Fakta Dunia

15 Fakta Unik Donat, Makanan Tentara Perang Dunia 1 

83
×

15 Fakta Unik Donat, Makanan Tentara Perang Dunia 1 

Sebarkan artikel ini
Donat,
15 fakta unik donat, makanan tentara perang dunia 1. Sumber: IST

Hai, Sobat Suka Fakta! Siapa sih yang nggak suka donat? Makanan manis satu ini memang jadi favorit banyak orang. Popularitasnya gak kalah jauh sama apfelstrudel, lho. 

Lalu, kenapa donat digemari? Dengan bentuknya yang bulat, tekstur yang lembut, dan berbagai topping yang menggoda, donat selalu berhasil mencuri hati siapa saja yang mencicipinya. Nggak cuma lezat, ternyata donat punya nilai budaya dan beberapa fakta unik yang mungkin belum banyak kita ketahui.

Nah, di artikel ini, kita bakal ngebahas berbagai fakta unik donat yang mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya. Jadi, siapin diri kamu buat buat petualangan wisata kuliner satu ini, ya, Sob!

Asal Usul dan Sejarah Singkat Donat

Adolph Levitt.
Potret Adolph Levitt. Sumber: Dok. foodprocessinghistory.blogspot.com

Oke, Sobat Suka Fakta, sekarang kita masuk ke sejarah singkat donat. Ternyata, donat yang kita kenal sekarang ini punya sejarah panjang, lho. Apakah kalian tahu dari mana asal usul donat? Awalnya, donat dibawa ke Amerika oleh pemukim Belanda. Mereka menyebut makanan manis ini sebagai “olykoeks” yang artinya “kue minyak”. 

Donat pertama ini belum berlubang di tengahnya seperti yang kita kenal sekarang. Kemudian baru pada pertengahan abad ke-19, seorang kapten kapal asal New England bernama Hanson Gregory menciptakan lubang di tengah donat. 

Sejak itulah donat terus berkembang. Pada tahun 1920, seorang pria bernama Adolph Levitt menemukan mesin pembuat donat otomatis. Penemuan ini membuat donat jadi lebih mudah dibuat dan lebih murah harganya. Nggak heran kalau donat jadi populer di kalangan kelas pekerja pada masa itu.

Oke, Sobat Suka Fakta, sekarang kita masuk ke bagian yang paling seru, yaitu fakta unik donat! Kamu pasti nggak sabar buat tahu apa aja sih hal-hal menarik tentang donat yang mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya. Yuk, kita mulai!

Fakta Unik Donat yang Jarang Diketahui

1. Orang Amerika Konsumsi Donat Lebih dari 10 Miliar Setiap Tahun

Donat
Ilustrasi wanita makan donat. Sumber: IST

Tahukah kamu, orang Amerika mengonsumsi lebih dari 10 miliar donat setiap tahunnya? Yup! Setiap orang Amerika rata-rata makan 63 donat per tahun. Nggak heran kalau toko donat bisa kamu temui di setiap sudut jalan, siap memanjakan lidah dengan donat yang hangat dan lezat.

2. Toko Donat Jadi Tempat Favorit Polisi untuk Istirahat 

toko donat.
Potret polisi di toko donat. Sumber: kaskus.co.id

Kenapa donat identik dengan polisi? Pada tahun 1950-an, polisi yang bertugas malam sering mampir ke toko donat untuk istirahat dan mengurus dokumen. Toko donat adalah salah satu dari sedikit tempat yang buka 24 jam.

So, toko donat ini jadi tempat favorit para polisi. Lama-kelamaan, pemilik toko donat mulai memberikan donat gratis sebagai bentuk terima kasih atas perlindungan yang diberikan. Hubungan ini masih ada hingga sekarang, lho, Sob.

3. Donat Dinobatkan Sebagai Makanan Hits di Abad 20

Pada Pameran Dunia Chicago tahun 1933, donat dinobatkan sebagai “Makanan Hits di Abad Kemajuan”. Penobatan ini terjadi karena donat murah, mudah dibuat, dan sangat digemari oleh banyak orang, terutama di kalangan kelas pekerja.

4. Lubang pada Donat Pertama Kali Dibuat Pada Abad ke-19

Donat
Potret Kapten kapal New England, Hanson Gregory, Sumber: Dok. dailytelegraph.com.

Kisah tentang lubang di tengah donat juga cukup unik. Kapten kapal New England, Hanson Gregory, adalah orang yang pertama kali membuat lubang di tengah donat pada pertengahan abad ke-19. 

Ceritanya, dia sedang mengemudikan kapal dan ingin memegang donatnya tanpa repot, jadi dia memotong bagian tengahnya. And voila, lahirlah donat berlubang yang kita kenal sekarang!

5. Donat Adalah Makanan Penenang Selama Perang Dunia

Selama Perang Dunia I, relawan Salvation Army memberikan donat kepada tentara di medan perang untuk meningkatkan semangat mereka. Donat menjadi makanan penenang yang membuat para tentara merasa lebih baik dan teringat kampung halaman. 

Tradisi ini berlanjut hingga Perang Dunia II, di mana truk Palang Merah dan sukarelawan menyajikan donat kepada tentara.

6. Renee Zellweger Menambah Berat Badan dengan Makan 20 Donat Tiap Hari

Renee Zellweger
Potret Renee Zellweger. Sumber: Dok. imdb.com

Aktris Renee Zellweger pernah harus menambah berat badan untuk perannya di film “Bridget Jones: The Edge of Reason”. Caranya? Dia makan sekitar 20 donat setiap hari! Menurut Zellweger, satu donat nggak akan berpengaruh, jadi dia harus makan banyak donat setiap harinya selama lima minggu untuk mencapai berat badan yang diinginkan.

7. Pertama Kali Donat Dikenal dengan Nama “Olykoeks” 

 Patung Liberty.
Potret Patung Liberty. Sumber: IST

Donat awalnya dikenal dengan nama “olykoeks” oleh pemukim Belanda, yang berarti “kue berminyak”. Nama ini kemudian berkembang seiring dengan penyebarannya di Amerika. Di berbagai budaya, donat juga punya nama berbeda-beda, tapi semuanya tetap enak dan digemari.

8. Donat di Jepang Disajikan dengan Berbagai Topping

Donat Jepang
Potret Variasi Donat di jepang. Sumber: Dok. japanesestation.com

Di Jepang, donat disajikan dengan berbagai topping gurih seperti tuna, salmon, dan rumput laut. Variasi ini menunjukkan betapa fleksibelnya donat sebagai makanan karena bisa disesuaikan dengan selera dan budaya setempat.

9. Rekor Donat Terbesar di Dunia Dibuat di Utica, New York

Donat terbesar di dunia dibuat di Utica, New York pada tahun 1993. Donat ini memiliki berat lebih dari 3.000 pon dan diameter lebih dari 16 kaki! Kebayang nggak sih, sebesar apa donat ini? Pasti butuh banyak orang buat menghabiskannya.

10. Voodoo Donut Membuat Inovasi Baru Pada Rasa Donat 

 Voodoo Donut
Potret Toko Donut di Amerika, Voodoo Donut.Sumber: Dok. conicear.best

Voodoo Donut di Portland, Oregon terkenal dengan inovasi rasa donatnya yang unik. Mereka bahkan pernah menjual donat berlapis NyQuil dan Pepto Bismol. Sayangnya, varian ini harus dihapus setelah FDA turun tangan karena alasan kesehatan. Tapi tetap aja, donat ini jadi pembicaraan banyak orang.

11. Ada Donat yang Terbuat dari Kentang Namanya “Spudnuts”

 Donat Kentang
Potret Donat Kentang (Spudnuts). Sumber: Dok. frisianflag.com

Tahukah kamu, ada donat yang terbuat dari kentang? Yup! Namanya Spudnuts. Dibuat dari kentang tumbuk atau tepung kentang, Spudnuts sempat populer dan punya jaringan cepat saji sendiri pada tahun 1940-an. Walaupun sekarang sudah jarang ditemukan, beberapa toko independen masih menjualnya.

12. Boston Adalah Kota yang Memiliki Toko Donat Terbanyak di AS 

Boston
Potret Kota Boston. Sumber: IST

Warga Boston sangat mencintai donat. Kota ini memiliki toko donat terbanyak di Amerika, dengan satu toko donat yang bisa melayani 2.480 orang. Nggak heran deh kalau Boston jadi salah satu kota donat di Amerika.

13. Donat Sangat Terkenal Dalam Budaya Pop 

Donat sering muncul dalam budaya pop, mulai dari jingle komersial Dunkin Donuts yang terkenal, sampai kecintaan Homer Simpson terhadap donat di “The Simpsons”. Donat memang sudah jadi bagian dari kehidupan sehari-hari dan hiburan kita.

14. Donat Sebagai Simbol Perjuangan dan Solidaritas

Pada tahun 1917, kelompok hak pilih di Amerika membagikan donat kepada tahanan yang melakukan mogok makan sebagai bentuk dukungan. Donat digunakan sebagai simbol perjuangan dan solidaritas dalam aksi protes ini.

15. Donat di Perancis Dikenal dengan Nama ‘Kentut Biarawati’

 Bendera Perancis.
Potret Bendera Perancis. Sumber: IST

Di Perancis, donat dikenal dengan nama “pet de nonne” yang berarti “kentut biarawati”. Nama ini mungkin terdengar aneh, tapi donat versi Perancis ini punya rasa yang sedikit berbeda dan tetap lezat.

Kesimpulan

Sobat Suka Fakta, gak kerasa kita udah ada di penghujung artikel, ya. Melalui perjalanan ini, kita jadi tahu bahwa ternyata donat bukan cuma sekadar makanan manis yang banyak digemari orang. 

Ada banyak sekali fakta unik yang ada di balik pesona donat yang begitu memikat. Semua fakta unik ini membuat kita semakin menghargai dan menikmati setiap gigitan donat. Sampai jumpa di artikel berikutnya, Sobat Suka Fakta! Selamat menikmati donatmu!

REFERENSI

Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *