Fakta Unik! Di Jerman, pasangan pengantin harus memecahkan piring. Setelah itu, mereka harus membersihkan pecahan piringnya bersama. Tradisi ini melambangkan kerja sama dan komitmen dalam menghadapi rintangan dalam pernikahan. Pecahan piring ini dianggap sebagai simbol dari berbagai tantangan yang mungkin akan dihadapi oleh pasangan di masa depan.

Dengan membersihkan pecahan piring bersama, mereka menunjukkan bahwa setiap masalah yang datang akan dihadapi bersama-sama. Tradisi ini juga menjadi momen yang menyenangkan dan penuh makna bagi pasangan dan para tamu yang hadir. Selain itu, tradisi ini juga bisa menjadi pengingat bagi pasangan untuk selalu bekerja sama dan mendukung satu sama lain dalam segala situasi.

3. Meludahi Kepala Menantu Pria & Payudara Putrinya di Kenya

Gambar pernikahan
Potret tradisi suku Maasai di Kenya. Sumber: Reuters/Siegfried Modola

Di suku Maasai, Kenya, ada tradisi di mana ayah pengantin wanita meludahi kepala menantu pria dan payudara putrinya sebagai tanda keberuntungan. Mungkin kedengarannya aneh, tapi bagi suku Maasai, ini adalah bagian penting dari upacara pernikahan yang dipercaya membawa keberuntungan dan perlindungan. Bagi suku Maasai, meludah bukan berarti merendahkan, melainkan sebagai simbol dari bersyukur.

Tradisi ini menunjukkan bahwa sang ayah memberikan restu dan doa agar pasangan tersebut selalu diberkati dalam pernikahan mereka. Melalui tradisi ini, keluarga pengantin wanita menunjukkan bahwa mereka menerima menantu pria dengan tangan terbuka. 

Meski terlihat unik dan mungkin enggak biasa bagi kita, bagi suku Maasai, tradisi ini adalah simbol keberuntungan dan harapan baik. Ini adalah contoh bagaimana setiap budaya punya cara unik mereka sendiri untuk mengekspresikan cinta dan dukungan.

4. Wanita Menikah dengan Pohon di India

Gambar pernikahan
Potret wanita di india yang menikah dengan pohon. Sumber: TribunNews

Di sekitar Sungai Kaveri, wanita yang dilahirkan sebagai “manglik” harus menikah dengan pohon dulu sebelum menikah dengan pria. Mereka percaya bahwa menikah dengan pohon bisa menghindari kesialan bagi suami dan keluarganya. Manglik sendiri adalah sebutan bagi orang yang lahir di bawah pengaruh planet Mars, yang dianggap membawa pengaruh buruk dalam kehidupan pernikahan.

Dengan menikah dengan pohon, diyakini bahwa kutukan manglik akan dialihkan ke pohon tersebut, sehingga wanita tersebut bisa menikah dengan pria tanpa takut membawa sial. Tradisi ini menunjukkan betapa kuatnya keyakinan dan kepercayaan masyarakat setempat terhadap astrologi dan nasib. 

Meskipun terdengar aneh, tradisi ini tetap dipraktikkan hingga sekarang sebagai bagian dari upaya untuk memastikan kebahagiaan dan kesejahteraan dalam pernikahan.

5. Upacara Falaka di Korea Selatan

Gambar Pernikahan
Potret tradisi pernikahan di Korea Selatan. Sumber: kellywilliamsphotographer.com

Di Korea Selatan, ada tradisi falaka di mana teman-teman pengantin pria menahan kakinya, sementara pengantin wanita memukulnya dengan rotan atau tongkat. Tradisi ini sebagai simbol ujian kesabaran dan ketahanan, serta tanda bahwa hidup nggak akan selalu mudah dan mereka harus saling mendukung. Upacara ini biasanya diiringi dengan banyak tawa dan candaan, membuat suasana pernikahan menjadi lebih hidup dan meriah.

Tradisi ini juga menjadi pengingat bahwa pernikahan adalah perjalanan panjang yang penuh tantangan. Dengan menjalani upacara falaka, pengantin pria dan wanita diingatkan untuk selalu saling mendukung dan bekerja sama dalam menghadapi berbagai rintangan yang mungkin mereka hadapi di masa depan. Ini adalah cara unik untuk memulai pernikahan dengan tekad yang kuat dan semangat kebersamaan.

6. Tradisi Hantaran di Indonesia

Gambar pernikahan
Potret isi dari tradisi hantaran di indonesia. Sumber: pernikahan.or.id

Di Indonesia, tradisi hantaran adalah bagian tak terpisahkan dari pernikahan. Hantaran berupa barang-barang yang diberikan oleh kedua belah pihak sebagai simbol kesepakatan dan kerja sama dalam membangun rumah tangga baru. Barang-barang yang diberikan biasanya terdiri dari berbagai jenis, mulai dari buah-buahan, baju, sampai uang yang diberikan dengan makna simbolis tertentu.

Tradisi hantaran ini bukan hanya sekadar formalitas, tapi juga sebagai bentuk penghormatan dan apresiasi kepada kedua keluarga yang akan bersatu. Dengan memberikan hantaran, kedua belah pihak menunjukkan niat baik dan keseriusan dalam menjalani pernikahan. Ini adalah salah satu cara untuk memastikan bahwa pernikahan dimulai dengan hubungan yang harmonis dan penuh dukungan dari kedua belah pihak.

7. Upacara Minum Teh di China

Gambar pernikahan
Potret tradisi minum teh di China. Sumber: Dok. hipwee

Di China, tradisi minum teh melibatkan kedua keluarga pengantin. Tradisi ini adalah momen di mana kedua keluarga bertemu dan saling mengenal satu sama lain, melambangkan kesepakatan dan persetujuan untuk menjalin hubungan baik setelah pernikahan. Upacara minum teh biasanya diiringi dengan doa dan harapan baik untuk pasangan pengantin.

Tradisi ini juga menjadi ajang untuk menunjukkan rasa hormat dan penghargaan kepada orang tua dan anggota keluarga lainnya. Dengan minum teh bersama, kedua keluarga menyatakan komitmen mereka untuk saling mendukung dan menjaga hubungan baik di masa depan. Ini adalah cara yang indah untuk memulai pernikahan dengan penuh berkah dan dukungan dari keluarga besar.

8. Membunuh Anak Ayam di Mongolia

Gambar anak ayam
Ilustrasi anak ayam yang menjadi tradisi pernikahan di Mongolia. Sumber: IST

Di Mongolia, pengantin wanita harus membunuh seekor ayam dan mencari hati di dalamnya sebagai ujian keberanian dan ketangguhan. Tradisi ini juga sebagai simbol bahwa dia siap menghadapi tantangan dalam pernikahan. Meskipun terdengar kejam, tradisi ini adalah bagian dari ritual yang sudah lama ada dan dianggap penting dalam budaya Mongolia.

Dengan menjalani ujian ini, pengantin wanita menunjukkan bahwa dia memiliki kekuatan dan keberanian untuk menghadapi berbagai rintangan dalam hidupnya. Tradisi ini juga menjadi pengingat bagi pasangan pengantin untuk selalu siap menghadapi tantangan bersama dan saling mendukung dalam segala situasi. Ini adalah salah satu cara mereka memperkuat hubungan dan memastikan bahwa mereka siap menjalani kehidupan pernikahan dengan penuh keberanian dan tekad.

9. Tamu Boleh Mencium Pengantin di Swedia

Gambar pernikahan
Potret pernikahan di swedia. Sumber: Jamiedunnphotography.com

Di Swedia, semua tamu yang hadir di pernikahan boleh mencium pipi pengantin wanita. Tradisi ini adalah cara untuk memberikan ucapan selamat dan keberkahan kepada pasangan pengantin. 

Dalam tradisi, ketika pengantin pria telah sah menjadi suami dan mencium istrinya, ia akan keluar ruangan, lalu para tamu diperbolehkan mencium pipi pengantin secara bergantian. Meskipun mungkin terdengar tidak biasa bagi beberapa orang, namun di Swedia, hal ini dianggap sebagai bagian dari keceriaan perayaan pernikahan. Tradisi ini juga menunjukkan betapa terbukanya masyarakat Swedia dalam menunjukkan kasih sayang dan dukungan kepada pasangan pengantin. 

Dengan membiarkan semua tamu mencium pengantin, suasana pernikahan menjadi lebih meriah dan penuh dengan kebahagiaan. Ini adalah cara mereka merayakan cinta dan kebahagiaan bersama dengan keluarga dan teman-teman terdekat.

10. Kawin Culik di Indonesia

Gambar pernikahan
Potret pernikahan di lombok. Sumber: Fimela.com, Jakarta

Di Lombok, ada tradisi kawin culik di mana keluarga pengantin wanita ‘menculik’ calon pengantin pria. Meskipun terdengar serius, tradisi ini dilakukan dengan penuh keceriaan sebagai bagian dari ritual untuk menghibur keluarga kedua belah pihak. Tradisi ini biasanya diiringi dengan banyak tawa dan candaan, membuat suasana pernikahan menjadi lebih hidup dan meriah.

Kawin culik ini menjadi ajang untuk menunjukkan kebersamaan dan kerja sama antara kedua keluarga. Dengan menjalani tradisi kawin culik, pasangan pengantin dan keluarga mereka menunjukkan bahwa mereka siap menghadapi segala tantangan bersama-sama. Ini adalah salah satu cara mereka memperkuat hubungan dan memastikan bahwa pernikahan dimulai dengan penuh kebahagiaan dan keceriaan.

Dari berbagai tradisi pernikahan unik di seluruh dunia ini, kita bisa lihat betapa beragamnya budaya dan kepercayaan yang ada. Meskipun mungkin terdengar aneh, setiap tradisi punya makna dan nilai budaya tersendiri bagi mereka yang melakukannya. 

Tradisi-tradisi ini bukan cuma jadi bagian dari seremoni, tapi juga warisan budaya yang terus dijunjung tinggi oleh generasi mendatang. Jadi, meskipun berasal dari budaya yang berbeda, pernikahan tetap menjadi momen yang universal yang menghubungkan manusia di seluruh dunia.

Kesimpulan

Dari pembahasan tentang berbagai tradisi pernikahan unik di seluruh dunia, kita bisa melihat betapa beragamnya cara manusia merayakan cinta dan komitmen. Setiap budaya memiliki cara khas mereka sendiri untuk mengekspresikan nilai-nilai dan keyakinan mereka, mulai dari mencuri sepatu di India hingga meludahi kepala di Kenya.

Tradisi-tradisi ini bukan hanya sekedar ritual, tetapi juga simbol-simbol mendalam yang mengandung makna dan filosofi kehidupan. Tradisi pernikahan yang beragam ini menunjukkan betapa kaya dan bervariasinya warisan budaya dunia.

Tak hanya itu, tradisi-tradisi ini juga mencerminkan nilai-nilai universal yang kita semua hargai, seperti kerja sama, keberanian, dan komitmen. Meskipun bentuknya berbeda-beda, esensi dari tradisi-tradisi ini tetap sama, yaitu memperkuat hubungan dan memastikan keberhasilan pernikahan.

Melalui pernikahan dan tradisinya, kita bisa melihat bahwa meskipun berbeda budaya, bahasa, dan adat, kita semua memiliki keinginan yang sama yaitu untuk mencintai, dihargai, dan membangun kehidupan yang bahagia bersama. Semoga artikel ini dapat menginspirasi Sobat Suka Fakta untuk terus mengeksplorasi dan menghargai keberagaman budaya di sekitar kita.

REFERENSI

  1. Viva. “5 Tradisi Pernikahan Nyeleneh di Dunia, Ada yang Diludahi”. Viva.co.id. Diakses dari https://www.viva.co.id/gaya-hidup/inspirasi-unik/1661247-5-tradisi-pernikahan-nyeleneh-di-dunia-ada-yang-diludahi
  2. Popmama. “Tradisi Pernikahan di Seluruh Dunia yang Unik dan Aneh”. Popmama.com. Diakses dari https://www.popmama.com/life/relationship/rindi-1/tradisi-pernikahan-di-seluruh-dunia-yang-unik-dan-aneh
  3. Beautynesia. “7 Tradisi Pernikahan Unik di Dunia, Ada yang Pecahkan Piring”. Beautynesia.id. Diakses dari 2024. https://www.beautynesia.id/life/7-tradisi-pernikahan-unik-di-dunia-ada-yang-pecahkan-piring/b-287622
  4. Liputan6. “10 Tradisi Pernikahan Unik di Berbagai Negara (Part 1)”. Liputan6.com. Diakses dari https://www.liputan6.com/citizen6/read/4647230/10-tradisi-pernikahan-unik-di-berbagai-negara-part-1
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *