Fakta Dunia

15 Fakta Menarik Mexico City, Ibu Kota Negara Meksiko

198
×

15 Fakta Menarik Mexico City, Ibu Kota Negara Meksiko

Sebarkan artikel ini
Mexico city
15 Fakta Menarik Mexico City, Sumber : IST

Hai, Sobat Suka Fakta! Kali ini kita akan berpetualang ke kota yang dinamis dan penuh pesona di Amerika Latin, yaitu Mexico City! Eits… Sobat udah pernah dengar nama kota ini, belum? Yuk, kita bahas aja disini!

Mexico City merupakan ibu kota sekaligus kota terbesar di Meksiko yang menawarkan perpaduan unik antara sejarah, budaya, dan gaya hidup modern. Di sini, Sobat Suka Fakta bisa menemukan reruntuhan kuno suku Aztec, bangunan kolonial yang megah, serta pasar yang penuh warna. 

Belum lagi, kehidupan malamnya yang seru dan beragam jajanan kaki lima yang menggugah selera. Gak heran kalau kota ini jadi pusat ekonomi, politik, dan budaya di Meksiko, serta dikenal sebagai kota metropolitan yang dinamis.

Nah, di artikel ini kita akan mengulas 15 fakta menarik Mexico City yang pastinya bikin Sobat Suka Fakta semakin penasaran dengan kota ini. 

Mulai dari situs warisan dunia UNESCO, hingga inovasi teknologi yang terus berkembang, Mexico City benar-benar punya segalanya. So, ayo kita mulai petualangan ini dan temukan “fakta menarik Mexico City” yang bikin kota ini spesial banget!

1. Mexico City, Salah Satu Kota Metropolitan Terbesar di Dunia

fakta menarik mexico city
Potret Kota Mexico City. Sumber: unimmafm.com

Sobat Suka Fakta, tahukah kalian kalau Mexico City adalah salah satu kota metropolitan terbesar di dunia? Memiliki populasi mencapai 21 juta orang, kota ini merupakan pusat ekonomi, politik, dan budaya di Meksiko. Gak heran kalau banyak perusahaan multinasional seperti Merck, Bayer, dan AstraZeneca punya kantor di sini. Selain itu, Mexico City juga sering jadi tuan rumah konferensi dan acara besar seperti Kongres FIFA dan Kongres Kardiologi Dunia.

Selain itu, Mexico City juga punya Bandara Internasional Benito Juarez, bandara tersibuk di Amerika Latin yang melayani lebih dari 150 penerbangan internasional per hari. Kebayang, kan, betapa pentingnya Mexico City sebagai pusat bisnis dan pariwisata?! 

Sayangnya, Mexico City yang merupakan kota metropolitan ini, belum bisa lepas dari permasalahan umum kota-kota besar: kemacetan! Yap… kota ini masih mengalami persoalan lalu lintas yang sangat padat. So, kalau kalian ke sini, pastikan memilih akomodasi yang dekat dengan tempat tujuan biar enggak terjebak macet, ya, Sobat Suka Fakta!

2. Kekayaan Sejarah dan Warisan Budaya Mexico City

Palacio de Bellas
Potret peninggalan Mexico Palacio de Bellas. Sumber: IST

Meski Mexico City merupakan metropolitan yang modern, namun hal itu gak menutup kekayaan sejarah dan warisan budaya yang dimiliki tempat ini. Pusat bersejarahnya bahkan sudah diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Salah satu landmark paling terkenal adalah Templo Mayor, situs arkeologi suku Aztec yang menunjukkan kejayaan peradaban kuno di Meksiko.

Selain itu, ada juga Palacio de Bellas Artes yang megah dengan arsitektur kolonialnya yang mengesankan. Gedung ini sering digunakan untuk pameran seni, pertunjukan opera, dan konser musik klasik. Gak ketinggalan, Sobat Suka Fakta juga bisa mengunjungi Catedral Metropolitana, gereja katedral yang dibangun pada abad ke-16 dengan gaya arsitektur yang menawan.

Jangan lupa mampir ke Museum Antropologi Nasional yang terkenal di dunia, di mana kalian bisa melihat koleksi artefak suku Aztec, Maya, dan peradaban kuno lainnya. Oiya, buat Sobat Suka Fakta yang suka seni, ada juga Museum Frida Kahlo yang dulunya adalah rumah seniman terkenal Frida Kahlo. Pokoknya, Mexico City adalah surga bagi pecinta sejarah dan seni, deh!

3. Penduduknya Ramah

Mexico City.
Potret Kota Mexico City. Sumber: jhumbrachtphotography.com

Sobat Suka Fakta, kalau kalian berkunjung ke Mexico City, pokoknya gak usah khawatir tentang keramahan orang-orang di sini, deh! Soalnya, sebanyak 91% orang asing yang tinggal di kota ini merasa nyaman dan seperti di rumah sendiri. 

Hal itu ngebuktiin kalo keramahan penduduk Mexico City gak kaleng-kaleng. So, gak heran, deh, kenapa para pendatang di Mexico City betah tinggal di sini, meski kota ini punya masalah kriminalitas dan kemacetan.

Sobat gak percaya kalo penduduk lokal sini ramah-ramah? Nih, ada testimoni langsung dari Justin Ermini, seorang koki asal Amerika Serikat yang bilang kalau hidup di Mexico City rasanya seperti di rumah sendiri. Orang-orang lokal juga punya kebiasaan menyapa dengan jabat tangan atau pelukan, jadi jangan kaget kalau kalian merasa disambut dengan hangat di sini.

Selain keramahan penduduknya, Mexico City juga menawarkan berbagai fasilitas buat orang asing, seperti bandara internasional yang modern, jaringan metro yang komprehensif, dan beragam pilihan akomodasi dari hotel mewah hingga butik. Jadi, Sobat Suka Fakta, siap buat merasakan kehangatan penduduk Mexico City?

4. Jos Vasconcelos, Perpustakaan yang Terdiri dari Baja dan Kaca

Perpustakaan Jos Vasconcelos.
Potret Perpustakaan Jos Vasconcelos. Sumber: mexicodesconocido.com / NICOLAS TRIEDO

Sobat Suka Fakta yang suka baca buku, kalian wajib banget mampir ke Perpustakaan Jos Vasconcelos. Interior perpustakaan Jos Vasconcelos hanya terdiri dari baja dan kaca, serta beton sebagai pelindung di sisi terluarnya. 

Desain yang minimalis dan futuristik membuat suasana perpustakaan ini nyaman dan inspiratif. Perpustakaan Jos Vasconcelos menawarkan koleksi buku yang sangat lengkap, cocok buat Sobat Suka Fakta yang ingin menambah wawasan.

Gak hanya itu, perpustakaan ini juga sering jadi tempat berbagai acara budaya seperti pameran seni dan diskusi literasi. Jadi, buat kalian yang pengen suasana belajar yang beda, perpustakaan ini wajib masuk dalam daftar kunjungan kalian saat di Mexico City!

Eits, buat kamu yang gak suka baca juga tetap harus berkunjung ke sini, soalnya perpustakaan modern ini dikelilingi oleh kebun raya yang menyimpan tanaman-tanaman langka dari seluruh dunia. Konsep kebun raya ini dirancang untuk mengimbangi arsitektur modern bangunan, jadi kamu bisa menikmati perpaduan unik antara teknologi dan alam.

5. Mexico City Memiliki Gedung Pencakar Langit Terbalik

Gedung bawah tanah
Potret Gedung Bawah tanah Mexico City. Sumber: vraymozeart.blogspot.com

Sobat Suka Fakta, pernah enggak sih kalian membayangkan ada gedung pencakar langit tapi terbalik? Iya, kalo umumnya gedung pencakar langit itu menjulang ke atas, hal ini berbeda dengan gedung pencakar langit yang ada di Mexico City. 

Tapi, ini bukan gedung pencakar langit, kok, Sobat. Jadi gedung ini lebih tepat disebut sebagai Gedung bawah tanah. Bangunannya berupa piramida terbalik sedalam 300 meter yang bisa menampung hingga 5.000 orang. Arsitek di Mexico City merancang gedung ini untuk mengatasi peraturan pembangunan yang ketat dan keterbatasan lahan.

Gedung ini dirancang dengan konsep multifungsi, meliputi area ritel, perumahan, serta atraksi budaya. Atapnya yang berupa kaca besar memberikan cahaya alami ke dalam gedung, menciptakan suasana yang terang dan nyaman meski berada jauh di bawah tanah. Piramida terbalik ini adalah salah satu bukti betapa kreatif dan inovatifnya arsitek di Mexico City.

6. Tempat Kelahiran Astronom Terkenal, Guillermo Haro

Potret Astronom Terkenal, Guillermo Haro. Sumber: Taken from the UNAM’s website

Sobat Suka Fakta, kalian tahu enggak kalau Mexico City adalah tempat kelahiran astronom terkenal Guillermo Haro? Lahir pada 21 Maret 1913, Guillermo Haro adalah astronom Meksiko pertama yang dikenal secara internasional. Ia mendirikan National Institute of Astrophysics, Optics, and Electronics untuk mengembangkan sains dan astronomi di Meksiko.

Selain itu, nama Guillermo Haro juga digunakan sebagai nama sebuah observatorium, Guillermo Haro Observatory, di mana observatorium ini memainkan peran penting dalam penelitian astronomi. Haro juga dikenal karena penemuannya yang inovatif seperti objek Haro-Haro, yaitu objek-objek yang terkait dengan pembentukan bintang. Jadi, buat Sobat Suka Fakta yang suka ilmu astronomi, Mexico City punya sejarah ilmuwan yang keren banget, nih!

7. Mexico City Memiliki 150 Museum Seni yang Mengagumkan

Museum
Potret salah satu Museum yang ada di Mexico City. Sumber: commons.wikimedia.org

Sobat Suka Fakta, kalau kalian pecinta seni, maka Mexico City adalah surga buat kalian. Di kota ini, kalian bisa menemukan lebih dari 150 museum yang menyimpan beragam karya seni dan sejarah. 

Mulai dari Museum Antropologi Nasional yang menyimpan koleksi artefak suku Aztec, Maya, dan peradaban kuno lainnya, hingga Museum Frida Kahlo, rumah dari seniman terkenal Frida Kahlo.

Ada juga museum seni yang menggabungkan galeri seni modern dan kontemporer yang keren. Gak hanya itu, Mexico City juga punya banyak mural warna-warni dan seni jalanan yang membuat kota ini semakin hidup. Salah satu mural paling terkenal adalah mural karya Diego Rivera yang menghiasi dinding Istana Nasional.

Selain itu, jajanan kaki lima di Mexico City juga jadi bagian penting dari budaya kuliner kota ini. Mulai dari taco, quesadilla, hingga churros, semuanya bisa kalian temukan di pedagang kaki lima di seluruh kota. Gak heran kalau Mexico City sering disebut sebagai salah satu kota terbaik untuk pecinta kuliner!

8. Salah Satu Kota dengan Lalu Lintas Terburuk di Dunia 

Mexico
Ilustrasi kepadatan lalu lintas di kota Mexico City. Sumber : foto.tempo.co

Sobat Suka Fakta, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Mexico City mungkin kota yang seru, tapi juga terkenal dengan lalu lintasnya yang parah. Pada 2015, kota ini tercatat sebagai salah satu kota dengan lalu lintas terburuk di dunia. 

Eits, tapi jangan khawatir, ada solusi transportasi yang bisa membantu kalian menjelajahi kota dengan lebih mudah: Metro Mexico City, jaringan metro yang komprehensif dan relatif murah. So, kalian bisa berkeliling kota tanpa terjebak macet. Selain itu, ada juga program berbagi sepeda dan bus ramah lingkungan yang membuat perjalanan jadi lebih nyaman.

Meskipun lalu lintasnya kadang bikin stres, tapi tetep banyak cara buat menikmati kota ini dengan nyaman. Misalnya, Malaikat Kemerdekaan (El Ángel de la Independencia), salah satu simbol kota yang bisa kalian temukan di Reforma Avenue. Monumen ini menjadi simbol untuk memperingati perjuangan kemerdekaan Meksiko yang wajib dikunjungi ketika berada di Mexico City. 

9. Día de los Muertos, Festival Hari Orang Mati

Festival orang mati
Potret Festival orang mati. Sumber: intisari.grid.id

Sobat Suka Fakta, kalau bicara soal Mexico City, kita enggak boleh melewatkan Festival Hari Orang Mati atau Día de los Muertos. Festival ini adalah tradisi unik yang sudah ada sejak zaman suku Aztec dan kini menjadi salah satu perayaan paling semarak di Mexico City. Festival Hari Orang Mati biasanya berlangsung selama dua hari, pada tanggal 1 dan 2 November.

Selama festival ini, jalan-jalan kota dihiasi dengan altar, dekorasi warna-warni, dan parade besar yang disebut La Calavera Catrina dengan orang-orang berdandan sebagai tengkorak atau kerangka. Selain itu, banyak juga acara seperti konser, tarian, dan pertunjukan seni. Gak lupa, Sobat Suka Fakta juga bisa mencicipi makanan khas festival ini seperti pan de muerto dan gula-gula berbentuk tengkorak.

10. Mexico City Memiliki Bar-Bar Keren

Mexico.
Potret kehidupan malam di Mexico. Sumber : mexicoinsider.mx

Selain festivalnya yang seru, Mexico City juga punya kehidupan malam yang gak kalah meriah. Mulai dari bar trendi hingga klub malam kelas dunia, kota ini punya banyak pilihan buat Sobat Suka Fakta yang suka pesta. Di Zona Rosa, kalian bisa menemukan bar-bar keren dengan musik yang asyik, sementara di Polanco, ada klub malam eksklusif dengan DJ internasional.

Selain bar dan klub, Mexico City juga dikenal dengan musik Mariachi-nya yang meriah. Di Plaza Garibaldi, kalian bisa mendengarkan band Mariachi yang memainkan lagu-lagu khas Meksiko dengan semangat. Buat kalian yang suka hiburan unik, jangan lewatkan Lucha Libre, gulat profesional Meksiko yang super seru dengan kostum-kostum lucu dan aksi akrobatik.

11. Mexico City Dikenal Sebagai Kota Desain UNESCO

Mexico City.
Potret kota Mexico City. Sumber: kerranelamassa.fi

Sobat Suka Fakta, Mexico City juga menjadi pusat inovasi dan teknologi. Kota ini bahkan dikenal sebagai Kota Desain UNESCO karena komitmennya terhadap desain dan inovasi. Banyak perusahaan rintisan dan wirausahawan teknologi yang bermunculan di kota ini, menjadikannya sebagai salah satu pusat startup di Amerika Latin.

Selain itu, arsitek di Mexico City juga terkenal dengan karya-karya inovatif mereka. Misalnya, gedung bawah tanah berbentuk piramida terbalik, jaringan terowongan bawah tanah, dan bangunan-bangunan modern lainnya. Jadi, buat Sobat Suka Fakta yang tertarik dengan desain dan inovasi, Mexico City adalah tempat yang tepat buat kalian!

12. Memiliki Stadion Terbesar di Dunia

Stadion Azteca.
Potret Stadion Azteca. Sumber: 2026worldcupnorthamerica.com

Sobat Suka Fakta, kalau kalian suka olahraga, Mexico City punya sesuatu yang menarik buat kalian, yaitu Stadion Azteca. Ini adalah salah satu stadion terbesar di dunia dengan kapasitas lebih dari 87.000 penonton. Stadion ini pernah menjadi tuan rumah berbagai acara olahraga besar, termasuk final Piala Dunia FIFA 1970 dan 1986.

Selain itu, stadion ini juga jadi tempat diselenggarakannya Maraton Kota Meksiko tahunan yang diikuti pelari dari seluruh dunia. Jadi, kalau Sobat Suka Fakta pengen merasakan atmosfer olahraga yang seru, pastikan untuk mengunjungi Stadion Azteca atau menonton langsung pertandingan di sana!

13. Dikenal Sebagai Kota Paling Berpolusi di Dunia

Plan Verde
Potret Program Plan Verde. Sumber: imgsvr.radiocut.com.ar

Mexico City sempat dikenal sebagai salah satu kota paling berpolusi di dunia. Namun, kota ini melakukan perubahan besar-besaran melalui program Plan Verde yang diluncurkan pada 2007. Program ini bertujuan meningkatkan kualitas udara dan mengurangi lalu lintas dengan cara memperkenalkan angkutan umum yang lebih ramah lingkungan.

Salah satunya adalah program berbagi sepeda dan bus ramah lingkungan yang sekarang sudah menjadi bagian penting dari transportasi kota. Gak hanya itu, Plan Verde juga mencakup pengelolaan sampah yang lebih baik dan penggunaan energi terbarukan. Jadi, Sobat Suka Fakta, Mexico City sekarang jadi jauh lebih bersih dan ramah lingkungan!

14. Memiliki Sistem Kanal yang Kompleks

Potret Xochimilco
Potret Xochimilco, situs Warisan Dunia UNESCO. Sumber : featherandthewind.com

Sobat Suka Fakta, tahukah kalian kalau Mexico City punya sistem kanal yang kompleks yang sudah ada sejak zaman suku Aztec? Salah satu yang paling terkenal adalah Xochimilco, sebuah situs Warisan Dunia UNESCO di mana Sobat Suka Fakta bisa menikmati saluran air kuno dengan trajinera berwarna-warni.

Trajinera adalah perahu tradisional yang sering digunakan untuk berlayar di sepanjang kanal Xochimilco sambil menikmati musik, makanan, dan pemandangan yang indah. Ini adalah cara yang menyenangkan untuk melihat sisi lain dari Mexico City dan merasakan budaya lokal yang masih kental.

15. Mexico City Memiliki Beragam Kerajinan Tangan dan Tempat Belanja

Kerajinan tangan
Potret Kerajinan Tongan. Sumber: tripadvisor.com.mx

Buat Sobat Suka Fakta yang suka belanja, Mercado Insurgentes adalah tempat yang wajib dikunjungi di Mexico City. Pasar ini menawarkan beragam kerajinan tangan lokal seperti perak, perhiasan, dan artefak budaya. Ada lebih dari 200 toko di pasar ini yang menjual berbagai barang unik dengan harga yang cukup terjangkau.

Selain Mercado Insurgentes, kalian juga bisa mampir ke Mercado de la Merced atau Mercado de Jamaica untuk pengalaman belanja yang lebih autentik. Pasar-pasar ini menawarkan pilihan kerajinan tangan, makanan, dan oleh-oleh khas Meksiko yang enggak boleh dilewatkan. So, Sobat Suka Fakta, udah siap buat berburu barang unik di Mexico City?

Kesimpulan 

Nah, Sobat Suka Fakta, gimana? Seru banget, kan, jelajah fakta menarik Mexico City ini? Mulai dari piramida terbalik di gedung bawah tanah hingga semarak Festival Hari Orang Mati, kota ini benar-benar punya pesona yang luar biasa. Gak hanya itu, kalian juga bisa menikmati keindahan sistem kanal Xochimilco, kehidupan malam yang meriah, serta kelezatan jajanan kaki limanya.

Selain kaya akan sejarah dan budaya, Mexico City juga dikenal sebagai pusat inovasi dengan bangunan futuristik dan komunitas startup yang berkembang pesat. Program Plan Verde yang ambisius menunjukkan komitmen kota ini untuk menjadi lebih hijau dan ramah lingkungan. Gak ketinggalan, Stadion Azteca dan pasar kerajinan tangan seperti Mercado Insurgentes bikin kota ini semakin lengkap dengan beragam atraksi menarik.

Jadi, Sobat Suka Fakta, kalau kalian mencari destinasi yang unik dan penuh kejutan, Mexico City adalah tempat yang wajib kalian kunjungi! Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kalian, dan share pengalaman atau fakta menarik Mexico City lainnya yang kalian tau di kolom komentar, ya!

REFERENSI:

  • BBC Indonesia (2016) Mexico City, kota metropolis kaya budaya dan sejarah. [Online] Diakses dari: https://www.bbc.com/indonesia/vert_cap/2016/07/160720_vert_cap_meksiko
  • Tempo (2018) Fakta tentang Mexico City, Kota Kelahiran Astronom Guillermo Haro. [Online] Diakses dari: https://travel.tempo.co/read/1071778/fakta-tentang-mexico-city-kota-kelahiran-astronom-guillermo-haro
  • Kumparan (2022) Inilah Nama Ibu Kota Meksiko dan Fakta-Fakta Uniknya. [Online] Diakses dari: https://kumparan.com/sejarah-dan-sosial/inilah-nama-ibu-kota-meksiko-dan-fakta-fakta-uniknya-205apjgkILO
  • Facts.net (2023) 45 Facts About Mexico City. [Online] Diakses dari: https://facts.net/world/cities/45-facts-about-mexico-city/
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *