Fakta Dunia

14 Fakta Menarik Melbourne, Pernah Menjadi Ibu Kota Australia

184
×

14 Fakta Menarik Melbourne, Pernah Menjadi Ibu Kota Australia

Sebarkan artikel ini
8 Fakta Menarik Melbourne, Pernah Menjadi Ibu Kota Australia. Sumber : hotels.com

Halo, Sobat Suka Fakta! Pernah terpikir gak sih mengapa Melbourne bisa jadi salah satu kota yang paling sering dibicarakan di dunia? Dari menjadi ibu kota Australia di masa lalu hingga menjadi pusat budaya dan olahraga, Melbourne memiliki cerita unik di setiap sudut kotanya. Tapi, bukan hanya itu, loh! Kota ini juga penuh dengan kejutan yang mungkin belum kamu ketahui.

Setelah kita membahas fakta menarik Berlin di artikel sebelumnya, nah dalam artikel ini, kita bakal mengulik lebih dalam tentang “15 Fakta Menarik Melbourne” yang nggak cuma menarik perhatian kita, tapi juga memberikan wawasan baru tentang kota yang vibrant ini.

Jadi, siap-siap untuk memulai sebuah eksplorasi yang seru dan penuh pengetahuan, karena kita akan menjelajahi dari sejarahnya yang unik sebagai “Batmania” hingga bagaimana Melbourne mengubah wajah dunia dengan inovasi dan budayanya.

Yuk, kita mulai petualangan ini dengan menelisik bagaimana Melbourne dulu dikenal dengan nama yang cukup unik dan lucu, yaitu “Batmania”. Penasaran kan? Ayo, kita selami lebih lanjut!

1. Sejarah Unik Melbourne sebagai “Batmania”

Kota melbourne.
Potret Kota melbourne. Sumber : Andi Saputra/detikTravel

Nah, Sobat Suka Fakta, siapa yang menyangka kalau Melbourne, yang kita kenal sebagai kota yang modern dan dinamis, dulu pernah punya nama yang unik banget, yaitu “Batmania”?

Nama ini diambil dari John Batman, salah satu pendiri kota ini yang pertama kali melihat potensi besar di tanah ini untuk berkembang menjadi sebuah pusat perdagangan dan komunitas. Keunikan nama ini mencerminkan awal yang berani dan penuh petualangan dari kota yang sekarang kita cintai ini.

Ketika Melbourne berubah nama dari Batmania menjadi Melbourne, kota ini mulai membentuk identitasnya sendiri. Transformasi ini tidak hanya membawa perubahan nama, tapi juga mengawali era baru dalam sejarah, di mana Melbourne tumbuh menjadi pusat ekonomi dan budaya yang penting di Australia.

2. Melbourne Merupakan Mantan Ibu Kota Australia

 Melbourne.
Potret Kota Melbourne. Sumber: IST

Tahukah kamu, Sobat Suka Fakta, bahwa Melbourne pernah menjadi ibu kota Australia dari tahun 1901 hingga 1927? Ya, sebelum Canberra mengambil alih, Melbourne adalah pusat pemerintahan dan kegiatan politik di Australia. 

Masa ini sangat penting karena selama periode ini, banyak keputusan penting yang membentuk negara ini diambil di sini. Keistimewaan ini menambah lapisan sejarah yang kaya pada kota yang kita lihat hari ini.

Peran sebagai ibu kota sementara juga meninggalkan warisan arsitektur dan kultural yang masih bisa kita nikmati sampai sekarang. Gedung-gedung bersejarah dan infrastruktur kota ini adalah saksi bisu dari periode penting tersebut dalam sejarah Australia, memberikan Melbourne karakter yang unik dibandingkan dengan kota-kota lain di negara ini.

3. Hanya di Melbourne Kamu Dapat Merasakan Empat Musim dalam Satu Hari! 

Melbourne.
Kolase cuaca Melbourne. Sumber: IST

Sobat, pernah dengar nggak sih kalau di Melbourne kamu bisa merasakan empat musim dalam satu hari? Ya, itulah salah satu fakta unik tentang Melbourne yang membuat banyak orang terkejut. Dari sinar matahari yang cerah di pagi hari, angin sepoi-sepoi di siang hari, udara dingin di sore hari, hingga hujan di malam hari, semua bisa terjadi dalam satu hari yang sama! Fenomena ini disebabkan oleh lokasi geografis Melbourne yang unik, yang membuat cuacanya sangat variatif.

Variasi cuaca ini tidak hanya menjadi topik pembicaraan yang menarik bagi warga dan pengunjung, tapi juga membentuk bagian dari kehidupan sehari-hari mereka. Bagaimana mereka berpakaian, kegiatan yang mereka pilih, bahkan menu yang ditawarkan di kafe dan restoran, semuanya dipengaruhi oleh cuaca yang berubah-ubah ini.

4. Surga Bagi Pecinta Kuliner, Kota ini Menyediakan Hidangan Tradisional yang Lezat

Anzac
Potret Kuliner Melbourne, Anzac. Sumber: IST

Berbicara tentang kafe dan restoran, Melbourne adalah surga bagi para foodie, Sobat Suka Fakta! Kota ini terkenal dengan jumlah restoran dan kafe per kapita yang sangat tinggi, mungkin salah satu yang tertinggi di dunia. Di setiap sudut jalan, kamu bisa menemukan segala macam hidangan, dari kopi artisan yang lezat hingga makanan gourmet internasional.

Pengalaman kuliner di Melbourne sangat beragam, menawarkan segalanya dari brunch yang nyaman di kafe lokal hingga santapan mewah di restoran berbintang Michelin. Keanekaragaman ini tidak hanya mencerminkan palet rasa yang luas tetapi juga melambangkan keberagaman budaya yang ada di kota ini. Setiap restoran dan kafe di sini memiliki cerita unik untuk diceritakan, membuat setiap kunjungan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

5. Melbourne Menjadi Pusat Kreativitas dan Seni yang Mendunia

Potret salah satu seni.
Ilustrasi salah satu seni. Sumber: IST

Dari kuliner, kita beralih ke seni dan budaya, Sobat. Melbourne dikenal luas dengan komitmennya terhadap seni, baik itu seni visual, musik, atau teater. Jalanan kota ini, seperti Hosier Lane, terkenal dengan mural dan grafiti yang menyajikan ekspresi kreatif dari para seniman lokal dan internasional. Ini menunjukkan bagaimana Melbourne menghargai dan mendukung seni jalanan sebagai bagian dari identitas urban mereka.

Selain itu, Melbourne juga memiliki komunitas seni yang dinamis yang terus berkembang, yang terlihat dari banyaknya galeri seni dan ruang pertunjukan yang menampilkan berbagai karya seni. Keberhasilan ini juga diakui secara global ketika UNESCO menobatkan Melbourne sebagai Kota Literatur, menghargai kontribusi kota ini terhadap dunia sastra. Keberagaman ini menjadikan Melbourne sebagai pusat kebudayaan yang penting, tidak hanya di Australia tetapi juga di kancah global.

6. Melbourne Dikenal Sebagai Ibu Kota Olahraga di Australia

Formula 1
Potret keramaian balapan Formula 1 di Grand Prix Australia. Sumber: IST

Selain budaya dan kuliner, Melbourne juga dikenal sebagai ibu kota olahraga di Australia. Bayangkan saja, Melbourne adalah rumah bagi beberapa acara olahraga terbesar di dunia, seperti Australian Open untuk tenis, balapan Formula 1 di Grand Prix Australia, dan tentunya, pertandingan seru dari Australian Football League (AFL). Melbourne Cricket Ground (MCG) adalah salah satu tempat paling ikonik di kota ini dan menjadi tujuan wajib bagi penggemar kriket dari seluruh dunia.

Nggak cuma itu, Sobat! Melbourne juga sering menjadi tuan rumah bagi berbagai event olahraga internasional lainnya yang menarik ribuan pengunjung setiap tahunnya. Infrastruktur olahraganya yang top membuat Melbourne nggak hanya jadi tempat favorit bagi para atlet, tapi juga para penggemar olahraga yang ingin merasakan atmosfer kompetisi yang mendebarkan. Jadi, kalau kamu pecinta olahraga, Melbourne adalah tempat yang sempurna untuk menonton pertandingan kelas dunia!

7. Melbourne Memiliki Jaringan Sistem Tram Terbesar Ke-4 di Dunia

Tram.
Potret Alat transportasi Melbourne, Tram. Sumber, IST

Nah, Sobat Suka Fakta, kali ini kita beralih ke transportasi yang ikonik di Melbourne, yaitu tram! Melbourne memiliki sistem tram terbesar di Australia dan nomor empat terbesar di dunia. Dengan jaringan yang luas, tram-tram ini menghubungkan hampir semua sudut kota, memberikan akses yang mudah dan nyaman bagi penduduk dan turis untuk berkeliling. Naik tram di Melbourne bukan hanya soal transportasi, tapi juga pengalaman budaya yang unik.

Sistem tram ini sudah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari warga Melbourne. Kamu bisa melihat tram berwarna-warni melintasi jalan-jalan utama kota, membawa penumpang ke berbagai destinasi menarik. Selain ramah lingkungan, tram-tram ini juga menjadi cara yang menyenangkan untuk menikmati pemandangan kota sambil berkeliling. Jadi, kalau kamu ke Melbourne, jangan lupa coba naik tram, ya!

8. “8 Jam Kerja” Menjadi Gerakan Sosial yang Paling Terkenal

 8 jam kerja
Potret gerakan 8 jam kerja pada tahun 1856. Sumber: abc.net.au

Sobat, tahukah kamu bahwa Melbourne juga punya sejarah panjang dalam gerakan sosial? Salah satu yang paling terkenal adalah gerakan “8 jam kerja” yang dimulai di sini. Pada tahun 1856, para pekerja bangunan di Melbourne menuntut pembagian waktu kerja yang adil, 8 jam kerja, 8 jam rekreasi, dan 8 jam istirahat. Gerakan ini kemudian menginspirasi perubahan besar dalam kondisi kerja di seluruh dunia, menjadi tonggak penting dalam sejarah hak-hak pekerja.

Selain itu, Melbourne juga dikenal dengan berbagai inisiatif sosial yang progresif. Misalnya, kota ini memiliki beberapa program yang mendukung keberagaman dan inklusi, memastikan bahwa semua warga, tanpa memandang latar belakang, memiliki kesempatan yang sama. Inovasi sosial ini menunjukkan betapa pentingnya nilai-nilai keadilan dan solidaritas dalam membentuk identitas kota Melbourne.

9. UNESCO Menobatkan Melbourne Sebagai Kota Literatur

Melbourne
Potret perpustakaan di Melbourne. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kali ini kita akan mengupas tentang bagaimana Melbourne mendapatkan pengakuan internasional sebagai Kota Literatur. Pada tahun 2008, UNESCO menobatkan Melbourne dengan gelar ini, menghargai kontribusi besar kota ini terhadap dunia sastra dan literatur.

Di Melbourne, kamu akan menemukan banyak perpustakaan, toko buku independen, dan kafe-kafe yang sering mengadakan acara sastra dan diskusi buku.

Melbourne juga dikenal dengan festival sastra internasionalnya yang menarik penulis, penerbit, dan pembaca dari seluruh dunia. Jalan-jalan di kota ini dihiasi dengan kutipan-kutipan sastra dan seni jalanan yang mencerminkan kecintaan warganya terhadap literatur. Gelar ini menunjukkan betapa pentingnya peran literatur dalam kehidupan sehari-hari di Melbourne, menjadikannya tempat yang sempurna bagi para pecinta buku.

10. Melbourne Memiliki Event dan Festival yang Menakjubkan 

 Melbourne
Potret Melbourne International Arts Festival. Sumber: concreteplayground.com

Sobat Suka Fakta, nggak lengkap rasanya membahas Melbourne tanpa menyinggung tentang berbagai event dan festivalnya. Melbourne adalah kota yang tidak pernah tidur, selalu ada sesuatu yang seru untuk dinikmati. 

Salah satu yang paling terkenal adalah Melbourne International Arts Festival, yang menampilkan berbagai pertunjukan seni dari seluruh dunia, mulai dari teater, tari, hingga musik. Festival ini benar-benar menunjukkan betapa beragamnya budaya di Melbourne.

Selain itu, ada juga Melbourne Food and Wine Festival yang pasti bakal memanjakan lidahmu. Festival ini menarik ribuan pengunjung setiap tahunnya yang datang untuk mencicipi berbagai hidangan lezat dan anggur berkualitas. 

Belum lagi, ada juga festival-festival lain seperti Melbourne Comedy Festival dan Moomba Festival yang selalu dipenuhi dengan keceriaan dan kegembiraan. Semua event ini membuat Melbourne selalu hidup dan penuh warna, menjadikannya destinasi yang menarik sepanjang tahun.

11. Memiliki Kejadian Unik, Hujan yang Dilarang hingga Taman Bermain Tertua

Luna park.
Potret Taman Luna park. Sumber: IST

Melbourne memang nggak pernah kehabisan kejutan. Salah satu cerita unik yang pasti bikin kamu terheran-heran adalah tentang larangan hujan buatan yang pernah diberlakukan di kota ini pada tahun 1966.

Yap, kamu nggak salah dengar! Melbourne pernah melarang hujan buatan untuk mencegah kerusakan pada tanaman dan properti. Ini menunjukkan betapa seriusnya warga Melbourne dalam menjaga lingkungan dan kota mereka.

Selain itu, ada juga Taman Luna yang merupakan taman bermain tertua yang dimiliki secara pribadi di dunia. Dibuka sejak tahun 1912, taman ini masih menjadi salah satu destinasi favorit bagi keluarga dan turis.

Dari wahana klasik hingga atraksi modern, Taman Luna menawarkan kesenangan dan nostalgia yang tak tertandingi. Kejadian-kejadian unik seperti ini menambah daya tarik Melbourne sebagai kota yang penuh dengan cerita menarik.

12. Menjadi Rumah Bagi Universitas Terkemuka di Dunia 

University of Melbourne
Potret University of Melbourne tahun 1881. Sumber: en.wikipedia.org

Sobat Suka Fakta, tahukah kamu bahwa Melbourne juga dikenal sebagai pusat pendidikan dan inovasi? Kota ini adalah rumah bagi beberapa universitas terkemuka di dunia, seperti University of Melbourne dan Monash University. 

Institusi-institusi ini bukan hanya menawarkan pendidikan berkualitas tinggi tetapi juga menjadi pusat penelitian dan inovasi yang berpengaruh secara global. Banyak penemuan dan penelitian penting lahir dari kampus-kampus di Melbourne, menjadikannya kota yang berperan besar dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Selain itu, Melbourne juga memiliki banyak start-up dan perusahaan teknologi yang berkembang pesat. Lingkungan yang mendukung inovasi dan kreativitas ini membuat Melbourne menjadi tempat yang menarik bagi para pengusaha muda dan profesional teknologi. Dukungan dari pemerintah dan komunitas bisnis lokal juga berkontribusi dalam menciptakan ekosistem yang subur untuk pertumbuhan ekonomi dan inovasi.

13. Memiliki Komunitas yang Beragam dan Inklusif 

stasiun radio.
Ilustrasi stasiun radio. Sumber: IST

Melbourne tidak hanya kaya akan budaya dan inovasi, tetapi juga memiliki komunitas yang sangat beragam dan inklusif. Kota ini adalah rumah bagi orang-orang dari berbagai latar belakang etnis dan budaya, menciptakan lingkungan yang kaya akan tradisi dan nilai-nilai yang berbeda. Keberagaman ini terlihat jelas dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari festival budaya, makanan, hingga acara komunitas yang mengedepankan inklusi dan toleransi.

Salah satu contoh nyata adalah Radio Pelangi, stasiun radio pertama di dunia yang fokus pada komunitas LGBTQ+. Inisiatif ini menunjukkan betapa seriusnya Melbourne dalam mendukung hak-hak minoritas dan menciptakan lingkungan yang ramah bagi semua orang. Komunitas yang kuat dan solidaritas yang tinggi menjadikan Melbourne tempat yang nyaman dan menyenangkan untuk ditinggali.

14. Melbourne Menawarkan Beragam Pariwisata yang Menarik Pengunjung

fakta menarik melbourne
Potret Royal Exhibition Building. Sumber: IST

Sobat, kalau kamu suka jalan-jalan, Melbourne adalah destinasi yang wajib kamu kunjungi! Kota ini menawarkan berbagai daya tarik yang bisa memuaskan keinginan petualanganmu. Mulai dari gedung-gedung bersejarah seperti Royal Exhibition Building hingga taman-taman indah seperti Royal Botanic Gardens, setiap sudut Melbourne punya cerita dan pemandangan yang menakjubkan. Tidak ketinggalan, lansekap perkotaan yang modern dengan sentuhan artistik di setiap jalanan membuat eksplorasi kota ini jadi lebih menarik.

Buat kamu yang suka belanja, Melbourne punya banyak pusat perbelanjaan yang bisa jadi surga belanja. Dari Queen Victoria Market yang ikonik hingga butik-butik trendi di Chapel Street, ada banyak tempat untuk berburu barang-barang unik dan fashion terkini. Ditambah lagi, kehidupan malam di Melbourne juga seru banget, dengan banyak bar, klub, dan kafe yang menawarkan pengalaman hiburan tak terlupakan.

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, setelah menjelajahi berbagai sisi Melbourne, bisa kita lihat betapa kaya dan beragamnya kota ini. Dari sejarahnya yang unik sebagai Batmania dan ibu kota sementara Australia, hingga fenomena cuaca empat musim dalam sehari dan kekayaan kulinernya, Melbourne memang penuh dengan kejutan dan keajaiban. 

Setiap fakta yang kita bahas menambah pemahaman kita tentang betapa dinamisnya kota ini, dan bagaimana ia berhasil mempertahankan pesona tradisional sambil terus berkembang menjadi pusat inovasi dan budaya.

Melbourne adalah contoh sempurna bagaimana sebuah kota bisa menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi dan ditinggali. Semua aspek yang telah kita bahas menunjukkan bahwa Melbourne adalah kota yang hidup, penuh warna, dan penuh dengan cerita yang menunggu untuk dijelajahi. 

Jadi, kapan lagi, Sobat Suka Fakta, kamu merencanakan perjalanan ke Melbourne untuk merasakan sendiri semua keunikan dan keindahan kota ini? Sampai jumpa di petualangan fakta menarik lainnya!

REFERENSI

Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *