Fakta Dunia

9 Fakta Menarik Napoli, Tempat Lahirnya Restoran Pizza di Dunia

137
×

9 Fakta Menarik Napoli, Tempat Lahirnya Restoran Pizza di Dunia

Sebarkan artikel ini
Sumber: IST

Hai, Sobat Suka Fakta! Pernah kepikiran enggak sih gimana rasanya jalan-jalan di kota yang penuh cerita, bangunan yang mewah, dan tentunya makanan yang bikin ngiler? Kalau belum, berarti kamu harus banget nih menjelajahi Napoli!

Kota yang terletak di Italia Selatan ini enggak cuma menawarkan pemandangan Teluk Napoli yang cantik atau pizza asli yang aromanya bikin perut keroncongan, lho. Di Napoli, yang dalam bahasa Yunani berarti “kota baru”, kamu bisa nemuin sisa-sisa peradaban dari zaman Yunani Kuno hingga zaman now yang keren. 

Bayangin aja, sebagai kota terbesar ketiga di Italia, Napoli itu kayak wadah besar yang menyimpan berbagai budaya. Dari jalanan yang dipenuhi cerita, bangunan tua yang mengagumkan, sampai kisah di balik resep pizza Margherita yang terkenal itu, semua ada di sini.

Sobat, yuk, kita mulai petualangan mengeksplor “9 Fakta Menarik Napoli”! Siap-siap terpukau dengan segala hal yang membuat Napoli jadi tempat yang harus dikunjungi. So, udah siap untuk ikut serta dalam perjalanan yang nggak terlupakan ini? Let’s go, kita cekidot!

1. Napoli Telah Hadir Sejak Zaman Yunani Kuno 

fakta menarik napoli
Potret bangunan napoli. Sumber: she-studios.com

Hey, Sobat Suka Fakta! Kita harus tahu kalau Napoli itu bukan cuma kota sembarang. Bayangin, kota ini sudah ada sejak zaman Yunani Kuno, tepatnya sejak abad ke-8 SM, lho. Yup, “Neapolis” yang artinya “kota baru” dalam bahasa Yunani, dulu adalah tempat ramai yang strategis di Mediterania. 

Dari kekuasaan Yunani ke tangan Romawi, setiap penjajah meninggalkan jejaknya yang keren di kota ini. Jadi, sambil jalan-jalan di Napoli, kamu sebenarnya lagi melangkah di atas lapisan-lapisan sejarah yang super tua dan megah, Sob!

2. Kota Pertama di Dunia yang Membuka Restoran Pizza

toko pizza pertama
Potret toko pizza pertama didunia. Sumber: id.foursquare.com

Sobat, enggak afdol rasanya kalo ngomongin Napoli tanpa bahas pizza. Ya, di kota inilah, di tahun 1830, dunia dikenalkan sama Antica Pizzeria Port’Alba, restoran pizza pertama di seluruh dunia! 

Siapa yang nggak kenal sama pizza Margherita? Jadi, dulu ceritanya, pizza ini dibikin untuk Ratu Margherita yang lagi berkunjung ke Napoli dan langsung jatuh cinta sama rasa simple dari tomat, mozzarella, dan basil yang sekarang kita kenal sebagai simbol warna bendera Italia. Jadi, pizza bukan cuma makanan, tapi juga bagian dari sejarah dan budaya Napoli yang dibawa sampai ke seluruh penjuru dunia.

3. Memiliki Gelar Sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO

kota napoli
Potret bangunan antik di napoli. Sumber: tripadvisor.co.id

Sobat, Napoli juga punya gelar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1995. Bayangin, pusat kota bersejarahnya yang masif dan penuh dengan bangunan-bangunan antik itu adalah salah satu yang terbesar di Eropa! 

Dari gereja kuno sampai jalanan sempitnya, semua berbicara tentang masa lalu yang masih sangat hidup di Napoli. Ini bukan cuma tentang bangunan tua, tapi tentang bagaimana sejarah masih bernafas di setiap sudut kota ini.

Sambil kita terus menggali cerita-cerita dari Napoli, kita juga gak cuma belajar tentang kekayaan historis dan kuliner, tapi juga tentang bagaimana kota ini memainkan peran penting di kancah dunia, baik dalam sejarah maupun dalam budaya modern.

4. Castel Nuovo, Kastil Megah Paling Ikonik

kota napoli
Potret kastil bersejarah di napoli. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, siap-siap terpesona dengan arsitektur menakjubkan dan kastil-kastil bersejarah yang ada di Napoli! Salah satu yang paling ikonik adalah Castel Nuovo, atau yang sering disebut Maschio Angioino, sebuah kastil megah yang dibangun pada abad ke-13. 

Lalu ada juga Castel dell’Ovo yang letaknya strategis di tepi laut. Menariknya, kastil ini dikaitkan dengan legenda telur ajaib yang konon memiliki kekuatan pelindung. Oiya, jangan lupa Castel Sant’Elmo yang berdiri gagah di puncak bukit, menawarkan pemandangan kota Napoli yang spektakuler.

5. Katakombe San Gennaro, Labirin Bawah Tanah Tempat Kuburan Kuno 

kota napoli
Potret labiran bawah tanah. Sumber: IST

Beranjak dari kastil, kita masuk ke dalam tanah, ke katakombe yang misterius. Katakombe San Gennaro, misalnya, adalah sebuah labirin bawah tanah dari abad ketiga yang menyimpan kuburan-kuburan kuno dan fresko-fresko yang luar biasa. Ini menunjukkan betapa pentingnya Napoli selama periode Romawi sebagai pusat keagamaan dan budaya. 

Sobat, jejak Romawi di Napoli benar-benar membawa kita lebih dekat pada peradaban yang telah membentuk banyak aspek dari dunia Barat saat ini. Memberikan kita segudang wawasan yang mendalam tentang sejarah yang tersembunyi di balik modernitas saat ini.

6. Teatro, Opera Tertua yang Masih Aktif di Dunia 

kota napoli
Potret budaya dan seni kota napoli. Sumber: lanfipepalace.com

Nah, Sobat, setelah menyelam ke dalam sejarah, mari kita jelajahi kehidupan budaya dan seni yang vibrant di Napoli. Dari teater opera yang memukau seperti Teatro di San Carlo, salah satu opera tertua yang masih aktif di dunia, hingga jalanan yang dipenuhi dengan musik dan festival seni jalanan, Napoli adalah tempat di mana seni dan kehidupan bertemu. 

Kota ini juga harus berbangga dengan Akademi Seni Rupa yang didirikan pada tahun 1752, tempat lahirnya banyak karya seni yang sekarang dihargai di seluruh dunia. Di sini, seni bukan hanya hiburan, tapi juga menjadi cara hidup dan napas kota.

7. Mengalami Ledakan Gunung Paling Terkenal di Dunia pada 79 M

kota napoli
Potret gunung vesuvius. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, salah satu elemen paling dramatis dalam lanskap Napoli adalah kehadiran Gunung Vesuvius, gunung berapi yang terkenal di dunia karena letusannya yang dahsyat pada tahun 79 M. 

Letusan ini mengubur kota-kota Pompeii dan Herculaneum di bawah abu vulkanik, mengawetkan mereka dalam sejarah sebagai saksi bisu tragedi dan kekuatan alam. 

Vesuvius tidak hanya menjadi simbol kekuatan alam yang mengubah sejarah, tetapi juga bagian integral dari identitas dan kehidupan Napoli. Pemandangan gunung Vesuvius bisa dinikmati dari banyak sudut kota ini mengingatkan penduduk dan pengunjung tentang kekuatan alam yang selalu hadir.

8. Napoli Kini Jadi Kota Terpadat di Italia

kota napoli
Potret kehidupan napoli. Sumber: tripadvisor.co.id

Beranjak dari latar historis dan alam yang dramatis, Napoli saat ini adalah kota yang penuh dengan kehidupan urban yang dinamis. Dengan populasi yang mendekati satu juta orang, kota ini adalah salah satu yang terpadat di Italia yang terkenal dengan suasana jalanan yang ramai dan penuh warna. 

Dari pasar jalanan tradisional hingga kafe-kafe modern di setiap sudut, kehidupan di Napoli adalah perpaduan sempurna antara tradisi dan modernitas. 

Selain itu, warga kota yang dikenal sebagai Neapolitans, terkenal dengan keramahan dan kebanggaan mereka akan kota, menjadikan Napoli bukan hanya tempat yang menarik untuk dikunjungi, tetapi juga tempat yang hangat untuk dijadikan rumah.

9. Menciptakan Berbagai Kuliner yang Lezat

kota napoli
Potret pizza salah satu kuliner kota napoli. Sumber: IST

Sobat, tentu saja tidak ada pembicaraan tentang Napoli yang lengkap tanpa menyelami kulinernya yang legendaris. Meskipun pizza mungkin adalah bintangnya, tapi kuliner Napoli menawarkan jauh lebih beragam. 

Kota ini merupakan surga bagi pecinta makanan, dengan berbagai hidangan laut segar, pasta buatan tangan, dan camilan lezat yang dapat ditemukan di setiap sudut kota. 

Napoli juga berbangga dengan jumlah restoran Bintang Michelin yang signifikan, menandakan kota ini sebagai pusat gastronomi Italia. Dari antipasti hingga dolci, setiap hidangan mencerminkan warisan dan keragaman kuliner yang telah dikembangkan selama berabad-abad.

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, setelah menjelajahi berbagai sudut dan cerita dari Napoli, semoga  kamu bisa merasakan betapa kaya dan dinamisnya kota ini. Dari sejarahnya yang bermula ribuan tahun lalu, letusan Vesuvius yang legendaris, hingga keunikan kulinernya yang melebihi sekadar pizza, Napoli memang layak disebut sebagai salah satu kota paling menarik di Italia, bahkan mungkin di dunia.

Kota ini tidak hanya menyajikan pemandangan dan makanan yang menggugah selera, tapi juga kehangatan dari penduduk lokal yang membuat setiap pengunjung merasa seperti bagian dari komunitas. Setiap jengkal Napoli menawarkan keindahan, baik yang terlihat maupun yang tersembunyi dalam rutinitas sehari-hari yang menunggu untuk dijelajahi lebih dalam.

Jadi, jika kamu mencari destinasi yang menggabungkan sejarah yang kaya, budaya yang hidup, pemandangan alam yang memukau, dan tentunya, makanan yang tidak akan pernah kamu lupakan, Napoli adalah jawabannya. 

So, rencanakan kunjunganmu, jelajahi jalanan bersejarahnya, cobalah setiap hidangan, dan rasakan sendiri keajaiban yang hanya bisa ditemukan di Napoli. Sampai jumpa di jalanan Napoli, Sobat Suka Fakta! Siapkan dirimu untuk petualangan yang tak terlupakan!

REFERENSI:

Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *