Fakta Dunia

10 Fakta Menarik Balikpapan, Mengapa Dinamakan Balikpapan?

178
×

10 Fakta Menarik Balikpapan, Mengapa Dinamakan Balikpapan?

Sebarkan artikel ini
Balikpapan
10 fakta Kota Balikpapan. Sumber: Inilahbalikpapan.com

Halo, Sobat Suka Fakta! Siap untuk menjelajahi keunikan dan keistimewaan Kota Balikpapan? Balikpapan punya lokasi strategis banget di pesisir timur Pulau Kalimantan, tepatnya berbatasan langsung dengan Selat Makassar.

Sebagai salah satu kota terbesar di Kalimantan Timur, Balikpapan memiliki iklim tropis yang hangat sepanjang tahun. Di kota ini, kamu bisa menemukan teluk yang berfungsi sebagai pelabuhan laut komersial dan juga pelabuhan minyak.

Selain sejarahnya yang menarik, kota ini juga berkembang pesat, dari perkampungan nelayan pada abad ke-19 hingga menjadi pusat industri minyak bumi yang modern. Jadi enggak heran kalau Balikpapan dijuluki “Kota Minyak.” Selain itu, Balikpapan juga dikenal sebagai kota yang nyaman dan bersih, berkat peraturan daerah yang ketat tentang kebersihan.

Menariknya lagi, Balikpapan sudah diproyeksikan menjadi kota satelit buat Ibu Kota Negara baru di Penajam Paser Utara (PPU) dan Kutai Kartanegara (Kukar). Tapi, pernah enggak sih kamu kepikiran, “Kenapa ya kota ini dinamakan Balikpapan?”

Eit, tenang, Sobat! Di artikel ini kita bakal kupas tuntas asal-usul nama Balikpapan tersebut dan berbagai fakta menarik lainnya yang bikin Balikpapan jadi begitu unik dan istimewa. Yuk langsung aja kita kumpas tuntas!

Fakta Menarik Balikpapan

1. Dahulu Hanya Perkampungan, Kini Dijuluki Sebagai “Kota Minyak”

Fakta Menarik Balikpapan
Potret perahu nelayan Balikpapan. Sumber: Facebook/Muhammad Asran

Oke, Sobat Suka Fakta, kita akan mulai fakta pertama dengan membahas sejarah Balikpapan. Bayangkan, dulu kota ini cuma perkampungan nelayan di tepi Selat Makassar pada abad ke-19. Tapi segalanya berubah pada 10 Februari 1897 ketika pengeboran sumur minyak pertama dilakukan. Yup, itulah cikal bakal julukan “Kota Minyak” untuk Balikpapan.

Pada 1907, Bataafsche Petroleum Maatschappij (BPM), salah satu perusahaan minyak besar pada masanya, mendirikan kantor di Balikpapan. Masuknya investasi besar-besaran dari perusahaan multinasional seperti ini bikin kota nelayan yang tadinya kecil, tumbuh pesat jadi kota industri minyak modern yang kita kenal sekarang.

Pertumbuhan industri minyak bumi ini juga mempercepat perkembangan Balikpapan sebagai pusat jasa dan perdagangan di Kalimantan Timur. Selain dikenal sebagai kota industri, Balikpapan juga semakin terkenal sebagai kota yang nyaman karena kebersihan dan keteraturannya, lho!

2. Nama Balikpapan Memiliki Dua Legenda yang Menarik 

Legenda Balikpapan
Potret Legenda Balikpapan Sumber : rbtv.disway.id / TIM

Nah, selanjutnya kita kupas asal-usul nama Balikpapan. Kamu tahu enggak, Sobat, kalau ternyata nama Balikpapan ini punya dua legenda yang menarik?

Legenda Kayun Kuleng dan Papan Ayun

Cerita pertama dimulai dari pasangan suami istri bernama Kayun Kuleng dan Papan Ayun. Mereka inilah yang memberi nama Teluk Balikpapan sebagai Kuleng Papan. Di bahasa Paser, kuleng artinya “balik,” sehingga nama tersebut kemudian dikenal sebagai Balikpapan.

Legenda Putri Petung

Legenda kedua gak kalah seru, Sobat!  Dahulu kala, Raja Pasir membuang putrinya yang bernama Putri Petung ke laut karena takut anaknya ditangkap oleh musuh. Putri Petung diikat di papan dan dilepas ke laut saat masih balita. 

Namun, karena ombak besar, papan itu terbalik. Nelayan akhirnya menemukan Putri Petung masih terikat di balik papan. Tempat penemuan itulah yang kemudian dinamai Balikpapan.

Dua legenda ini memang menjadi daya tarik tersendiri bagi Balikpapan dan menambah keunikan kota ini. Gimana menurut kamu, Sobat? Seru banget, kan?

3. Beruang Madu Adalah Maskot Kota Balikpapan

Maskot Balikpapan
Potret maskot dari kota Balikpapan. Sumber: kaltim.tribunnews.com / Heriani AM

Lanjut ke fakta ketiga, yaitu maskot milik Balikpapan yang gak kalah keren. Sobat Suka Fakta, tahu enggak kalau maskot Kota Balikpapan adalah Beruang Madu? Yap! Hewan ini jadi salah satu ikon penting kota karena populasinya yang banyak ditemukan di sekitar Hutan Lindung Sungai Wain.

Beruang Madu (Helarctos malayanus) adalah spesies beruang terkecil di dunia dan hanya bisa ditemukan di Asia Tenggara, termasuk di Balikpapan. Hewan ini jadi simbol kota yang dikenal dengan keramahannya. Selain itu, maskot Beruang Madu juga menjadi simbol harmonisnya kehidupan antara manusia dan alam di kota ini. 

Pemerintah Kota Balikpapan serius banget, nih, buat melindungi maskotnya dengan mendirikan pusat konservasi di Hutan Lindung Sungai Wain. Melalui upaya konservasi ini, Balikpapan ingin memastikan bahwa Beruang Madu bisa terus jadi ikon kota yang cantik ini.

4. Dikenal Sebagai Salah Satu Kota Paling Beragam di Indonesia

Suku Balikpapan
Potret salah satu keanekaragaman yang ada di Balikpapan. Sumber: aman.or.id

Sobat Suka Fakta, kamu tahu enggak kalau Balikpapan dikenal sebagai salah satu kota paling beragam di Indonesia? Yup, keanekaragaman suku di kota ini bikin suasananya jadi kaya banget. Suku asli yang mendiami Balikpapan adalah Suku Balik. Selain itu, ada juga Suku Banjar, Kutai, Dayak, Paser, dan Tidung.

Tapi, karena Balikpapan adalah kota industri dan pusat jasa, banyak pendatang dari berbagai daerah di Indonesia. Jadinya, ada banyak suku pendatang seperti Jawa, Sulawesi, Sumatera, Sunda, dan banyak lagi. Keberagaman ini bikin Balikpapan jadi kota yang penuh warna dan pastinya, toleransi di sini juga terjaga dengan baik.

Kalau Sobat main ke sini, jangan kaget kalau kamu bisa menemukan masakan khas dari berbagai daerah di Indonesia! Mulai dari soto Banjar, bubur Manado, hingga rawon Jawa Timur, semua ada di Balikpapan. Jadi, Balikpapan bukan cuma kota yang unik secara budaya, tapi juga bisa bikin perut kenyang dengan ragam kulinernya.

5. Pernah Dinobatkan Sebagai Kota Paling Dicintai di Dunia

Balikpapan
Potret Kota Balikpapan. Sumber: IST

Mungkin Sobat Suka Fakta belum tahu kalau Balikpapan pernah dinobatkan sebagai Kota Paling Dicintai di Dunia pada 2015. Penghargaan ini diberikan oleh World Wildlife Fund (WWF) dan menjadikan Balikpapan satu-satunya kota di Indonesia yang mendapatkan gelar ini.

Gak cuma itu, di tahun yang sama, Balikpapan juga dinobatkan sebagai kota paling nyaman dan layak huni di Indonesia, menurut Indonesian Most Livable City Index versi Ikatan Ahli Perencana Indonesia (IAP).

Gelar ini enggak lepas dari upaya warga dan pemerintah Balikpapan dalam menjaga kebersihan, keamanan, dan tata kota yang tertata rapi. Jadi, gak heran kalo lagi di Balikpapan, sobat bakal merasakan langsung kenyamanan di kota ini lewat kebersihan kotanya, lalu lintas yang tertib, dan masyarakatnya ramah.

6. Mendapatkan Penghargaan Adipura

Balikpapan
Potret Kota Balikpapan. Sumber : Instagram/kabar.borneo

Kebersihan kota adalah salah satu poin yang paling menonjol di Balikpapan. Kota ini tercatat memperoleh Penghargaan Adipura sebanyak 18 kali. Bahkan, pada 2013 dan 2014, Balikpapan berhasil meraih penghargaan tertinggi di bidang kebersihan, yaitu Piala Adipura Kencana. Penghargaan ini diberikan untuk kota-kota yang berhasil dalam pengelolaan sampah, pengendalian pencemaran air, dan pencemaran udara.

Sobat Suka Fakta, salah satu faktor yang membuat Balikpapan sukses menjaga kebersihannya adalah kesadaran tentang kebersihan yang ditanamkan sejak dini melalui kurikulum sekolah. Selain itu, Peraturan Daerah (Perda) tentang kebersihan juga sangat ketat, seperti hukuman membuang sampah sembarangan yang bisa dikenai denda hingga Rp 5 juta atau kurungan 3 bulan. Jadi, enggak heran deh kalau kota ini bisa tetap bersih.

Gak cuma penghargaan Adipura, Balikpapan juga pernah mendapatkan penghargaan internasional Environmentally Sustainable City (ESC) Award. Penghargaan ini diberikan untuk kota-kota yang berhasil menjaga kebersihan tanah, air, dan udara. Balikpapan membuktikan bahwa kota industri juga bisa jadi kota yang hijau dan bersih.

7. Memiliki Lalu Lintas yang Tertata Rapi & Pengendaranya Sopan

Balikpapan
Lalu lintas kota Balikpapan. Sumber: prokal.co

Sobat Suka Fakta, kamu pasti tahu dong kalau lalu lintas di kota besar bisa bikin pusing. Tapi tenang, di Balikpapan, Sobat gak perlu khawatir. Lalu lintas di sini terkenal tertata rapi. Pengendaranya sopan-sopan dan saling mengalah, lho! Jadinya, perjalanan di dalam kota akan terasa nyaman, meski lalu lintas padat.

Lalu lintas yang tertata di Balikpapan itu bahkan sudah diakui oleh pemerintahan nasional. Balikpapan sudah mengantongi Penghargaan Wahana Tata Nugraha sebanyak 18 kali sejak 1992 hingga 2014. Penghargaan ini diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia untuk kota yang mampu menata transportasi publik dengan baik. Jadi, sudah terbukti, nih, kalo Balikpapan emang bener-bener punya lalu lintas yang tertata! 

Selain pengendara yang tertib, Balikpapan juga punya transportasi publik yang baik. Banyak pilihan kendaraan umum yang bisa Sobat gunakan untuk keliling kota, mulai dari angkutan umum, bus, sampai taksi. Semua bikin pengalaman berkeliling kota jadi nyaman.

8. Memiliki Pembangunan Infrastruktur yang Pesat

Balikpapan
Potret Jalan Tol Balikpapan. Sumber: kaltim.prokal.co

Gak cuma tertib di lalu lintas, Sobat. Balikpapan juga punya pembangunan infrastruktur yang pesat dalam 20 tahun terakhir. Pembenahan yang dilakukan seperti perbaikan jalan, pusat perbelanjaan, pusat perkantoran, dan transportasi publik. Gak heran kalo kota ini makin nyaman untuk dihuni.

Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan jadi salah satu kebanggaan Balikpapan. Pada 2014, bandara ini menempati peringkat 16 bandara dengan layanan terbaik di dunia berdasarkan survei Airport Service Quality (ASQ) yang dilakukan oleh Airport Council International (ACI). Bandara ini bahkan mengalahkan bandara internasional di Texas, Malaysia, dan India.

Eits… gak cuma bandara, Balikpapan juga punya pelabuhan yang strategis banget untuk perdagangan di Kalimantan Timur. Plus, infrastruktur jalan dan angkutan umum di kota ini terbilang yang paling baik dibanding kota-kota lain di provinsi tersebut.

9. Menyediakan Berbagai Tempat Wisata yang Menarik

Wisata Balikpapan
Potret salah satu wisata di Balikpapan. Sumber: balikpapanguide.wordpress.com

Buat Sobat Suka Fakta yang suka jalan-jalan, Balikpapan punya segudang tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi, nih! Yuk, simak daftar rekomendasinya berikut ini!

Wisata Hutan Lindung

  • Hutan Lindung Sungai Wain (HLSW): Tempat konservasi Beruang Madu.
  • Hutan Mangrove Margomulyo: Menyusuri hutan bakau dengan perahu.

Wisata Pantai

  • Pantai Kemala: Pantai berpasir putih dengan pemandangan sunset cantik.
  • Pantai Lamaru: Memiliki area piknik dan permainan, sehingga cocok untuk berlibur bersama keluarga.
  • Pantai Manggar Segara Sari: Pantai favorit anak muda dengan area bermain air.

Taman Bekapai

Taman di pusat kota ini bagus buat menghabiskan malam hari bersama orang terkasih. Di taman ini juga menyediakan fasilitas WiFi gratis. Jadi, selain cocok buat nongkrong, Taman Bekapai juga bisa kamu gunakan untuk belajar atau Work from Anywhere.

Carribean Waterpark

Carribean Waterpark merupakan wahana air pertama di Kalimantan, lho Sobat! Wisata air ini punya berbagai seluncur air, dan wahana permainan. So, tempat ini cocok buat kamu yang suka basah-basahan dan berlibur bersama anak-anak!

Penangkaran Buaya Teritip

Di Penangkaran Buaya Teritip yang memiliki luas 5 hektar ini, kamu bisa melihat lebih dari 1400 ekor buaya dengan berbagai jenis dan ukuran. 

Eits, tenang, sobat! Meski buaya dikenal buas, kamu gak usah takut untuk berkunjung ke sini, ya! Pasalnya, buaya-buaya di sini berada dalam kandang yang terkunci. So, kamu pasti aman. Kalo berkunjung ke sini, jangan lupa bawa kamera, ya!

10. Menerapkan Teknologi Ramah Lingkungan dan Perekonomian Hidup

Balikpapan
Potret teknologi terapan perekonomian hidup. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, enggak cuma wisata aja yang menarik di Balikpapan. Kota ini juga jadi pionir dalam penerapan teknologi ramah lingkungan.

Teknologi Terapan

Di Balikpapan, sampah di TPA diolah jadi gas metana. Penggunaan teknologi terapan di Balikpapan ini bisa kita lihat misalnya di daerah Margasari. Di sini, pengolahan limbah cair dari pemukiman atas air di Margasari diolah menggunakan Instalasi Pengolahan.

Air Limbah (IPAL)

Penghijauan aktif di hutan kota, hutan mangrove, dan hutan lindung.

Perekonomian Hidup

Balikpapan jadi pintu gerbang wilayah Kalimantan Timur dan Indonesia Timur. Ada beberapa komoditas unggulan yang dimiliki Balikpapan, seperti: pepaya mini, karet, salak, dan nanas.Selain itu, ada juga industri kreatif, seperti: manik-manik, batu permata, rumput laut.

Balikpapan juga punya banyak pabrik multinasional, seperti Total Oil Indonesia, Chevron, Halliburton, dan Schlumberger.

Perekonomian Balikpapan yang kuat dan industri kreatifnya yang beragam itu berhasil bikin kota ini jadi tujuan favorit buat berkarir dan berinvestasi, lho, Sobat!

Kesimpulan 

Sobat Suka Fakta, setelah kita bahas bersama 10 fakta menarik tentang Balikpapan, gak heran, kan, kalau kota ini punya sejuta keunikan yang bisa menarik orang untuk mengunjunginya?! Mulai dari sejarahnya yang kaya, legenda asal-usul nama yang unik, hingga maskot Beruang Madu yang menggemaskan, semuanya bikin Balikpapan jadi kota yang istimewa.

Keanekaragaman suku yang hidup rukun, kebersihan dan kelestarian lingkungan yang dijaga dengan baik, serta lalu lintas yang tertata rapi menjadikan Balikpapan sebagai Kota Paling Dicintai di Dunia. Ditambah lagi pembangunan infrastruktur yang pesat, teknologi terapan ramah lingkungan, dan perekonomian hidup yang bikin kota ini makin dinamis.

Sobat Suka Fakta, jadi enggak ada alasan lagi buat gak mengunjungi Balikpapan, kan?! Kota ini punya segudang tempat wisata keren yang wajib kamu eksplorasi, dari wisata hutan lindung hingga pantai yang cantik. Selain itu, Balikpapan juga jadi contoh sempurna tentang bagaimana kota industri bisa tetap bersih, hijau, dan nyaman.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, masukkan Balikpapan dalam daftar destinasi liburan kamu berikutnya! Pastinya, jangan lupa ajak teman-temanmu baca artikel ini biar mereka juga tahu tentang fakta menarik Balikpapan.

REFERENSI:

  • Raja Transit. (2022). Fakta Menarik Tentang Balikpapan. Diakses dari https://rajatransit.com/fakta-menarik-tentang-balikpapan/
  • Brilio. (2016). 8 Alasan Balikpapan Pantas Jadi Kota Paling Dicintai di Dunia. Diakses dari https://www.brilio.net/news/8-alasan-balikpapan-pantas-jadi-kota-paling-dicintai-di-dunia-160407q.html
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *