Fakta Dunia

Sejarah Candi Kalasan, Dibangun pada Masa Kerajaan Mataram Kuno

72
×

Sejarah Candi Kalasan, Dibangun pada Masa Kerajaan Mataram Kuno

Sebarkan artikel ini
Candi Kalasan
Sejarah Candi Kalasan. Sumber: kebudayaan.slemankab.go.id

Halo, Sobat Suka Fakta! Apa kabar? Kali ini kita bakal ngobrolin tentang salah satu candi keren yang ada di Yogyakarta, yaitu Candi Kalasan. Mungkin kamu lebih sering dengar tentang Candi Borobudur atau Candi Prambanan, tapi Candi Kalasan juga punya banyak cerita menarik yang sayang banget buat dilewatin, lho!

Candi yang terletak di daerah Kalibening, Sleman ini termasuk candi umat Buddha. Pada awalnya, hanya Candi Kalasan lah yang ditemukan di kawasan situs ini. Namun setelah digali lebih dalam, ternyata ada bangunan pendukung lainnya, dan juga tiga buah candi kecil di luar bangunan candi utama, berbentuk stupa.

Sejarah Candi Kalasan

Candi Kalasan
Potret Dewi Tara. Sumber: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Candi Kalasan dibangun pada abad ke-8 Masehi berdasarkan perintah dari Rakai Panangkaran, salah satu penguasa dari keluarga Syailendra yang terkenal pada masa itu. Pembangunan candi Kalasan dimaksudkan untuk menghormati Bodhisattva Wanita atau Dewi Tara serta para pendeta Buddha. 

Keberadaan candi ini pertama kali diketahui dari Prasasti Kalasan yang ditemukan tidak jauh dari lokasi candi. Prasasti yang bertarikh 778 Masehi ini ditulis dalam bahasa Sanskerta dan menggunakan huruf Pranagari.

Dalam prasasti ini disebutkan bahwa Maharaja Tejapurnapana Panangkaran atau Rakai Panangkaran memerintahkan pembangunan bangunan suci untuk Dewi Tara dan vihara bagi para pendeta Buddha. Sobat, sejarah candi ini menunjukkan bahwa Candi Kalasan nggak cuma jadi tempat ibadah, tapi juga menunjukkan betapa harmonisnya hubungan antara Buddha dan Hindu pada masa itu. 

Struktur Candi Kalasan

Candi kalasan.
Potret Struktur bangunan Candi kalasan. Sumber: Dok. BPCB DIY

Candi Kalasan memiliki denah berbentuk bujur sangkar dengan ukuran sekitar 45 x 34 meter. Bangunan ini terdiri dari tiga bagian utama, yaitu mahkota candi, tubuh candi, dan kaki candi. Di keempat sisi candi terdapat pintu, tapi pintu utama ada di sebelah timur.

Di dalam tubuh candi, ada satu ruangan utama dan empat ruangan lainnya. Di ruangan utama, dulu terdapat sebuah patung setinggi sekitar 6 meter yang terbuat dari perunggu. Patung ini belum diketahui sebagai perwujudan dewa apa, tapi yang jelas patung ini sangat penting. Selain itu, ada juga singgasana yang dihiasi ukiran singa berdiri di atas punggung seekor gajah. 

Lokasi Candi Kalasan

Candi Kalasan
Ilustrasi peta Candi Kalasan. Sumber: siswapedia.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Candi Kalasan berada di daerah Kalibening, Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lokasinya sangat strategis karena berada di sisi selatan jalan raya antara Surakarta dan Jogja, sehingga mudah diakses oleh pengunjung.

Menariknya lagi, candi ini berada di kawasan rumah warga, tapi tetap nggak kehilangan pesonanya. Bayangin aja, di tengah kehidupan sehari-hari penduduk setempat, berdiri sebuah candi kuno yang megah. 

Selain itu, Candi Kalasan juga dekat banget dengan beberapa candi lainnya, seperti Candi Sari yang jaraknya hanya sekitar 500 meter ke timur laut dan Candi Prambanan yang berjarak sekitar 2 kilometer. 

Akses dan Tarif Masuk ke Candi Kalasan

Candi Kalasan
Potret Banner tarif masuk Candi kalasan. Sumber: tripadvisor.co.id

Sobat Suka Fakta, kalau kamu tertarik buat wisata ke Candi Kalasan, berikut adalah informasi mengenai akses dan tarif masuknya. Candi Kalasan terletak tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta, yakni hanya sekitar 15 km. 

Kamu juga bisa dengan mudah mencapai candi ini dengan berbagai jenis transportasi. Dari pusat kota Yogyakarta, kamu bisa mengikuti Jalan Yogya-Solo. Nah, Candi Kalasan berada di sisi selatan jalan, tepat di depan Rumah Sakit Bhayangkara Kalasan.

Kalau kamu memilih menggunakan transportasi umum, kamu bisa naik bus Trans Jogja jalur 1A atau 1B dan turun di halte terdekat dengan Candi Kalasan. Dari sana, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan ojek atau taksi untuk mencapai candi.

Sementara itu, untuk masuk ke Candi Kalasan tarifnya cukup terjangkau. Kamu hanya perlu membayar Rp5.000,- per orang. Biaya parkir juga terjangkau, yaitu Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, itulah perjalanan kita mengenal lebih dekat Candi Kalasan, salah satu peninggalan bersejarah yang mengagumkan di Yogyakarta. Tak hanya sebagai situs keagamaan kuno, candi ini juga menjadi saksi bisu peradaban Kerajaan Mataram Kuno yang telah lama berlalu. 

Dari pembahasan ini kita bisa melihat betapa pentingnya Candi Kalasan dalam warisan budaya Indonesia. Semoga setelah membaca artikel ini, kita semua bisa lebih menghargai dan menjaga warisan berharga ini agar terus bertahan dan dinikmati oleh generasi yang akan datang. 

Referensi:

  • Visiting Jogja. (2022). Menelisik Sejarah Candi Kalasan, Candi Budha Tertua di Yogyakarta. Retrieved from https://visitingjogja.jogjaprov.go.id/26422/menelisik-sejarah-candi-kalasan-candi-budha-tertua-di-yogyakarta
  • Wikipedia. (2022). Candi Kalasan. Retrieved from https://id.wikipedia.org/wiki/Candi_Kalasan#Pranala_luar
  • Kebudayaan Sleman. (2022). Candi Kalasan. Retrieved from https://kebudayaan.slemankab.go.id/post/candi-kalasan
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *