Fakta Dunia

15 Fakta Menarik Moskow, Kota Pertama yang Membuka McDonald’s di Uni Soviet

124
×

15 Fakta Menarik Moskow, Kota Pertama yang Membuka McDonald’s di Uni Soviet

Sebarkan artikel ini
Kota Moskow
15 Fakta Menarik Moskow Pesona Sejarah dan Budaya Rusia. Sumber: IST

Hai, Sobat Suka Fakta! Kalian pasti pernah denger tentang kota Moskow, kan?! Moskow adalah ibu kota Rusia yang memiliki segudang sejarah dan kebudayaan, serta kehidupan modern yang dinamis. Dari bangunan-bangunan bersejarah yang megah hingga kehidupan yang penuh warna, semuanya ada di Moskow.

Kota ini telah menjadi saksi berbagai peristiwa penting dalam sejarah, mulai dari zaman kekaisaran hingga era modern. Nah, dalam artikel ini, kita akan mengungkap 15 fakta menarik Moskow yang mungkin belum kalian ketahui. 

Semua fakta ini akan kita rangkai dalam cerita menarik yang tidak hanya memberikan informasi, tetapi juga mengajak kalian untuk merasakan pesona kota Moskow. Jadi, siapkan diri kalian, Sobat Suka Fakta! Kita akan memulai perjalanan seru ini dan mengungkap fakta-fakta menarik kota Moskow!

1. Nama Moskow Berasal dari Nama Sungai Moskva 

Fakta Menarik Moskow
Potret Sungai Moskva. Sumber: pixabay.com

Nama kota ini diperkirakan berasal dari nama Sungai Moskva yang mengalir melalui kota tersebut. Ada beberapa teori tentang asal-usul nama sungai ini. Salah satu teori yang paling banyak diterima secara linguistik adalah dari akar bahasa Proto-Balto-Slavia *mŭzg-/muzg- dari bahasa Proto-Indo-Eropa *meu- yang berarti “basah”. Jadi, nama Moskva mungkin berarti sungai di lahan basah atau rawa.

Moskow memiliki beberapa julukan yang menarik, seperti “Romawi Ketiga”, “Batu Putih Satu”, “Tahta Pertama”, dan “Empat Puluh Soroks”. Julukan-julukan ini mencerminkan pentingnya kota ini dalam sejarah dan budaya Rusia. Penduduk Moskow disebut “moskvich” untuk laki-laki atau “moskvichka” untuk perempuan. Nama kota “Moskow” sering disingkat menjadi “MSK” dalam bahasa Rusia.

2. Salah Satu Kota Termahal di Dunia untuk Membeli dan Menyewa Properti

Kota Moskow.
Potret Kota Moskow. Sumber: IST

Bicara tentang Moskow, tidak lengkap rasanya jika kita tidak menyebutkan tentang harga real estat yang super mahal. Sobat Suka Fakta, Moskow dikenal sebagai salah satu kota termahal di dunia untuk membeli atau menyewa properti. Hal ini tidak mengherankan mengingat banyaknya orang yang bersaing untuk mendapatkan ruang di kota yang padat ini.

Moskow secara konsisten berada di peringkat 10 besar kota dengan harga real estat termahal di dunia. Selain itu, kota ini adalah magnet bagi kaum elite kaya, dengan lebih dari 68.000 jutawan dan miliarder yang tinggal di sini. Tidak heran jika banyak hiburan kelas atas yang tersedia untuk mereka yang memiliki anggaran besar.

Keberadaan properti mahal ini juga didukung oleh permintaan tinggi dari penduduk yang terus bertambah dan dari orang-orang kaya yang mencari tempat tinggal di pusat kota. Jadi, jika kalian berencana untuk membeli atau menyewa properti di Moskow, bersiaplah untuk merogoh kocek dalam-dalam!

3. Dijuluki sebagai Kota Batu Putih Satu

Berbicara tentang julukan, Sobat Suka Fakta, Moskow memiliki beberapa julukan yang menggambarkan karakteristik unik dan pentingnya dalam sejarah. Salah satu julukan paling terkenal adalah “Romawi Ketiga”, yang mengacu pada Moskow sebagai penerus Kekaisaran Romawi setelah jatuhnya Konstantinopel. Julukan ini menunjukkan peran penting Moskow sebagai pusat keagamaan dan budaya Ortodoks Timur.

Julukan “Batu Putih Satu” mengacu pada banyaknya bangunan batu putih yang ada di Moskow, yang membuat kota ini terlihat megah dan bersejarah. “Tahta Pertama” mencerminkan posisi Moskow sebagai ibu kota Rusia dan pusat kekuasaan politik sejak zaman Kekaisaran Rusia hingga era modern.

Selain itu, “Empat Puluh Soroks” adalah julukan lain yang menarik. Kata “sorok” dalam bahasa Rusia kuno berarti “empat puluh” dan juga “distrik atau paroki”. Julukan ini menggambarkan betapa banyaknya gereja dan distrik di Moskow, yang menunjukkan pentingnya agama dalam kehidupan masyarakat Moskow.

4. Kota Terbesar di Eropa dengan Populasi Lebih dari 19 Juta Jiwa

Kota Moskow.
Potret Kota Moskow. Sumber: IST

Selanjutnya, kita beralih ke fakta menarik tentang populasi dan wilayah Moskow. Tahukah kalian bahwa Moskow adalah kota terbesar di Eropa? Dengan lebih dari 19 juta orang yang tinggal di wilayah metropolitan Moskow, kota ini merupakan pusat kehidupan yang sangat padat dan dinamis. 

Statistik ini semakin mengesankan jika kita mempertimbangkan betapa besarnya wilayah Rusia itu sendiri. Wilayah Moskow mencakup hanya 0,25% dari seluruh daratan Rusia, tetapi kota ini adalah rumah bagi lebih dari 13,5% penduduk Rusia. Ini menunjukkan jika Moskow adalah pusat kehidupan dibandingkan dengan wilayah lain di Rusia. 

Selain itu, Moskow juga telah mengalami perluasan wilayah yang signifikan. Pada tahun 2012, wilayah kota ini diperluas ke arah barat daya ke kawasan Oblast Moskow, sehingga luasnya bertambah 2,5 kali lipat dari 1.000 km² menjadi 2.500 km², dengan tambahan penduduk lebih dari 230.000 orang.

5. Memiliki Banyak Warisan Budaya dan Sejarah 

Kremlin Moskow
Potret Kremlin Moskow,. Sumber: dookinternational.com

Kota ini memiliki lebih dari 400 museum, taman, dan monumen, yang menjadikannya salah satu destinasi budaya terbaik di dunia. Moskow adalah rumah bagi berbagai situs bersejarah yang tak terhitung jumlahnya, mulai dari patung yang merayakan pencapaian Soviet hingga bangunan bersejarah dan galeri seni kelas dunia.

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi adalah Kremlin Moskow, sebuah kompleks benteng bersejarah yang juga menjadi kediaman resmi Presiden Rusia. Di dalamnya, terdapat banyak gereja dan museum yang menyimpan berbagai artefak bersejarah. 

Jangan lupa juga untuk mengunjungi Katedral Santo Basil dengan kubah warna-warni ikonik yang terletak di Lapangan Merah. Moskow juga memiliki banyak taman kota yang luas, seperti Gorky Park dan Sokolniki Park, tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati alam. 

Selain itu, kalian juga bisa mengunjungi berbagai teater dan pusat seni yang sering mengadakan pertunjukan musik, tarian, dan drama. Jadi, bagi kalian yang mencintai seni dan budaya, Moskow adalah tempat yang tepat untuk dijelajahi.

6. Masjid Agung Moskow Dibangung dengan Biaya Sekitar 2 Triliun

Masjid Agung Moskow,
Potret Masjid Agung Moskow, Sumber: siriustour.ru

Sobat Suka Fakta, mari kita mulai perjalanan dengan mengunjungi salah satu bangunan paling megah dan bersejarah di Moskow, yaitu Masjid Agung Moskow. Masjid ini secara resmi dibuka pada 23 September 2015 setelah mengalami rekonstruksi besar-besaran yang menghabiskan biaya sekitar USD170 juta. 

Sebagian besar dana tersebut berasal dari sumbangan pengusaha dan senator Rusia, Suleiman Kerimov, yang menyumbang dalam rangka mengenang ayahnya. Bahkan, Presiden Palestina Mahmoud Abbas turut menyumbang sebesar USD25 ribu atas nama anak-anak Palestina, dan Turki memberikan kontribusi berupa mimbar dan mihrab.

Rekonstruksi masjid ini memakan waktu selama 10 tahun, dan hasilnya benar-benar luar biasa. Luas kompleks Masjid Agung Moskow diperluas hingga 20 kali lipat, dari hanya 980 meter persegi menjadi 19.000 meter persegi. Masjid ini sekarang dapat menampung sekitar 10 ribu jemaah di dalamnya, dan hingga 20 ribu jemaah di area sekitarnya.

Kubah masjid ini dilapisi dengan 12 kilogram kertas emas, memberikan kilauan yang memukau dan mengingatkan kita pada “Moskow yang berkubah emas”. Warna emas ini bukan hanya sekedar hiasan, tetapi juga simbol dari kekayaan dan keindahan budaya Moskow. Selain itu, ada 131 tiang pancang yang ditanam ke dasar masjid untuk memperkuat struktur bangunan hingga mendekati kereta bawah tanah.

Di dalam masjid, terdapat 6 lantai, 7 elevator, dan 15 pintu masuk, termasuk akses khusus bagi penyandang cacat. Lebih dari 500 pekerja, termasuk tukang bangunan, arsitek, dan seniman dari berbagai negara, terlibat dalam proses restorasi ini. 

Tidak hanya itu, lebih dari 320 lampu kristal menghiasi dinding dan langit-langit masjid, dengan lampu utama di ruang tengah yang memiliki bobot 1,5 ton, lebar 4,3 meter, dan tinggi 7,6 meter. Lampu raksasa ini dibuat oleh 50 seniman asal Turki selama tiga bulan.

Kedua menara masjid memiliki ketinggian 78 meter, dengan desain yang menyerupai menara Spasskaya Kremlin Moskow dan menara Syuyumbik Kremlin Kazan. Menara kedua dimahkotai dengan bulan sabit yang disimpan dari bangunan bersejarah masjid.

Fakta menarik lainnya adalah kiswah, yaitu kain sutra hitam yang menutupi dinding Kakbah di Mekah. Setiap tahun, kain ini dilepaskan dan dipotong, dan salah satu potongannya diberikan oleh Raja Arab Saudi kepada umat Muslim Rusia saat berkunjung ke Moskow.

7. Taksi Ilegal Jadi Transportasi Unik di Moskow

Taksi di Moskow.
Potret Taksi di Moskow. Sumber: id.rbth.com

Sobat Suka Fakta, kita akan membahas tentang salah satu fenomena unik di Moskow, yaitu taksi tidak resmi. Di Moskow, jika kalian berdiri di jalan dan mengangkat tangan untuk memanggil taksi, jangan kaget jika yang berhenti adalah mobil pribadi biasa. Ini adalah praktik umum di Moskow di mana pengemudi reguler berfungsi sebagai taksi tidak resmi.

Meskipun praktik ini secara teknis ilegal sejak tahun 2011, taksi tidak resmi ini masih sangat umum berkeliaran. Banyak warga Moskow yang lebih memilih metode ini karena mereka bisa menawar harga di muka. 

Namun, ada baiknya untuk berhati-hati jika kalian ingin mencoba pengalaman ini, karena ada risiko penipuan yang menargetkan wisatawan. Sebaiknya gunakan layanan taksi resmi atau aplikasi transportasi yang lebih aman dan terpercaya.

8. Kota Pertama yang Membuka McDonald’s di Uni Soviet

MCD
Potret MCD pertama di moskow. Sumber: englishrussia.com

Sobat Suka Fakta, siapa sangka bahwa pembukaan McDonald’s pertama di Uni Soviet bisa menjadi peristiwa yang sangat bersejarah? Ya, McDonald’s pertama di Uni Soviet dibuka di Moskow pada tahun 1990, dan peristiwa ini menjadi simbol penting dari perubahan besar yang terjadi di negara tersebut. 

Sebelum pembukaan, McDonald’s telah bernegosiasi dengan pejabat Soviet sejak tahun 1976, dan akhirnya, setelah hampir 15 tahun, restoran ini berhasil dibuka pada Januari 1990. Hari pembukaan McDonald’s ini sangat dingin, tetapi itu tidak menghentikan lebih dari 30.000 pelanggan yang mengantri selama lebih dari 6 jam untuk mencicipi burger dan kentang goreng ala Amerika.

Pembukaan restoran cepat saji ini dianggap sebagai tanda runtuhnya Tembok Besi dan dimulainya era baru di Rusia. Saat ini, ada banyak cabang McDonald’s di seluruh Moskow, tetapi restoran asli di dekat Lapangan Pushkin tetap menjadi yang paling ikonik.

Membuka McDonald’s di Moskow adalah langkah besar menuju globalisasi dan modernisasi, dan ini menunjukkan betapa cepatnya perubahan yang terjadi di Rusia setelah runtuhnya Uni Soviet. Jadi, jika kalian berkunjung ke Moskow, jangan lupa mampir ke McDonald’s pertama di Rusia untuk merasakan sepotong sejarah.

9. Ada Anjing Liar yang Jadi Penumpang Tetap di Beberapa Jalur Metro

Anjing Metro,
Ilustrasi hewa anjing ada di kereta. Sumber: The Dodo

Sobat Suka Fakta, pernahkah kalian membayangkan anjing liar yang bisa naik metro? Di Moskow, ini bukanlah hal yang aneh. Selama beberapa dekade terakhir, sejumlah kecil anjing liar telah belajar menavigasi sistem metro Moskow. Anjing-anjing ini dikenal sebagai “anjing metro” dan telah menjadi penumpang tetap di beberapa jalur metro.

Anjing-anjing ini telah belajar bagaimana memasuki stasiun, menghindari penangkapan, dan naik kereta ke tujuan tertentu. Mereka biasanya menghindari keramaian dan memilih waktu yang lebih sepi untuk naik kereta.

Meskipun sebagian besar warga Moskow sudah terbiasa dengan keberadaan mereka, ada kisah sedih pada tahun 2001 ketika seorang penumpang yang ketakutan menikam seekor anjing liar hingga tewas. Anjing tersebut, yang kemudian dikenal dengan nama Malchik, diabadikan dengan sebuah patung di stasiun Mendelevskaya sebagai tanda penghormatan.

10. Moskow Mengalami Banyak Perubahan sejak Tahun 1147

Pangeran Yuri Dolgorukiy.
Potret Pangeran Yuri Dolgorukiy. Sumber: en.wikipedia.org

Sobat Suka Fakta, Moskow adalah kota dengan sejarah yang sangat panjang. Pertama kali disebutkan dalam catatan sejarah pada tahun 1147, Moskow telah mengalami banyak perubahan dan peristiwa penting yang membentuknya menjadi kota yang kita kenal sekarang. Pada awalnya, Moskow adalah sebuah pemukiman kecil yang kemudian berkembang menjadi pusat politik, ekonomi, dan budaya Rusia.

Pada tahun 1156, Pangeran Yuri Dolgorukiy dari Rostov memerintahkan pembangunan tembok kayu Kremlin yang menjadi pusat pertahanan kota. Selama berabad-abad, Moskow mengalami berbagai invasi, termasuk serangan dari bangsa Mongol pada tahun 1237-1238 yang menghancurkan kota ini. Namun, Moskow bangkit kembali dan berkembang pesat, menjadi ibu kota Keharyapatihan Moskow pada tahun 1327.

Moskow juga memainkan peran penting dalam perang melawan kekuasaan Mongol-Tatar, dengan kemenangan penting dalam Perang Kulikovo pada tahun 1380 di bawah pimpinan Pangeran Dmitry Donskoy. Pada abad ke-16, Moskow menjadi ibu kota Rusia di bawah pemerintahan Ivan III, yang memperluas wilayahnya dan memperkuat posisinya sebagai pusat kekuasaan di Rusia.

11. Metro Moskow, Sistem Transportasi Umum Paling Terkenal di Dunia

Metro Moskow
Transportasi umum yang ada di Moskow, Metro Moskow. Sumber: saft.com

Sobat Suka Fakta, sekarang kita akan membahas salah satu sistem transportasi umum yang paling terkenal di dunia, yaitu Metro Moskow. Sistem metro ini tidak hanya terkenal karena efisiensinya, tetapi juga karena keindahan arsitekturnya. 

Dibuka pertama kali pada tahun 1935 oleh pemerintah Soviet, Metro Moskow sekarang mengangkut lebih dari 9 juta penumpang setiap hari kerja. Angka ini menjadikannya salah satu sistem metro tersibuk di dunia, setelah  Tokyo dan Seoul.

Apa yang membuat Metro Moskow begitu istimewa adalah desain stasiun-stasiunnya. Banyak stasiun metro di Moskow yang terlihat seperti museum bawah tanah, dengan dinding marmer, lampu kristal, dan mosaik indah. 

Ini adalah bagian dari kebijakan Soviet untuk mengintegrasikan seni ideologis ke dalam ruang publik, sehingga setiap perjalanan dengan metro terasa seperti tur ke galeri seni. Selain itu, Metro Moskow dikenal sangat efisien. Kereta datang setiap 90 detik pada jam sibuk, jadi kalian tidak perlu menunggu lama untuk naik kereta. 

Fakta menarik lainnya, jika kalian mendengar suara pengumuman laki-laki di kereta, itu berarti kereta sedang menuju pusat kota. Sebaliknya, jika kalian mendengar suara pengumuman perempuan, kereta sedang menuju keluar kota. Unik, bukan?!

12. Memiliki Iklim Kontinental Lembab 

Kota Moskow.
Dua musim Kota Moskow. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, sekarang kita beralih ke geografi dan iklim Moskow. Kota ini terletak di tepi Sungai Moskva yang mengalir lebih dari 500 km melalui Dataran Eropa Timur di Rusia tengah. Kota ini memiliki 49 jembatan yang merentang sungai dan kanal-kanal di dalam batas kota, menjadikannya pemandangan yang sangat indah.

Moskow memiliki iklim kontinental lembab dengan musim dingin yang panjang dan musim panas yang hangat. Musim dingin di Moskow biasanya berlangsung dari pertengahan November hingga akhir Maret, dengan suhu yang bisa turun hingga -25°C di kota dan bahkan lebih dingin di pinggiran kota. Namun, musim panas di Moskow cukup nyaman, dengan suhu berkisar antara 20°C hingga 26°C, meskipun gelombang panas bisa membuat suhu naik hingga di atas 30°C.

13. Terkenal dengan Sistem Transportasinya yang Sangat Luas dan Efisien

Bandara Sheremetyevo.
Potret Bandara Sheremetyevo. Sumber: airspace-review.com

Sobat Suka Fakta, Moskow dilayani oleh jaringan transportasi yang tersebar di seluruh penjuru kota, termasuk empat bandara internasional, sembilan stasiun kereta api, dan sistem metro yang jumlah penumpangnya tak kalah jauh dari Tokyo dan Seoul.

Metro Moskow, seperti yang telah kita bahas sebelumnya, bukan hanya sistem transportasi yang efisien, tetapi juga sangat indah dengan arsitektur yang menakjubkan. Selain metro, Moskow memiliki jaringan bus, trem, dan troli yang menjangkau seluruh kota, memastikan bahwa setiap sudut Moskow mudah diakses.

Bandara internasional seperti Sheremetyevo, Domodedovo, Vnukovo, dan Zhukovsky menghubungkan Moskow dengan berbagai kota besar di dunia, menjadikannya pusat transportasi internasional yang vital. Stasiun kereta api di Moskow, seperti Kazansky, Leningradsky, dan Kievsky, juga memainkan peran penting dalam menghubungkan kota ini dengan berbagai bagian Rusia dan negara-negara tetangga.

14. Moskow Jadi Pusat Pemerintahan dan Kekuasaan Rusia

Peran sejarah Moskow dalam sejarah Rusia sangatlah penting. Kota ini telah menjadi pusat pemerintahan dan kekuasaan sejak abad pertengahan. Setelah serangan bangsa Mongol, Moskow bangkit menjadi ibu kota Keharyapatihan Moskow dan kemudian menjadi pusat kekuasaan Rusia di bawah pemerintahan Ivan III pada abad ke-15.

Pada masa kekaisaran Rusia, Moskow kehilangan statusnya sebagai ibu kota setelah Tsar Pyotr yang Agung memindahkan ibu kota ke Sankt-Peterburg pada tahun 1712. Namun, Moskow tetap menjadi pusat budaya dan ekonomi yang penting. Kota ini juga memainkan peran penting dalam perlawanan terhadap invasi Napoleon pada tahun 1812, ketika penduduk Moskow membakar kota untuk mengusir tentara Prancis.

Pada abad ke-20, Moskow kembali menjadi ibu kota setelah Revolusi Oktober 1917, ketika Lenin memindahkan ibu kota dari Sankt-Peterburg kembali ke Moskow. Selama periode Soviet, Moskow berkembang pesat dan menjadi pusat politik dan ekonomi Uni Soviet. Pada masa Perang Dunia II, kota ini menjadi pusat pertahanan melawan invasi Jerman Nazi.

Setelah runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991, Moskow tetap menjadi ibu kota Federasi Rusia dan terus berkembang menjadi salah satu kota terbesar dan paling dinamis di dunia. Peran sejarahnya yang kaya dan beragam menjadikan Moskow sebagai kota yang penuh dengan cerita dan warisan budaya.

15. Memiliki Restaurant yang Menawarkan Pengalaman Bersantap di Kegelapan

 V Temnote.
Potret Restaurant V Temnote. Sumber: tripadvisor.com

Di kota ini, kalian bisa menemukan restoran yang menawarkan pengalaman bersantap dalam kegelapan total. Restoran bernama V Temnote (di Bahasa Rusia  berarti “dalam kegelapan”) menawarkan pengalaman yang sangat berbeda dari restoran biasa.

Saat makan di V Temnote, kalian akan dipandu secara membabi buta ke meja kalian oleh pelayan yang juga tidak dapat melihat. Di sini, kalian tidak bisa melihat makanan yang disajikan, sehingga banyak orang memilih untuk makan dengan tangan.

Menu yang disajikan juga tidak bisa dipilih, kalian hanya bisa memilih antara daging, ikan, atau vegan. Pengalaman ini bertujuan untuk meningkatkan indra perasa kalian dan membuat kalian lebih sadar akan bagaimana suasana dapat mempengaruhi persepsi kita terhadap makanan. 

Banyak pengunjung yang mengatakan bahwa bersantap dalam kegelapan membuat mereka lebih fokus pada rasa dan aroma makanan, memberikan pengalaman kuliner yang benar-benar berbeda dan tak terlupakan.

Kesimpulan

Itulah dia, Sobat Suka Fakta, 15 fakta menarik tentang kota Moskow yang mengungkap pesona sejarah dan budaya Rusia. Dari Masjid Agung yang megah, populasi besar, hingga sistem metro yang efisien dan indah, Moskow memang penuh dengan kejutan dan keunikan. Fakta-fakta ini menunjukkan betapa kaya dan beragamnya kota ini, serta betapa pentingnya Moskow dalam sejarah dan kehidupan modern Rusia.

Moskow bukan hanya ibu kota Rusia, tetapi juga pusat kehidupan yang dinamis dan penuh warna. Dengan warisan budaya yang kaya, arsitektur yang menakjubkan, dan kehidupan modern yang berkembang pesat, Moskow adalah destinasi yang sangat menarik untuk dijelajahi.

Nah, selain Moskow, kamu juga bisa membaca fakta menarik Berlin, Macau, Manama, New Orleans, Rio de Janeiro, Las Vegas, Tijuana, Amsterdam hingga Pattaya.

REFERENSI:

  • Russia Beyond. (2015, September 25). 15 Fakta Masjid Katedral Moskow. Retrieved from https://id.rbth.com/discover_russia/2015/09/25/15-fakta-masjid-katedral-moskow_427793
  • My Bucket List Events. 8 Fakta Menarik Tentang Moskow. Retrieved from https://www.mybucketlistevents.com/moscow-facts/
  • Wikipedia. (n.d.). Moskow. In Wikipedia, The Free Encyclopedia. Retrieved from https://id.wikipedia.org/wiki/Moskow
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *