Fakta Dunia

10 Fakta Menarik Liverpool, Kota Asal Band Legendaris The Beatles

182
×

10 Fakta Menarik Liverpool, Kota Asal Band Legendaris The Beatles

Sebarkan artikel ini
Liverpool
10 Fakta Menarik Liverpool. Sumber : img.inews.co.id

Halo Sobat Suka Fakta! Apa kabar? Siapa sih yang enggak kenal Liverpool, kota pelabuhan legendaris di barat laut Inggris? Mungkin sebagian kamu mengenal Liverpool sebagai rumah dari The Beatles, band legendaris Inggris. 

Tapi, Liverpool gak selalu soal itu, Sobat. Pasalnya, Liverpool juga rumah dari klub sepak bola legendaris, Liverpool F.C. dan Everton F.C. Kalau kamu Kopites atau Evertonians, pasti nama kota ini sudah sangat melekat di hati.

Tapi tunggu dulu, Liverpool bukan cuma tentang musik dan sepak bola, lho. Ada banyak fakta menarik Liverpool yang mungkin belum pernah kamu ketahui. 

Mulai dari asal-usul nama “Liverpool,” legenda burung Liver Bird, hingga kisah inspiratif para pelaut yang merantau di sana. Jadi, siap-siap deh buat berkenalan lebih dalam dengan kota yang penuh cerita ini.

Di artikel ini, kita akan mengungkap 10 fakta menarik Liverpool dengan gaya bahasa yang santai tapi tetap informatif. So, gak usah lama-lama lagi, yuk kita langsung mulai petualangan kita mengupas tuntas fakta-fakta seru Liverpool!

1. Liverpool, Salah Satu Kota Pelabuhan Terbesar di Inggris

Fakta Menarik Liverpool
Potret Raja John. Sumber: independent-liverpool.co.uk

Liverpool adalah kota dengan sejarah yang panjang dan penuh warna. Berawal dari sebuah desa kecil yang didirikan oleh Raja John pada 1207, Liverpool tumbuh menjadi salah satu kota pelabuhan terbesar di Inggris. 

Raja John yang dikenal sebagai penjahat dalam cerita Robin Hood, mendirikan Liverpool sebagai alternatif untuk menghindari pajak yang dikenakan saat berlayar dari Chester menuju Irlandia. 

Nama “Liverpool” sendiri berasal dari bahasa Inggris Kuno “Laverpool” yang berarti “Kolam Berlumpur”, mengacu pada keadaan geografis wilayah tersebut saat itu.

Pada abad ke-13, Liverpool berkembang sebagai pelabuhan penting dan menjadi pusat perdagangan dengan Irlandia. Pada masa Revolusi Industri di abad ke-18 dan 19, pelabuhan Liverpool semakin berkembang, menjadi titik utama dalam perdagangan kapas, gula, dan budak. 

Bahkan kota ini menjadi salah satu pusat perdagangan terbesar di Inggris selama Revolusi Industri. Pertumbuhan pesat ini menyebabkan Liverpool diberi status sebagai kota pada 1880.

Sobat Suka Fakta tahu kapal legendaris Titanic, kan? Nah, Liverpool pernah menjadi tempat berlabuhnya sebagian besar kru kapal Titanic, lho. 

Selain pelabuhan, Liverpool juga terkenal dengan jalur kereta api penumpangnya yang merupakan pertama di dunia. Jalur kereta api penumpang itu dibuka pada 1830 dengan rute Liverpool – Manchester.

Hingga saat ini, pengaruh sejarah Liverpool sebagai kota pelabuhan masih terlihat jelas, mulai dari arsitektur hingga logat lokal yang dikenal sebagai “Scouse”.

2. Keunikan Liverpool Sebagai Kota Pelabuhan

Potret pelabuhan yang ada di Liverpool. Sumber : bafageh.com

Liverpool sebagai kota pelabuhan memiliki sejumlah ciri khas yang menjadikannya destinasi menarik bagi wisatawan. Berikut beberapa keunikan Liverpool sebagai kota pelabuhan:

  1. Chinatown Tertua di Eropa

Liverpool memiliki Chinatown tertua di Eropa  dan salah satu komunitas Tionghoa yang paling berkembang, berkat hubungan perdagangan yang menarik para pedagang dan pelaut dari seluruh dunia. 

Chinatown ini terletak di Nelson Street dengan memiliki gerbong Cina yang mengesankan dan dihiasi dengan ratusan naga serta dua singa megah dihadiahkan oleh kota Shanghai pada 2000.

  1. Situs Warisan Dunia UNESCO

Liverpool menjadi situs warisan dunia UNESCO pada 2004 dengan status “Liverpool Maritime Mercantile City.” Kawasan warisan ini membentang dari Albert Dock ke Stanley Dock, melalui Pier Head dan Distrik Sejarah hingga St George’s Quarter.

  1. Dermaga Basah Pertama di Dunia

Liverpool memiliki dermaga basah pertama di dunia, Dermaga Lama yang dibuka pada 1715. Dermaga ini memungkinkan kapal berlabuh tanpa terganggu oleh arus pasang surut.

  1. Pengaruh Budaya dan Musik

Liverpool adalah rumah bagi banyak band legendaris seperti The Beatles, The Rolling Stones, dan Queen. Kota ini juga memiliki banyak pub dan klub di sekitar kota yang menjadi saksi perkembangan musik pop dan rock.

Salah satu ikon paling terkenal dari kota ini adalah Royal Liver Building yang memiliki dua patung burung Liver Bird di puncaknya. Burung Liver Bird adalah simbol resmi kota Liverpool yang sudah ada selama lebih dari 800 tahun. Mau tau lebih jauh soal Burung Liver Bird ini? Yuk, simak ulasannya di fakta menarik Mexico City selanjutnya!

3. Legenda Burung Liver Bird

Burung Liver Bird
Potret Burung Liver Bird. Sumber : en.wikipedia.org

Burung Liver Bird berjumlah dua ekor yang masing-masing bernama Bella dan Bertie yang menghadap arah berbeda yang memiliki legenda sendiri. Burung Bella yang menghadap ke laut, dilegendakan berfungsi untuk melindungi para pelaut yang datang ke pelabuhan Liverpool. 

Sementara Bertie menghadap kota untuk melindungi penduduk lokal dari ancaman luar. Menurut legenda, jika kedua burung ini berbalik dan saling berhadapan, Liverpool akan musnah. 

Patung Bella dan Bertie memiliki tinggi 18 kaki dan menjadi simbol yang paling dikenal dari Liverpool. Patung burung ini bisa terlihat dari seluruh penjuru kota. Lambang burung Liver Bird juga menjadi logo dari Liverpool F.C. dan simbol komunitas lokal.

4. The Beatles, Salah Satu Identitas Kuat Kota Liverpool

The Beatles dan The Cavern. Sumber : clark-art.co.uk

Siapa yang tidak kenal dengan The Beatles, band legendaris yang berasal dari kota Liverpool dan membawa revolusi dalam dunia musik populer? Kehadiran The Beatles tidak hanya memengaruhi perkembangan musik dunia, tetapi juga menjadi salah satu identitas kuat kota Liverpool.

Membahas The Beatles, kita tidak bisa melupakan The Cavern Club, klub malam legendaris di Liverpool tempat The Beatles tampil sebanyak 292 kali antara tahun 1961 hingga 1963. 

Klub ini bisa dikatakan sebagai cikal bakal The Beatles bisa melegenda seperti sekarang. Pada 9 November 1961, Brian Epstein, manajer The Beatles, pertama kali melihat penampilan John Lennon, Paul McCartney, George Harrison, Stuart Sutcliffe, dan Pete Best di klub ini.

Selain The Beatles, The Cavern Club juga menjadi saksi bisu pertunjukan musisi ternama seperti The Rolling Stones, Queen, The Who, Stevie Wonder, dan Eric Clapton. Sayangnya, The Cavern Club yang asli ditutup pada awal 1970-an untuk jalur kereta bawah tanah.

Saking melegendanya The Beatles, terdapat museum yang didedikasikan untuk band ini, The Beatles Story. Museum yang terletak di Albert Dock itu dibuka pada 1990 dan menampilkan berbagai pernak-pernik terkait band ini, seperti replika Cavern Club, gitar pertama George Harrison, dan kacamata John Lennon. Museum ini juga memiliki Beatles Hidden Gallery dan Fab4store yang menjual souvenir The Beatles.

Selain museum, ada juga patung ikonik The Beatles yang terletak di Pier Head Liverpool, tak jauh dari Royal Liver Building. Patung yang dibuat pada 2015 ini memperlihatkan empat personil The Beatles yang sedang berjalan kaki menghadap laut. Patung ini dibuat dari perunggu oleh Andy Edwards, di mana setiap personil memegang simbolisme pribadi, seperti:

  • John Lennon: Memegang dua biji ek kecil sebagai tanda perdamaian dunia.
  • George Harrison: Mengenakan sabuk dengan aksara Sansekerta sebagai penghormatan pada keyakinannya.
  • Paul McCartney: Menggenggam kamera, menandakan kecintaannya pada fotografi.
  • Ringo Starr: Memiliki angka 8 kecil di sepatu, melambangkan kode pos L8 tempat ia dibesarkan.

5. Kota dengan Arsitektur dan Sejarah Bangunan yang Ikonik

St George's Hall.
Potret St George’s Hall. Sumber : headbox.com

Liverpool dikenal memiliki arsitektur yang unik dan bangunan bersejarah yang menjadi saksi perkembangan kota selama berabad-abad. Beberapa bangunan ikonik yang wajib dikunjungi antara lain:

Royal Liver Building

Selesai dibangun pada 1911 dan menjadi salah satu bangunan tertua di Pier Head. Bangunan ini dilengkapi dua menara dengan patung burung Liver Bird di puncaknya. Uniknya lagi, jam di menara Royal Liver Building lebih besar dari jam Big Ben di London, lho, Sobat!

St George’s Hall

Selesai dibangun pada 1854, St George’s Hall adalah tempat pertama di dunia yang memiliki sistem pendingin udara. Bangunan ini menampilkan arsitektur neoklasik yang mengesankan dengan tiang-tiang Korintus dan aula besar. Charles Dickens sering tampil di Small Concert Hall dan mengadakan pembacaan puisi di sana.

Liverpool ONE dan Dermaga Lama

Liverpool ONE adalah kawasan perbelanjaan yang dibangun di atas dermaga basah pertama di dunia. Kawasan Liverpool ONE juga menjadi pusat perbelanjaan dan hiburan yang populer. Sementara Dermaga Lama merupakan dermaga basah pertama di dunia yang dibuka pada 1715 dan memungkinkan kapal berlabuh tanpa terganggu pasang surut.

Selain bangunan-bangunan ikonik di atas, Liverpool masih menyimpan banyak bangunan unik yang gak kalah cantiknya, seperti Galeri Seni Walker yang menyimpan koleksi seni rupa luar biasa, Museum Liverpool dengan gambaran lengkap sejarah kota, dan Tate Liverpool dengan karya seni modern dan kontemporernya.

6. Prestasi Liverpool dalam Musik dan Budaya

Potret Konser musik yang ada di Liverpol.
Potret Konser musik yang ada di Liverpol. festivalsforall.s3.amazonaws.com

Liverpool dikenal sebagai kota musik, budaya, dan prestasi yang luar biasa. Beberapa prestasi Liverpool dalam musik dan budaya, antara lain:

Ibukota Pop Dunia

Liverpool memegang gelar Guinness Book of Records sebagai “Ibukota Pop” karena lebih banyak artis dari Liverpool yang meraih nomor satu di tangga lagu. Prestasi Liverpool ini gak lepas dari peran The Beatles yang menjadi salah satu artis yang membawa Liverpool ke puncak popularitas dalam dunia musik.

Ibukota Kebudayaan Eropa 2008

Liverpool terpilih sebagai Ibukota Kebudayaan Eropa pada 2008, mengalahkan kota-kota lain seperti Bristol, Birmingham, Cardiff, dan Oxford. Status ini berhasil membawa peningkatan besar pada sektor pariwisata dan seni.

Festival dan Acara Musik

Liverpool menjadi tuan rumah berbagai festival dan acara musik, seperti Sound City, Liverpool International Music Festival, dan kontes lagu Eurovision 2023. Festival-festival  ini berhasil mendatangkan musisi dan penggemar musik dari seluruh dunia. Bahkan, Liverpool International Music Festival merupakan salah satu festival musik terbesar di Inggris.

Lewat semua prestasi ini, Liverpool gak cuma jadi kota asal band legendaris The Beatles, tapi juga pusat budaya yang layak dikunjungi oleh siapa saja yang mencintai musik dan seni.

7. Berhasil Berkembang Pesat Selama Revolusi Industri

Kereta
Potret Jalur kereta Di Liverpool. Sumber: liverpoolecho.co.uk

Liverpool sebagai kota pelabuhan yang berkembang pesat selama Revolusi Industri, tentu memiliki sejarah transportasi yang kaya. Berikut beberapa fakta menarik Liverpool dalam sejarah transportasinya:

Jalur Kereta Api Penumpang Pertama di Dunia

Liverpool menjadi kota yang memiliki jalur kereta api penumpang pertama di dunia. Jalur yang menawarkan rute Liverpool – Manchester itu dibuka pada 1830. Proyek ini digagas oleh insinyur George Stephenson dan menghubungkan dua kota industri penting. Selain itu, jalur Liverpool-Manchester juga memegang catatan sejarah sebagai lokasi kecelakaan kereta api pertama di dunia yang menewaskan seorang anggota parlemen lokal.

Stasiun Liverpool Lime Street

Liverpool Lime Street adalah stasiun kereta api utama di Liverpool yang beroperasi sejak 1836. Stasiun ini merupakan salah satu stasiun tertua di dunia yang masih beroperasi. Selain melayani jalur kereta ke seluruh Inggris, Liverpool Lime Street juga terhubung ke Eurostar melalui stasiun di London.

Terowongan Birkenhead

Terowongan Birkenhead dibuka pada 1934, dan menjadi salah satu dari dua terowongan jalan yang menghubungkan Liverpool ke Wirral di seberang Sungai Mersey. Terowongan ini membentang sepanjang 3,24 km dan menjadi salah satu ikon transportasi kota Liverpool.

Liverpool Overhead Railway

Liverpool Overhead Railway, dikenal sebagai “Docker’s Umbrella,” beroperasi dari 1893 hingga 1956. Jalur ini menjadi kereta api layang pertama di dunia yang dilengkapi dengan kereta berbahan aluminium.

8. Anfield Stadium, Markas Besar Klub Sepak Bola Liverpool F.C

Stadion Sepak Bola Anfield
Potret Stadion Sepak Bola Anfield, Sumber : en.wikipedia.org

Bagi para penggemar sepak bola, Liverpool dikenal sebagai kota dengan dua klub sepak bola besar, Liverpool F.C. dan Everton F.C. Salah satu ikon sepak bola terbesar di Liverpool adalah Anfield Stadium, markas besar Liverpool F.C.

Sejarah dan Keunikan Anfield Stadium

Anfield Stadium dibangun pada 1884 dan awalnya merupakan markas Everton F.C. Kemudian pada 1892, Anfield beralih menjadi markas Liverpool F.C. setelah Everton pindah ke Goodison Park–berjarak sekitar 1 km. Kedua klub sepak bola ini memiliki sebutan sendiri untuk rivalitas mereka, Merseyside Derby.  Stadion Anfield Stadium dirancang oleh arsitek terkenal Archibald Leitchd yang memasang lampu merah dan putih di setiap sisi stadion.

Tribun Utama Anfield Stadium

Anfield Stadium memiliki beberapa tribun yang dapat menampung lebih dari 54.000 penonton. Tribun itu, di antaranya:

  • The Spion Kop: Salah satu tribun paling terkenal dan menjadi tempat pendukung paling fanatik Liverpool F.C.
  • Main Stand: Tribun utama yang baru direnovasi dan dapat menampung lebih dari 20.000 penonton.
  • Anfield Road Stand: Terletak di ujung stadion dan sering diisi oleh pendukung tim tamu.
  • Kenny Dalglish Stand: Sebelumnya dikenal sebagai Centenary Stand, dinamai ulang untuk menghormati legenda klub Kenny Dalglish.

Jika Sobat berkunjung ke stadion ini, pasti kamu akan mendengar nyanyian “You’ll Never Walk Alone” selalu terdengar menggelegar.

Fasilitas dan Tur Stadion

Anfield Stadium memiliki Liverpool FC Museum yang menampilkan sejarah dan prestasi klub. Selain itu, ada juga tur stadion yang bisa membawamu mengeksplor ruang ganti pemain, lorong pemain, dan tribun. Di sini juga terdapat toko resmi Liverpool FC yang menjual berbagai merchandise dan pernak-pernik klub.

9. Memiliki Lebih dari 10 Museum dan Galeri Seni

Museum
Potret salah satu Museum yang ada di Liverpool. Sumber : theguideliverpool.com

Liverpool memiliki kekayaan sejarah dan budaya yang diwujudkan dalam koleksi museum dan galeri seni yang luar biasa. Liverpool memiliki lebih dari 10 museum dan galeri seni yang sebagian besar gratis. Beberapa museum terpenting di kota ini antara lain:

Museum Liverpool

Museum Liverpool memberikan gambaran lengkap sejarah kota, dari masa prasejarah hingga era modern. Museum ini menampilkan pameran tentang The Beatles, sejarah pelabuhan, dan warisan budaya lokal. Museum ini terletak di tepi sungai Mersey, dekat dengan Albert Dock.

Museum Maritim

Museum yang terletak di Royal Albert Dock itu menyoroti sejarah maritim kota, termasuk Titanic yang bernasib buruk. Museum ini menampilkan koleksi model kapal, artefak maritim, dan sejarah perdagangan budak. 

Museum Perbudakan Internasional

Satu-satunya museum di dunia yang sepenuhnya didedikasikan untuk sejarah perdagangan budak. Di museum ini terdapat pameran interaktif yang menampilkan kisah perdagangan budak, perbudakan modern, dan dampaknya terhadap budaya global. Museum perbudakan ini terletak di atas Museum Maritim di Royal Albert Dock.

Galeri Seni Walker

Museum ini menampilkan koleksi seni rupa dari abad ke-13 hingga seni modern. Dikenal sebagai “National Gallery of the North” karena koleksinya yang luas. Sorotan koleksnya  termasuk karya William Turner, Dante Gabriel Rossetti, dan Lucian Freud. Galeri Seni Walker menjadi salah satu galeri seni terbesar di luar London.

Tate Liverpool

Tate Liverpool menampilkan karya seni modern dan kontemporer dari seluruh dunia, termasuk karya oleh Francis Bacon, Jackson Pollock, dan Andy Warhol. Museum ini terletak di Royal Albert Dock, di sebelah The Beatles Story Museum.

10. Liverpool Memiliki Tradisi Kuliner yang Unik

Scouse
Kuliner khas Liverpool, Scouse. Sumber : contoh-easygetmedia.blogspot.com

Liverpool memiliki tradisi kuliner yang unik dan kaya akan pengaruh budaya. Hidangan khas kota ini, di antaranya:

Scouse: Sup Tradisional Liverpool

“Scouse” adalah sup tradisional Liverpool yang terbuat dari daging sapi, kentang, wortel, dan bawang bombay. Hidangan ini mirip dengan sup Irlandia, tetapi berasal dari versi Norwegia yang dibawa oleh para pelaut. Hingga saat ini, Scouse masih disajikan di beberapa pub tradisional di kota.

Kuliner Tionghoa di Chinatown

Liverpool memiliki Chinatown tertua di Eropa dengan restoran dan supermarket Tionghoa yang ramai. Hidangan populer yang ada di sini, di antaranya dim sum, bebek peking, dan hot pot.

Makanan Jalanan dan Pasar

Liverpool memiliki banyak tempat yang menjual aneka kuliner street food. Sobat Suka Fakta bisa menemukan kuliner street food ini, misalnya di:

  • Bold Street: Terkenal dengan kafe, restoran, dan makanan jalanan dari seluruh dunia.
  • Baltic Market: Pasar makanan yang menyajikan hidangan lokal dan internasional.
  • Liverpool ONE Street Food: Area makanan jalanan yang populer di pusat perbelanjaan Liverpool ONE.

Pub Tradisional Liverpool

Liverpool memiliki banyak pub tradisional yang menyajikan bir lokal dan hidangan khas Inggris. Diantara pub-pub terkenal itu, ada The Philharmonic Dining Rooms, pub bersejarah dengan dekorasi mewah dan pilihan bir yang beragam; Ye Cracke, favorit John Lennon saat masih kuliah di Liverpool Art College; dan The Baltic Fleet yang bergaya maritim dengan menyajikan bir buatan sendiri.

Hidangan Khas Lainnya

Ada juga berbagai hidangan khas seperti Wet Nelly, kue puding tradisional Liverpool yang mirip dengan bread pudding; Everton Mint, permen hitam-putih yang dinamai sesuai klub sepak bola Everton; dan Butter Pie, pai kentang dan mentega yang populer di kalangan vegetarian.

Kesimpulan

Liverpool adalah kota yang penuh pesona, sejarah, dan budaya. Mulai dari warisan maritim yang kaya hingga legenda musik yang abadi, ada banyak fakta menarik Liverpool yang menjadikannya destinasi yang wajib dikunjungi.

Sobat Suka Fakta, jika kamu mencari kota dengan warisan sejarah, budaya musik, sepak bola, dan kuliner yang tak tertandingi, Liverpool adalah destinasi yang harus kamu kunjungi. Semoga artikel tentang fakta menarik Liverpool ini memberikan inspirasi dan informasi yang bermanfaat untuk petualanganmu berikutnya. Jangan lupa untuk berbagi pengalaman atau pertanyaanmu di kolom komentar, ya!

REFERENSI:

  • Sedayu, Galih. “10 Fakta Menarik Liverpool, Kota Asal Band Legendaris The Beatles.” Galihsedayu.com, 13 April 2020. https://galihsedayu.com/2020/04/13/berlabuh-di-pangkuan-kota-liverpool/
  • Media Jabodetabek. “9 Fakta Unik Tentang Kota Liverpool, Salah Satunya Kota Sepak Bola Paling Sukses di Inggris.” Mediajabodetabek.pikiran-rakyat.com, 2021. https://mediajabodetabek.pikiran-rakyat.com/internasional/pr-1462874560/9-fakta-unik-tentang-kota-liverpool-salah-satunya-kota-sepak-bola-paling-sukses-di-inggris?page=all
  • Kayak. “10 Fakta Menarik Liverpool.” Kayak.co.uk, https://www.kayak.co.uk/news/facts-about-liverpool/
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *