Fakta Unik

7 Fakta Menarik Tupai, Si Kecil yang Bisa Dilatih Mendeteksi Narkoba

55
×

7 Fakta Menarik Tupai, Si Kecil yang Bisa Dilatih Mendeteksi Narkoba

Sebarkan artikel ini
Tupai
7 Fakta Menarik Tupai yang Pandai Melompat. Sumber: IST

Hai, Sobat Suka Fakta! Pernah nggak sih kamu lihat tupai di taman, hutan, atau mungkin di halaman rumah? Hewan kecil dan lincah ini memang sering mencuri perhatian kita dengan keahliannya melompat dari satu pohon ke pohon lainnya. 

Di artikel ini, kita bakal mengupas tujuh fakta menarik tupai yang pandai melompat. Dengan gaya bahasa yang santai dan informatif, artikel ini cocok banget buat kamu, para remaja yang ingin tahu lebih banyak tentang tupai. Yuk, kita mulai petualangan mengenal lebih dekat si lincah tupai dan kebiasaan unik mereka!

1. Ada Lebih Dari 280 Spesies Tupai di Seluruh Dunia

fakta menarik tupai
Kolase Tupai pohon dan Tupai terbang. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, tahukah kamu bahwa ada lebih dari 280 spesies tupai yang tersebar di seluruh dunia? Yup, keluarga Sciuridae ini memang sangat beragam! Kita bisa menemukan tupai di berbagai habitat, mulai dari hutan tropis yang lembap hingga daerah gurun yang kering. 

Ada tupai pohon yang lincah melompat dari dahan ke dahan, ada juga tupai tanah yang lebih suka menggali dan bersembunyi di bawah tanah. Selain itu, ada juga tupai terbang yang bisa meluncur di udara dengan memanfaatkan membran khusus di tubuhnya. Menarik banget, kan?!

Beberapa contoh spesies tupai yang terkenal antara lain:

  • Tupai Pohon: Seperti tupai abu-abu timur yang banyak ditemukan di Amerika Utara.
  • Tupai Terbang: Contohnya tupai terbang raksasa Bhutan yang bisa meluncur dengan jarak yang cukup jauh.
  • Tupai Tanah: Seperti anjing padang rumput yang sering membentuk koloni besar di padang rumput Amerika.

2. Memiliki Kemampuan Melompat yang Andal

Tupai Melompat.
Potret Tupai Melompat. Sumber: IST

Kalau ngomongin tupai, pasti nggak bisa lepas dari keahlian mereka dalam melompat. Sobat Suka Fakta, tupai memang jago banget melompat, sama seperti si lucu kelinci

Mereka bisa melompat dengan lincah dari satu pohon ke pohon lainnya, bahkan kadang dalam jarak yang cukup jauh. Ini semua berkat ekor panjang dan lebat mereka yang berfungsi sebagai penyeimbang saat melompat.

Tupai menggunakan ekor mereka tidak hanya untuk menjaga keseimbangan, tetapi juga sebagai parasut saat melompat turun dari tempat yang tinggi. Selain itu, ekor mereka juga membantu mengatur suhu tubuh, memberikan sinyal ke tupai lain, dan bahkan sebagai perlindungan dari predator.

Kemampuan melompat ini sangat berguna buat mereka dalam mencari makanan dan menghindari predator. Hebat banget, kan?!

3. Bisa Hidup di Berbagai Kondisi Lingkungan 

fakta menarik tupai
Potret Tupai di gurun. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, tupai itu bisa ditemukan di hampir semua jenis habitat, lho! Mereka hidup di hutan hujan tropis yang lembap, gurun yang kering, dan bahkan di daerah kutub yang dingin. Kemampuan adaptasi mereka memang luar biasa. 

Misalnya, tupai yang hidup di hutan hujan memiliki bulu yang lebih tebal untuk melindungi diri dari kelembapan, sementara tupai di gurun memiliki cara tersendiri untuk menyimpan air di tubuh mereka agar tetap terhidrasi.

Di kota-kota besar, tupai juga berhasil beradaptasi dengan baik. Mereka sering terlihat di taman kota, memanjat pohon, dan bahkan kadang mengunjungi halaman rumah warga. Adaptasi ini menunjukkan betapa fleksibelnya tupai dalam mencari makanan dan tempat tinggal.

Contoh adaptasi unik lainnya adalah cara tupai pohon bisa turun dari pohon dengan kepala lebih dulu. Mereka memutar pergelangan kaki sampai 180 derajat sehingga bisa mencengkeram kulit pohon dari arah yang berlawanan. 

4. Pandai Menyimpan Makanan untuk Menghadapi Musim Dingin

Tupai
Potret Tupai sedang makan. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, pernahkah kamu melihat tupai menggali tanah dan mengubur kacang atau biji? Nah, ini adalah salah satu kebiasaan unik tupai yang dikenal dengan istilah “caching”. Tupai sangat pandai menyimpan makanan untuk persiapan menghadapi musim dingin atau masa-masa ketika makanan sulit ditemukan.

Teknik caching ini cukup cerdas, lho. Tupai akan menggali lubang kecil di tanah, meletakkan kacang atau biji di dalamnya, lalu menutup kembali lubang tersebut dengan tanah dan daun. Beberapa spesies tupai bahkan berpura-pura mengubur makanan untuk mengelabui tupai lain, yang mungkin mencoba mencuri simpanan mereka.

Fakta menarik tupai lainnya adalah mereka memiliki ingatan yang tajam untuk mengingat lokasi tempat menyimpan makanan. Meski begitu, tidak semua makanan yang mereka kubur akan diambil kembali. 

Beberapa kacang dan biji yang terlupakan akhirnya tumbuh menjadi pohon baru, yang tentu saja bermanfaat bagi ekosistem. Keren banget, kan?!

5. Panjang Giginya Selalu Berkembang Setiap Tahun

fakta menarik tupai
Potret Gigi Tupai. Sumber: IST

Salah satu fakta menarik tupai yang jarang diketahui adalah gigi seri mereka yang terus tumbuh sepanjang hidupnya. Gigi depan tupai bisa tumbuh sekitar 6 inci per tahun.

Mengapa gigi tupai terus tumbuh? Hal ini karena gigi seri mereka sangat penting untuk menggerogoti makanan, seperti biji dan kacang-kacangan, yang membutuhkan kekuatan ekstra untuk dibuka. Dengan gigi yang selalu tumbuh, tupai bisa terus mengunyah tanpa khawatir gigi mereka akan habis.

Kebiasaan menggerogoti ini juga mempengaruhi perilaku tupai di alam liar maupun di lingkungan perkotaan. Di alam liar, mereka akan menggerogoti ranting atau kulit pohon. Sementara di kota, mereka menggerogoti kabel listrik atau benda lain yang ditemukan. 

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami kebiasaan ini agar bisa hidup berdampingan dengan tupai tanpa gangguan. 

6. Ada yang Hidup Soliter dan Berkoloni

Tupai.
Potret sekelompok Tupai. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, tupai ternyata juga punya kehidupan sosial yang menarik. Meskipun banyak spesies tupai yang bersifat soliter, ada juga yang hidup dalam kelompok atau koloni. Misalnya, tupai tanah seringkali hidup dalam koloni besar dengan sistem komunikasi yang kompleks.

Tupai berkomunikasi menggunakan berbagai suara dan gerakan ekor. Mereka menggunakan suara-suara tertentu untuk memberi peringatan akan adanya predator atau untuk memanggil anggota kelompok lainnya. 

Gerakan ekor juga berfungsi sebagai sinyal visual untuk berkomunikasi dengan tupai lain, misalnya saat merasa terancam atau saat menunjukkan dominasi.

Selain itu, perilaku sosial tupai juga bisa dilihat dari cara mereka bekerja sama dalam menjaga dan membesarkan anak-anaknya. Pada spesies tupai pohon, biasanya hanya betina yang merawat anak-anaknya, sedangkan pada beberapa spesies tupai tanah, anggota kelompok lainnya juga ikut membantu.

Perilaku ini menunjukkan bahwa tupai bukan hanya hewan yang cerdas dan adaptif, tetapi juga mampu membangun hubungan sosial yang kompleks. Ini membuat kita semakin kagum dengan keunikan dan kecerdasan mereka. 

7. Tupai telah Menjadi Bagian dari Kehidupan Manusia

Tupai
Potret Hewan Tupai. Sumber: IST

Sobat Suka Fakta, tahukah kamu bahwa tupai memiliki hubungan yang cukup unik dengan manusia? Sejak lama, tupai telah menjadi bagian dari kehidupan kita, baik di lingkungan alam maupun perkotaan. Mari kita lihat bagaimana hubungan ini terbentuk dan berkembang.

Tupai sebagai Hewan Peliharaan

Pada masa lalu, terutama di abad ke-19, tupai sering dijadikan hewan peliharaan di masyarakat Barat. Ukurannya yang kecil dan sifatnya yang jinak membuat mereka populer di kalangan wanita dan pendeta. Tupai dianggap sebagai hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan, dan banyak orang menikmati kehadiran mereka di rumah.

Tupai di Perkotaan

Di kota-kota besar, tupai sering ditemukan di taman-taman kota dan halaman rumah. Mereka sangat adaptif dan mampu hidup berdampingan dengan manusia. Tupai-tupai ini sering terlihat memanjat pohon, mencari makanan di pengumpan burung, atau bahkan mengais sampah. Mereka telah menjadi bagian dari pemandangan perkotaan yang akrab bagi banyak orang.

Namun, ada kalanya keberadaan tupai di kota juga menimbulkan masalah. Mereka bisa masuk ke loteng untuk bersarang, menyebabkan kerusakan pada kabel listrik. Selain itu, tupai juga dikenal sebagai penyebab pemadaman listrik karena mereka sering menggerogoti kabel.

Dilatih untuk Mendeteksi Narkoba

Salah satu contoh unik dari hubungan tupai dengan manusia adalah di Chongqing, Tiongkok, di mana tupai dilatih untuk mendeteksi narkoba. Tim tupai ini menjadi bagian dari brigade anjing polisi kota.

Para polisi ini memanfaatkan ukuran kecil dan kelincahan tupai untuk mendeteksi narkoba di tempat-tempat yang sulit dijangkau. Ini menunjukkan betapa cerdas dan serbagunanya tupai dalam membantu manusia.

Tupai dalam Budaya Populer

Tupai juga sering muncul dalam budaya populer, baik dalam cerita anak-anak, film, maupun televisi. Karakter tupai dalam animasi seperti “Chip ‘n Dale” dari Disney sangat populer dan dicintai oleh banyak orang. Mereka sering digambarkan sebagai hewan yang cerdik, lucu, dan penuh petualangan.

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, kita sudah sampai di akhir perjalanan mengungkap berbagai fakta menarik tupai yang pandai melompat. Fakta-fakta ini menunjukkan betapa menarik dan kompleksnya kehidupan tupai. 

Dengan mengetahui lebih banyak tentang mereka, kita bisa lebih menghargai keberadaan tupai dan menjaga lingkungan tempat mereka hidup. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan membuat kamu semakin tertarik dengan dunia hewan. Sampai jumpa di artikel berikutnya, Sobat Suka Fakta!

REFERENSI

  • Wikipedia. “Squirrel.” Wikipedia, 2024, https://en.wikipedia.org/wiki/Squirrel.
  • Massachusetts Government. “Learn About Squirrels.” Mass.gov, 2024, https://www.mass.gov/info-details/learn-about-squirrels.
  • Vedantu. “Facts About Squirrel.” Vedantu, 2024, https://www.vedantu.com/evs/facts-about-squirrel.
  • National Wildlife Federation. “10 Nutty Facts to Make You Appreciate Squirrels.” NWF Blog, 2024, https://blog.nwf.org/2015/01/10-nutty-facts-to-make-you-appreciate-squirrels.
  • Treehugger. “Happy Squirrel Appreciation Day.” Treehugger, 2024, https://www.treehugger.com/happy-squirrel-appreciation-day-4868817.
Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *