Fakta Unik

Permainan Perepet Jengkol, Asal Usul Namanya Masih Jadi Teka Teki 

48
×

Permainan Perepet Jengkol, Asal Usul Namanya Masih Jadi Teka Teki 

Sebarkan artikel ini
Perepet Jengkol
Permainan Perepet Jengkol, Asal Usul Namanya Masih Jadi Teka Teki. Sumber: Dok. duniaanakindonesia.com

Halo, Sobat Suka Fakta! Kalian pasti sudah nggak asing lagi dengan berbagai permainan tradisional yang ada di Indonesia, kan?! Di tengah maraknya game digital yang seru dan menghibur, nggak ada salahnya kita mengenal lebih dekat permainan tradisional yang juga nggak kalah seru. 

Nah, kali ini kita bakal bahas permainan tradisional Sunda, yaitu permainan perepet jengkol. Eh, jangan salah sangka dulu ya, meskipun namanya ada “jengkol”, permainan ini sama sekali nggak ada hubungannya dengan makanan jengkol yang terkenal dengan baunya yang khas itu.

Nama permainannya memang terdengar lucu dan unik, tapi di balik namanya, ada banyak nilai-nilai positif yang bisa kita pelajari. Dalam artikel ini, kita akan kupas tuntas asal usul permainan perepet jengkol, cara mainnya, sampai manfaat yang bisa kita dapat dari permainan ini. 

Jadi, siapin diri kalian untuk mengenal lebih jauh tentang salah satu warisan budaya yang penuh keceriaan ini! Yuk, kita mulai perjalanan kita dengan mengenal asal usul permainan perepet jengkol!

Berasal dari Tanah Pasundan, Asal Nama Perepet Jengkol Masih Jadi Teka-Teki 

Perepet Jengkol.
Potret permainan Perepet Jengkol. Sumber: Dok. blogspot.com

Nah, Sobat Suka Fakta, sebelum kita bahas cara mainnya, yuk kita kenalan dulu dengan sejarah dan asal usul permainan perepet jengkol. Permainan ini berasal dari Jawa Barat dan sudah ada sejak zaman dulu kala. 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, walaupun namanya perepet jengkol, permainan ini sama sekali nggak ada hubungannya dengan jengkol yang biasa kita makan. Lalu, kenapa dinamakan perepet jengkol? 

Nah, itu juga masih jadi misteri sampai sekarang. Nggak ada yang tahu pasti kenapa permainan ini punya nama yang unik banget. Mungkin saja karena kata “perepet” itu sendiri dalam bahasa Sunda berarti sesuatu yang saling terkait atau bergerombol, mirip seperti jengkol yang tumbuh bergerombol. Tapi, ini cuma salah satu teori aja, Sobat. 

Di Jawa Tengah, permainan serupa dikenal dengan nama “Dhingklik Oglak Aglik”. Meski namanya beda, tapi cara mainnya hampir sama, lho. Jadi, permainan ini memang punya banyak variasi di berbagai daerah.

Biasa Dimainkan di Tempat yang Luas saat Malam Terang Bulan 

Perepet Jengkol.
Potret permainan Perepet Jengkol. Sumber: Dok. ambigutravel.my.id

Lanjut, kita bahas kapan dan di mana sih biasanya permainan perepet jengkol ini dimainkan? Permainan ini biasanya dimainkan pada malam terang bulan. Jadi, saat bulan purnama menerangi langit malam, anak-anak kampung akan keluar rumah untuk bermain di halaman atau lapangan terbuka. Seru banget, kan?!

Kenapa harus malam terang bulan? Mungkin karena suasananya yang lebih terang dan asik buat main bareng-bareng. Lagipula, malam terang bulan memang sering jadi momen spesial buat anak-anak di kampung untuk berkumpul dan bermain bersama. 

Di tempat-tempat seperti halaman rumah, lapangan desa, atau tempat terbuka lainnya, anak-anak bisa bermain perepet jengkol dengan bebas dan penuh keceriaan.

Cara Bermain Perepet Jengkol

Perepet Jengkol.
Potret Cara Bermain Perepet Jengkol. Sumber: Dok. tgrcampaign.com

Nah, sekarang kita masuk ke bagian yang paling seru, yaitu cara main perepet jengkol. Yuk, simak langkah-langkahnya biar kalian bisa coba main bareng teman-teman!

1. Membentuk Kelompok

  • Permainan ini dimainkan oleh minimal tiga orang, tapi lebih seru lagi kalau mainnya lebih dari tiga orang. Jadi, pertama-tama kalian harus membentuk kelompok dulu.

2. Posisi Pemain dan Persiapan

  • Setelah kelompok terbentuk, para pemain berdiri saling membelakangi satu sama lain. Pastikan kalian berbaris melingkar biar lebih mudah untuk bergerak.
  • Kemudian, para pemain saling berpegangan tangan atau merangkul satu sama lain.

3. Mengaitkan Kaki dan Menjaga Keseimbangan

  • Langkah selanjutnya, kaitkan kaki kalian satu sama lain dari arah belakang. Nah, di sini kalian harus benar-benar menjaga keseimbangan biar nggak jatuh.
  • Setiap pemain harus berkonsentrasi penuh untuk menjaga keseimbangan kelompok mereka agar nggak terjatuh.

4. Gerakan dan Nyanyian Selama Permainan

  • Setelah siap, para pemain mulai bergerak dan meloncat ke kiri atau kanan sesuai kesepakatan. Ingat, kalian harus tetap menjaga keseimbangan sambil bergerak.
  • Sambil bergerak, nyanyikan lagu khas perepet jengkol. Nih, lirik lagunya

Pérépét jéngkol jajahean

Kadempet kohkol jejeretean

Eh jaja eh jaja eh jaja eh jaja

Semakin lama, tempo putaran dan nyanyian akan semakin cepat. Satu per satu pemain akan terjatuh karena kehilangan keseimbangan.

Permainan ini nggak ada yang dinyatakan sebagai pemenang atau pecundang, karena tujuannya memang untuk bersenang-senang dan melatih keseimbangan serta kerja sama. Asik banget, kan?

Permainan Perepet Jengkol Memiliki Berbagai Manfaat bagi Kemampuan Motorik

Perepet Jengkol
Potret Pemainan Perepet Jengkol. Sumber: TRIBUNJABAR.CO.ID/FERRY FADHLURRAHMAN

Sobat Suka Fakta, sekarang saatnya kita bahas manfaat apa saja yang bisa didapat dari permainan tradisional yang satu ini. Siapa sangka, permainan sederhana seperti perepet jengkol ternyata punya banyak manfaat, lho!

1. Melatih Keseimbangan

Saat bermain perepet jengkol, setiap pemain harus menjaga keseimbangan tubuh agar tidak terjatuh. Hal ini sangat bermanfaat untuk melatih otot-otot tubuh dan koordinasi gerakan, terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

2. Meningkatkan Kerja Sama Tim

perepet jengkol dimainkan secara berkelompok, sehingga setiap pemain harus bekerja sama dengan baik. Melalui permainan ini, kita belajar untuk saling mendukung dan mengandalkan satu sama lain demi menjaga keseimbangan dan kelangsungan permainan.

3. Melatih Ketangkasan dan Ketahanan Fisik

Dalam permainan ini, pemain harus terus bergerak dan melompat, yang secara tidak langsung melatih ketangkasan dan ketahanan fisik. Aktivitas fisik ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan stamina.

4. Mengajarkan Kepemimpinan

Permainan perepet jengkol memerlukan satu orang yang mengambil inisiatif untuk memimpin arah permainan. Hal ini sangat baik untuk melatih kemampuan kepemimpinan dan pengambilan keputusan.

5. Mengurangi Stres dan Menambah Keceriaan

Bermain perepet jengkol bersama teman-teman tentunya sangat menyenangkan. Selain itu, aktivitas fisik dan tawa riang saat bermain bisa menjadi cara yang efektif untuk mengurangi stres dan menambah keceriaan.

Nilai Positif yang Terkandung dalam Permainan Perepet Jengkol

Perepet Jengkol.
Potret Lomba permainan Perepet Jengkol. Sumber: Dok. mainananakjawa.blogspot.com

Selain manfaat fisik, perepet jengkol juga mengandung banyak nilai positif yang bermanfaat bagi perkembangan sosial dan psikologis anak-anak. Yuk, kita lihat nilai-nilai positif apa saja yang terkandung dalam permainan ini!

1. Kekompakan

Untuk menjaga keseimbangan, setiap pemain harus kompak dan saling mendukung. Kekompakan ini mengajarkan pentingnya bekerja sama dalam mencapai tujuan bersama.

2. Keterampilan Sosial

Bermain bersama teman-teman membantu mengembangkan keterampilan sosial, seperti berkomunikasi, bernegosiasi, dan menghargai perbedaan. Hal ini sangat penting untuk membangun hubungan yang sehat dengan orang lain.

3. Penghargaan Terhadap Tradisi

Dengan bermain perepet jengkol, kita belajar untuk menghargai dan melestarikan budaya dan tradisi lokal. Hal ini membantu memperkuat identitas budaya dan rasa kebanggaan terhadap warisan nenek moyang.

4. Pembentukan Karakter

Permainan tradisional seperti perepet jengkol membantu membentuk karakter anak-anak. Melalui permainan ini, anak-anak belajar tentang disiplin, kesabaran, tanggung jawab, dan semangat pantang menyerah.

5. Kesederhanaan

Perepet jengkol mengajarkan kita untuk menikmati kesederhanaan. Tanpa memerlukan alat atau bahan yang rumit, permainan ini menunjukkan bahwa kebahagiaan dan kesenangan bisa didapatkan dari hal-hal sederhana di sekitar kita.

Kesimpulan

Nah, Sobat Suka Fakta, ternyata Permainan perepet jengkol bukan hanya sekadar permainan tradisional biasa. Permainan ini menyimpan banyak manfaat dan nilai positif yang bisa kita ambil. Dengan cara bermain yang sederhana dan penuh keceriaan, perepet jengkol menjadi salah satu warisan budaya yang sangat berharga dan perlu kita lestarikan.

Sebagai generasi muda, penting bagi kita untuk terus mengenal, menghargai, dan melestarikan permainan tradisional seperti perepet jengkol. Di tengah maraknya game digital yang semakin canggih, permainan tradisional menawarkan kesenangan yang berbeda dan penuh makna. 

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, mainkan perepet jengkol dan nikmati setiap momennya bersama orang-orang terdekatmu! Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan membuat kalian semakin mencintai budaya Indonesia. Selamat bermain dan jangan lupa untuk selalu melestarikan permainan tradisional kita!

Sukafakta

SukaFakta adalah website berita yang menyajikan fakta unik, fakta misteri, dan fakta dunia yang menarik dan terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *