Fakta Dunia

Pad Thai, Mie Goreng Asal Thailand dengan Asam Manis Gurihnya yang Khas

55
×

Pad Thai, Mie Goreng Asal Thailand dengan Asam Manis Gurihnya yang Khas

Sebarkan artikel ini
Pad Thai
Pad Thai, Mie Goreng Asal Thailand Dengan Asam Manis Gurihnya yang Khas. Sumber: IST

Halo, Sobat Suka Fakta! Siapa sih yang nggak kenal sama wisata kuliner di Thailand?! Setelah sebelumnya kita pernah membahas Tom Yam, sekarang kita akan membahas Pad Thai. Pernah denger nama ini gak, Sob? 

Pad Thai adalah Mie goreng khas Thailand yang sudah jadi favorit banyak orang di seluruh dunia. Nah, dalam artikel ini, kita bakal menggali lebih dalam tentang Pad Thai, mulai dari sejarahnya yang menarik, bahan-bahan yang digunakan, cara membuatnya, sampai fakta-fakta unik yang mungkin belum kamu tahu. 

Sejarah Pad Thai

 Perdana Menteri Phibun Songkhram.
Potret Perdana Menteri Phibun Songkhram. Sumber: id.wikipedia.org

Sobat Suka Fakta, pernah nggak sih kamu penasaran gimana awal mulanya Pad Thai bisa jadi hidangan yang terkenal? Pada awalnya, hidangan ini dikenal dengan nama “Kuai tiao pad thai,” yang sebenarnya adalah sejenis bihun kental dari Tiongkok.

Namun, seiring waktu, namanya disingkat jadi Pad Thai aja. Pada tahun 1939, ketika Thailand masih bernama Siam, Perdana Menteri Phibun Songkhram memutuskan untuk mempromosikan hidangan ini sebagai bagian dari upaya membangun identitas nasional. 

Di masa sulit Perang Dunia II, Pad Thai jadi pilihan yang ekonomis karena menggunakan mie beras yang murah dan mengenyangkan. Phibun mengadakan kompetisi untuk menciptakan hidangan nasional, dan voila, Pad Thai pun terpilih!

Pad Thai juga menjadi salah satu cara Thailand mempromosikan budaya mereka ke seluruh dunia. Pemerintah Thailand bahkan punya program khusus untuk mendirikan restoran Thailand di berbagai negara, dan tentu saja, Pad Thai jadi menu andalan. Hebat banget, kan?!

Apa itu Pad Thai?

Pad Thai
Potret Makanan Pad Thai. Sumber: IST

Setelah tahu sejarahnya, sekarang saatnya kita bahas lebih detail tentang apa itu Pad Thai. Pada dasarnya, Pad Thai adalah mie goreng khas Thailand yang punya rasa asam manis gurih yang khas. 

Pad Thai ini dibuat dari bihun yang ditumis dengan berbagai macam bahan, seperti tauge, daun bawang, telur, tahu, dan protein seperti ayam atau udang. Nggak lupa juga, Pad Thai biasanya ditaburi kacang tanah tumbuk dan disajikan dengan irisan jeruk nipis untuk menambah kesegaran.

Spesialnya lagi, Pad Thai punya rasa yang begitu seimbang. Bayangin aja, dalam satu suapan kamu bisa ngerasain manis dari gula palem, asin dari kecap ikan, asam dari asam jawa, dan pedas dari cabai. 

Ditambah lagi, tekstur mie yang kenyal dan renyahnya tauge bikin Pad Thai jadi hidangan yang susah dilupain. Ada juga versi vegetarian yang menggantikan protein hewani dengan tahu. Jadi cocok buat semua orang, deh.

Resep dan Langkah-langkah Membuat Pad Thai

Pad Thai
Kolase beberapa bahan untuk membuat Pad Thai. Sumber: IST

Nah, Sobat Suka Fakta, sekarang saatnya kita belajar bikin Pad Thai sendiri di rumah. Nggak perlu takut ribet, karena resep yang bakal kita bahas ini gampang diikuti dan pastinya enak banget. Yuk, siapin bahan-bahannya dulu!

Bahan-Bahan yang Diperlukan:

  • 125 g bihun kering
  • 1 1/2 sdm pure asam jawa
  • 3 sdm gula merah
  • 2 sdm kecap ikan
  • 1 1/2 sdm saus tiram
  • 2 – 3 sdm minyak sayur
  • 1/2 bawang bombay, iris
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 150 g dada ayam, iris tipis
  • 2 telur, kocok sebentar
  • 1 1/2 cangkir tauge
  • 1/2 cangkir tahu keras, potong
  • 1/4 cangkir siung bawang putih, potong
  • 1/4 cangkir kacang cincang halus
  • Irisan jeruk nipis
  • Cabai giling atau cabai rawit (opsional)
  • Lebih banyak tauge untuk penyajian

Langkah-langkah Membuat Pad Thai:

  1. Persiapan Bahan:
    • Rendam bihun dalam air mendidih selama 5 menit, lalu tiriskan dan bilas dengan air dingin.
    • Campurkan pure asam jawa, gula merah, kecap ikan, dan saus tiram dalam mangkuk kecil untuk membuat saus.
  2. Tumis Bahan Utama:
    • Panaskan minyak di wajan besar dengan api besar.
    • Tambahkan bawang putih dan bawang bombay, tumis selama 30 detik hingga harum.
    • Masukkan ayam dan masak hingga hampir matang.
  3. Tambahkan Telur dan Mie:
    • Geser ayam ke satu sisi wajan, lalu tuang telur di sisi kosong. Orak-arik hingga setengah matang.
    • Tambahkan bihun yang sudah direndam dan saus. Aduk hingga semua bahan tercampur rata dan saus terserap.
  4. Tambahkan Sayuran dan Tahu:
    • Masukkan tauge, tahu, dan siung bawang putih. Aduk perlahan hingga semua bahan tercampur sempurna.
    • Tambahkan kacang tanah cincang, aduk cepat lalu angkat dari api.
  5. Sajikan:
    • Sajikan Pad Thai di piring, taburi dengan sisa kacang tanah dan irisan jeruk nipis. Jangan lupa tambahkan tauge dan cabai giling sesuai selera.
    • Peras sedikit jeruk nipis sebelum dinikmati untuk rasa yang lebih segar.

Gimana Sobat Suka Fakta, mudah, kan?! Dengan resep ini, kamu bisa menikmati Pad Thai yang autentik dan lezat di rumah. Selamat mencoba!

Tips dan Trik Membuat Pad Thai yang Sempurna di Rumah

Pad Thai.
Ilustrasi memasak Pad Thai. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, setelah tahu resep dasarnya, sekarang kita bakal bahas beberapa tips dan trik biar Pad Thai buatanmu makin sempurna. Simak, ya!

1. Pilih Mie yang Tepat

Gunakan bihun kering yang khusus untuk Pad Thai. Bihun ini biasanya lebih tebal dan kenyal. Bihun merk Chang atau Erawan bisa jadi pilihan bagus karena nggak gampang hancur saat dimasak.

2. Rendam Mie dengan Benar

Jangan merebus bihun sebelum digunakan. Cukup rendam dalam air bersuhu kamar selama 1 jam. Kalau buru-buru, rendam dalam air panas selama 5 menit, tapi awasi terus biar nggak terlalu lembek.

3. Saus Pad Thai

Pastikan kamu menggunakan pure asam jawa, bukan konsentrat asam jawa yang rasanya lebih kuat. Pure asam jawa memberikan rasa asam yang khas pada saus Pad Thai. Kamu bisa menemukan bahan ini di supermarket atau toko bahan makanan Asia.

4. Gunakan Wajan yang Panas

Pastikan wajan atau wajan anti lengket kamu benar-benar panas sebelum mulai memasak. Ini penting untuk mendapatkan tekstur mie yang kering dan sedikit berasap, bukan basah.

5. Masak Bahan Secara Terpisah

Tumis protein seperti ayam atau udang dulu, lalu angkat dan sisihkan. Ini memastikan bahwa setiap bahan matang sempurna tanpa overcooked.

6. Tambahkan Telur dengan Teknik yang Benar

Saat menambahkan telur, geser semua bahan ke satu sisi wajan, lalu tuang telur di sisi kosong. Orak-arik telur sebelum mencampurkannya dengan mie untuk memastikan telur tersebar merata.

7. Jangan Pelit Minyak

Pad Thai butuh cukup minyak biar nggak lengket dan menggumpal. Jadi, jangan takut menambahkan sedikit minyak jika wajan terlihat kering, ya!

8. Pentingnya Tauge Segar

Tambahkan tauge di akhir proses memasak agar tetap renyah dan segar. Tauge memberikan tekstur yang kontras dengan mie yang kenyal.

Dengan mengikuti tips dan trik ini, dijamin deh Pad Thai buatan kamu bakal lebih autentik dan lezat. So, coba praktek kan ya, Sobat Suka Fakta!

4 Fakta Menarik Lainnya tentang Pad Thai yang Jarang Diketahui

Sobat Suka Fakta, udah tahu belum beberapa fakta menarik tentang Pad Thai? Selain enak, ternyata ada banyak cerita seru di balik hidangan ini. Yuk, kita simak!

1. Hidangan Nasional

Pada tahun 1939, Perdana Menteri Phibun Songkhram mempromosikan Pad Thai sebagai hidangan nasional Thailand untuk membangun identitas nasional dan mengurangi konsumsi beras selama Perang Dunia II.

2. Soft Power Thailand

Pemerintah Thailand menggunakan Pad Thai sebagai alat promosi budaya melalui program Global Thai Restaurant Company. Program ini sukses mendirikan ribuan restoran Thailand di berbagai negara, menjadikan Pad Thai terkenal di seluruh dunia.

3. Mie yang Digunakan

Bihun untuk Pad Thai biasanya terbuat dari beras dan harus direhidrasi dengan benar sebelum dimasak. Mie ini memberikan tekstur kenyal yang khas.

4. Popularitas Global

Pad Thai terpilih sebagai salah satu dari “50 makanan terlezat di dunia” oleh CNN Go pada tahun 2011, menunjukkan betapa populernya hidangan ini di kalangan pecinta kuliner.

Fakta-fakta ini bikin kita tau kalo ternyata Pad Thai nggak cuma menarik dari segi rasa, tapi juga sejarah dan budayanya. Jadi, makin semangat kan buat coba bikin Pad Thai sendiri di rumah?!

Cara yang Benar untuk Menikmati Pad Thai

Pad Thai.
Potret Makanan Pad Thai. Sumber: IST

Setelah tahu cara membuat dan fakta menarik tentang Pad Thai, sekarang kita bahas cara menikmatinya yang paling pas. Nggak cuma soal makan, tapi juga cara penyajian dan kombinasi rasa yang bikin Pad Thai makin nikmat. Yuk, kita lihat!

1. Gunakan Garpu dan Sendok

Orang Thailand biasanya makan Pad Thai dengan garpu dan sendok, bukan sumpit. Pegang garpu di tangan kiri untuk mendorong makanan ke sendok di tangan kanan. Ini cara makan yang praktis dan umum di Thailand.

2. Tambahkan Jeruk Nipis

Jangan lupa peras irisan jeruk nipis di atas Pad Thai sebelum makan. Asam dari jeruk nipis menambah kesegaran dan membuat rasa Pad Thai jadi lebih seimbang.

3. Taburi Kacang Tanah

Kacang tanah cincang yang ditaburkan di atas Pad Thai memberikan rasa gurih dan tekstur renyah yang kontras dengan mie yang kenyal. Pastikan kacang tanahnya cukup banyak biar lebih nikmat!

4. Tambahkan Cabai Giling

Buat kamu yang suka pedas, tambahkan cabai giling atau cabai rawit. Pedasnya cabai bikin rasa Pad Thai jadi lebih menggigit dan memuaskan.

5. Tauge Segar

Pastikan kamu menyajikan Pad Thai dengan banyak tauge segar. Tauge yang renyah memberikan sensasi segar di setiap suapan dan menambah tekstur yang menarik.

6. Makan Saat Hangat

Pad Thai paling enak dimakan saat hangat. Jadi, langsung santap setelah selesai dimasak biar rasa dan teksturnya tetap optimal.

7. Sajikan dengan Pelengkap

Kamu bisa menambahkan pelengkap lain seperti daun bawang cincang, bawang goreng, atau bahkan sedikit cilantro untuk menambah aroma dan rasa.

Dengan cara menikmati yang tepat, pengalaman makan Pad Thai kamu bakal lebih maksimal. Jad, nikmati Pad Thai buatanmu sendiri dengan cara yang paling autentik dan lezat, ya, Sobat Suka Fakta!

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, kita sudah sampai di akhir perjalanan kuliner kita bareng Pad Thai. Dari sejarahnya yang unik hingga cara menikmati yang paling autentik, ternyata Pad Thai bukan cuma soal makanan enak, tapi juga bagian dari cerita budaya dan tradisi yang unik. Mie goreng khas Thailand ini berhasil memikat hati banyak orang di seluruh dunia dengan rasa yang seimbang dan kaya akan berbagai macam cita rasa.

Ingat, Pad Thai adalah simbol dari kekayaan kuliner Thailand yang membawa cerita sejarah dan identitas nasional. Jadi, dengan mencoba dan menikmati Pad Thai, kita nggak cuma menikmati makanan enak, tapi juga ikut merasakan sepotong kecil dari budaya Thailand.

Selamat mencoba resep Pad Thai di rumah, Sobat Suka Fakta! Jangan lupa share pengalaman kamu dan mungkin aja, Pad Thai buatan kamu bisa jadi favorit baru di rumah. Sampai jumpa di artikel kuliner berikutnya, ya!

REFERENSI

  • Chongchitnant, Pailin. (2023). “Resep Pad Thai Asli ผัดไทย.” Hot Thai Kitchen. Diakses dari https://hot-thai-kitchen.com/best-pad-thai/.
  • “Pad Ayam Pedas Thai.” (n.d.). Maruchan. Diakses dari https://maruchan.com/recipes/yakisoba/spicy-chicken-pad-thai?gad_source=1&gclid=Cj0KCQjwpZWzBhC0ARIsACvjWRNb_mJLVymjufdihnWFha3nk7zuWDZUR4CtvWHmq5Tt0iDYp33j-UoaAs9yEALw_wcB&gclsrc=aw.ds.
  • Thompson, David. (n.d.). “Fun Facts about Pad Thai.” Jetstar. Diakses dari https://www.jetstar.com/lk/en/inspiration/articles/fun-facts-pad-thai.
  • “Pad Thai.” (n.d.). Wikipedia. Diakses dari https://en.wikipedia.org/wiki/Pad_thai.
  • Tin Eats, Recipe. (n.d.). “Chicken Pad Thai.” Recipe Tin Eats. Diakses dari https://www.recipetineats.com/chicken-pad-thai/.
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *