Fakta Dunia

20 Fakta Menarik Madrid, Rumah bagi Klub Sepak Bola Terkenal

143
×

20 Fakta Menarik Madrid, Rumah bagi Klub Sepak Bola Terkenal

Sebarkan artikel ini
madrid
16 Fakta Menarik Madrid. Sumber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta, pernahkah kalian mendengar tentang Madrid? Kota yang sering disebut-sebut sebagai rumah dari klub sepak bola terkenal Real Madrid ini, ternyata menyimpan sejuta pesona yang bakal bikin siapa saja ingin segera mengunjunginya. 

Madrid adalah ibu kota Spanyol yang memiliki berbagai hal menarik, mulai dari budaya, sejarah, hingga keindahan alamnya. Apakah Sobat sudah tahu kalau Madrid dikenal sebagai kota terpadat di Spanyol, sekaligus pusat politik, ekonomi, dan budaya negara ini?

Gak cuma itu, Madrid juga menjadi destinasi favorit wisatawan dunia karena keindahan arsitektur kotanya, galeri seni yang menawan, kehidupan malam yang semarak, dan masih banyak lagi. Tapi, tahu enggak kalau masih banyak fakta menarik Madrid lainnya yang sayang banget jika dilewatkan?

Sobat Suka Fakta, kalau bicara soal Madrid, kita gak cuma ngomongin soal Real Madrid aja, lho! Soalnya, kota ini juga menyimpan sejarah panjang yang penuh cerita seru dan pastinya bikin kalian ingin tahu lebih banyak.

1. Nama Madrid Berasal dari Bahasa Arab “Magerit”

Madrid
Potret Sungai Manzanares. Sumber: IST

Sobat, tau gak, ternyata nama “Madrid” punya sejarah yang panjang, lho! Awalnya, nama kota ini berasal dari bahasa Arab “Magerit” yang artinya “tempat dengan banyak aliran sungai.” 

Nama ini dipakai untuk menyebut benteng yang dibangun di Sungai Manzanares pada abad ke-9 M oleh bangsa Moor. Tapi, menurut cerita lain, nama “Madrid” mungkin juga berasal dari bahasa Latin “Matrix” yang berarti ibu atau sumber, mengacu pada banyaknya sumber air yang mengalir di sekitar kota ini.

Selama berabad-abad, nama “Magerit” kemudian berkembang menjadi “Mayrit” sampai akhirnya menjadi “Madrid” seperti yang kita kenal sekarang. Baru lah pada 1561, Raja Philip II memindahkan ibu kota Spanyol dari Toledo ke Madrid, menjadikan kota ini pusat pemerintahan dan ekonomi.

2. Lambang Kota Madrid

Madrid
Potret Lambang Madrid. Sumber: spanelskyptacek.cz

Kalau Sobat berkunjung ke Madrid, kalian pasti bakal melihat lambang kota yang unik banget, beruang yang makan buah cherry dari pohon madroño. Simbol ini pertama kali dipakai Dewan Kota Madrid sejak 1212 dan dihiasi bintang tujuh dari zodiak Ursa-Mayor (Beruang Besar). 

Sepuluh tahun kemudian, pohon madroño ditambahkan sebagai simbol perjanjian antara para pendeta dan dewan tentang penggunaan ladang dan hutan setempat.

Monumen beruang dan pohon madroño ini bisa Sobat temukan di Puerta del Sol, salah satu plaza paling terkenal di Madrid. Ikon ini melambangkan kemakmuran dan identitas kota yang khas.

3. Madrid Merupakan Kota Terbesar Ketiga di Eropa

fakta menarik madrid
Potret kota Madrid. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, tahu enggak kalau Madrid adalah kota terbesar ketiga di Eropa setelah London dan Paris? Iya, benar banget! Pada 2015, Madrid dihuni sekitar 3,1 juta jiwa. Namun, kalau kita memasukkan area metropolitannya, populasi ini bertambah menjadi sekitar 6,55 juta jiwa pada 2018.

Kota yang super ramai ini menjadi pusat berbagai sektor, mulai dari politik, ekonomi, pendidikan, hingga budaya. Gak heran kalau Madrid sering disebut sebagai kota terpadat di Spanyol dan jadi pusat politik serta ekonomi nasional. Makanya, gak ada lagi, deh, alasan buat Sobat Suka Fakta melewatkan kunjungan ke Madrid saat berlibur ke Eropa.

Populasi Terus Meningkat Sejak Abad ke 20

Ngomongin kepadatan penduduk ini tentu tidak lepas dari adanya pertumbuhan populasi di Madrid, Sobat. Dulu, pada abad ke-16, saat Madrid pertama kali dijadikan ibu kota Spanyol oleh Raja Philip II, kota ini cuma dihuni oleh sekitar 25.000 jiwa. Namun, sejak saat itu, populasinya terus meningkat secara signifikan, terutama pada abad ke-20.

Pada 1900, Madrid dihuni oleh sekitar 500.000 jiwa. Jumlah ini melonjak menjadi 3 juta pada tahun 1970-an, seiring dengan industrialisasi dan urbanisasi. Lalu, angka ini terus naik hingga mencapai 6,55 juta jiwa pada 2018, termasuk area metropolitannya.

Kini Madrid punya kepadatan penduduk yang cukup tinggi, Sobat. Di pusat kota, tingkat kepadatannya bahkan bisa mencapai lebih dari 5.000 jiwa per kilometer persegi, lho! Angka ini jelas jauh lebih tinggi dibandingkan wilayah pinggiran yang tingkat kepadatannya lebih rendah.

Dikenal Sebagai Kota Multikultural yang Memiliki Keragaman Etnis

Madrid dikenal sebagai kota multikultural yang memiliki banyak penduduk dari berbagai latar belakang etnis dan negara. Madrid memiliki sebutan sendiri untuk penduduk asli sini yang disebut “madrileños” atau “madrileñas” (untuk perempuan). 

Selain penduduk lokal,  kota ini juga jadi rumah bagi banyak imigran. Sobat bisa menemukan komunitas besar dari Amerika Latin, Eropa Timur, Asia, dan Afrika di sini.

Salah satu komunitas terbesar adalah imigran Amerika Latin, terutama dari Ekuador, Kolombia, dan Peru. Selain itu, ada juga komunitas besar dari Rumania, Maroko, dan Filipina. Keragaman ini membuat budaya di Madrid jadi sangat dinamis dan beragam.

Wilayah Metropolitan yang Cukup Luas

Sobat, Madrid memiliki wilayah metropolitan yang cukup luas, mencakup berbagai kota dan distrik di sekitarnya. Beberapa wilayah metropolitan yang terkenal antara lain:

  • Alcalá de Henares: Kota yang dikenal dengan universitasnya yang bergengsi.
  • Getafe: Pusat industri dan bisnis yang berkembang pesat.
  • Leganés: Kota industri dengan banyak taman dan ruang terbuka hijau.
  • Pozuelo de Alarcón: Wilayah pinggiran elit yang jadi rumah bagi banyak ekspatriat.

Wilayah metropolitan Madrid menjadi salah satu motor penggerak ekonomi Spanyol, dengan banyak perusahaan besar dan kawasan industri yang ada di dalamnya.

Pengaruh Populasi terhadap Kehidupan Kota

Jumlah populasi yang begitu besar, membuat kota Madrid memiliki kehidupan yang begitu ramai. Kota ini jadi pusat ekonomi dan politik yang dinamis, dengan banyak sekali aktivitas budaya dan hiburan.

Kepadatan penduduk juga membuat Madrid jadi kota yang enggak pernah tidur, terutama di pusat kotanya. Mulai dari restoran, kafe, klub malam, hingga toko-toko, semuanya tetap buka sampai larut malam. Jadi, kalau Sobat Suka Fakta pengen merasakan vibe kota yang semarak, Madrid adalah pilihan yang tepat.

4. Ibu Kota Tertinggi di Eropa dengan Ketinggian hingga 667 MDPL

Potret Kota madrid.
Potret Kota madrid. SUmber: IST

Gak cuma dikenal sebagai kota terbesar ketiga di Eropa, Sobat! Madrid juga menyandang gelar sebagai ibu kota tertinggi di benua ini. Memiliki ketinggian sekitar 650-667 mdpl, kota ini punya iklim yang lemba pyang tentu dipengaruhi oleh ketinggiannya.

Nah, Sobat Suka Fakta, cuaca di Madrid bisa berubah drastis, terutama saat musim panas dan musim dingin. Di musim panas, suhunya bisa melonjak hingga 40°C, sementara saat musim dingin, suhunya bisa turun hingga mendekati 0°C. 

5. Memiliki Julukan Khusus “Gatos” yang Berarti Kucing 

Kucing
Potret Kucing yang memanjat . Sumber: IST

Nah, Sobat Suka Fakta, tahu enggak kalau penduduk Madrid punya julukan khusus? Ya, mereka punya julukan khusus yang disebut “gatos”  yang berarti kucing dalam bahasa Spanyol. Julukan unik ini punya asal usul sejarah yang menarik, lho!

Jadi, ceritanya, pada masa penaklukan Madrid dari suku Moor oleh Raja Alfonso VI, salah seorang prajuritnya memanjat benteng yang tinggi dengan gesit layaknya kucing, lalu mengulurkan tali kepada pasukan lain. Berkat aksi heroiknya, kota itu berhasil direbut kembali, dan sejak saat itu, penduduk Madrid mulai dikenal dengan julukan “gatos.”

Selain itu, julukan ini juga terhubung dengan kebiasaan penduduk Madrid yang suka begadang sepanjang malam, mirip kucing yang aktif di malam hari. Kalau Sobat Suka Fakta main ke Madrid, jangan heran kalau kalian menemukan banyak warga lokal yang masih menikmati kehidupan malam sampai dini hari!

6. Memiliki 250 Hari Cerah Tanpa Awan per Tahun

Langit
Potret Langit yang cerah. Sumber: IST

Buat Sobat Suka Fakta yang suka cuaca cerah, Madrid bisa jadi surga banget buat kalian! Kota ini terkenal memiliki 250 hari cerah tanpa awan per tahun, jadi Sobat enggak perlu khawatir hujan bakal merusak liburan.

Meski Madrid gak punya pantai, perubahan cuaca di sini bisa terjadi secara drastis, terutama saat pergantian musim. Saat musim panas, suhunya bisa mencapai 40°C, sementara saat musim dingin bisa turun sampai mendekati 0°C. Jadi, pastikan Sobat Suka Fakta menyiapkan pakaian yang tepat sesuai musim saat berkunjung ke sini, ya!

Cuaca yang cerah ini juga jadi salah satu alasan kenapa Madrid jadi kota yang selalu ramai wisatawan. Selain bisa menikmati arsitektur kotanya yang cantik, Sobat juga bisa menjelajah taman-taman hijau dan berbagai destinasi outdoor lainnya.

7. Kota Kedua yang Memiliki Jaringan Subway Terbesar di Eropa 

Madrid
Potret kereta di Madrid. Sumber: IST

Kalau soal transportasi umum, Sobat Suka Fakta pasti bakal terkesan dengan sistem transportasi di Madrid. Kota ini punya 12 jalur metro dan lebih dari 200 stasiun, menjadikan Madrid sebagai kota kedua setelah London yang memiliki jaringan subway terbesar di Eropa.

Sistem transportasi ini bikin jalan-jalan keliling Madrid jadi lebih mudah dan murah. Banyak warga lokal yang lebih memilih naik transportasi umum seperti bus atau kereta bawah tanah, karena selain bisa mengurangi kemacetan, biayanya juga jauh lebih murah.

Gak cuma itu, Sobat juga bisa menghemat waktu saat mengeksplorasi berbagai destinasi wisata di Madrid. Jadi, pastikan kalian mencoba naik metro saat berada di sana, ya!

8. Tradisi Makan 12 Buah Anggur di Pergantian Tahun  

Anggur
Potret 12 Anggur. Sumber: moltdegust.es

Sobat Suka Fakta, siapa sih yang enggak suka tradisi unik? Nah, di Madrid, ada satu tradisi yang gak boleh Sobat lewatkan, yaitu makan 12 anggur saat pergantian tahun. Tradisi ini dikenal dengan nama “Las Doce Uvas de la Suerte” atau 12 Anggur Keberuntungan.

Ceritanya begini, setiap malam pergantian tahun, ketika lonceng di Puerta del Sol berdentang 12 kali, warga Madrid akan memakan 12 buah anggur, satu per satu, setiap kali lonceng berbunyi. Setiap anggur mewakili keberuntungan untuk satu bulan di tahun mendatang. Jadi, kalau Sobat Suka Fakta berhasil memakan semua anggur tepat pada waktunya, katanya keberuntungan akan mengikuti Sobat sepanjang tahun.

Tradisi ini konon dimulai pada 1909, ketika para petani anggur di Alicante punya hasil panen berlebih dan memutuskan untuk membagikannya sebagai bagian dari tradisi Tahun Baru. Sejak itu, kebiasaan ini jadi populer di seluruh Spanyol, terutama di Madrid.

9. Satu-satunya Kota yang Memiliki Monumen Tunggal Untuk Iblis

 Monumen tungga iblis
Potret Monumen tunggal. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, percaya gak kalau ada monumen untuk iblis di Madrid? Yup, percaya atau enggak, kota ini memiliki satu-satunya monumen tunggal untuk iblis di dunia! Monumen ini adalah patung bernama “El Ángel Caído” atau “Malaikat yang Jatuh,” yang terletak di Taman Retiro.

Patung ini menggambarkan sosok Lucifer yang jatuh dari surga, berdasarkan puisi epik “Paradise Lost” karya John Milton. Didirikan pada 1877 oleh seniman Ricardo Bellver, patung ini berdiri di atas air mancur setinggi 666—angka yang sering dikaitkan dengan iblis–meter di atas permukaan laut.

Meski terdengar menyeramkan, Sobat Suka Fakta nggak perlu takut. Monumen ini justru jadi salah satu atraksi wisata unik di Madrid dan sering dikunjungi oleh wisatawan. Kalau Sobat penasaran dengan fakta menarik Madrid ini, jangan lupa mampir ke Taman Retiro, ya!

10. Memiliki Restoran Tertua di Dunia yang Masih Beroperasi

Restoran tua
Potret restoran tertua di Madrid. Sumber: Bussinesinsider

Buat Sobat Suka Fakta yang doyan kuliner, Madrid juga punya tempat makan legendaris yang wajib dikunjungi. Restoran Botín yang terletak di Calle Cuchillos adalah restoran tertua di dunia yang masih beroperasi hingga saat ini.

Didirikan pada 1725, restoran ini masuk ke dalam Guinness World Records sebagai restoran tertua di dunia. Menu andalannya adalah “cochinillo asado” atau anak babi panggang, serta “cordero asado” atau domba panggang.

Selain menu yang lezat, Botín juga punya suasana klasik yang otentik. Restoran ini memiliki ruang bawah tanah yang pernah digunakan oleh pelukis terkenal Francisco Goya saat ia bekerja di sana sebagai pelayan. Bahkan, novelis legendaris Ernest Hemingway juga pernah menulis tentang restoran ini dalam bukunya “The Sun Also Rises.”

11. Pasar El Rastro, Pasar Loak yang Digelar Setiap Hari Minggu

Pasar El Rastro
Potrer Pasar El Rastro. Sumber: IST

Buat Sobat Suka Fakta yang hobi berburu barang antik, Pasar El Rastro adalah tempat yang wajib banget dikunjungi! Pasar loak ini diadakan setiap hari Minggu pagi di kawasan La Latina dan dianggap sebagai pasar terbesar serta paling terkenal di Madrid.

Di El Rastro, Sobat bisa menemukan berbagai barang unik, mulai dari barang antik, perhiasan, pakaian vintage, buku bekas, hingga souvenir khas Madrid. Gak cuma itu, Sobat juga bisa menikmati pertunjukan musik jalanan dan mencicipi berbagai jajanan lezat di kafe-kafe terdekat.

Buat Sobat yang suka suasana pasar yang ramai dan penuh warna, El Rastro adalah tempat yang cocok buat berburu harta karun dan merasakan suasana autentik kehidupan Madrid. Jadi, pastikan Sobat datang lebih awal karena pasar ini bakal ramai banget oleh wisatawan dan warga lokal!

12. Real Madrid, Klub Sepak Bola Paling Bergengsi di Dunia

Real madrid
Potret salah satu pemain klub bola Madrid. Sumber: Sumber: X/@Cristiano

Nah, Sobat Suka Fakta, kalau ngomongin Madrid, enggak lengkap rasanya tanpa menyebut klub sepak bola terkenal, Real Madrid! Klub ini adalah salah satu klub paling sukses dan bergengsi di dunia karena punya banyak pencapaian dan prestasi yang membuat namanya dikenal di seluruh penjuru Bumi.

Didirikan pada 1902, Real Madrid punya sejarah panjang yang penuh dengan kemenangan. Klub ini telah memenangkan lebih dari 30 gelar La Liga, 19 gelar Copa del Rey, dan 14 gelar Liga Champions UEFA, menjadikannya klub dengan koleksi trofi Liga Champions terbanyak di dunia.

Gak cuma itu, Sobat, Real Madrid juga punya banyak pemain legendaris yang pernah mengenakan seragam putih ikonis mereka, seperti Alfredo Di Stéfano, Zinedine Zidane, Cristiano Ronaldo, hingga pemain bintang saat ini, Karim Benzema.

13. Santiago Bernabeu Stadium, Landmark Olahraga Paling Ikonik

 Santiago bernabeu.
Potret stadion Santiago bernabeu. Sumber: IST

Santiago Bernabeu Stadium adalah salah satu landmark olahraga yang paling ikonik di Madrid dan jadi rumah bagi klub sepak bola Real Madrid. Stadion ini dibuka pada 1947 dan punya kapasitas lebih dari 80.000 penonton, menjadikannya salah satu stadion terbesar di Eropa.

Sobat Suka Fakta yang penggemar Real Madrid pasti bakal betah banget di sini. Selain bisa menonton langsung pertandingan, Sobat juga bisa mengikuti tur stadion untuk menjelajahi ruang ganti pemain, museum klub, hingga melihat berbagai trofi yang pernah diraih Real Madrid.

Nama stadion ini diambil dari Santiago Bernabeu, mantan presiden Real Madrid yang memimpin klub dari 1943 hingga 1978. Di bawah kepemimpinannya, Real Madrid menjelma jadi klub sepak bola paling sukses di dunia.

Selain pertandingan sepak bola, Santiago Bernabeu Stadium juga jadi venue untuk berbagai acara besar, termasuk konser musik dan acara olahraga lainnya. Sobat Suka Fakta yang berkunjung ke Madrid jangan sampai melewatkan pengalaman ini, ya!

14. Memiliki Segudang Galeri Seni dan Museum

Museo del Prado
Potret Museo del Prado. Sumber: Dok. hellotickets.es

Sobat Suka Fakta, Madrid adalah surga bagi pecinta seni. Kota ini memiliki beberapa galeri seni dan museum kelas dunia yang siap memanjakan mata dan hati Sobat. Yuk, kita bahas beberapa galeri dan museum paling terkenal di Madrid!

1. Museo del Prado

Salah satu museum seni terbesar di dunia yang menampung lebih dari 7.000 lukisan karya seni Eropa dari abad ke-12 hingga awal abad ke-20, termasuk karya-karya besar dari Goya, Velázquez, dan El Greco. 

Jika berkunjung ke sini, Sobat Suka Fakta pasti akan terpesona dengan “Las Meninas” karya Velázquez atau “The Garden of Earthly Delights” karya Hieronymus Bosch.

2. Museo Reina Sofia

Museum seni modern yang terkenal dengan koleksi seni kontemporernya ini merupakan rumah bagi karya legendaris “Guernica” dari Pablo Picasso yang menakjubkan. Selain itu, museum ini juga menyimpan koleksi seni modern dari Joan Miró, Salvador Dalí, dan banyak lagi.

3. Museo Thyssen-Bornemisza

Museo Thyssen-Bornemisza merupakan salah satu koleksi seni pribadi terbesar di dunia. Menyimpan lebih dari 1.600 lukisan dari para maestro seperti Van Gogh, Rembrandt, Monet, dan Degas, museum ini menawarkan koleksi seni yang mencakup berbagai aliran, mulai dari Renaisans hingga seni abad ke-20.

Melalui tiga galeri seni utama ini, Madrid dikenal sebagai “Segitiga Emas Seni.” So, buat Sobat Suka Fakta yang suka seni, bisa banget menghabiskan seharian penuh menjelajahi karya-karya seni yang luar biasa di sini!

15. Retiro, Salah Satu Taman Terbesar di Madrid

Taman retiro
Taman terbesar yang ada di Madrid. Sumber: IST

Buat Sobat Suka Fakta yang suka alam dan pengen bersantai di tengah keramaian kota, Taman Retiro adalah pilihan yang tepat. Taman ini adalah salah satu taman terbesar dan paling indah di Madrid yang memiliki luas sekitar 125 hektar.

Beberapa hal menarik yang bisa Sobat temukan di Taman Retiro antara lain:

  • Danau: Sobat bisa menyewa perahu dayung dan menikmati pemandangan istana serta patung di sekitar danau.
  • Istana Kristal (Palacio de Cristal): Bangunan kaca yang digunakan untuk pameran seni kontemporer.
  • Patung Malaikat Jatuh (El Ángel Caído): Patung iblis yang jadi satu-satunya monumen tunggal untuk iblis di dunia.
  • Taman Bunga Mawar: Kebun mawar dengan berbagai jenis bunga mawar yang cantik.

Taman Retiro sering jadi tempat berkumpulnya warga lokal dan turis untuk piknik, jogging, atau sekadar duduk-duduk santai. Jadi, Sobat Suka Fakta jangan sampai melewatkan taman yang indah ini saat berkunjung ke Madrid, ya!

16. Palacio Real, Istana Megah Tempat Kediaman Raja Spanyol

Kerajaan
Potret Istana kerajaan Madrid. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, tahukah kalian kalau Madrid punya istana kerajaan yang super megah? Namanya Palacio Real, atau Istana Kerajaan Madrid, yang jadi salah satu atraksi wisata paling terkenal di kota ini.

Palacio Real merupakan istana yang menjadi tempat kediaman resmi Raja Spanyol, meskipun keluarga kerajaan saat ini tinggal di Istana Zarzuela yang lebih kecil. Dibangun pada abad ke-18 dengan gaya barok klasik, istana ini punya lebih dari 3.000 kamar yang dipenuhi karya seni, patung, dan dekorasi mewah.

Di istana ini, Sobat Suka Fakta bisa mengikuti tur untuk melihat ruang-ruang mewah seperti Aula Tahta (Throne Room), Ruang Makan Kerajaan, hingga Armory Kerajaan yang menampilkan koleksi senjata dan baju zirah dari abad pertengahan. Setiap hari Rabu, Sobat juga bisa melihat pergantian penjaga di luar istana, yang pasti bakal jadi pengalaman menarik.

17. Casa de Camp Park, Paru-Paru Hijau Madrid 

Pohon
Potret pohon-pohon yang ada di Madrid. Sumber: muchosol.de/escapes/madrid-mit-kindern

Sobat Suka Fakta, kalau Taman Retiro enggak cukup buat memuaskan hasrat kalian akan alam terbuka, Madrid masih punya Casa de Camp Park, taman alam terbesar di kota ini. Taman yang luasnya mencapai 1.722 hektar ini terletak di sebelah barat kota, dan sering disebut sebagai “paru-paru hijau Madrid.”

Kalau umumnya taman itu cuma sebuah lahan hijau, hal ini berbeda dengan Casa de Camp Park. Pasalnya, di sini Sobat bisa menemukan danau buatan seluas 80.000 meter persegi, di mana kamu bisa berperahu atau menikmati pemandangan dari cafe dan restoran di tepi danau.

Selain itu ada juga kebun binatang dan akuarium yang menampung lebih dari 6.000 hewan dari berbagai spesies. Gak ketinggalan, taman hiburan dengan berbagai wahana seru, mulai dari roller coaster hingga rumah hantu dan Casa de Campo.

18. Memiliki Oleh-Oleh Khas yang Menarik

Permen turron
Salah satu oleh oleh khas madrid. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta pasti setuju kalau liburan kurang lengkap tanpa bawa pulang oleh-oleh, kan? Nah, di Madrid, Sobat bisa menemukan banyak oleh-oleh khas yang unik dan pastinya bakal bikin teman-teman di rumah senang. Yuk, kita intip beberapa oleh-oleh khas Madrid yang wajib Sobat bawa pulang!

1. Lladro Porcelain

Patung miniatur khas Valencia yang terbuat dari porselen ini memang cukup pricey, tapi Lladro Porcelain bakal jadi oleh-oleh yang kesan Spanyol banget.

2. Permen Turron

Permen kacang almond dan madu yang kerap disajikan saat perayaan Natal dan Tahun Baru ini cocok buat Sobat Suka Fakta yang suka cemilan manis.

3. Tas dan Sepatu Kulit

Madrid punya banyak tas dan sepatu kulit berkualitas tinggi yang bisa menunjang penampilan Sobat. Tempat ini cocok buat Sobat yang lagi cari tas atau sepatu dengan desain klasik untuk gaya barat yang keren.

4. Kipas (Abanico)

Kipas tradisional Spanyol yang biasanya dihias dengan motif bunga atau pemandangan ini. Cocok banget jadi hiasan dinding atau aksesoris saat musim panas.

5. Anggur Spanyol

Spanyol dikenal dengan tradisi anggurnya, jadi nggak ada salahnya bawa pulang sebotol anggur dari Madrid. Sobat bisa coba cari anggur jenis Rioja atau Ribera del Duero yang populer.

6. Makanan Kaleng

Berbagai makanan kaleng seperti ikan sarden, gurita, atau zaitun juga jadi oleh-oleh yang unik dan enak.

19. Madrid Memiliki Sejarah Panjang dengan Pengaruh Islam

Umayyad emir Mohamed I
Potret Umayyad emir Mohamed I. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, tahu gak, kalau Madrid punya sejarah panjang dengan pengaruh Islam? Ya! Sejarah di kota ini memang gak lepas dari pengaruh Islam di masa lalu. Penasaran, kan, ceritanya gimana?! Yuk, kita bahas aja!

Jadi, dahulu kala, pada masa Umayyad emir Mohamed I, sekitar tahun 865 M, kota ini didirikan sebagai benteng pertahanan dengan nama “Mayrit” yang jadi bagian dari kantong militer di sepanjang perbatasan antara Muslim Al-Andalus dan kerajaan Kristen di utara.

Mayrit kala itu jadi saksi banyak pertempuran antara Muslim dan Kristen, hingga akhirnya jatuh ke tangan orang Kristen pada abad ke-11. Meski begitu, pengaruh Islam tetap bertahan, terutama dalam arsitektur dan budaya. 

Bahkan, komunitas Muslim tetap tinggal di Madrid sampai pengusiran besar-besaran Muslim Spanyol pada 1609. Sekarang, Madrid jadi rumah bagi sekitar 300 ribu Muslim yang kebanyakan berasal dari Maroko, Aljazair, Nigeria, Senegal, dan Pakistan.

20. Toledo, Kota Tiga Budaya di Selatan Madrid

Kota Toledo.
Potret Kota Toledo. Sumber: IST

Sobat, pernah denger kota Toledo? Kota ini terletak sekitar 70 km di selatan Madrid dan dikenal sebagai “Kota Tiga Budaya.” Di sini, tiga agama mulai dari Kristen, Islam, dan Yahudi, pernah hidup berdampingan dengan damai selama berabad-abad. Bukti keragaman ini bisa Sobat lihat dalam bangunan-bangunan ikonik seperti gereja, masjid, istana, dan sinagoga.

Sebelum Madrid jadi ibu kota, Toledo pernah jadi pusat pemerintahan Spanyol. Meski kini status ibu kota itu telah pindah ke Madrid, Toledo tetap jadi destinasi wisata budaya yang populer. 

Di Toledo, Sobat bakal disuguhkan jalan-jalan sempit berbatu, bangunan kuno, dan suasana abad pertengahan yang bakal bikin kamu merasa menjelajahi waktu!

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, itulah 20 fakta menarik Madrid yang bikin kita makin ingin segera berkunjung ke sana. Mulai dari sejarahnya yang panjang, tradisi unik, hingga destinasi wisata yang beragam, Madrid memang punya segalanya untuk para wisatawan. Apalagi, kehidupan malamnya yang juga gak kalah seru dan makanan khasnya yang lezat juga siap memanjakan kita.

Jadi, apakah Sobat sudah merencanakan perjalanan menyeberangi benua menuju ibu kota Spanyol ini? Jangan lupa catat masukkan Madrid dalam rencana perjalanan Sobat, dan bagikan pengalaman kalian di kolom komentar!

REFERENSI:

  • Hayatun Tour. (2021). Kota Madrid. Diakses dari https://www.hayatuntour.com/kota-madrid/
  • Industry.co.id. (2021). Fakta Unik Kota Madrid, Salah Satunya Kota Ketiga Terbesar di Eropa. Diakses dari https://www.industry.co.id/read/98891/fakta-unik-kota-madrid-salah-satunya-kota-ketiga-terbesar-di-eropa
  • Young on Top. (2022). 10 Fakta Menarik dari Madrid. Diakses dari https://www.youngontop.com/10-fakta-menarik-dari-madrid/
  • Wanderlust Chloe. (2022). 21 Fascinating Facts About Madrid. Diakses dari https://www.wanderlustchloe.com/facts-about-madrid/
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *