Fakta Dunia

16 Fakta Menarik Seoul, Dijuluki Sebagai “Ibukota Bedah Plastik Dunia”!

142
×

16 Fakta Menarik Seoul, Dijuluki Sebagai “Ibukota Bedah Plastik Dunia”!

Sebarkan artikel ini
Seoul
17 Fakta Menarik Seoul: Kisah Menawan Kota Korea. Sumber: IST

Hai Sobat Suka Fakta! Siapa sih yang belum pernah dengar tentang Seoul? Yap! ibu kota Korea Selatan yang satu ini memang penuh pesona dan nggak pernah gagal bikin orang terpukau. 

Dengan lebih dari sepuluh juta penduduk, Seoul adalah kota yang selalu hidup dengan menawarkan berbagai pengalaman seru, mulai dari sejarah yang kaya, budaya yang dinamis, hingga makanan yang bikin nagih. Nah, kalau kamu penasaran dengan apa saja yang membuat Seoul begitu menarik, kamu ada di website yang tepat!

Di artikel ini, kita akan mengupas tuntas 16 fakta menarik Seoul yang mungkin belum kamu tahu. Dari istana megah yang menyimpan cerita masa lalu hingga budaya pop Korea yang mendunia, Seoul punya banyak cerita seru untuk kita telusuri. 

Jadi, siap-siap buat perjalanan virtual yang seru ini dan temukan pesona tersembunyi dari salah satu kota paling keren di Asia! Sekarang, yuk kita mulai dengan mengulik sejarah panjang dan menarik dari kota yang satu ini!

1. Sebelum Menjadi Ibu Kota Korsel, Tahun 18 SM Seoul Adalah Ibu Kota Kerajaan Baekje

kerajaan Baekje.
Potret kerajaan awal di seoul kerajaan Baekje. Sumber: visitkorea.or.id

Sobat Suka Fakta, kamu tahu nggak sih kalau Seoul punya sejarah panjang yang super menarik? Akar sejarah Seoul sudah ada sejak lebih dari 2.000 tahun yang lalu! Awalnya, Seoul adalah ibu kota Kerajaan Baekje pada tahun 18 SM. 

Sejak saat itu, kota ini menjadi pusat kekuasaan dan administrasi berbagai kerajaan Korea, termasuk dinasti Goryeo dan Joseon. Pada masa dinasti Joseon, Seoul yang dulu dikenal dengan nama Hanseong resmi menjadi ibu kota pada tahun 1394.

Nggak cuma itu, di awal abad ke-20, Seoul sempat berada di bawah kekuasaan Jepang dan dikenal sebagai Gyeongseong. Selama Perang Korea (1950-1953), kota ini mengalami banyak kehancuran karena berpindah tangan berkali-kali antara Korea Utara dan Korea Selatan. 

Tapi setelah perang berakhir, Seoul memulai periode rekonstruksi dan pertumbuhan ekonomi yang pesat, hingga akhirnya berubah menjadi ibu kota yang modern dan canggih seperti sekarang.

2. Seoul Memiliki 5 Istana Megah yang Bisa Kamu Nikmati Jika Berkunjung Kesana! 

Gyeongbokgung
Salah satu Istana megah di Seoul, Gyeongbokgung. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, beralih ke keindahan arsitektur, Seoul ternyata punya lima istana megah yang bakal bikin kamu terpukau. Istana-istana ini adalah bukti kemegahan Dinasti Joseon (1392-1910) yang masih bisa kamu nikmati hingga kini, di antaranya adalah:

  1. Istana Gyeongbokgung: Dibangun pada tahun 1395, ini adalah istana terbesar dan paling indah di Seoul.
  2. Istana Changdeokgung: Dibangun pada tahun 1405, istana ini terkenal dengan Taman Rahasia yang menakjubkan.
  3. Istana Changgyeonggung: Dibangun pada tahun 1483, istana ini awalnya dibangun untuk Raja Sejong, raja keempat Dinasti Joseon.
  4. Istana Deoksugung: Dibangun pada tahun 1610, istana ini unik karena menggabungkan desain arsitektur Korea dan Barat.
  5. Istana Gyeonghuigung: Konstruksi istana ini dimulai pada tahun 1623 dan berfungsi sebagai tempat peristirahatan kerajaan yang tenang.

Sobat, jalan-jalan ke istana-istana ini bakal bikin kamu serasa kembali ke masa lalu, melihat bagaimana raja dan ratu Korea hidup dengan segala kemewahannya. Jadi, buat kamu si pecinta kerajaan klasik, jangan lewatkan untuk berkunjung ke istana-istana tadi, ya!

3. Empat Warisan Budaya Seoul Dinobatkan Sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO

Kuil Jongmyo
Salah satu warisan dunia UNESCO Kuil Jongmyo. Sumber: IST

Seoul juga nggak kalah dalam hal warisan budaya dunia, lho. Ada empat dari 16 situs Warisan Dunia UNESCO di Korea Selatan yang bisa kamu temukan di wilayah ibu kota ini, yaitu:

  1. Kompleks Istana Changdeokgung: Dengan taman luas yang dikenal sebagai Taman Rahasia, tempat ini adalah salah satu yang paling indah di Seoul.
  2. Kuil Jongmyo: Ini adalah kuil Konfusianisme yang didedikasikan untuk keluarga kerajaan Dinasti Joseon. Kuil ini adalah salah satu yang paling tua dan paling terpelihara.
  3. Makam Kerajaan Dinasti Joseon: Terdiri dari 40 makam yang tersebar di 18 lokasi, makam-makam ini adalah tempat peristirahatan terakhir raja dan ratu Joseon.
  4. Benteng Hwaseong: Tembok besar sepanjang 5,7 kilometer ini adalah bagian penting dari sejarah pertahanan Korea.

Mengenal situs-situs ini bikin kita lebih menghargai betapa kayanya sejarah dan budaya Seoul. Gimana, Sobat Suka Fakta? Penasaran buat jelajah lebih jauh? Yuk, kita lanjut ke fakta menarik lainnya tentang Seoul!

4. Desa Bukchon Hanok, Sebuah Desa yang Dipenuhi Sekitar 900 Rumah Tradisional Korea

rumah tradisional hanok
Potret rumah tradisional hanok. Sumber: IST

Hai Sobat Suka Fakta! Siapa disini yang suka jalan-jalan sambil merasakan suasana tradisional? Kalau kamu suka vibes pedesaan tradisional, maka Desa Bukchon Hanok adalah tempat yang wajib kamu kunjungi di Seoul. Desa ini terletak di Distrik Jongno, Pusat Seoul, dan dipenuhi dengan sekitar 900 rumah tradisional Korea yang dikenal sebagai hanok.

Desa Bukchon Hanok bukan cuma sekadar tempat wisata, lho. Ini adalah kawasan tempat tinggal yang asli dan bersejarah, di mana penduduk lokal masih tinggal dan berbaur dengan wisatawan. Dibangun pada masa Dinasti Joseon, desa ini dulunya dihuni oleh bangsawan dan pejabat kerajaan. Sekarang, hanok-hanok di sini menjadi rumah bagi toko-toko, restoran, pusat kebudayaan, dan pastinya, warga Seoul.

Berjalan-jalan di desa ini serasa kembali ke masa lalu, tapi dengan sentuhan modern. Kamu bisa merasakan suasana yang tenang dan melihat arsitektur tradisional yang memukau. Dan jangan lupa untuk berfoto, karena setiap sudut di sini Instagramable banget!

5. Seoul Adalah Jantung dari Gelombang Korea (K-wave) yang Mendunia

Kantor YG entertaiment
Kantor YG entertaiment. Sumber: highend-magazine.okezone.com

Ngomong-ngomong soal modern, siapa yang nggak tahu tentang K-wave alias Hallyu?! Sobat Suka Fakta, Seoul adalah jantung dari Gelombang Korea yang mendunia. K-wave ini mencakup K-pop, K-drama, sinema Korea, serta tren kecantikan dan gaya busana dari Korea Selatan.

Seoul adalah tempat di mana kreativitas K-wave berkembang pesat. Di sini, kamu bisa menemukan agensi K-pop besar, jaringan televisi, dan perusahaan produksi yang mendorong perkembangan budaya pop Korea. Banyak drama dan video musik K-pop yang syuting di Seoul, kota ini juga menjadi tempat para idola berlatih dan debut.

Jadi, kalau kamu penggemar K-pop atau K-drama, Seoul adalah surga buat kamu, Sob. Kamu bisa mengunjungi tempat-tempat ikonik, dari drama favoritmu atau bahkan berkesempatan melihat idola K-pop di jalan!

6. Seoul sebagai Megacity, Kawasan Perkotaan yang Memiliki Jumlah Penduduk Lebih dari 10 Juta Jiwa

Potret Kota Seoul.
Potret Kota Seoul. Sumber: en.wikipedia.org

Sobat Suka Fakta, tahu nggak kalau Seoul adalah salah satu megacity di dunia? Megacity didefinisikan sebagai kawasan perkotaan dengan jumlah penduduk lebih dari 10 juta jiwa. Dengan lebih dari 10 juta penduduknya, Seoul adalah kota terbesar di Korea Selatan dan salah satu kota terpadat di dunia.

Seoul juga merupakan bagian dari wilayah metropolitan luas yang dikenal sebagai Seoul Capital Area (SCA), mencakup Provinsi Incheon dan Gyeonggi. Wilayah ini memiliki populasi lebih dari 26 juta orang, menjadikannya salah satu wilayah metropolitan terpadat di dunia. Bisa kamu bayangkan betapa ramai dan dinamisnya kota ini dengan begitu banyak orang yang tinggal di dalamnya?

7. Surga Bagi Para Gaming, di Seoul Kamu Bisa Menemukan Banyak tim E-sports Professional

Industri e-Sports
POtret para pemain e-sports Seoul. Sumber: duniagames.co.id

Bagi Sobat Suka Fakta yang suka gaming, Seoul adalah tempat yang tepat untuk kamu. Pasalnya, Korea Selatan secara luas dianggap sebagai pencetus e-sports seperti yang kita kenal sekarang, dan Seoul adalah jantungnya.

Di Seoul, kamu bisa menemukan banyak tim e-sports professional, turnamen terkenal, dan penggemar berat yang berdedikasi. Ada banyak sekali tempat yang bisa kamu kunjungi untuk merasakan dunia e-sports secara langsung, termasuk clubhouse tim e-sports yang berbasis di Seoul. 

Bahkan ada tur e-sports yang memungkinkan kamu melihat langsung bagaimana para pemain profesional berlatih dan bersiap untuk kompetisi.

Dengan begitu banyaknya tim dan turnamen e-sports di sini, nggak heran kalau Seoul disebut sebagai pusat e-sports dunia. Jadi, buat kamu yang suka gaming, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi industri e-sports di Seoul!

Gimana Sobat Suka Fakta, seru kan?! Yuk, kita lanjut ke fakta menarik berikutnya tentang Seoul!

8. Budaya Kerja di Seoul

Gambar wanita
Ilustrasi seorang wanita yang sedang kelelahan bekerja. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kalau bicara soal kerja keras, Seoul adalah rajanya! Di kota ini, budaya kerja yang intens dan penuh dedikasi sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Banyak perusahaan di Seoul mendorong karyawan mereka untuk bekerja lembur sebagai tanda komitmen dan kesetiaan kepada perusahaan.

Menurut data OECD, rata-rata pekerja di Korea Selatan bekerja sekitar 1.915 jam per tahun. Bandingkan dengan pekerja di Amerika Serikat yang rata-rata bekerja 1.811 jam per tahun, Inggris 1.532 jam, dan Jerman 1.341 jam per tahun. 

Namun, demi meningkatkan kesejahteraan karyawan, pemerintah Korea Selatan pada tahun 2018 membatasi jam kerja menjadi 52 jam per minggu, dari yang sebelumnya 68 jam per minggu. 

Meskipun masih menjadi topik yang kontroversial, perubahan ini menunjukkan langkah positif untuk memperbaiki keseimbangan kerja dan kehidupan di Korea Selatan.

9. Surga Bagi Pecinta Kopi, Kota ini Memiliki Budaya Kafe yang Sangat Berkembang dan Unik

Cafe
Salah satu cafe yang ada di Seoul. Sumber: eatingoutorin.com

Sobat Suka Fakta, mari pindah ke topik yang lebih ringan. Kalian tahu nggak kalau Seoul adalah surganya para pecinta kopi? Ya, kota ini punya budaya kafe yang sangat berkembang dan unik. Jalan-jalan di Seoul dipenuhi dengan kafe-kafe yang menawarkan berbagai macam kopi dan suasana yang menarik.

Nggak hanya sekadar menyajikan kopi, banyak kafe di Seoul yang memiliki tema unik. Mulai dari kafe kucing, kafe bertema kolam renang, hingga kedai kopi dengan desain minimalis, semuanya ada di sini. Setiap kafe menawarkan pengalaman yang berbeda dan tentunya Instagramable banget buat kamu yang suka foto-foto.

Selain itu, kafe-kafe di Seoul juga terus berinovasi. Kamu bisa menemukan berbagai macam minuman kopi spesial dari seluruh dunia, metode pembuatan kopi yang unik, dan bahkan seni latte yang menakjubkan. Jadi, kalau kamu pecinta kopi, Seoul adalah tempat yang wajib kamu jelajahi, Sob!

10. Memiliki Industri Bedah Kosmetik yang Sangat Maju

Ilustrasi operasi plastik.
Ilustrasi operasi plastik. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, kamu pasti tahu jika Seoul juga terkenal dengan industri bedah kosmetiknya yang sangat maju. Kota ini bahkan mendapat julukan “Ibukota Bedah Plastik Dunia” karena tingginya konsentrasi klinik dan ahli bedah yang berdedikasi pada bidang ini.

Di Seoul, prosedur bedah kosmetik sangat umum dan diterima oleh masyarakat. Penekanan budaya yang kuat pada estetika dan penampilan fisik telah membuat permintaan akan prosedur kosmetik sangat tinggi. Mulai dari operasi kelopak mata, rhinoplasty (operasi hidung), hingga prosedur yang lebih kompleks, semuanya tersedia di sini.

Bagi banyak orang, datang ke Seoul untuk melakukan bedah kosmetik sudah menjadi hal yang biasa. Bahkan, banyak wisatawan mancanegara yang datang ke Seoul khusus untuk melakukan prosedur ini. Dengan dokter-dokter yang berpengalaman dan teknologi yang canggih, nggak heran kalau Seoul menjadi tujuan utama bagi mereka yang ingin meningkatkan penampilan fisiknya.

Jadi, Sobat Suka Fakta, gimana? Seru kan fakta-fakta tentang budaya kerja, budaya kafe, dan industri bedah kosmetik di Seoul? Yuk, kita lanjut ke fakta menarik berikutnya tentang kota ini!

11. Tteokbokki Hingga Odeng Adalah Jajanan Kaki Lima Paling Terkenal di Seoul Bahkan di Dunia

Jajanan khas Seoul. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, siapa di sini yang suka ngemil? Kalau kamu doyan jajanan kaki lima, Seoul adalah tempat yang tepat buat kamu, Sob! Kota ini terkenal dengan berbagai macam jajanan kaki lima yang enak dan murah. Di setiap sudut jalan, kamu bisa menemukan pedagang kaki lima yang menjual makanan yang bikin ngiler.

Beberapa jajanan kaki lima yang wajib kamu coba di Seoul antara lain:

  • Tteokbokki: Kue beras pedas yang dimasak dengan saus gochujang. Rasanya pedas manis, pokoknya bikin nagih!
  • Hotteok: Pancake isi manis yang biasanya berisi gula merah, madu, kacang, dan biji wijen. Cocok banget buat camilan sore hari.
  • Odeng: Fish cake yang disajikan dengan kuah kaldu panas. Makanan ini sering dijual di gerobak kaki lima terutama saat cuaca dingin.
  • Bungeoppang: Kue berbentuk ikan yang diisi dengan pasta kacang merah manis. Enak dimakan saat masih hangat!

Buat yang pengen eksplor lebih banyak, ikut tur kuliner jalanan di Seoul bisa jadi pilihan yang tepat. Kamu bisa mencicipi berbagai makanan lezat sambil belajar lebih banyak tentang kuliner Korea dari pemandu yang berpengalaman.

12. Seoul Juga Dikenal Sebagai Ibu Kota Bandwith Dunia

 kecepatan Internet
Ilustrasi kecepatan Internet. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, tahu nggak kalau Seoul dikenal sebagai ibu kota bandwidth dunia? Ini salah satu fakta menarik Seoul yang harus kamu ketahui! Yap, kota ini punya internet dengan kecepatan tertinggi di dunia. Internet di Seoul nggak cuma cepat, tapi juga stabil dan andal, Sob.

Seoul telah berinvestasi besar-besaran dalam membangun dan memelihara infrastruktur broadband canggih, termasuk internet berkecepatan gigabit. Jadi, buat kamu yang suka streaming video, main game online, atau bekerja dari jarak jauh, Seoul adalah tempat yang sempurna. Kecepatan internet yang luar biasa ini juga mendukung ekosistem start-up dan bisnis teknologi yang terus berkembang di kota ini.

13. Seoul Dinobatkan sebagai Pusat Teknologi Global yang Terkemuka

kantor Samsung.
Potret kantor Samsung. Sumber: blibli.com

Sobat Suka Fakta, ngomongin teknologi, Seoul adalah salah satu pusat teknologi global yang terkemuka, lho. Banyak perusahaan teknologi besar yang bermarkas di Seoul, seperti Samsung Electronics, LG Electronics, dan SK Hynix. Perusahaan-perusahaan ini adalah pemimpin dunia dalam produksi elektronik dan chip memori.

Nggak hanya itu, Seoul juga punya ekosistem start-up yang dinamis. Banyak start-up teknologi yang bermunculan di sini, menarik investasi dan mendorong ide-ide inovatif. Pemerintah kota Seoul juga mendukung penuh perkembangan sektor teknologi dengan berbagai program dan kebijakan yang mendukung para pelaku bisnis.

Dengan kecepatan internet yang luar biasa, infrastruktur yang canggih, dan dukungan penuh dari pemerintah, nggak heran kalau Seoul menjadi salah satu pusat teknologi terkemuka di dunia. Jadi, buat kamu yang punya minat di bidang teknologi, Seoul adalah tempat yang harus kamu kunjungi!

Gimana Sobat Suka Fakta, menarik kan? Yuk, kita lanjut ke fakta menarik berikutnya tentang Seoul!

14. Dekat dengan Korea Utara

Korea utara.
Potret Korea utara. Sumber: tiket.com

Sobat Suka Fakta, tahu nggak kalau Seoul hanya berjarak sekitar satu jam berkendara dari Korea Utara? Betul banget! Kaesong, kota paling selatan di Korea Utara, hanya berjarak 58 kilometer dari Seoul. 

Eits, meskipun jaraknya dekat, perjalanan ke sana nggak semudah itu karena adanya Zona Demiliterisasi (DMZ) yang memisahkan kedua negara.

Buat kamu yang penasaran dengan situasi unik ini, kamu bisa ikut tur DMZ berpemandu ke Panmunjom. Desa ini terletak di dalam DMZ dan menawarkan kesempatan untuk melihat Korea Utara dari kejauhan, belajar lebih banyak tentang sejarah kompleks antara kedua negara, dan menjelajahi terowongan bawah tanah yang digunakan selama Perang Korea. Tur ini pasti bakal memberikan pengalaman yang mendalam dan membuka wawasan tentang sejarah Korea yang kompleks.

15. Kereta Bawah Tanah Adalah Transportasi Umum yang Menjadi Andalan di Seoul

 kereta bawah tanah Seoul.
Potret kereta bawah tanah Seoul. Sumber: indonesian.korea.net

Sobat Suka Fakta, mari pindah ke topik yang lebih modern. Kalian tahu nggak kalau sistem transportasi umum di Seoul termasuk yang tercanggih di dunia? Yap! kereta bawah tanah Seoul menjadi salah satu transportasi andalan kota ini. 

Kereta yang sangat luas dan ramah pengguna ini memiliki jangkauan luas dan rute yang mudah dinavigasi. Sistem kereta bawah tanah ini nggak cuma nyaman, tapi juga bersih dan efisien. 

Selain itu, Korea Selatan juga memiliki jaringan kereta api berkecepatan tinggi yang dikenal sebagai KTX (Korea Train Express). KTX menghubungkan Seoul ke kota-kota besar lainnya di Korea Selatan, seperti Busan, dengan cepat dan nyaman.

Inovasi teknologi juga sangat terasa dalam sistem transportasi umum di Seoul. Misalnya, penjadwalan waktu nyata dan sistem tarif terintegrasi memungkinkan kamu menggunakan satu kartu untuk melakukan perjalanan melintasi berbagai pilihan transportasi umum. Jadi, buat kamu yang berencana jalan-jalan di Seoul, transportasi umum adalah pilihan yang sangat praktis dan efisien.

16. Budaya Karaoke di Seoul Sangat Tinggi

tempat karaoke
Potret tempat karaoke di Seoul. Sumber: english.visitkorea.or.kr

Sobat Suka Fakta, siapa disini yang suka karaoke? Kalau kamu suka, Seoul adalah surga buat kamu nih! Korea Selatan, khususnya Seoul, punya hubungan budaya yang kuat dengan karaoke. Di kota ini, kamu bisa menemukan banyak ruang karaoke yang dikenal sebagai noraebang (노래방) di setiap sudut kota.

Noraebang adalah tempat yang sempurna buat kamu yang ingin bersenang-senang dan melepaskan stres. Kamu bisa menyewa ruang karaoke privat dan bernyanyi bersama teman-teman tanpa malu-malu. Fasilitasnya lengkap, mulai dari pilihan lagu yang banyak, sound system yang oke, hingga makanan dan minuman yang bisa dipesan langsung ke ruangan.

Budaya karaoke di Seoul nggak hanya populer di kalangan anak muda, Sob, tapi juga di kalangan dewasa. Banyak orang menghabiskan malam mereka dengan bernyanyi di noraebang setelah seharian bekerja keras. Jadi, kalau kamu lagi di Seoul, jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan serunya karaoke ala Korea, ya!

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, itulah tadi 16 fakta menarik tentang Seoul yang pastinya bikin kamu makin penasaran dengan ibu kota Korea Selatan ini. Dari sejarahnya yang panjang, istana-istana megah, situs Warisan Dunia UNESCO, budaya kerja yang intens, jajanan kaki lima yang lezat, hingga budaya kafe yang unik, Seoul memang kota yang penuh pesona dan selalu ada hal baru untuk dijelajahi.

Sebagai pusat dari Gelombang Korea (K-wave), Seoul juga menjadi jantung dari industri K-pop, K-drama, dan tren kecantikan yang mendunia. Ditambah lagi, sistem transportasi umum yang canggih, serta kecepatan internet yang luar biasa, membuat Seoul benar-benar menjadi kota yang dinamis dan maju.

Dekatnya Seoul dengan Korea Utara, budaya karaoke yang berkembang, dan berbagai tempat menarik seperti Desa Bukchon Hanok dan Istana Gyeongbokgung, juga menjadikan kota ini sebagai destinasi yang sempurna untuk kamu yang ingin merasakan kehidupan kota modern, namun tetap kaya akan sejarah dan budaya.

Jadi, kalau kamu punya kesempatan untuk mengunjungi Seoul, jangan ragu untuk menjelajahi semua keindahan dan keunikan yang ditawarkan kota ini. Dari makanan, budaya, teknologi, hingga sejarah, Seoul punya segalanya untuk membuat perjalananmu tak terlupakan.

Sobat Suka Fakta, terima kasih sudah mengikuti fakta-fakta menarik tentang Seoul bersama Suka Fakta. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi buat perjalananmu selanjutnya. Sampai jumpa di petualangan berikutnya, Sob!

REFERENSI:

  • Away to the City. (2023). 20 Fun Facts About Seoul. Diakses dari https://awaytothecity.com/fun-facts-about-seoul/
  • Global Admissions. (2023). 18 Fun Facts About South Korea That Will Amaze You. Diakses dari https://www.globaladmissions.com/blog/18-fun-facts-about-south-korea-that-will-amaze-you/
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *