Fakta Dunia

Mengenal Makanan India Dosa, Mirip Crepes dan Mendapatkan Rekor Dunia 

53
×

Mengenal Makanan India Dosa, Mirip Crepes dan Mendapatkan Rekor Dunia 

Sebarkan artikel ini
Dosa
Mengenal Dosa, Makanan India yang Mirip Crepes dan Mendapatkan Rekor Dunia. Sumber: IST

Hai, Sobat Suka Fakta! Kali ini kita akan wisata kuliner ke benua Asia. Kalian pasti tau dong kalo kuliner Asia gak kalah dari Eropa. Mulai dari kimchi, sushi, ramen, pad thai, hingga dosa. Nama terakhir mungkin terdengar asing, ya, di telinga Sobat? 

Jadi, Sob, dosa adalah sejenis crepes tipis yang gurih dan berasal dari India Selatan. Meski terdengar asing, dosa ternyata sangat digemari, lho, karena rasa yang unik dan bisa dinikmati dengan berbagai lauk seperti chutney dan sambar. Kombinasi rasa gurih, sedikit asam, dan renyah ini bikin dosa cocok banget di lidah siapa saja, termasuk kamu yang suka eksplor makanan baru.

Nah, di artikel ini kita akan bahas segala hal tentang dosa. Jadi, kalau kalian penasaran dan pengen tahu lebih banyak tentang dosa, simak terus ya artikel ini sampai habis. Dijamin, kalian akan semakin tertarik untuk mencicipi dan mungkin mencoba membuat makanan ini di rumah! 

Apa Itu Makanan India Dosa?

Dosa
Potret Makanan Dosa. Sumber: IST

Jadi, Sobat Suka Fakta, apa itu makanan India Dosa? Dosa adalah crepes tipis dan gurih yang terbuat dari adonan fermentasi beras dan gram putih (semacam kacang-kacangan). Kalau kalian pernah makan crepes, bayangin aja dosa itu seperti versi India-nya, tapi dengan rasa yang lebih kompleks dan gurih. 

Dosa biasanya disajikan panas-panas, dan yang bikin spesial adalah pendampingnya seperti chutney (saus dari kelapa, tomat, atau bahan lainnya) dan sambar (rebusan sayuran dengan lentil).

Dosa nggak cuma populer di India Selatan, tapi juga di seluruh Asia Selatan dan bahkan di seluruh dunia! Banyak restoran India yang menyediakan dosa sebagai salah satu menu andalannya. 

Sejarah dan Asal Usul Makanan India Dosa

Bendera India.
Potret Bendera India. Sumber: IST

Sobat, dosa ternyata punya sejarah yang panjang dan menarik, lho. Dosa berasal dari India Selatan, tepatnya dari daerah Tamil Nadu dan Karnataka. Menurut sejarawan makanan, dosa sudah dikenal sejak zaman kuno. Ada yang bilang dosa pertama kali disebutkan dalam literatur Tamil kuno sekitar abad ke-1 Masehi. Tapi, ada juga yang mengatakan bahwa dosa berasal dari kota Udupi di Karnataka.

Seiring berjalannya waktu, dosa menyebar ke berbagai daerah di India. Pada tahun 1930-an, restoran Udupi mulai muncul di Mumbai dan memperkenalkan dosa kepada masyarakat di sana. 

Setelah India merdeka pada tahun 1947, masakan India Selatan, termasuk dosa, semakin populer di India Utara. Bahkan, dosa juga diperkenalkan ke Sri Lanka oleh para imigran India Selatan selama masa pemerintahan Inggris.

Sekarang, dosa sudah menjadi bagian dari budaya kuliner india di banyak negara, termasuk di Amerika dan Eropa. Banyak restoran India di luar negeri yang menyajikan dosa sebagai menu utama.

Nama Makanan Dosa di Berbagai Daerah di India

Nah, Sobat Suka Fakta, tahu nggak kalau dosa punya banyak nama di berbagai daerah di India? Yup! Nama-nama ini bervariasi tergantung bahasa dan daerahnya. Misalnya, dalam bahasa Tamil, dosa disebut “dosai”, sedangkan dalam bahasa Kannada, namanya “dose”. 

Sementara dalam bahasa Malayalam, namanya “dosha”, dan dalam bahasa Telugu, disebut “dosa”. Meskipun namanya berbeda-beda, cara pembuatannya tetap mirip dan rasanya sama enaknya!

Berikut beberapa transliterasi dan pengucapan nama dosa dalam berbagai bahasa India Selatan:

  • Tamil: தோசை (dosai) [d̪oːsaɪ̯]
  • Kannada: ದೋಸೆ (dose) [dosis]
  • Malayalam: ദോശ (dośha) [d̪oːʃa]
  • Telugu: దోశ (dosa) [d̪oːsa]

Nutrisi dan Manfaat Makanan India Dosa

Setelah mengenal apa itu makanan India dosa dan sejarahnya, sekarang kita bahas apa manfaat makanan India Dosa? Dosa mengandung karbohidrat yang sangat tinggi, kandungan yang bisa memberi kita energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Selain itu, karena bahan utamanya adalah beras dan gram hitam (urad dal), dosa juga merupakan sumber protein yang baik. Protein penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh, terutama buat kalian yang aktif dan butuh asupan gizi seimbang.

Menariknya lagi, proses fermentasi dalam pembuatan adonan dosa bisa meningkatkan kandungan vitamin B dan vitamin C. Kedua vitamin ini penting untuk menjaga kesehatan kulit, sistem saraf, dan membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.

Dosa polos buatan sendiri tanpa minyak mengandung sekitar 112 kalori per porsi, dengan 84% karbohidrat dan 16% protein. Jadi, jika kalian sedang mencari camilan atau makanan yang sehat, dosa bisa jadi pilihan yang tepat!

Bahan-bahan dan Persiapan Membuat Dosa

Dosa
Kolase Bahan bahan utama membuat Dosa. Sumber: IST

Sekarang, mari kita bahas bahan-bahan dan persiapan untuk membuat dosa. Jangan khawatir, Sobat Suka Fakta, bahan-bahan untuk membuat dosa cukup sederhana dan mudah ditemukan.

Bahan Utama:

  • Beras
  • Gram putih (urad dal)
  • Biji fenugreek (opsional, untuk fermentasi yang lebih baik)
  • Air
  • Garam

Langkah Persiapan:

  1. Merendam Beras dan Urad Dal: Cuci bersih beras dan urad dal, lalu rendam dalam air bersih selama 4-5 jam. Jika kalian ingin menambahkan biji fenugreek, rendam juga bersama dengan beras dan urad dal.
  2. Menggiling Adonan: Setelah direndam, tiriskan air dan giling beras serta urad dal hingga halus. Kalian bisa menggunakan blender atau penggiling basah. Pastikan adonan halus dan kental.
  3. Fermentasi: Tambahkan sedikit garam ke dalam adonan dan diamkan semalaman atau sekitar 8-10 jam untuk proses fermentasi. Fermentasi ini penting untuk mendapatkan rasa asam yang khas dan tekstur yang sempurna pada dosa.
  4. Mencampur Adonan: Setelah fermentasi, adonan akan mengembang dan berbuih. Tambahkan sedikit air jika adonan terlalu kental untuk mendapatkan konsistensi yang pas.

Cara Memasak Makanan India Dosa

Makanan Dosa.
Ilustrasi memasak Makanan Dosa. Sumber: IST

Oke, setelah adonan siap, sekarang saatnya memasak dosa! Ini bagian yang paling seru, Sobat Suka Fakta. Memasak dosa bisa jadi pengalaman yang menyenangkan dan pastinya hasilnya bakal memuaskan.

Langkah Memasak Dosa:

  1. Panaskan Wajan: Gunakan wajan datar atau tava dan panaskan dengan api sedang. Oleskan sedikit minyak atau ghee di permukaan wajan.
  2. Menyebar Adonan: Ambil sendok penuh adonan dan tuangkan ke tengah wajan. Dengan gerakan melingkar, sebarkan adonan secara merata di atas wajan hingga membentuk crepes tipis. Kalau ingin dosa yang lebih tebal, kamu bisa ratakan adonan lebih sedikit.
  3. Memasak Dosa: Masak dosa hingga bagian bawahnya kecokelatan dan renyah. Tambahkan sedikit minyak atau ghee di pinggirannya untuk hasil yang lebih renyah. Setelah itu, balik dosa dan masak sebentar di sisi lainnya.
  4. Menyajikan Dosa: Dosa biasanya disajikan panas-panas, dilipat dua atau digulung seperti bungkus. Sajikan dengan chutney kelapa, sambar, atau lauk pauk lainnya sesuai selera.

Variasi dan Jenis-Jenis Dosa yang Paling Populer

Dosa
Potret jenis Makanan Masala Dosa. Sumber: IST

Setelah mengenal dasar-dasar pembuatan dosa, mari kita eksplor berbagai variasi dan jenis-jenis dosa yang bisa kalian coba, Sobat Suka Fakta. Dosa memiliki banyak versi, masing-masing dengan karakteristik dan rasa uniknya. Yuk, kita lihat beberapa di antaranya!

1. Masala Dosa

Ini adalah variasi yang paling populer. Masala dosa adalah dosa tipis yang diisi dengan masala kentang berbumbu. Biasanya disajikan dengan chutney kelapa dan sambar. Kombinasi rasa gurih dari dosa dan masala kentang yang kaya rempah membuatnya menjadi favorit banyak orang.

2. Plain Dosa

Seperti namanya, plain dosa tidak memiliki isian. Dosa ini biasanya disajikan dengan chutney dan sambar. Meskipun sederhana, rasa renyah dan gurihnya tetap memikat.

3. Rava Dosa

Rava dosa terbuat dari semolina (rava) yang memberikan tekstur lebih renyah dibandingkan dosa biasa. Dosa ini juga cenderung lebih tipis dan berlubang-lubang, memberikan sensasi makan yang berbeda.

4. Neer Dosa

Kata “neer” berarti air dalam bahasa Tulu. Neer dosa dibuat dengan adonan beras yang sangat encer, menghasilkan dosa yang sangat tipis dan lembut. Biasanya disajikan dengan chutney kelapa.

5. Cheese Dosa

Buat kalian yang suka keju, cheese dosa adalah pilihan yang tepat. Tambahkan keju parut di atas dosa saat memasak, dan nikmati perpaduan rasa gurih dari dosa dan keju yang meleleh.

6. Pesarattu Dosa

Dosa ini terbuat dari gram hijau (moong dal) dan beras. Pesarattu dosa biasanya disajikan dengan chutney jahe atau allam pachadi. Teksturnya lebih tebal dan rasanya unik.

7. Onion Dosa

Dosa ini diberi tambahan irisan bawang bombay di atasnya saat memasak. Bawang memberikan rasa manis dan gurih yang menambah kelezatan dosa.

8. Uttapam

Meskipun bukan dosa dalam arti tradisional, uttapam adalah varian yang mirip. Adonan dosa dituangkan lebih tebal dan diberi topping seperti tomat, bawang, dan cabai. Rasanya lezat dan mengenyangkan.

Dengan berbagai variasi ini, kalian bisa mencoba berbagai jenis dosa dan menemukan favorit kalian. Setiap jenis dosa menawarkan pengalaman rasa yang unik dan pastinya menggugah selera.

Makanan India Dosa Memiliki Rekor Dunia

Hotel Daspalla
Potret Hotel Daspalla di Hyderabad. Sumber: IST

Kalian tahu nggak, Sobat Suka Fakta, ternyata dosa juga punya rekor dunia, lho. Pada 16 November 2014, sekelompok koki di Hotel Daspalla di Hyderabad, India, berhasil membuat dosa yang panjangnya mencapai 16,68 meter (54,7 kaki) dan berat 13,69 kilogram (30,2 pound). Rekor ini diakui oleh Guinness World Records sebagai dosa terpanjang di dunia!

Selain itu, dosa juga sering muncul dalam budaya populer. Misalnya, dalam video kampanye tahun 2019, Wakil Presiden AS Kamala Harris memasak masala dosa bersama aktris dan komedian Mindy Kaling. Video ini menjadi viral dan menunjukkan betapa populernya dosa bahkan di luar India.

Dosa juga tampil dalam berbagai acara kuliner dan media, misalnya dalam video game memasak tahun 2023 bernama “Venba”. Ini menunjukkan bagaimana dosa telah menjadi bagian dari budaya populer di berbagai belahan dunia.

Tips dan Trik Membuat Dosa yang Sempurna

Setelah mengetahui berbagai variasi dosa, berikut beberapa tips dan trik agar kalian bisa membuat dosa yang sempurna di rumah, Sobat Suka Fakta!

1. Fermentasi yang Tepat

Fermentasi adalah kunci untuk mendapatkan adonan dosa yang sempurna. Pastikan adonan dibiarkan berfermentasi semalaman atau sekitar 8-10 jam di tempat yang hangat. Jika cuaca dingin, kalian bisa menempatkan adonan di oven dengan lampu menyala untuk menjaga suhu hangat.

2. Konsistensi Adonan

Adonan harus kental tapi tetap bisa mengalir. Jika terlalu kental, tambahkan sedikit air. Jika terlalu encer, tambahkan sedikit tepung beras. Konsistensi yang tepat adalah kunci untuk dosa yang mudah disebar dan renyah.

3. Pemanasan Wajan

Pastikan wajan atau tava sudah benar-benar panas sebelum menuangkan adonan. Uji dengan meneteskan sedikit air di atas wajan. Jika air mendesis, berarti wajan sudah cukup panas. Gunakan api sedang untuk memasak dosa agar tidak cepat gosong.

4. Minyak atau Ghee

Oleskan sedikit minyak atau ghee di wajan sebelum menuangkan adonan. Ini membantu mencegah dosa menempel dan memberikan rasa yang lebih enak. Tambahkan juga sedikit di pinggir dosa saat memasak untuk hasil yang lebih renyah.

5. Menghindari Kesalahan Umum

Jika adonan tidak menyebar dengan baik, mungkin wajan terlalu panas atau adonan terlalu kental. Jadi, atur suhu dan konsistensi adonan sesuai kebutuhan.

Jika dosa menempel di wajan, pastikan wajan sudah cukup panas dan diolesi minyak. Gunakan wajan anti lengket jika perlu. Untuk dosa yang renyah, masak dengan api sedang dan jangan terlalu sering membalik dosa.

6. Eksperimen dengan Variasi

Jangan ragu untuk mencoba berbagai variasi dosa, seperti menambahkan sayuran, keju, atau bumbu lain. Eksperimen dengan topping dan isian yang berbeda untuk menemukan kombinasi yang kalian suka.

Dengan tips dan trik ini, kalian bisa membuat dosa yang sempurna di rumah. Selamat mencoba, Sobat Suka Fakta! 

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, itulah semua yang perlu kalian ketahui tentang makanan India dosa! Dosa bukan sekadar makanan biasa, ia adalah bagian dari budaya kuliner yang telah memikat hati banyak orang di seluruh dunia. Dari sejarahnya yang panjang, variasi yang beragam, hingga cara membuatnya yang ternyata cukup mudah, dosa benar-benar layak dicoba.

Dengan sedikit latihan dan kesabaran, kalian pasti bisa membuat dosa yang sempurna di rumah. Jadi, tunggu apa lagi? Segera coba resep dosa di rumah dan rasakan sendiri kelezatan makanan India yang satu ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil, Sobat Suka Fakta!

Terima kasih sudah menyimak artikel ini. Jangan lupa bagikan pengalaman kalian membuat dosa di rumah dan beritahu kami variasi mana yang paling kalian suka. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

REFERENSI

Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *